Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Izunme

November 26, 2014, 01:41:36 PM
Kira-kira disini apa ada banyak trit terkait free energi kah?

Bima Setiaji

November 25, 2014, 08:39:58 AM
agan semua, cara nambah iq disini gimana ya.. maklum pengguna baru  ;) ;)

@liya_oneng

November 22, 2014, 07:16:47 AM
Nilai dari 54 akar 40 : 9 akar 24

agus.sucipto99

November 22, 2014, 07:08:19 AM
saya sedang mencari peralatan yg menggunakan teori parendev magnet permanen, ane mau beli.. ada info hub 082126406601

Ode Haerudin

November 21, 2014, 11:41:35 PM
assalam alaikum :)

robbani

November 17, 2014, 09:15:59 PM
ada yang tau coding penjumlahan bilangan oktal di java
 

milmi

November 17, 2014, 07:13:48 PM
Salam kenal juga

hani

November 16, 2014, 04:58:00 PM
salam kenal :)

oviuchiha

November 16, 2014, 01:46:23 PM
salam kenal ya kawan2,.,.,.
 :D ;) :) ;D
 

MuhammadRyan

November 16, 2014, 08:07:46 AM
walaikumsalam

Show 50 latest

Penulis Topik: ada yang tau gak pembangkit semangat...  (Dibaca 3229 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline didi dom din cer

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 25
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
ada yang tau gak pembangkit semangat...
« pada: Januari 11, 2012, 10:34:30 PM »
hai agan-agan sekalian aku ada pertanyaan nih ?

saat kita bekerja , energi didalam tubuh sebahagian akan terkuras apalagi  pekerjaan itu sangat berat, sampai-sampai kepala ini pusing ketika kelelahan trus bekerja .tapi terkadang ,tiba tiba ada semangat yang timbul ( mikirin senyum nya kekasih ). eeh malah kepala pusing hilang , kerja semakin semangat  .


pertanyaan nya  : 1 .bagaimana sih semangat itu muncul ?
                             2 .hal- hal apa saja sih yang membangkitkan semagat ?
                             3 .kepala pusing itu diakibat kan apa ya?  ;D



Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:ada yang tau gak pembangkit semangat...
« Jawab #1 pada: Januari 12, 2012, 07:46:51 AM »
saya jawab yang no 3 aja:
pusing ato vertigo adalah gangguan keseimbangan sehingga terasa diri kita ato lingkungan terasa berputar atau bergerak (meskipun kenyataannya kita sedang diam). kalo kita merasa diri kita yang berputar maka disebut vertigo subyektif, sedangkan jika terasa lingkungan kita yang berputar disebut vertigo obyektif.
penyebabnya adalah gangguan pada otak kecil selaku pengatur keseimbangan dan/ato bagian telinga dalam selaku pendeteksi keseimbangan.
lebih lanjut coba cari juga di post lain yang membahas vertigo. thanks.
« Edit Terakhir: Januari 12, 2012, 07:51:24 AM oleh syx »

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:ada yang tau gak pembangkit semangat...
« Jawab #2 pada: Januari 12, 2012, 07:37:32 PM »
semangat merupakan emosi bukan?
saya pernah membuat thread yang serupa.
http://www.forumsains.com/biologi/bagaimana-proses-emosi-yang-dihasilkan-dari-otak/msg124514/#msg124514
kalau dari sisi psikologi, pemikiran/perasaan kita (misalnya semangat atau sedih) berasal dari sugesti.
dan ada pula bagian anggota otak tengah; amigdala merupakan bagian yang menyimpan perasaan yang kuat dan bagian korteks prafrontal akan mengirim sinyal penghambat untuk meredam emosi yang kuat tersebut. (misalnya untuk emosi sedih).
sayang saya belum punya buku/refrensi yang mengupas anatomi otak keseluruhan dan rinci. kalau saya punya pasti saya bakal 'blak-blakan' bagaimana proses rumit otak kita :)
i adore your intelligence

Offline didi dom din cer

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 25
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:ada yang tau gak pembangkit semangat...
« Jawab #3 pada: Januari 12, 2012, 11:18:36 PM »
thanks ya profesor ,walaupun dikit ngrti tapi bermamfaat.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re:ada yang tau gak pembangkit semangat...
« Jawab #4 pada: Januari 14, 2012, 05:37:38 PM »
Untuk emosi itu diatur sama sistem limbik di otak..
amygdala termasuk ke dalam salah satu bagian sistem limbik kita.. :D

hmm..
Saat kita stress karena pekerjaan, ataupun karena kelelahan bekerja, ada senyawa kimia yang dilepaskan sel sel saraf di otak kita.. Senyawa kimia yang keluar karena stress itu bisa memberi pengaruh ke banyak organ tubuh kita deh.. salah satunya bisa jadi pusing itu..
Nah.. saat kita mikirin pacar kita yang uhuy itu.. ada senyawa kimia yang dilepasin dari sel saraf. Senyawa kimianya pastinya lain dengan senyawa kimia yang dikeluarin sewaktu kita stress itu.. Nah, senyawa kimia yang keluar karena mikirin 'doi' itu bisa membikin efek lain dari tubuh kita.. misalnya jadi semangat.. Jadi efek yang dibikin oleh senyawa kimia stress itu bisa ketutupi sama senyawa kimia senang tadi..
gitu deh simpelnya.. :D

Senyawa kimia yang saya maksud di sini itu Neurotransmitter.. untuk lengkapnya bisa digoogling deh.. hehehe..
~ You are what you eat ~

Offline ytridyrevsielixetuls

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 408
  • IQ: 168
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
    • Lihat Profil
Re:ada yang tau gak pembangkit semangat...
« Jawab #5 pada: Januari 15, 2012, 09:32:15 PM »
kamu bukan cuma memerlukan istirahat cukup dan gizi seimbang aja tapi juga efek placebo. krn efek placebo membantu memberikan sugesti positif. sama aja ky mukjizat tp efek sampingnya lebih gampang kena sugesti yg negatif.
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2918
  • IQ: 170
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:ada yang tau gak pembangkit semangat...
« Jawab #6 pada: Pebruari 07, 2012, 08:18:15 AM »
Semangat muncul karena lepasnya dophamine. Dophamin muncul melalui hal hal yang menyenangkan kita semua, seperti asah otak, olahraga, ngobrol, makan dsb. Untuk membuat semangat diharuskan refreshing.
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:ada yang tau gak pembangkit semangat...
« Jawab #7 pada: Pebruari 07, 2012, 01:22:07 PM »
^ bukan karena endorphin ya?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2918
  • IQ: 170
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:ada yang tau gak pembangkit semangat...
« Jawab #8 pada: Pebruari 08, 2012, 08:12:48 PM »
Masih sama kalau tidak salah antara endorphin dan dophamin. Endorphin itu singkatan dari endo morphin kalau tidak salah, morphin (alami) didalam (tubuh).

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2918
  • IQ: 170
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:ada yang tau gak pembangkit semangat...
« Jawab #9 pada: Pebruari 09, 2012, 05:52:52 PM »
Kalau anda mau anda bisa buat sendiri sabu sabu, nama ilmiahnya metampetamine, tapi hati hati , lebih adiktif daripada rokok, dan tidka akan bisa berhenti kecuali pake metadon.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:ada yang tau gak pembangkit semangat...
« Jawab #10 pada: Pebruari 09, 2012, 09:25:41 PM »
Kalau anda mau anda bisa buat sendiri sabu sabu, nama ilmiahnya metampetamine, tapi hati hati , lebih adiktif daripada rokok, dan tidka akan bisa berhenti kecuali pake metadon.
metadon itu apa om?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:ada yang tau gak pembangkit semangat...
« Jawab #11 pada: Pebruari 10, 2012, 06:56:47 AM »
Methadone (also known as Symoron, Dolophine, Amidone, Methadose, Physeptone, Heptadon, Phy and many other names) is a synthetic opioid, used medically as an analgesic and a maintenance anti-addictive for use in patients with opioid dependency. (wikipedia)

Offline nʇǝʌ∀

  • Global Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 362
  • IQ: 192
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
    • Lihat Profil
Re:ada yang tau gak pembangkit semangat...
« Jawab #12 pada: Pebruari 10, 2012, 07:55:08 PM »
^ bukan karena endorphin ya?

Endorphin itu seperti hormon candu, jadi agak-agak mirip dengan orang yang ketagihan melakukan sesuatu dan merasa berat meninggalkannya. Seperti orang yang sudah suka atau jatuh cinta banget sama seseorang/sesuatu.

kalau Dopamine itu seperti hormon semangat, jadi hormon inilah yang membuat kita percaya diri dan merasa tertantang untuk melakukan sesuatu dan meyakininya akan berhasil atau membuat kita mau terlibat sesuatu.

Manakala level dopamine naik maka tubuh kita melepaskan hormon endorphin.

Masuk akal juga, di mana ada semangat di situ ada suka.
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
1724 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 20, 2008, 12:08:52 AM
oleh zonsopgang
2 Jawaban
6558 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2009, 08:28:56 AM
oleh milmi
1 Jawaban
1479 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 24, 2011, 01:33:45 PM
oleh bambus
0 Jawaban
1976 Dilihat
Tulisan terakhir April 13, 2010, 08:44:08 PM
oleh Penyoex
5 Jawaban
2643 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 24, 2014, 07:37:22 PM
oleh MuhammadRyan

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia