Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Kemarin jam 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr

Show 50 latest

Penulis Topik: Warna air dan air laut  (Dibaca 3506 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Warna air dan air laut
« pada: Desember 02, 2011, 05:54:34 AM »
moga2 ngga salah tempat   :-\  warna air sebenarnya apa ya? dan kenapa air sering diasosiasikan dg warna biru, terutama air laut? apa benar birunya air laut disebabkan krn pemantulan warna langit yg biru?
« Edit Terakhir: Desember 02, 2011, 06:08:46 AM oleh peregrin »


Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1380
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #1 pada: Desember 02, 2011, 11:32:17 AM »
Warna air memang agak kebiru-biruan, namun kalau jumlahnya sedikit tidak begitu terasa sehingga tampak transparan. Semakin tebal air yang diamati akan tampak semakin biru.
Air di kolam dengan keramik putih tampak kebiru-biruan meskipun tidak tampak background langit yang biru, misalnya kolam indoor.

Kalau air laut masih terpengaruh oleh faktor lain, seperti biota laut, lumpur yang terbawa oleh sungai, dll. Sehingga ada istilah laut merah, laut hitam, laut kuning. Ada juga yang laut pada daerah tertentu yang tampak kehijau-hijauan.
Seingat saya, meskipun langit mendung, air lautnya masih tampak kebiru-biruan.

http://en.wikipedia.org/wiki/Colour_of_water
once we have eternity, everything else can wait

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #2 pada: Desember 02, 2011, 12:23:27 PM »
kalo di rumah saya bisa diamati di bak mandi. kalo diisi air dari pandaan, warnanya kebiruan. kalo diisi air pam warnanya kehijauan.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #3 pada: Desember 03, 2011, 08:10:27 AM »
ada data yang sangat bagus.

dicomot dari: http://www.lsbu.ac.uk/water/vibrat.html#blue
di-spoiler-kan:
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

dari data itu sangat jelas, koefisien absorpsi air semakin tinggi dengan semakin tingginya panjang gelombang.
jadi cahaya yang terpantul dari dasar kolam, makin dalam kolamnya makin biru karena panjang gelombang yang panjang banyak diserap.
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline iput

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 61
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • never ending for thinking
    • Lihat Profil
    • ipoet sites
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #4 pada: Pebruari 02, 2012, 03:44:55 PM »
dari data itu sangat jelas, koefisien absorpsi air semakin tinggi dengan semakin tingginya panjang gelombang.
jadi cahaya yang terpantul dari dasar kolam, makin dalam kolamnya makin biru karena panjang gelombang yang panjang banyak diserap.

jadi kesimpulannya kepekatan warna air di tentukan dengan tinggi/rendahnya permukaan air sampai ke dasar.......
sebanyak apa pun volume air nya kalo ketinggian permukaan airnya rendah maka warna air nya semakin pudar......
baru tau aku........  ;D ;D

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #5 pada: Pebruari 02, 2012, 08:59:52 PM »
kalo di rumah saya bisa diamati di bak mandi. kalo diisi air dari pandaan, warnanya kebiruan. kalo diisi air pam warnanya kehijauan.
Apa hijau karena mengandung klor?
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline A

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • No pain, no game
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #6 pada: April 07, 2013, 09:21:15 PM »
Sekiranya ngga ada cahaya terdispersi yg menyebabkan terlihatnya spektrum cahaya tampak, BERAPAPUN JUMLAH AIR, AIR TIDAK BERWARNA.

Offline MuhAlexander

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Logika lebih tajam, emosi lebih menusuk!
    • Lihat Profil
Re:Warna air dan air laut
« Jawab #7 pada: Mei 05, 2013, 01:41:44 AM »
Warna air memang biru. air dengan keadaan benar - benar murni (H2O) jika dalam kuantitas yang mencukupi dimasukan kedalam wadah yang benar - benar putih maka akan menampakan warna aslinya. yaitu biru.
Seruan logika lebih tajam, sedangkan seruan perasaan lebih menusuk.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
4189 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2009, 09:03:25 PM
oleh nandaz
Air dan Kertas

Dimulai oleh syx « 1 2 » Kimia

16 Jawaban
4337 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 24, 2009, 08:39:57 AM
oleh Idad
12 Jawaban
6048 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 14, 2010, 12:29:12 PM
oleh Farabi
Air Laut

Dimulai oleh dheeka_M Kimia

2 Jawaban
1067 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 21, 2010, 10:25:08 AM
oleh nandaz
16 Jawaban
22601 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 09, 2012, 05:22:30 PM
oleh Monox D. I-Fly

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia