Berita: Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Penulis Topik: [TELCO] STP - Signalling Transfer Point  (Dibaca 2952 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nurcholis175

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
[TELCO] STP - Signalling Transfer Point
« pada: September 17, 2011, 11:36:16 PM »
Sekedar berbagi untuk bangsa sendiri.

STP, Signalling transfer Point, apa sih itu stp? Memangnya di dunia GSM network ada perangkat STP? Kok baru tahu….

Ok sebelum kita pelajari apa itu STP, baiknya kita tahu dulu apa itu maksudnya signaling. Signalling adalah proses pembangunan hubungan komunikasi, proses pembubaran hubungan komunikasi serta proses control/kendali hubungan komunikasi yang sudah terbentuk. Komunikasi dalam arti di sini bisa berupa komunikasi dari percakapan orang ke orang, bisa juga “percakapan” dari perangkat – ke perangkat.  Yaa kurang lebihnya seperti itu maksud dari signaling.

Banyak sekali dasar-dasar ilmu yang memperkenalkan jaringan GSM. Salah satunya adalah dengan mengenalkan konsep jaringan GSM seperti berikut ini :

Nah dari gambar tersebut, terlihat adanya perangkat (biasa disebut NE, Network Element) MSC, HLR, VLR, AuC, EIR. Dan mayoritas pengantar-pengantar seperti di atas tidak ada yang memberikan posisi / letak STP itu dimana.

Okelah kita batasi dulu pembahasan kita di Network Subsystem, kadang juga di sebut CS Core (Circuit Switching Core)
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
Dari gambar di atas, terlihat adanya garis-garis yang menghubungkan antar perangkat ke perangkat. Itulah yang gambaran komunikasi yang terbentuk antar perangkat ke perangkat. Jadi garis-garis tersebut bisa dibayangkan sebagai signaling bukan?

Saya yakin anda pasti sudah tahu apa itu MSC, HLR, VLR dkk nya. Selain kepanjangannya Anda juga wajib tahu apa fungsi dan perannya.

Ok, dalam satu operator komunikasi seluler (contoh operator tuh seperti Tsel, XL, HCPT, Isat, smartfren,  seperti itulah) pastinya memiliki perangkat-perangkat yang digambarkan di atas. Namun, dengan 1 MSC, 1 HLR, 1 VLR dan semua jenis perangkatnya yang hanya ada 1 mustahil operator tersebut bisa melayani pelanggan seluas Negara tercinta Indonesia ini (apalagi berpulau-pulau). Bayangkan saja 1 MSC katakanlah cakupannya hanya 1-2 kota besar, 1 HLR pun kurang sanggup menampung data sebanyak warga Indonesia.

Oleh karenanya operator-operator pasti punya >1 perangkat – perangkat tersebut di atas guna melayani pelanggannya. Nah untuk menjamin proses komunikasi antar perangkat-perangkat tadi, kesemua perangkat wajib terhubung satu sama lain, seperti gambaran di bawah ini:
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
Di dalam gambar yang kedua di berikan contoh, jika masing-masing perangkat di dalam gambar pertama semua jenis nya ada 2 buah, dan contohnya ada di kota Jakarta dan surabaya. OK, belum terlalu rumit memang “garis-garis” tersebut.

Dari teknologi mobile telecommunication yang terus berkembang, maka akan terus berkembang pula layanan / service2 yang dibutuhkan oleh pelanggan. Katakanlah dulu di pertengahan tahun 90an, mobile communication hanya memberikan service berupa voice / suara saja. Namun lihat saja sekarang dimana service/jenis layanan sudah bertambah macam-macam (ada SMS,MMS, GPRS, VMS, transfer pulsa, Cek pulsa, prepaid – IN dll). Dan dengan bertambahnya service/layanan, bertambah pula perangkat2 yang ada di dalam GSM network, dan kesemuanya wajib terhubung sama lain sesuai dengan kebutuhan “komunikasi” signaling nya. Hayo ada gambaran ga sekarang dengan kondisi seperti itu? Dengan makin banyaknya perangkat yang ada dan makin banyaknya “garis-garis” komunikasi signaling antar perangkat. Bisa jadi seperti ini dech gambarannya.
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
Dijamin (kalo dalam English disebut) “Mumetz Ndace” / pusing kepala. Ga hanya di gambar seperti di atas saja yang ruwet, dilapanganpun juga jauh lebih ruwet. Gambar di atas masih berupa gambaran untuk 3 kota saja.

Oleh karenanya muncul jenis perangkat yang mampu “menyederhanakan” keruwetan di atas. Marilah kita sambut STP. STP menjadi jembatan komunikasi-komunikasi antar perangkat tadi tang sudah banyak bin ruwet bin kompleks tadi. Dan jadinya gambarannya adalah seperti ini :
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
Alhasil semua perangkat yang membuat kita “mumetz ndahe” di atas terhubung dengan STP sebagai “katakanlah” konsentrator jaringan. Dan STP inilah yang melakukan perutingan untuk kebutuhan komunikasi antar perangkat-ke perangkat. Yaaa biar gampang mungkin bisa digambarkan STP itu ibarat “ROUTER“ nya jaringan GSM di Network Subsystem lah. Paling tidak seperti itu gambaran kasarnya STP.

Berikut ini brand STP dari beberapa vendor (urutan di bawah tidak menunjukkan status apapun):
-          Vendor Tekelec ==>  Eagle 5 ISS
-          Vendor Huawei ==>  SG7000
-          Vendor Cisco ==>  ITP (IP Transfer Point)
-          Vendor NSN ==> HIS 700

Ok, sekian dulu yaa… kira-kira sudah ada bayangankan apa itu STP?

Semoga menambah ilmu kita semua, dan menjadikan kita tidak kalah dengan bangsa lain… MERDEKA!!!!

Mohon bantuan rekan-rekan untuk bantu menampilkan picture nya.
lengkapnya ada di nurcholis175.wordpress.com/2011/09/14/stp/
« Edit Terakhir: September 18, 2011, 12:54:37 AM oleh reborn »

Offline nurcholis175

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
Re: [TELCO] STP - Signalling Transfer Point
« Jawab #1 pada: September 17, 2011, 11:38:07 PM »
maaf mod, kalo salah room. Kalau salah mungkin bisa di moved
bingung untuk telco menariknya ditaruh dimana. Cause Telco sendiri masih banyak bahasannnya (Radio, transmisi, Bakcbone, Core, VAS dll)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
17 Jawaban
25375 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 07, 2012, 08:50:15 PM
oleh templez
1 Jawaban
4949 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 23, 2009, 08:28:14 AM
oleh syx
0 Jawaban
4411 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 18, 2011, 01:44:08 PM
oleh utusan langit
2 Jawaban
2705 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 22, 2012, 02:36:01 PM
oleh Farabi
0 Jawaban
1469 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 26, 2013, 01:15:23 PM
oleh Spotelindo