Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

ytridyrevsielixetuls

Kemarin jam 07:05:18 PM
gigi bolong gak bisa disembuhin, mas. bisanya ditambal.

aji saka

Pebruari 03, 2016, 02:29:01 PM
Assallamuaekum,sahabat forum yg terkasih,,ane mau punya maslah,dgn gigi,,ane,,karena gigi ane pada bolong cuma gagian belakang nya,,,ada yg tau kali obat nya,,,terims,,aji bogor
 

Balya

Januari 31, 2016, 10:31:28 AM
Assalamualaykum, Post terbaru setelah sekian lama tidak muncul
 

Farabi

Januari 12, 2016, 10:14:20 PM
Itu bukan bisnis, emang murni mau nebus dosa, bang.
 

ytridyrevsielixetuls

Januari 12, 2016, 09:05:41 PM
wah saya baru dengar model bisnis ky itu. gimana caranya biar dapet profit?
 

Farabi

Januari 12, 2016, 05:29:09 PM
Mahasiswa yang seneng baca, dan punya android, kalian hubungi aku aja kalau butuh internet, aku nyediain pulsa gratis buat pemakai axis unlimited tiap bulan 50 rb. Kalian hubungi aku aja, aku punya dana untuk satu tahun, nanti kalian share sendiri ke 8 orang, insyaAllah berpahala. Aku yakin betul. A
 

Farabi

Januari 12, 2016, 07:43:58 AM
Kalau anda melihat FarabiPersonalNetword atau FarabiPersonalHotspot konek saja, itu gratis. Pass:123456789

TokoAlatLaboratorium

Januari 11, 2016, 02:10:21 PM
Butuh alat-alat lab?  :D
https://alatlab.org

fiand20

Januari 07, 2016, 09:41:10 AM
Selamat Pagi semua.. :) ;) :D

Show 50 latest

Penulis Topik: Warna air dan air laut  (Dibaca 5498 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Warna air dan air laut
« pada: Desember 02, 2011, 05:54:34 AM »
moga2 ngga salah tempat   :-\  warna air sebenarnya apa ya? dan kenapa air sering diasosiasikan dg warna biru, terutama air laut? apa benar birunya air laut disebabkan krn pemantulan warna langit yg biru?
« Edit Terakhir: Desember 02, 2011, 06:08:46 AM oleh peregrin »


Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #1 pada: Desember 02, 2011, 11:32:17 AM »
Warna air memang agak kebiru-biruan, namun kalau jumlahnya sedikit tidak begitu terasa sehingga tampak transparan. Semakin tebal air yang diamati akan tampak semakin biru.
Air di kolam dengan keramik putih tampak kebiru-biruan meskipun tidak tampak background langit yang biru, misalnya kolam indoor.

Kalau air laut masih terpengaruh oleh faktor lain, seperti biota laut, lumpur yang terbawa oleh sungai, dll. Sehingga ada istilah laut merah, laut hitam, laut kuning. Ada juga yang laut pada daerah tertentu yang tampak kehijau-hijauan.
Seingat saya, meskipun langit mendung, air lautnya masih tampak kebiru-biruan.

http://en.wikipedia.org/wiki/Colour_of_water
once we have eternity, everything else can wait

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #2 pada: Desember 02, 2011, 12:23:27 PM »
kalo di rumah saya bisa diamati di bak mandi. kalo diisi air dari pandaan, warnanya kebiruan. kalo diisi air pam warnanya kehijauan.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #3 pada: Desember 03, 2011, 08:10:27 AM »
ada data yang sangat bagus.

dicomot dari: http://www.lsbu.ac.uk/water/vibrat.html#blue
di-spoiler-kan:
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

dari data itu sangat jelas, koefisien absorpsi air semakin tinggi dengan semakin tingginya panjang gelombang.
jadi cahaya yang terpantul dari dasar kolam, makin dalam kolamnya makin biru karena panjang gelombang yang panjang banyak diserap.
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline iput

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 62
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • never ending for thinking
    • Lihat Profil
    • ipoet sites
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #4 pada: Pebruari 02, 2012, 03:44:55 PM »
dari data itu sangat jelas, koefisien absorpsi air semakin tinggi dengan semakin tingginya panjang gelombang.
jadi cahaya yang terpantul dari dasar kolam, makin dalam kolamnya makin biru karena panjang gelombang yang panjang banyak diserap.

jadi kesimpulannya kepekatan warna air di tentukan dengan tinggi/rendahnya permukaan air sampai ke dasar.......
sebanyak apa pun volume air nya kalo ketinggian permukaan airnya rendah maka warna air nya semakin pudar......
baru tau aku........  ;D ;D

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #5 pada: Pebruari 02, 2012, 08:59:52 PM »
kalo di rumah saya bisa diamati di bak mandi. kalo diisi air dari pandaan, warnanya kebiruan. kalo diisi air pam warnanya kehijauan.
Apa hijau karena mengandung klor?
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline A

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • No pain, no game
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #6 pada: April 07, 2013, 09:21:15 PM »
Sekiranya ngga ada cahaya terdispersi yg menyebabkan terlihatnya spektrum cahaya tampak, BERAPAPUN JUMLAH AIR, AIR TIDAK BERWARNA.

Offline MuhAlexander

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Logika lebih tajam, emosi lebih menusuk!
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #7 pada: Mei 05, 2013, 01:41:44 AM »
Warna air memang biru. air dengan keadaan benar - benar murni (H2O) jika dalam kuantitas yang mencukupi dimasukan kedalam wadah yang benar - benar putih maka akan menampakan warna aslinya. yaitu biru.
Seruan logika lebih tajam, sedangkan seruan perasaan lebih menusuk.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
7532 Dilihat
Tulisan terakhir April 12, 2009, 11:08:02 PM
oleh manusiarender
9 Jawaban
5181 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2009, 09:03:25 PM
oleh nandaz
12 Jawaban
9759 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 14, 2010, 12:29:12 PM
oleh Farabi
Air Laut

Dimulai oleh dheeka_M Kimia

2 Jawaban
1770 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 21, 2010, 10:25:08 AM
oleh nandaz
16 Jawaban
26901 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 09, 2012, 05:22:30 PM
oleh Monox D. I-Fly

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia