Berita: Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Halaman: [1] 2 3

Pemanfaatan buah kelapa umumnya hanya daging buahnya saja untuk dijadikan kopra, minyak dan santan untuk keperluan rumah tangga, sedangkan hasil sampingan lainnya seperti tempurung kelapa belum begitu banyak dimanfaatkan. Bobot tempurung mencapai 12% dari bobot buah kelapa. Dengan demikian, apabila secara rata-rata produksi buah kelapa per tahun adalah sebesar 200.686,7 ton, maka berarti terdapat sekitar 24.082,404 ton tempurung yang dihasilkan.

Baca selengkapnya

GNSS merupakan teknologi yang digunakan untuk menentukan posisi atau lokasi dalam satuan ilmiah di Bumi. Satelit akan mentransmisikan sinyal radio dengan frekuensi tinggi yang berisi data waktu dan posisi yang dapat diambil oleh penerima yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui lokasi tepat mereka di mana pun di permukaan bumi. Pada artikel ini dibahas mengenai sistem navigasi satelit pada perangkat mobile.

Baca selengkapnya

Dimulai dari era mekanika klasik (Newtonian) pada awal abad 18, mekanika kuantum pada awal abad 20 dan hingga sekarang ini, perkembangan ilmu pengetahuan alam (science) telah melahirkan banyak kemajuan dalam bidang teknologi. Kemajuan ini akhirnya memberikan sumbangan terhadap pergeseran-pergeseran peradaban umat manusia (Frichof Capra, 2001). Menjadi tantangan tersendiri tentunya pada saat ini, untuk lebih memberikan berbagai inovasi berupa sentuhan teknologi terkini pada berbagai bidang. Di antara hal yang difokuskan oleh para ilmuwan saat ini adalah sumber energi, meliputi sumber energi primer hingga bahan penyimpanan energi (material energy storage).

Baca selengkapnya

Bagi kalangan IT pasti sudah tidak asing lagi dengan kata JAVA. Apa itu JAVA? Apakah JAVA berarti Pulau Jawa? Memang benar, tapi yang dimaksud di sini adalah jenis bahasa pemrograman komputer. JAVA adalah nama bahasa pemrograman komputer yang berorientasi objek. Berbeda dengan bahasa pemrograman yang non object oriented, bahasa JAVA memakai objek secara langsung, sehingga lebih sederhana.

Baca selengkapnya

Berikut ini penulis akan mempersembahkan sebuah inverter sederhana cocok untuk menyalakan lampu hemat energi atau CFL 15 watt dengan menggunakan baterai 12 volt. Rangkaian ini sangat sederhana sehingga yang baru belajar elektro bisa merakit dan mencobanya dengan berhasil.

Baca selengkapnya

Berikut ini adalah contoh dalam pembuatan antena WiFi 2,4 GHz. Bagi pembaca yang berkeinginan untuk membangun HOTSPOT antena ini patut dicoba guna untuk menekan harga dibanding dengan membeli antena yang buatan pabrik.

Baca selengkapnya

Apakah superkomputer itu? Mengutip dari Wikipedia, definisi superkomputer adalah teknologi mesin komputer yang didesain khusus untuk kapasitas proses super cepat, terutama dalam kecepatan kalkulasi dan pengolahan data besar. Lalu, siapa saja produsen superkomputer? Digunakan untuk kebutuhan apa? Apa bedanya deĀ­ngan server biasa? Semua akan diulas di sini.

Baca selengkapnya

Integrasi fusible plug dan pressure switch dapat menjadi suatu sistem terpadu penanggulangan kebakaran. Prinsip kerjanya dengan mendeteksi panas dari api pada platform produksi darat. TSE (Temperature Safety Element) seperti fusible plug yang terhubung dengan sprinkler/deluge valve (alat pemadam kebakaran) merupakan salah satu sistem pendukung darurat. Gunanya untuk meminimalisir dampak pelepasan hidrokarbon pada suatu platform. Seperangkat instrumen ini tergolong sebagai SIS (Safety Instrumented System) yang diaplikasikan untuk menjamin safety, meliputi ESD (Emergency Shutdown System) dan F&G (Fire & Gas System).

Baca selengkapnya

Fillet ikan adalah suatu irisan daging ikan tanpa tulang. Ketika mendengar kata fillet maka akan terbayang jenis fillet ikan golongan mahal, seperti fillet Salmon, Kakap Merah (Lutjanus argentimaculatus), Kerapu (Serranidae) dan sebagainya. Sebenarnya fillet dapat dikategorikan menurut bahan bakunya yaitu fillet yang berasal dari ikan ekonomis seperti Salmon, Kakap Merah (Lutjanus argentimaculatus), Kerapu (Serranidae), dan fillet dari jenis ikan non ekonomis seperti Kurisi (Nemipterus nematophorus), Swanggi (Priacanthus tayenus), Biji Nangka/kuniran (Upeneus sulphureus), Pisang-pisang (Caesio chrysozomus), Paperek (Leiognathus sp), dan Gerot-gerot (Pomadasys sp).

Baca selengkapnya

Data seismik dan pemodelan visual 3D menjadi pedoman utama dalam merencanakan pengeboran. Setelah observasi dan survei pada lapisan tanah dilakukan, maka tahap evaluasi sumur minyak telah selesai dan tahap pengembangan dapat dimulai. Pada tahap ini akan dilakukan pembangunan sumur yang meliputi pengeboran, pemasangan tubular, penyemenan, dan persiapan produksi. Rangkaian peralatan khusus yang digunakan untuk mengebor sumur minyak bumi disebut rig. Ciri utama rig adalah menara yang terbuat dari baja dan digunakan untuk menaik-turunkan pipa-pipa tubular sumur sehingga isi sumur dapat diakses.

Baca selengkapnya

Halaman: [1] 2 3