Forum > Ilmu Ekonomi dan Manajemen

Banjir HP Murah

(1/2) > >>

Farabi:
Entah darimana asalnya HP HP murah ini yang biarpun harganya sangat murah, tapi sudah mengadopsi teknologi canggih. Saya lihat harga HP Touchscreen merek cross sudah cukup memadai dengan harga hanya 500 rb perak. Saya merekomendasikan menteri perdagangan dan Komunikasi dipilih kembali.

exile_rstd:
ng..
sebenarnya makin banyak hp dengan harga murah, semakin baik ga sih?

Pi-One:

--- Kutip dari: exile_rstd pada Mei 04, 2012, 10:10:48 AM ---ng..
sebenarnya makin banyak hp dengan harga murah, semakin baik ga sih?

--- Akhir Kutipan ---
Selalu ada sisi baik dan buruk.
Misal, sisi negatif bisa berupa timbulnya pihak yang main impor HP murah dengan merk lokal, namun tanpa penunjang seperti layanan servis yang emmadai.

Dhantez:
@Farabi: Jangan buru2 milih menteri perdagangan dan menteri komunikasi, bukan mereka yg berjasa membuat HP murah. HP2 itu asalnya dari Cina. Perusahaan (dan negara) Cina terkenal dg pendekatan cost innovation nya. Walaupun awalnya seperti yg dibilang Pi-One, bahwa kualitas barang dan service jadi korban, tetapi setelah mereka menyerap teknologi asing, menginovasi prosesnya menjadi proses yg low cost, dan kemudian memproduksi masal hingga mampu mencapai economies of scale, perusahaan-perusahaan Cina ini pelahan bisa menggusur perusahaan Jepang, Amerika, dan Eropa dari persaingan.

Saat ini sudah banyak perusahaan teknologi dari Cina yang sudah menyodok ke urutan atas dunia. Ini adl beberapa contoh perusahaan teknologi dari mainland Cina: ZTE, Haier, Lenovo, & Huawei.. Sebagian besar produk mereka memang berada di pasar B2B (menjual ke bisnis, bukan end-consumer). Tapi, jika perusahaan2 dari Taiwan juga dimasukkan, kalian pasti akan terkejut dengan nama2 ini: ASUS, Gigabyte, Acer, & HTC.

@Exile: Yup, setuju dg PiOne, pasti ada baik buruknya. Sisi baiknya, dari sisi konsumen kelas menengah ke bawah, mereka jadi bisa menikmati fitur yang lengkap dengan harga terjangkau. HP murah dan biaya komunikasi murah, tentu menguntungkan bagi bisnis skala kecil dan menengah. Sisi buruknya, beberapa org terkadang blm siap memanfaatkan HP utk kepentingan yg bermanfaat, lihat saja berapa byk org yg akhirnya menghabiskan waktunya utk berSMS ato bertelp ria seharian. Belum lagi jika kamera HP digunakan utk merekam hal yg krg pantas.

Farabi:
Dhantez:
Saya rasa saya perlu untuk mengatakan itu sebagai bentuk apresiasi saya terhadap murahnya barang komunikasi. Karena kita membutuhkan 220 juta kepala untuk terhubung satu sama lain supaya bisa bekerja sama.

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

Ke versi lengkap