Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

qwertypo

Hari Ini jam 09:45:43 AM
Gan, ane lagi nyari buku Instrumentasi Elektronik dan Teknik Pengukuran, William D Cooper author nya Sahat Pakpahan

SplitzBurned

Kemarin jam 01:32:06 PM
ada yg on kah ?

Ariie

September 23, 2014, 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

Show 50 latest

Penulis Topik: Teori Relativitas Salah..??  (Dibaca 6348 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline bayu220686

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 36
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Teori Relativitas Salah..??
« pada: Agustus 05, 2012, 12:36:39 PM »
Menurut Teori Relativitas, dikatakan bahwa cahaya adalah materi yang tidak bermassa yang mempunyai kecepatan tertinggi di jagad raya ini. Jika ada benda bermassa yang mempunyai kecepatan seperti kecepatan cahaya, maka massanya akan bertambah besar sambai tak terhingga (1 dibagi dengan bilangan yang hampir nol). Jika titik acuan kita ubah, cahaya yang bergerak ke kita dianggap diam dan kita yang mendekati cahaya itu dengan kecepatan cahaya, berarti kita adalah cahaya, padahal kita punya massa. Apa ada yang punya komentar untuk masalah ini?   :kribo:



Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #1 pada: Agustus 05, 2012, 01:12:44 PM »
Begini, mas, supaya kita bisa bilang sesuatu diam atau bergerak kan harus ada benda acuan. Lah sampeyan ini bilang cahaya diam, tapi diam terhadap apa? pada kenyataannya tidak ada benda yg diam terhadap cahaya.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline bayu220686

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 36
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #2 pada: Agustus 05, 2012, 04:18:39 PM »
Iya Pak Anton, saya ini baru belajar Teori Relativitas Einstein,, hehe,, mohon penjelasannya,, Dari percobaan apa kok Einstein itu bisa menarik kesimpulan bahwa tidak ada materi yang mempunyai kecepatan sama atau melebihi kecepatan cahaya?

Offline nʇǝʌ∀

  • Global Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 343
  • IQ: 189
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
    • Lihat Profil
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #3 pada: Agustus 05, 2012, 04:39:01 PM »
setelah kecepatan cahaya diketahui para ilmuwan dan mereka belum menemukan materi lain yg lebih cepat ya wajar klo mereka berkesimpulan seperti itu (cahaya materi paling cepat). sebelum menemukan materi yg bergerak sangat cepat hingga membuatnya tak bermassa maka tak bisa diambil kesimpulan ada materi yg sama atau lebih cepat dr pd cahaya.
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline ytridyrevsielixetuls

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 163
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
    • Lihat Profil
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #4 pada: Agustus 05, 2012, 09:08:51 PM »
http://www.hyperhistory.com/online_n2/History_n2/index_n2/einstein_theory.html

terlalu rumit untuk dimengerti meski bisa diterjemahkan
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline bayu220686

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 36
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #5 pada: Agustus 05, 2012, 09:17:57 PM »
Ada cerita mengenai Paradoks kembar, dimana si A dan B orang kembar yang dilahirkan pada waktu yang sama. Si A menjelajah ruang angkasa dengan mengendarai roket yang berkecepatan 0.5 c (bumi dianggap diam). Si B diam di bumi. Setelah 50 tahun di bumi, si B sudah kelihatan tua, sedangkan si A yang baru sampai di bumi terlihat jauh lebih muda daripada si B. Masalahnya sekarang adalah, bagaimana kalau kita menganggap si A dan roketnya diam, sedangkan si B dan bumi yang bergerak dengan kecepatan 0.5 c, maka si B akan lebih muda daripada si A setelah 50 tahun (waktu dihitung dari si A). Ini kan tidak mungkin, dengan titik acuan diam yang berbeda maka logikanya terbalik. Apa ada yang punya penjelasan tentang kasus ini teman2..??

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #6 pada: Agustus 06, 2012, 07:09:58 AM »
Untuk meniadakan kontradiksi perlu dibahas dengan relativitas umum (general relativity). Baca:

http://math.ucr.edu/home/baez/physics/Relativity/SR/TwinParadox/twin_vase.html#gap
HouwLiong

Offline sunandar

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 1
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #7 pada: Agustus 06, 2012, 11:10:34 AM »
Si A tidak dapat dijadikan sebagai acuan referensi inersial karena dia mengalami percepatan ketika roketnya putar haluan (perjalanan kembali ke bumi).
Tidak demikian halnya dengan si B. Si B bisa menjadi acuan referensi inersial karena dia tidak mengalami percepatan.

Untuk sistem yang mengalami percepatan... bisa dipelajari di relativitas umum.. dimana dipostulatkan bahwa a=g [a=percepatan sistem, massa yang terkait dengan itu disebut massa inersial; g=percepatan gravitasi, massa yang terkait disebut massa gravitasi], a=g berimplikasi m(i) = m(g).
Disebut sebagai prinsip ekivalensi (kesetaraan).

Offline sunandar

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 1
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #8 pada: Agustus 06, 2012, 11:18:31 AM »
atau dengan kata lain.. si A dan B bukanlah 2 sistem yang simetri... sehingga dapat dipertukarkan.

Offline sunandar

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 1
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #9 pada: Agustus 06, 2012, 11:32:46 AM »
teori relativitas tidak mengatakan bahwa cahaya adalah materi tidak bermassa. Istilah "massless particle" adalah pendekatan dari teori kuantum, sedangkan teori relativitas adalah teori geometri.
Yang dikatakan dalam relativitas tentang kecepatan cahaya adalah... bahwa kecepatan cahaya adalah invarian (tetap) di alam semesta ini.. tidak peduli pada kecepatan pengamat.... artinya jika seberkas cahaya menghampiri anda maka anda akan melihat bahwa kecepatan cahaya itu adalah selalu tetap sebesar c, tidak peduli apakah anda sedang bergerak mendekati ataupun menjauhi cahaya tersebut dengan kecepatan 0,9 c.
[Postulat II Teori Relativitas Khusus].

Dalam relativitas umum nanti akan anda temui bahwa invarian-nya kecepatan cahaya tersebut adalah sebagai konsekuensi dari alam semesta 4-dimensi seperti yang dimodelkan oleh relativitas umum.



Menurut Teori Relativitas, dikatakan bahwa cahaya adalah materi yang tidak bermassa yang mempunyai kecepatan tertinggi di jagad raya ini. Jika ada benda bermassa yang mempunyai kecepatan seperti kecepatan cahaya, maka massanya akan bertambah besar sambai tak terhingga (1 dibagi dengan bilangan yang hampir nol). Jika titik acuan kita ubah, cahaya yang bergerak ke kita dianggap diam dan kita yang mendekati cahaya itu dengan kecepatan cahaya, berarti kita adalah cahaya, padahal kita punya massa. Apa ada yang punya komentar untuk masalah ini?   :kribo:

Offline bayu220686

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 36
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #10 pada: Agustus 07, 2012, 09:21:07 AM »
Iya Pak Sunandar, tapi percobaan apa yang pernah dilakukan Einstein sehingga bisa menyimpulkan  bahwa kecepatan cahaya tetap untuk semua pengamat diam (tanpa percepatan)..? Apa itu cuma hipotesa..?

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #11 pada: Agustus 07, 2012, 09:29:42 AM »
Iya Pak Sunandar, tapi percobaan apa yang pernah dilakukan Einstein sehingga bisa menyimpulkan  bahwa kecepatan cahaya tetap untuk semua pengamat diam (tanpa percepatan)..? Apa itu cuma hipotesa..?

Kecepatan cahaya tetap diukur dari sistem koordinat manapun juga sudah menjadi postulat teori relativitas. Secara eksperimen sudah terbukti secara meyakinkan terutama experimen Michelson-Morley.

Offline sunandar

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 1
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #12 pada: Agustus 07, 2012, 11:19:28 AM »
Teori pertama Einstein (relativitas khusus, 1905) sebetulnya adalah sebuah teori untuk untuk menjelaskan antara mekanika (gerak) dengan elektrodinamika (listrik). Seperti halnya telah diketahui hubungan antara mekanika dengan termodinamika (panas), yaitu temperatur benda adalah merupakan akibat dari pergerakan molekul/atom penyusunnya yang bergerak dalam beberapa batasan dikenal sebagai derajat kebebasan.
Tulisan Einstein yang menuliskan teori (yang belakangan) dinamakan "relativitas khusus" aslinya berjudul: "On the Electrodynamics of Moving Bodies".

Darimana Einstein mendapatkan inspirasi bahwa kecepatan cahaya adalah tetap?
Dari kenyataan bahwa teori elektrodinamika (hukum Maxwell) hanya dapat konsisten dengan hukum mekanika jika mekanika yang digunakan adalah mekanika Lorentz (transformasi Lorentz). Jika mekanika yang digunakan adalah mekanika Newton (transformasi Galileo) hasilnya adalah hukum elektrodinamika dan hukum mekanika tidak akan konsisten.

Transformasi Lorentz menghendaki kecepatan cahaya "c" adalah sebagai konstanta, tidak demikian halnya dengan tranformasi Galileo. Karena c adalah konstanta maka implikasi fisisnya adalah seperti yang disebutkan dalam postulat II teori relativitas khusus yaitu kecepatan cahaya tetap sama tanpa bergantung kepada kecepatan pengamat.

Dapat juga dikatakan seperti ini: "agar mekanika dan elektromagnetika dapat saling kompatibel dan konsisten maka, mau tidak mau, kecepatan cahaya harus diset konstan".

Selanjutnya karena c adalah sebuah konstan, maka secara geometri dia adalah sebuah invarian. Penyelidikan berikutnya dari Einstein menunjukkan bahwa c bukan hanya sekadar invarian, tetapi adalah basis dari koordinat. Sedemikian sehingga dalam formulasi teori keduanya (relativitas umum, 1910) Einstein menelurkan persamaan medan yang berpijak pada 4-basis (4-dimensi) koordinat yang disebut sebagai ruang-waktu.

Iya Pak Sunandar, tapi percobaan apa yang pernah dilakukan Einstein sehingga bisa menyimpulkan  bahwa kecepatan cahaya tetap untuk semua pengamat diam (tanpa percepatan)..? Apa itu cuma hipotesa..?


Offline bayu220686

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 36
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #13 pada: Agustus 07, 2012, 12:21:43 PM »
Trims Pak Sunandar, saya pelajari dulu teori-teori itu.
Untuk Pak Liong, percobaan Michelson itu bukannya hanya untuk membuktikan ada atau tidaknya Eter, dan dari percobaan itu terbukti bahwa Eter tidak ada. Michelson belum pernah melakukan percobaan untuk merngukur kecepatan satu berkas cahaya melalui dua pengamat yang mempunyai kecepatan berbeda. Belum ada percobaan seperti itu kan..?

Offline bayu220686

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 36
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Teori Relativitas Salah..??
« Jawab #14 pada: Agustus 13, 2012, 05:04:13 AM »
Einstein mengkhususkan kecepatan cahaya sebagai sebuah konstanta di setiap keadaan dengan kecepatan konstan (kerangka inersia).
Inspirasi ini didapatkan Einstein dari Lorentz, lalu dari mana Lorentz tiba-tiba memasukkan konstanta c (kecepatan cahaya) ke dalam Transformasi Lorentz..??
Mungkin ada teman yang bisa menjawab..?

http://physic-comporation.blogspot.com/2012/05/sejarah-hidup-hendrik-antoon-lorentz.html [nofollow]

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
85 Jawaban
35915 Dilihat
Tulisan terakhir April 26, 2010, 11:34:27 AM
oleh dynamic
Teori Relativitas Khusus

Dimulai oleh Sky « 1 2 » Fisika

22 Jawaban
16213 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2010, 07:32:10 PM
oleh gomuzzz
11 Jawaban
5302 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 25, 2011, 10:25:01 PM
oleh rawWARus
22 Jawaban
6400 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 18, 2012, 01:31:42 AM
oleh mhyworld
0 Jawaban
5085 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2012, 07:48:09 PM
oleh danzJr

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia