Forum Sains Indonesia

5 Alasan Utama Kenapa Sistem Pendidikan Finlandia No. 1 di Dunia

Semasa sekolah dulu, rasanya mustahil kita bisa dijuluki murid yang pintar kalau dapat ranking bontot. Apalagi kalau tidak lulus UN, rasanya dunia berakhir di titik itu. Ketatnya persaingan di sekolah mungkin memang mempunyai tujuan supaya kita terpacu untuk jadi lebih pintar. Namun tahukah kamu, negara dengan pendidikan terbaik dan murid tercerdas di dunia, yaitu Negara Finlandia justru melakukan hal yang sebaliknya?

Baca selengkapnya

Energi Potensial dan Energi Kinetik

Apakah yang dimaksud dengan energi? Energi merupakan kemampuan untuk melakukan kerja. Benda apa pun dapat dikatakan mempunyai energi apabila benda tersebut menghasilkan gaya yang bisa melakukan kerja. Angin yang berhembus mempunyai energi, karena dedaunan dapat bertebaran ikut angin tersebut.

Baca selengkapnya

Sejarah dan Cara Kerja Mesin Uap

Catatan paling awal dari sejarah teknologi mesin uap dapat kita lihat ke kota Alexandria pada tahun 75. Di sana terdapat seorang ahli matematika bernama Hero, yang juga dikenal denga nama Heros atau Heron. Hero menulis tiga buku tentang mekanik dan sifat-sifat udara serta memperkenalkan rancangan dari mesin uap sederhana. Mesin ini dikenal dengan nama Aeolipile atau Aeolypile, atau juga disebut dengan Eolipile.

Baca selengkapnya

Memahami Perayaan Ekaristi dalam Gereja Katolik

Roti dan anggur dalam Gereja Katolik Roma dipandang sebagai simbol Liturgi dari benda alamiah, walaupun roti dan anggur sudah merupakan hasil olahan tangan manusia. Akan tetapi dengan demikian, penggunaan roti dan anggur buatan manusia justeru mengungkapkan partisipasi manusia dalam pengolahan alam bagi hidup manusia itu sendiri.

Baca selengkapnya

Kesalahan Mendasar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Sebagai guru matematika banyak hal yang saya amati terhadap peserta didik saya dalam proses pembelajaran. Ada beberapa masalah yang menyebabkan peserta didik menjadi salah dalam penyelesaian soal namun yang paling mendasar adalah cara di dalam mengoperasikan aljabar, bukan dalam pemahaman materinya.

Baca selengkapnya

Pengolahan Asap Cair Dari Limbah Tempurung Kelapa dan Pemanfaatan Asap Cair Sebagai Bahan Pengawet Makanan

Pemanfaatan buah kelapa umumnya hanya daging buahnya saja untuk dijadikan kopra, minyak dan santan untuk keperluan rumah tangga, sedangkan hasil sampingan lainnya seperti tempurung kelapa belum begitu banyak dimanfaatkan. Bobot tempurung mencapai 12% dari bobot buah kelapa. Dengan demikian, apabila secara rata-rata produksi buah kelapa per tahun adalah sebesar 200.686,7 ton, maka berarti terdapat sekitar 24.082,404 ton tempurung yang dihasilkan.

Baca selengkapnya

Navigasi

[0] Forum

Ke versi lengkap