Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Hari Ini jam 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Hari Ini jam 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Kemarin jam 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

nʇǝʌ∀

Oktober 09, 2014, 01:00:00 AM
musim jin dan supernatural, dan debat agama di ForSa sudah habis yah? sekarang kayanya makin banyak yang membanjiri subforum matematika :D nanti kira2 ada musim apa lagi?

Show 50 latest

Penulis Topik: Warna air dan air laut  (Dibaca 3662 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Warna air dan air laut
« pada: Desember 02, 2011, 05:54:34 AM »
moga2 ngga salah tempat   :-\  warna air sebenarnya apa ya? dan kenapa air sering diasosiasikan dg warna biru, terutama air laut? apa benar birunya air laut disebabkan krn pemantulan warna langit yg biru?
« Edit Terakhir: Desember 02, 2011, 06:08:46 AM oleh peregrin »


Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1381
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #1 pada: Desember 02, 2011, 11:32:17 AM »
Warna air memang agak kebiru-biruan, namun kalau jumlahnya sedikit tidak begitu terasa sehingga tampak transparan. Semakin tebal air yang diamati akan tampak semakin biru.
Air di kolam dengan keramik putih tampak kebiru-biruan meskipun tidak tampak background langit yang biru, misalnya kolam indoor.

Kalau air laut masih terpengaruh oleh faktor lain, seperti biota laut, lumpur yang terbawa oleh sungai, dll. Sehingga ada istilah laut merah, laut hitam, laut kuning. Ada juga yang laut pada daerah tertentu yang tampak kehijau-hijauan.
Seingat saya, meskipun langit mendung, air lautnya masih tampak kebiru-biruan.

http://en.wikipedia.org/wiki/Colour_of_water
once we have eternity, everything else can wait

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #2 pada: Desember 02, 2011, 12:23:27 PM »
kalo di rumah saya bisa diamati di bak mandi. kalo diisi air dari pandaan, warnanya kebiruan. kalo diisi air pam warnanya kehijauan.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #3 pada: Desember 03, 2011, 08:10:27 AM »
ada data yang sangat bagus.

dicomot dari: http://www.lsbu.ac.uk/water/vibrat.html#blue
di-spoiler-kan:
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

dari data itu sangat jelas, koefisien absorpsi air semakin tinggi dengan semakin tingginya panjang gelombang.
jadi cahaya yang terpantul dari dasar kolam, makin dalam kolamnya makin biru karena panjang gelombang yang panjang banyak diserap.
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline iput

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 61
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • never ending for thinking
    • Lihat Profil
    • ipoet sites
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #4 pada: Pebruari 02, 2012, 03:44:55 PM »
dari data itu sangat jelas, koefisien absorpsi air semakin tinggi dengan semakin tingginya panjang gelombang.
jadi cahaya yang terpantul dari dasar kolam, makin dalam kolamnya makin biru karena panjang gelombang yang panjang banyak diserap.

jadi kesimpulannya kepekatan warna air di tentukan dengan tinggi/rendahnya permukaan air sampai ke dasar.......
sebanyak apa pun volume air nya kalo ketinggian permukaan airnya rendah maka warna air nya semakin pudar......
baru tau aku........  ;D ;D

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #5 pada: Pebruari 02, 2012, 08:59:52 PM »
kalo di rumah saya bisa diamati di bak mandi. kalo diisi air dari pandaan, warnanya kebiruan. kalo diisi air pam warnanya kehijauan.
Apa hijau karena mengandung klor?
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline A

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • No pain, no game
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #6 pada: April 07, 2013, 09:21:15 PM »
Sekiranya ngga ada cahaya terdispersi yg menyebabkan terlihatnya spektrum cahaya tampak, BERAPAPUN JUMLAH AIR, AIR TIDAK BERWARNA.

Offline MuhAlexander

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Logika lebih tajam, emosi lebih menusuk!
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #7 pada: Mei 05, 2013, 01:41:44 AM »
Warna air memang biru. air dengan keadaan benar - benar murni (H2O) jika dalam kuantitas yang mencukupi dimasukan kedalam wadah yang benar - benar putih maka akan menampakan warna aslinya. yaitu biru.
Seruan logika lebih tajam, sedangkan seruan perasaan lebih menusuk.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
6279 Dilihat
Tulisan terakhir April 12, 2009, 11:08:02 PM
oleh manusiarender
9 Jawaban
4289 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2009, 09:03:25 PM
oleh nandaz
12 Jawaban
6234 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 14, 2010, 12:29:12 PM
oleh Farabi
Air Laut

Dimulai oleh dheeka_M Kimia

2 Jawaban
1123 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 21, 2010, 10:25:08 AM
oleh nandaz
16 Jawaban
23060 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 09, 2012, 05:22:30 PM
oleh Monox D. I-Fly

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia