Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Kemarin jam 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

nʇǝʌ∀

Oktober 09, 2014, 01:00:00 AM
musim jin dan supernatural, dan debat agama di ForSa sudah habis yah? sekarang kayanya makin banyak yang membanjiri subforum matematika :D nanti kira2 ada musim apa lagi?

meizavho

Oktober 08, 2014, 05:33:22 PM
salam kenal
rivo stephano :)

aidilautomation

Oktober 08, 2014, 10:27:02 AM
salam kenal saya aidil

Show 50 latest

Penulis Topik: Pengolahan Minyak Bumi  (Dibaca 64050 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Pengolahan Minyak Bumi
« pada: Desember 21, 2008, 04:21:20 PM »
PROSES PENGOLAHAN MINYAK BUMI

Seperti yang pernah saya tulis tentang komposisi minyak bumi, minyak bumi bukan merupakan senyawa homogen, tapi merupakan campuran dari berbagai jenis senyawa hidrokarbon dengan perbedaan sifatnya masing-masing, baik sifat fisika maupun sifat kimia.

Proses pengolahan minyak bumi sendiri terdiri dari dua jenis proses utama, yaitu Proses Primer dan Proses Sekunder.  Sebagian orang mendefinisikan Proses Primer sebagai proses fisika, sedangkan Proses Sekunder adalah proses kimia. Hal itu bisa dimengerti karena pada proses primer biasanya komponen atau fraksi minyak bumi dipisahkan berdasarkan salah satu sifat fisikanya, yaitu titik didih. Sementara pemisahan dengan cara Proses Sekunder bekerja berdasarkan sifat kimia kimia, seperti perengkahan atau pemecahan maupun konversi, dimana didalamnya terjadi proses perubahan struktur kimia minyak bumi tersebut.

Ditulis ulang dari artikel yang dikirim oleh almanfawzy.
Mohon baca tentang perbedaan artikel dan topik/thread.



Offline orker

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 30
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan Minyak Bumi
« Jawab #1 pada: Maret 29, 2009, 04:57:10 AM »
proses skunder itu di buat supaya mendapat kn hasil yang lebih baik lagi dari minyak bumi yang udah di olah dari proses primer...

misalkan pengenya dapet solar lebih banyak lagi, pake proses skunder mecah senyawa minyak bakar supaya jadi solar...

kalo gasalah...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
9429 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2008, 07:33:16 AM
oleh fitrie
Minyak Bumi

Dimulai oleh Herputra « 1 2 ... 8 9 » Kimia

125 Jawaban
26910 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2010, 10:30:05 PM
oleh Huriah M Putra
4 Jawaban
3625 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2012, 03:59:50 PM
oleh Prayoga Ade prawira
0 Jawaban
2655 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2010, 10:08:09 PM
oleh andrielek
1 Jawaban
2802 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 28, 2011, 02:20:37 PM
oleh skuler

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia