Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: Kenapa Indonesia Miskin?  (Dibaca 45310 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Kenapa Indonesia Miskin?
« pada: November 30, 2006, 12:28:29 AM »
Dosen gw dulu waktu ngasih kuliah, ngasih selingan dikit dengan cerita begini :

Kutip
Temen saya waktu kuliah di Inggris dulu nanya ke saya, kalau suatu negara memiliki beberapa pejabat yang korup, saya rasa itu wajar. Kalo negara penghasil minyak memiliki pejabat yang total korupsinya mencapai 20% penghasilan negara pun itu gak akan keliatan sebenernya. Tapi kalo sampai ada negara penghasil minyak seperti Indonesia masih tetep miskin, tingkat korupsinya pasti dah ga wajar!

 ???

kenapa sih Indonesia terus2an miskin? Sumber daya alam cukup banyak kan? Jumlah penduduk juga banyak? Apa bener kapitalisme salah satu faktornya ato memang Indonesia aja yang terlalu o'on utk bangkit? Di mana sih kurangnya? Gw takutnya kemiskinan dah jadi semacem hobi di Indonesia  :P

Sekilas utang2 Indonesia :

  • Tahun 1997 saat Indonesia mulai mengalami krisis, jumlah utang Indonesia terhadap Bank Dunia 14,4 miliar dolar sementara dengan Asian Development Bank sebesar lebih dari 8 miliar. Total jumlah hutang bangsa ini pada tahun tersebut adalah 22 miliar dolar (atau dalam rupiah sejumlah Rp. 198.000.000.000).
  • Hampir dapat dipastikan, setiap tahun Indonesia harus membayar utang mulai dari 2 miliar hingga 9 miliar dolar.
  • Laporan lain menyebutkan bahwa beban hutang luar negeri Indonesia yang mencapai sebesar US$134.85 milar (INFID/ 31/Des/04)
  • Menurut Menteri Keuangan Jusuf Anwar, utang Indonesia sampai tahun 2005 1.282 trilyun rupiah. Terdiri dari utang dalam valuta asing Rp 624 triliun dan utang dalam rupiah Rp 658 triliun.
  • Antara menyebutkan Hutang Indonesia kepada pihak asing saat ini telah mencapai 131 miliar dolar AS, kira2 Rp 1.200 trilyun! Jika jumlah penduduk Indonesia 200 juta jiwa, maka setiap kepala warga Indonesia dihargai utang sebanyak 6 milyar rupiah.
  • Dalam  Anggaran Pendapatan  dan  Belanja Negara (APBN) 2007 yang baru  saja disepakati DPR dan  Pemerintah, jumlah  pinjaman yang akan  ditarik mencapai  Rp 40,4  trilyun, dengan  besar  pembayaran cicilan  pokok  utang mencapai  Rp 50,83 trilyun. Sedangkan  di APBN 2006, total pinjaman  luar  negeri dianggarkan  Rp 35,1  trilyun. Terdiri  atas pinjaman program Rp 9,9  trilyun  dan pinjaman  proyek  Rp 25,2 trilyun. Untuk  pembayaran cicilan  pokok  utang mencapai  Rp 63,5  trilyun.









arie_ds

  • Pengunjung
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #1 pada: November 30, 2006, 12:47:06 PM »
Kayaknya hampir setiap tahun kita berhutang mulu... Apa emang kita betul2 gak punya uang ya?  ???

leksanadra

  • Pengunjung
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #2 pada: Desember 01, 2006, 04:47:47 AM »
Kekayaan bukan berarti uang,
dan uang bukan berarti Cash on Hand...

Kalo katanya ibu pertiwi kaya raya gemah ripah loh janawi, so kenapa masih berhutang? Itu kuncinya ;)

white_tiger

  • Pengunjung
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #3 pada: Desember 01, 2006, 06:55:58 PM »
hmm
liat sebagian besar rakyat indo....
mereka bukannya tekun bekerja malah ngurus hal2 yang ga penting
contoh :
- ngurus bokongnya inul sampe demo dimana2 <-- penting ga sih ?! daripada demo buang tenaga, mending kerja kan?
- majalah playboy didemo <-- padahal bisa menyerap tenaga kerja kan ?
- bush dateng... coba klo indo jarang demo & kondisinya cukup kondusif, pemerintah ga bakal ngabisin duid bermilyar2 buat securitynya kan ? :D

kedua, jarang ada investor yang mau nanem modal di indonesia... karena karyawannya yang selain bekerja juga hobby demo  ???

hampir tiap hari mesti ada demo, pabrik a, b, c...

bahkan mahasiswa bukannya belajar rajin biar pinter & bisa ngembangin iptek juga ikut2an demo...

sementara makhluk2 normal (yang cerdas, pemodal besar, dll) pada kabur ke LN...

so.... sisanya yg di indo, sebagian besar ya tukang2 demo itu......
mana bisa maju ?

complicated problem

ropestrip

  • Pengunjung
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #4 pada: Desember 02, 2006, 03:38:50 PM »
Complicated problem... kayaknya harus ada revolusi dari pemimpin2 kita. Ada yang berani gak?  ???


Ahazveroz

  • Pengunjung
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #5 pada: Maret 28, 2007, 01:04:42 PM »
KITA BUTUH HITLER BARU ;D

Offline monokorobo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 352
  • IQ: 96
  • Chayoooooo
    • Lihat Profil
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #6 pada: Juni 06, 2009, 11:35:29 PM »
Kta mgkn dah tw kan klo Indo kaya akan SDA nya, akn ttpi SDM nya yg hrz di pertnyakn???????? pa berkualits or tdk? shngga bsa mengelola SDA tsb.
Waktu diibaratkan pedang yang akan bunuh diri kita, waktu tak akan bisa berputar kembali,janganlah sia-siakan waktumu, taukah kamu setiap detik dan menit mengandung manfaat bagi orang yang menggunakan

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #7 pada: Juni 07, 2009, 06:26:54 PM »
sumber dari mana tuh yang tiap orang 6 milyar rupiah, bukan 6 juta yaa??
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #8 pada: Juni 13, 2009, 09:57:15 PM »
Complicated problem... kayaknya harus ada revolusi dari pemimpin2 kita. Ada yang berani gak?  ???


ya bener complicated bngt..

klo menurut saya sih salah satunya pemimpin indonesia selama ini kurang memperhatikan aspek pemerataan...
pembangunan sangat terpusat di jawa...

dan juga salah dalam memilih kebijakan2 pembangunan,,
disamping itu juga pemerintah kurang memperhatikan sektor kelautan di indonesia ,utamanya dikawasan timur...
padahal indonesia negara kepulauan...

pendidikan di indonesia juga menjadi faktor utama,,
mungkin sistem pendidikan dan kurikulumnya sangat perlu dibenahi...
indonesia kekurangan tenaga ahli untuk mengolah sumberdaya alam nya yang sangat kaya
pemberdayaan masyarakat kurang dilakukan...


sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #9 pada: Juni 14, 2009, 01:18:29 AM »
Konsumerisme dan malas bertani, itu adalah salah satu bom atom krisis moneter yang telah meledak dengan dahsyat dan meruntuhkan pilar-pilar ekonomi bangsa Indonesia...

Sekarangan lihatlah, yang bertani itu rata-rata orang-orang berusia 35 tahunan keatas...
Yang muda-muda kelihatannya mulai tidak tertarik dengan bidang pertanian, bahkan meninggalkannya, padahal kita kan masih butuh makanan?
Bagaimana kalau bidang pertanian saja sudah kolaps, berarti kita menuju "masa-masa kritis mendapatkan bahan makanan segar, bermutu, dan bergizi"?
Bagaimana kalau kita kurang makan, atau kurang gizi?
Makanan adalah salah satu sumber energi kita... Kalau kita kurang makan bahkan kurang gizi, bagaimana kita bisa berpikir secara rasional dan maksimal?
Kalau cara berpikir kita saja tidak maksimal dan bahkan mengarah pada irasional, bagaimana mungkin kita bisa memperbaiki negara ini dari bencana krisis moneter?

Kelihatanya kita bangsa Indonesia telah masuk dalam "chain-reaction" dari suatu kegagalan dalam legasi perekonomian dan telah mengarah pada rusaknya legasi-legasi lainnya...

Offline Social Permutation

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • BUMN Employee
    • Lihat Profil
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #10 pada: November 01, 2009, 03:40:00 AM »
Indonesia tidak miskin...tidak ada sebenarnya istilah negara miskin, dalam konsep development itu sendiri sebutan poor ada karena negara kaya mengatakan begitu, seharusnya kita tidak terima dikatakan sebagai negara miskin
All Waves, Rise now and Become my Shield, Lightning, Strike now and Become my Blade

Offline ghostdoors

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 241
  • IQ: 19
    • Lihat Profil
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #11 pada: November 03, 2009, 07:36:44 AM »
"miskin" pun bisa diartikan berbagai macam bung....
miskin aklak, mental, dll.........juga bisa kan....??!!
buktinya indonesia sampe skrg jg ga maju2....?!
"TIDAK ADA SEJARAH YANG TIDAK MENETESKAN DARAH DAN SETIAP PERJUANGAN MEMBUTUHKAN PENGORBANAN"

Offline Social Permutation

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • BUMN Employee
    • Lihat Profil
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #12 pada: November 03, 2009, 04:56:23 PM »
Kutip
"miskin" pun bisa diartikan berbagai macam bung....
miskin aklak, mental, dll.........juga bisa kan....??!!
buktinya indonesia sampe skrg jg ga maju2....?!

jangan mengatakan hal2 yang "pedestrian sense", karena begini, indonesia gak maju indikatornya apa? bisa dijelaskan...
karena berdasarkan GDP Indonesia meningkat (6%) dan indonesia menjadi salah satu negara yang tidak terimbas krisis global (mortgage crisis effects), karena pola-pola konsumsi yang masyarakat yang menopang perekonomian ketimbang sistem investasi, saya penasaran di dalam benak anda, sebenarnya indonesia "versi anda" harus nya bagaimana? kalo bisa ada literatur yang mendukung nya atau minimal data lah...

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #13 pada: November 03, 2009, 06:37:33 PM »
Orang -orang Indonesia menuntut hidup serba praktis, dan cepat.....
Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

Offline Social Permutation

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • BUMN Employee
    • Lihat Profil
Re: Kenapa Indonesia Miskin?
« Jawab #14 pada: November 03, 2009, 08:45:51 PM »
Kutip
Orang -orang Indonesia menuntut hidup serba praktis, dan cepat.....

saya setuju...!!!

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
17 Jawaban
6160 Dilihat
Tulisan terakhir April 22, 2010, 10:07:14 PM
oleh Hendy wijaya, MD
23 Jawaban
6883 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2013, 09:56:01 AM
oleh Monox D. I-Fly
9 Jawaban
5013 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2009, 05:40:25 PM
oleh M101A
3 Jawaban
3252 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 14, 2009, 07:31:15 PM
oleh r.a.n
70 Jawaban
7056 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 07, 2010, 11:18:26 AM
oleh sayang

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia