Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Anisa168

Januari 30, 2015, 12:33:34 AM
mohon bantuannya..
sebuah bola bermassa m dan berjari-jari R terletak pada lantai licin sebuah mobil memiliki percepatan horizontal a1 ke kanan. Berapakah percepatan bola a2? anggap bola menggelinding tanpa tergelincir.diketahi percepatan grafitasi adalah g.

agaricpro

Januari 23, 2015, 11:37:52 AM

lochvigo

Januari 21, 2015, 03:36:15 PM
kenapa terowongan bentuknya bulat? bantu jawab

denumam

Januari 20, 2015, 08:07:54 PM
Kok sepi yah disini??? Ga kaya forum geje sebelah. Mungkin orang indonesia suka yg geje2... :v

SAHABATPD

Januari 20, 2015, 02:57:45 PM
Salam kenal  ;)
 

Gen-I-uSy

Januari 19, 2015, 05:32:53 AM
sekarang latexnya udah ga bisa lagi ya

Taf_id

Januari 18, 2015, 06:00:30 PM
Sebuah mesin carnot dengan reservoir suhu tinggi 640K menyerap kalor sebesar 1250 kaloridengan efisiensi 20%. Berapakah kalor yang di serap  pada reservoir suhu tinggi bila efisiensi mesin naik menjadi 50%? Mohon di jawab dengan langkah2nya. Terima kasih
 

ch0c0

Januari 17, 2015, 07:21:24 PM
siapa aja yg online ni ;D

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:15:50 PM
kalau mau ttg partikel tuhan,saya sedikit tahu tp ni mencakup ilmu tasawwuf modern

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:14:45 PM
salam kenal semuanya
 :)

Show 50 latest

Penulis Topik: Warna air dan air laut  (Dibaca 4149 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Warna air dan air laut
« pada: Desember 02, 2011, 05:54:34 AM »
moga2 ngga salah tempat   :-\  warna air sebenarnya apa ya? dan kenapa air sering diasosiasikan dg warna biru, terutama air laut? apa benar birunya air laut disebabkan krn pemantulan warna langit yg biru?
« Edit Terakhir: Desember 02, 2011, 06:08:46 AM oleh peregrin »


Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1438
  • IQ: 45
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #1 pada: Desember 02, 2011, 11:32:17 AM »
Warna air memang agak kebiru-biruan, namun kalau jumlahnya sedikit tidak begitu terasa sehingga tampak transparan. Semakin tebal air yang diamati akan tampak semakin biru.
Air di kolam dengan keramik putih tampak kebiru-biruan meskipun tidak tampak background langit yang biru, misalnya kolam indoor.

Kalau air laut masih terpengaruh oleh faktor lain, seperti biota laut, lumpur yang terbawa oleh sungai, dll. Sehingga ada istilah laut merah, laut hitam, laut kuning. Ada juga yang laut pada daerah tertentu yang tampak kehijau-hijauan.
Seingat saya, meskipun langit mendung, air lautnya masih tampak kebiru-biruan.

http://en.wikipedia.org/wiki/Colour_of_water
once we have eternity, everything else can wait

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #2 pada: Desember 02, 2011, 12:23:27 PM »
kalo di rumah saya bisa diamati di bak mandi. kalo diisi air dari pandaan, warnanya kebiruan. kalo diisi air pam warnanya kehijauan.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #3 pada: Desember 03, 2011, 08:10:27 AM »
ada data yang sangat bagus.

dicomot dari: http://www.lsbu.ac.uk/water/vibrat.html#blue
di-spoiler-kan:
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

dari data itu sangat jelas, koefisien absorpsi air semakin tinggi dengan semakin tingginya panjang gelombang.
jadi cahaya yang terpantul dari dasar kolam, makin dalam kolamnya makin biru karena panjang gelombang yang panjang banyak diserap.
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline iput

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 62
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • never ending for thinking
    • Lihat Profil
    • ipoet sites
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #4 pada: Pebruari 02, 2012, 03:44:55 PM »
dari data itu sangat jelas, koefisien absorpsi air semakin tinggi dengan semakin tingginya panjang gelombang.
jadi cahaya yang terpantul dari dasar kolam, makin dalam kolamnya makin biru karena panjang gelombang yang panjang banyak diserap.

jadi kesimpulannya kepekatan warna air di tentukan dengan tinggi/rendahnya permukaan air sampai ke dasar.......
sebanyak apa pun volume air nya kalo ketinggian permukaan airnya rendah maka warna air nya semakin pudar......
baru tau aku........  ;D ;D

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #5 pada: Pebruari 02, 2012, 08:59:52 PM »
kalo di rumah saya bisa diamati di bak mandi. kalo diisi air dari pandaan, warnanya kebiruan. kalo diisi air pam warnanya kehijauan.
Apa hijau karena mengandung klor?
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline A

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • No pain, no game
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #6 pada: April 07, 2013, 09:21:15 PM »
Sekiranya ngga ada cahaya terdispersi yg menyebabkan terlihatnya spektrum cahaya tampak, BERAPAPUN JUMLAH AIR, AIR TIDAK BERWARNA.

Offline MuhAlexander

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Logika lebih tajam, emosi lebih menusuk!
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #7 pada: Mei 05, 2013, 01:41:44 AM »
Warna air memang biru. air dengan keadaan benar - benar murni (H2O) jika dalam kuantitas yang mencukupi dimasukan kedalam wadah yang benar - benar putih maka akan menampakan warna aslinya. yaitu biru.
Seruan logika lebih tajam, sedangkan seruan perasaan lebih menusuk.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
6572 Dilihat
Tulisan terakhir April 12, 2009, 11:08:02 PM
oleh manusiarender
9 Jawaban
4514 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2009, 09:03:25 PM
oleh nandaz
12 Jawaban
7515 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 14, 2010, 12:29:12 PM
oleh Farabi
Air Laut

Dimulai oleh dheeka_M Kimia

2 Jawaban
1316 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 21, 2010, 10:25:08 AM
oleh nandaz
16 Jawaban
24208 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 09, 2012, 05:22:30 PM
oleh Monox D. I-Fly

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia