Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 19, 2024, 06:31:09 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 53
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 35
Total: 35

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

kalkulator

Dimulai oleh Huriah M Putra, Agustus 11, 2010, 12:04:53 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Huriah M Putra

Bagaimana cara kalkulator mengkalkulasi?
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

utusan langit

wow,..
saya ndak tahu pastinya

yang saya tahu ni,..
kalau penjumlahan menggunakan rangkaian adder
pengurangan menggunakan komparator dan subtraktor
perkalian menggunakan counter dan adder
pembagian menggunakan counter, komparator dan subtraktor,

oh iya, untuk mudahnya gunakan juga register untuk menampung data.

ndak tahu dah kalau kalkulator sekarang sudah menggunakan prossesor seperti komputer

0y1k

terkadang register pada suatu perangkat itu tidak lah banyak, jadi untuk perhitungan yang kompleks mungkin register yang tersedia tidak cukup. Maka lebih enaknya untuk menampung data, ditaruh di memory aja.
Tentu saja ukuran memory lebih besar, jika memory kurang pun dapat ditambah dengan memory eksternal

ya sebenarnya perangkat kalkulator itu hanya mengerti angka 1 dan 0
dengan begitu beroperasi dengan bilangan biner
yah operasi aritmatika yang bisa dilakukan oleh biner seperti yang disebutkan oleh bang utusan langit di atas.
yah tentu saja k'lo masih pake rangkaian seperti itu untuk develop kalkulator akan membutuhkan ukuran kalkulator yang besar.
Maka muncullah prosessor yang bisa ALU (Aritmatik and Logic Unit)
nah prosessor inilah yang didesain menggunakan program bahasa mesin

ada yang ingin menambahkan??
لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ اْلأَرْضِ وَرَبُّ الْع

Farabi

#3
Mesin hitung itu lebih ke representasi (penafsiran) data. Bentuk aslinya sih cuma 1 dan 0 saja, tapi dari rangkaian 1 dan 0 ini bisa ditafsirkan sebagai angka.

Sebagai contoh 1111
Ini maksudnya adalah (1*2^3)+(1*2^2)+(1*2^1)+(1*2^0)  simbool "^" adalah pangkat.

Misal a=0001 dan b=0001
0001
0001
-----+
0010

1+1=0 dengan carry 1, kemudian carry ini ditambahkan dengan hasil berikutnya, hampir sama logikanya dengan penjumlahan

9
1
--+
dimana 9+1 mempunyai carry 1 diikuti angka 0 dibelakangnya alias 10.
Kalo gak salah di ilmu matematika ini biasa disebut basis angka.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

mnemonix

ada ALU (arithmetic logic unit)... disini operasi aritmatika (tambah, kali, bagi, kurang, bagi), biasanya untuk integer/bilangan bulat

ntar ada juga FPU (floating point unit), untuk bilangan pecahan

sisca, chemistry

integer : bulat
single / double : pecahan.. :D :D :D
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Farabi

Kutip dari: sisca, chemistry pada September 03, 2010, 10:55:10 PM
integer : bulat
single / double : pecahan.. :D :D :D

Single dengan double itu tipe datanya di memori siska, tapi sebutannya tetap floating point unit.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

sisca, chemistry

oh..
Gak tau..
ahhahaha...
Soale di sekolah lagi belajar [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]..
=))
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Farabi

Kutip dari: sisca, chemistry pada September 05, 2010, 02:29:51 PM
oh..
Gak tau..
ahhahaha...
Soale di sekolah lagi belajar [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]..
=))

Jadi berdasarkan tipe data, FPU itu ada single dan double, single 32-bit, double 64-bit. Tapi FPU prosesor intel bisa menampung data sampai tipe data 80-bit atau biasa disebut real10.
Jadi istilah FPU berdasarkan tipe data adalah:
1. Real4: 4 byte, 32-bit
2. Real8: 8 byte, 64-bit
3. Real10 : 10 byte 80-bit.

Untuk istilah kecepatannya adalagi istilah FLOPS (Floating Point Operation Per Second), untuk prosesor intel mungkin hanya juta FLOPS, tapi untuk prosesor Video Graphic Card bisa sampai milyaran. Kalo kalkulator yang biasa siska pakai paling cuma 10 FLOPS.
Sebagai perbandingan, kecepatan otak manusia kurang dari 1% FLOPS. Gak percaya? Coba aja siska itung bilangan pecahan yang angka komanya 5 atau 6 digit. Jangankan 1 detik 10 operasi, bisa setengah jam untuk 1 operasi :D
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

sisca, chemistry

#9
oh...
Ic IC..
Mantap bang. :D :D

FLOPS = istilah untuk kecepatan...
yg paling cepet sekarng sampe miliaran FLOPS itupun hanya di VGcard.. oh..
KEnapa cuma di VGcard?
Gak bisa diterapin  di prosesor?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

mnemonix

#10
Kutip dari: sisca, chemistry pada September 07, 2010, 10:04:00 PM
oh...
Ic IC..
Mantap bang. :D :D

FLOPS = istilah untuk kecepatan...
yg paling cepet sekarng sampe miliaran FLOPS itupun hanya di VGcard.. oh..
KEnapa cuma di VGcard?
Gak bisa diterapin  di prosesor?

hee?
FLOPS = Floating Point Operations Per Second
lha kan CPU punya FPU.....
btw, GPU itu cocoknya untuk komputasi paralel sih..

Farabi

Kalau yang di maksud sebagai paralel adalah menghitung banyak data FPU secara sekaligus, CPU pun punya, set instruksi ini namanya SSE, tapi tetap saja masih kalah cepat dibandingkan GPU, entah kenapa.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

adisae

#12
nambahin dikit ni tentang GPU..
GPU = Graphics Processing Unit, atau katakanlah prosesor yang dibuat khusus untuk operasi grafis..

awalnya hanya operasi sederhana seperti menggeser layar, mngcopy bagian layar ke memori dan sebaliknya
kemudian berkembang ke operasi yang lebih sulit lagi baik di grafis 2D maupun 3D

jadi wajarlah kalau memang lebih cepat menggunakan GPU jika urusan grafis..

oktario

kk numpang tanyak
kalau buat program kalkulator dg program C# ada yg tau gk?

adisae

ini hasil copas aja s

#include<stdio.h>

float add(float,float);
float sub(float,float);
float product(float,float);
float divide(float,float);

void main()
{
    float n1,n2;
    char sym,choice;
    printf("This Program is a program for calculator\n\n");
    scanf("%f%c%f",&n1,&sym,&n2);
    if(sym=='+')
        printf("\n%f",add(n1,n2));
    if(sym=='-')
        printf("\n%f",sub(n1,n2));
    if(sym=='*')
        printf("\n%f",product(n1,n2));
    if(sym=='/')
        printf("%f",divide(n1,n2));
    printf("\nDo you wish to continue[y/n]");
    scanf("%s",&choice);
    if(choice=='y'||choice=='Y')
        main();
}

float add(float m1,float m2)
{
    return(m1+m2);
}

float sub(float m1,float m2)
{
    return(m1-m2);
}

float product(float m1,float m2)
{
    return(m1*m2);
}

float divide(float m1,float m2)
{
    return(m1/m2);
}


tapi sederhana banget..