Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 20, 2024, 06:07:54 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 188
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 173
Total: 173

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

soal marketing

Dimulai oleh zero_to_hero, Oktober 24, 2011, 11:18:17 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

zero_to_hero

Saya mau tanya nih... tentang marketing..

soalnya baru banget nih... sebelumnya belum pernah...,
tahapan awal untuk marketing itu apa ya...?
sharing dong....

ak60mlg

kenali produk yang mau di jual, sedetil mungkin baik kelebihan dan kekurangannya

Farabi

1. Analisa SWOT
2. Kelayakan, lupa istilahnya.
3. Akuntansi Biaya.

Analisa swot, rasanya ini sudah tidak perlu dijelaskan ya?
Untuk no 2, cari tahu hukum hukum yang berlaku di negara tersebut, dan pastikan tidak akan ada masalah, analisa ini selain meliputi hukum, juga budaya, dan lain sebagainya, tapi saya lupa istilahnya, jadi bisa anda googling.
Untuk no 3, ini adalah memperkirakan biaya biaya, ingat, lebih baik kelebihan uang daripada uangnya kurang, untuk akuntansi biaya, pembulatan lebih baik keatas, dan jangan sampe ke bawah.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

#3
Oh iya, masalah bisnis, prinsipnya harus "busines as usual" soalnya saya pernah mercayain ke seseorang, keliatannya orang jujur, sehari hari juga saya kenal, ternyata tukang tipu, selain saya, 1 koperasi pernah bangkrut kena tipu ma dia. Makanya jangan pernah terpedaya dengan penampilan, keadaan ekonomi dll. Makin susah, sebenernya makin ga bisa dipercaya, lah kalau bukan nilep duit kita, darimana dia dapet uang. Saya udah sering kayak gini, sering liat juga orang orang yang ngadalin bosnya kalau dikasih kepercayaan penuh.

Buat orang indonesia, terapkan teori X, anggap pekerja tukang bohong, pemalas, tidak bisa dipercaya, dan harus diawasi dan diancam. Memang kenyataannya itu yang paling cocok kok. Liat aja pegawai negri, kerjanya males malesan kan? Yang pegawai negri aja sering cerita gitu kok. Santai boleh, asal kerjaan  bener. Kalo kerjaan beres, jangan kerja sebulan saya gaji terus ya gapapa, kerja ga bener, saya rugi sampe bangkrut, malah bolos, parah.

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]


Tambah lagi:
Kebanyakan orang inodnesia itu ga ngerti mereka digaji darimana, jadi mereka itu mentalnya memang mental babu. Setelah lulus sarjana, cari kerja. Kalau ngomongin perusahaan, idealismenya itu tidak realistis, mereka ga tahu kalo mereka digaji dari keuntungan perusahaan. KAtanya usaha itu harus ini harus itu, giliran mereka jadi pengusaha, ga mau ngegaji pekerja. Ini kejadian beneran loh, temen saya yang kayak gitu. Kebanyakan egois abis, jadi jangan terlalu dipikirin lah masalah nasib mereka, kalo ada kesempatan sebetulnya mereka itu pasti jadi serigala, toh kita mempekerjakan mereka dengan target ini itu juga masih lebih manusiawi jika dibandingkan dengan mreka kalo jadi pengusaha, baru megang uang dikit aja udah dibawa kabur.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Dhantez

Analisa SWOT, kelihatannya simpel.. tapi sebenarnya not that simple lho... ;D

Tidak semua hal bisa dimasukkan ke kolom strength atau weaknesses.. Lalu, setelah daftar SWOT terbentuk, apa yg harus dilakukan?? Banyak sekali yg masih keliru pd tahap ini.. ;D

Kutip dari: zero_to_hero pada Oktober 24, 2011, 11:18:17 AM
tahapan awal untuk marketing itu apa ya...?
sharing dong....

Kalo scr teori sih, tahapan awal marketing adalah STP lalu 4P  ;)
Oba-chan ga itte ita: Ore wa ten no michi wo iki, subete wo tsukasadoru otoko

Farabi

Yah untuk masalah ini, kayaknya dhantez lebih ahli, saya sih cuma ngaih tahu yang saya inget saja, itu juga lupa lupa inget, tapi toh kalopun salah, akan ada yang mengingatkan, jadi jangan kuatir. ;D
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

?

STP dan 4P adalah yang paling klasik dan bertahan setidaknya sampai dengan sekarang.

Dhantez

@Farabi: tidak salah juga kok..

Pemasaran itu sangat fleksibel, dimulai dg SWOT pun juga bisa.. tergantung kasus yg sdg dihadapi spt apa ;D

Nah, kalo yg bung Farabi posting di atas, kayaknya itu cocok ketika seseorang ingin memulai usaha.. jadi SWOT Analysis dilakukan utk mengetahui kecocokan antara internal core competencies dengan opportunities yg ada di pasar.. kemudian Feasibility Study utk menilai kelayakan usaha.. Prediksi pembiayaan utk mengukur ketersediaan dana utk usaha yg akan dijalani.. ;)

Kutip dari: ? pada November 02, 2011, 08:34:51 PM
STP dan 4P adalah yang paling klasik dan bertahan setidaknya sampai dengan sekarang.

Yup, STP4P cuma lima huruf tapi sebenernya sangat kompleks.. ;D
Oba-chan ga itte ita: Ore wa ten no michi wo iki, subete wo tsukasadoru otoko

Social Permutation

pemasaran? hari gini?

itu yang dibahas oleh rekan2 adalah sisi strategi nya saja, coba dikupas dari sisi behavioral nya juga, sodara dhantez jaman kuliah dulu kita suka membedah Harvard Business Review, coba anda jelaskan? hahahaha...
All Waves, Rise now and Become my Shield, Lightning, Strike now and Become my Blade

Dhantez

Wahaha... bung social aja deh berbagi pengalaman jualan panser.. laris manis tdk?? ;D

Menarik garis hubung teori ke praktek tdk gampang memang.. Misalnya tahap Segmenting pd STP, scr teori kita mesti memetakan konsumen ke dalam segmen2 berdasarkan faktor demografis atau psikografis.. Namun scr praktek, misal utk UKM berskala lokal, pastinya terlalu berbiaya utk menerapkan hal spt itu, shg tahap Segmenting bisa dilakukan cukup dg judgment saja.. Yg penting, usaha / produk yg akan dipasarkan memiliki konsep yg jelas mengenai segmen mana yg nantinya akan dituju, tahap ini akan berpengaruh ke kebijakan2 spt pendekatan harga, strategi promosi, dsb..
Oba-chan ga itte ita: Ore wa ten no michi wo iki, subete wo tsukasadoru otoko

Farabi

Oh iya baru inget, istilahnya, studi kelayakan bisnis, gitulah. Jadi bisa googling, tahu gitu semua catetan saya ga saya buang dah. Saya sih mikirnya, toh di internet juga ada, tapi sekarang Copyrighted material semua. Parah dah.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

Oh iya, ini pemasaran ya. Sedangkan yang saya itu enterpreneurship ya? Hah bingung ah. Sebelum ketahuan goblognya, mendingan saya cabut.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

?

mau membahas tentang consumer behavior? silahkan. mungkin bisa menambah pengetahuan teman-teman disini juga.

Dhantez

Saya dulu pernah bahas ttg consumer behavior lho... ttg krim pemutih dan motivasi konsumen, ada di halaman 2 klo ga salah ;D

@Farabi: Haha, kekna kecampur2 memorinya antara entrepreneurship & marketing... mungkin krn entrepreneurship harus memperhatikan marketing.. :D
Oba-chan ga itte ita: Ore wa ten no michi wo iki, subete wo tsukasadoru otoko

?

saya biasa mendefinisikan entrepeneurship sebagai marketing yang dijalankan. mungkin saya salah.

mengenai krim pemutih? hal tersebut tidak berlaku untuk saya yang memiliki preferensi lebih terhadap lawan jenis kulit coklat. so, it failed when it comes to me. hahaha...