Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

cheaters123

Hari Ini jam 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D

Show 50 latest

Penulis Topik: pesawat terbang  (Dibaca 5244 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
pesawat terbang
« pada: Desember 03, 2011, 08:33:24 AM »
kenapa pesawat Indonesia banyak yang mengalami kecelakaan, terlebih sering mangalami kerusakan mendadak yang pada akhirnya pesawat jatuh dan memakan korban. saya pernah dengar, memangnya Indonesia itu membeli pesawat bekas ya?
kalau iya mengapa, dan kalau tidak mengapa kualitas mesin pesawat pesawat 'sepertinya' kurang layak?

*sebelumnya, saya masih baru pertama kali post teknik mesin jadi belum tau banyak.   :angel:


i adore your intelligence

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #1 pada: Desember 03, 2011, 09:08:49 AM »
Hmm.   Permasalahannya cukup kompleks,  bukan menyangkut kualitas mesin yang kurang layak saja /  karena membeli pesawat bekas.   Permasalahannya menyangkut soal Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( Katiga ) di Indonesia,  yang memang agak " terabaikan ".

Kebanyakan kecelakaan,  baik kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal laut,  kebakaran pabrik2 dsbnya,  80 % penyebabnya adalah karena kelalaian manusia ( human error ),  dan hanya 20 % disebabkan karena faktor peralatan dan atau cuaca dsbnya.

Berkaitan dengan kecelakaan pesawat dan kecelakaan kapal laut,  human error yang sering terjadi adalah karena overconfidence,  misalnya pilot atau nakhoda kapalnya sok hebat atau sok jago.   Banyak contohnya,  misalnya bahwa para pilot atau nakhoda itu mestinya sebelum berangkat sudah mempelajari kondisi cuaca dari route2 yang akan dilaluinya sesuai ramalan cuaca yang diberitakan secara rutin oleh lembaga yang berwenang.   Namun kadang2 atau bahkan seringkali mereka mengabaikan peringatan2 itu,  termasuk mengabaikan peringatan2 pada kondisi nyata  ( kondisi alam ) yang ditemui dalam perjalanan .................................


Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #2 pada: Desember 03, 2011, 09:36:14 AM »
hmm, jadi seperti cerita yang ada di film Titanic itu ya..
lalu kenapa didalam berita sepertinya selalu dikatakan kerusakan mesin atau lebih sering kehilangan kontak. apa itu bisa dikatakan kelalaian manusia dlm mengatur mesin. tp tdk mungkin kan memilih org dgn kemampuan setengah-setengah. 

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #3 pada: Desember 03, 2011, 10:53:56 AM »
hehehe,  yang paling mudah memang mengatakan :  kecelakaan itu karena faktor mesin / peralatan,  ato faktor cuaca,  dan sulit mengatakan itu karena kelalaian manusianya ............... ;D

Berkaitan dengan soal mesin / peralatan dan soal cuaca,  semuanya ada prosedur bakunya.   Kalo ada yang dirasa gak beres,  bisa dicheck ulang dsbnya dan bila perlu menolak menerbangkan.   Lalu menghadapi perubahan cuaca yang mendadak di route perjalanan,  ada prosedur bakunya juga,  bila perlu putar 180 derajat kembali ke tempat tolak semula..........

Namanya kelalaian,  itu bukan hanya karena kemampuan setengah-setengah  (  karena kurangnya pelatihan,  misalnya ),  melainkan juga bisa disebabkan karena kelebihan pelatihan,  terlalu sering latihan / berlebih-lebihan,  akhirnya lalai terhadap hal-hal / tindakan yang seharusnya dilakukan,  ato menganggap sepele ......dsbnya
« Edit Terakhir: Desember 03, 2011, 11:07:32 AM oleh semut-ireng »

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #4 pada: Desember 03, 2011, 02:13:28 PM »
berhubungan dengan kelalaian, sikap yang buruk itu memang bisa mendatangkan dampak yg cukup fatal.
ya seperti saya yg melalaikan tugas.

*duh jadi OOT  :-* ;D

oia karna membahas soal pesawat, saya pengen tau bagaimana ya pilot membawa penumpangnya. soalnya kalau dilangit kan ga kelihatan apa-apa. apa semua pilot memakai sistem navigasi yg sdh tersedia dipesawatnya?

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #5 pada: Desember 13, 2011, 04:49:14 PM »
kalau boleh tau kondisi/cuaca apa yang berbahaya buat penerbangan?

Offline hakku_DRRR

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 91
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • dollar
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #6 pada: Desember 13, 2011, 05:43:00 PM »
jelas 80% ialah kesalahan manusia......pada umumnya manusia lebih suka yang praktis....dan selalu bersifat mendadak.....menurut saya kemungkinan itu karena autopilot......ya pesawat di lengkapi dengan auto pilot....mungkin salah satu penyebabnya ialah auto pilot....karena pesawat telah menyediakan autopilot...kewaspada an akan cuaca buruk semakin berkurang.......

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1364
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #7 pada: Desember 27, 2011, 01:22:31 AM »
kalau boleh tau kondisi/cuaca apa yang berbahaya buat penerbangan?
Kalau lagi di atas, yang bahaya petir, atau topan yang besar. Kalau sudah mau mendarat, biasanya angin kencang dan kabut atau asap yang mengganggu pandangan. Hujan deras yang bikin landasan licin juga bisa berbahaya.
once we have eternity, everything else can wait

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #8 pada: Desember 27, 2011, 01:55:14 PM »
adanya petir atau tidak itu bergantung pada tubrukan ion negatif dan positif bukan?

Offline DAMFF

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #9 pada: Desember 27, 2011, 02:42:59 PM »
sekedar bertanya saja

bukannya dipesawat itu ada anti petir ya? ???
trus kalo pesawat terbang diatas awan apakah masih bisa terkena petir? :o
[Fi - universe] Future ideas for the universe

Offline DAMFF

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #10 pada: Desember 27, 2011, 02:46:19 PM »
adanya petir atau tidak itu bergantung pada tubrukan ion negatif dan positif bukan?

setau saya petir itu terjadi karena muatan di awan itu negatif, bukan positif
karena ion2 negatifnya semakin banyak, trus meluncur deh ke benda yang ion positif
ini biasanya tanah, terjadilah petir! >:D

kalo ada yang salah tolong di ralat ya? ;D

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1364
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #11 pada: Desember 27, 2011, 04:32:19 PM »
sekedar bertanya saja

bukannya dipesawat itu ada anti petir ya? ???
trus kalo pesawat terbang diatas awan apakah masih bisa terkena petir? :o

Faraday cage memang melindungi bagian dalam pesawat dari sambaran petir, tapi bagian luarnya tidak. Jadi bagian-bagian seperti sayap, ekor, baling-baling masih bisa rusak karena petir. Kalau bagian-bagian itu rusak, pesawat jatuh dan berpotensi menewaskan penumpangnya.
http://en.wikipedia.org/wiki/Lightning#Notable_lightning_strikes

Kalau di atas awan memang peluangnya terkena petir lebih kecil. Cuma kalau masih terlalu dekat bisa saja kena. CMIIW.

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1364
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #12 pada: Desember 27, 2011, 05:03:53 PM »
setau saya petir itu terjadi karena muatan di awan itu negatif, bukan positif
karena ion2 negatifnya semakin banyak, trus meluncur deh ke benda yang ion positif
ini biasanya tanah, terjadilah petir! >:D

kalo ada yang salah tolong di ralat ya? ;D

Petir bisa terjadi dari muatan positif maupun negatif, silakan dibaca di link di atas.
Petir juga bisa terjadi dari awan ke awan, seperti gambar berikut

Offline DAMFF

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #13 pada: Desember 27, 2011, 08:04:55 PM »
Petir bisa terjadi dari muatan positif maupun negatif, silakan dibaca di link di atas.
Petir juga bisa terjadi dari awan ke awan, seperti gambar berikut



baru tau saya, thanks ya atas infonya :o
trus cara pesawat agar petir tidak merusak badan pesawat bagaimana? :-\

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1364
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:pesawat terbang
« Jawab #14 pada: Desember 27, 2011, 08:33:04 PM »
Yang paling mudah tentunya jangan menerbangkan pesawat dekat awan yang berpotensi menimbulkan petir  ;D.
Memperkuat badan pesawat akan membuat pesawat tambah berat dan akibatnya memboroskan bahan bakar.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
2628 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2009, 04:31:49 PM
oleh Karno Giyantono
43 Jawaban
12848 Dilihat
Tulisan terakhir September 12, 2009, 09:38:15 PM
oleh Ginji
0 Jawaban
5159 Dilihat
Tulisan terakhir November 19, 2010, 08:41:26 PM
oleh cocack
1 Jawaban
1019 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 30, 2011, 08:31:50 AM
oleh Farabi
2 Jawaban
1195 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 23, 2012, 07:03:28 PM
oleh Anton_Soepriyanto

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia