Forum > Ilmu Ekonomi dan Manajemen

Does Money Buy You Happiness??

<< < (2/9) > >>

Monox D. I-Fly:
Setuju jg sih... Inget dulu waktu kerja, walaupun gajiQ kecil tp udah cukup utk memenuhi apa yg q inginkan... Sayangnya q nggak punya waktu banyak utk menikmatinya karena terbentur jam kerja... Malah kesiksa sendiri kl gitu...

exile_rstd:
uang hanya bisa memuaskan keinginan dan kebutuhan kita, tapi bahagia jiwa/perasaan itu hanya bisa didapatkan dari orang-orang yang kita sayang. karena perasaan seperti bahagia itu adalah salah satu hal yang absolut. perjalanan hidup saya memang baru sebentar ya 16 tahun. tapi saya sudah banyak melihat, org yang keinginannya selalu terpenuhi dgn uang tapi tdk mendapatkan perhatian dari orang tua-nya membuatnya tidak bahagia. (maaf ya) bahkan pada SMP kelas 3, org ini punya kelainan suka sesama jenis dan pesta obat haram di diskotik pada saat dia duduk di bangku SMA.

Dhantez:
Hahaha, bener sekali.. ada banyak hal yg mempengaruhi kebahagiaan.. menggantungkan kebahagiaan pd kekayaan atau kemewahan sama saja menjerat leher anda sendiri..

Profesor psikologi Univ.Chicago bernama Sonja Lyubomirsky (penulis the How of Happiness) telah meneliti ttg sumber2 kebahagiaan selama 18 tahun (dari tahun 90).. dan beliau menemukan bahwa scr genetis kita memiliki apa yg disebut 'happiness set point' / titik awal kebahagiaan dan setiap org memiliki titik awal yg berbeda2.. Ini menjelaskan knp ada org yg meskipun hidupnya pas2an, tapi dia selalu bisa tertawa bahagia.. Tapi ada juga yg hidupnya bergelimang kemewahan, tapi dia selalu merasa ada yg kurang.

Konsep genetic set point tadi pun memunculkan apa yg disebut dg Hedonic Treadmill.. Ini adl konsep yg menunjukkan, hal besar apapun yg terjadi pada kehidupan anda (anda menang undian, dpt hadiah, dsb), hanya akan membawa kebahagiaan sesaat.. dan pada akhirnya anda akan kembali pada level kebahagiaan awal alias genetic set point td.. ;)

Ini ada dua pranala luar yg bisa dibaca... ;D
Wawancara dg Ibu Sonja Lyubomirsky
Blog ttg Hedonic Treadmill

exile_rstd:
yap benar sekali, kecuali PS. buat saya ga ada bisa yang nandingin kalau lagi sendiri dirumah ditambah lg kalau cuacanya hujan dingin mantap tuh sambil minum kopi ;D

12:
happiness itu apa sih? kalo diartikan sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginan maka uang bisa memenuhi semua kebutuhan dan keinginan. tetapi menurut saya happiness itu lebih jauh daripada sekedar pemenuhan keingnan/kebutuhan. happiness terjadi ketika keinginan dan kebutuhan terpenuhi dan hal itu juga memberikan arti/nilai/kebahagiaan bagi orang lain. jadi happiness memiliki fungsi sosial tidak hanya individual.

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

[*] Halaman sebelumnya

Ke versi lengkap