Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:18 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:17 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

Show 50 latest

Penulis Topik: Pengolahan Minyak Bumi  (Dibaca 64588 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Pengolahan Minyak Bumi
« pada: Desember 21, 2008, 04:21:20 PM »
PROSES PENGOLAHAN MINYAK BUMI

Seperti yang pernah saya tulis tentang komposisi minyak bumi, minyak bumi bukan merupakan senyawa homogen, tapi merupakan campuran dari berbagai jenis senyawa hidrokarbon dengan perbedaan sifatnya masing-masing, baik sifat fisika maupun sifat kimia.

Proses pengolahan minyak bumi sendiri terdiri dari dua jenis proses utama, yaitu Proses Primer dan Proses Sekunder.  Sebagian orang mendefinisikan Proses Primer sebagai proses fisika, sedangkan Proses Sekunder adalah proses kimia. Hal itu bisa dimengerti karena pada proses primer biasanya komponen atau fraksi minyak bumi dipisahkan berdasarkan salah satu sifat fisikanya, yaitu titik didih. Sementara pemisahan dengan cara Proses Sekunder bekerja berdasarkan sifat kimia kimia, seperti perengkahan atau pemecahan maupun konversi, dimana didalamnya terjadi proses perubahan struktur kimia minyak bumi tersebut.

Ditulis ulang dari artikel yang dikirim oleh almanfawzy.
Mohon baca tentang perbedaan artikel dan topik/thread.



Offline orker

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 30
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan Minyak Bumi
« Jawab #1 pada: Maret 29, 2009, 04:57:10 AM »
proses skunder itu di buat supaya mendapat kn hasil yang lebih baik lagi dari minyak bumi yang udah di olah dari proses primer...

misalkan pengenya dapet solar lebih banyak lagi, pake proses skunder mecah senyawa minyak bakar supaya jadi solar...

kalo gasalah...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
10618 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2008, 07:33:16 AM
oleh fitrie
Minyak Bumi

Dimulai oleh Herputra « 1 2 ... 8 9 » Kimia

125 Jawaban
32728 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2010, 10:30:05 PM
oleh Huriah M Putra
4 Jawaban
4306 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2012, 03:59:50 PM
oleh Prayoga Ade prawira
0 Jawaban
2912 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2010, 10:08:09 PM
oleh andrielek
1 Jawaban
3244 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 28, 2011, 02:20:37 PM
oleh skuler

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia