Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Izunme

November 26, 2014, 01:41:36 PM
Kira-kira disini apa ada banyak trit terkait free energi kah?

Bima Setiaji

November 25, 2014, 08:39:58 AM
agan semua, cara nambah iq disini gimana ya.. maklum pengguna baru  ;) ;)

@liya_oneng

November 22, 2014, 07:16:47 AM
Nilai dari 54 akar 40 : 9 akar 24

agus.sucipto99

November 22, 2014, 07:08:19 AM
saya sedang mencari peralatan yg menggunakan teori parendev magnet permanen, ane mau beli.. ada info hub 082126406601

Ode Haerudin

November 21, 2014, 11:41:35 PM
assalam alaikum :)

robbani

November 17, 2014, 09:15:59 PM
ada yang tau coding penjumlahan bilangan oktal di java
 

milmi

November 17, 2014, 07:13:48 PM
Salam kenal juga

hani

November 16, 2014, 04:58:00 PM
salam kenal :)

oviuchiha

November 16, 2014, 01:46:23 PM
salam kenal ya kawan2,.,.,.
 :D ;) :) ;D
 

MuhammadRyan

November 16, 2014, 08:07:46 AM
walaikumsalam

Show 50 latest

Penulis Topik: Anemia pada Ibu Hamil  (Dibaca 6185 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Anemia pada Ibu Hamil
« pada: Januari 31, 2010, 01:16:30 AM »
Anemia pada kehamilan masih sering dijumpai di Indonesia. Keadaan ini memang dapat disebabkan oleh adanya anemia sebelum kehamilan karena anemia pada perempuan, termasuk perempuan muda, masih cukup tinggi. Namun, anemia juga bisa terjadi akibat kehamilan.

Kehamilan dapat menimbulkan anemia karena saat hamil terjadi peningkatan volume darah sehingga sel darah merah relatif menjadi lebih rendah. Selain itu, berkurangnya asupan makanan karena mual dan muntah serta risiko perdarahan pada waktu persalinan juga akan meningkatkan risiko anemia.

Jika hemoglobin pada kehamilan trimester pertama di bawah 11 g/dL dan pada trimester kedua dan ketiga di bawah 10 g/dL, itu sudah dianggap anemia. Pengaruh keadaan anemia terhadap kehamilan bergantung pada derajat anemia.

Jika anemia ringan, mungkin pengaruhnya hampir tak ada. Namun, jika hemoglobin di bawah 6 g/dL, ibu akan merasa lekas lelah, bahkan dapat terjadi gangguan fungsi jantung.  Secara rutin biasanya pada kehamilan perlu diperiksa hemoglobin sehingga dapat dilakukan terapi. Penyebab anemia pada kehamilan yang sering adalah karena kurang besi.

Gejala anemia pada ibu hamil sama seperti anemia yang dialami orang dewasa, yaitu ibu menjadi tidak fit; lesu, lemah, letih, lelah, lalai (5L). Ibu hamil juga menjadi sering pusing, mata berkunang-kunang, bahkan sampai pingsan, mudah mengantuk, sesak napas, daya tahan tubuh menurun, dan mudah jatuh sakit.

Anemia sebaiknya tidak dibiarkan saja karena akibatnya bisa fatal, baik pada ibu maupun janinnya. Risiko yang terjadi antara lain keguguran, kelahiran prematur, persalinan lama, perdarahan pasca-melahirkan, bayi lahir dengan berat rendah, hingga kemungkinan bayi lahir dengan cacat bawaan.

Sayangnya, banyak ibu hamil kurang mengonsumsi zat besi, padahal zat besi dapat dipenuhi dari komposisi makanan yang bergizi dan seimbang. Untuk mencegah terjadinya anemia, biasanya dokter akan memberikan suplemen zat besi dengan asam folat. Namun, kalau sampai terjadi anemia berat, penanganan seperti transfusi darah mungkin saja diperlukan, tergantung dari bagimana kasusnya.




Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
    • Lihat Profil
Re: Anemia pada Ibu Hamil
« Jawab #1 pada: Januari 31, 2010, 09:20:24 AM »
Namaya anemia delusional..suplementasi asam folat biasanya untuk mencegah agar janin tidak mengalami gangguan penutupan..neural tube...
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: Anemia pada Ibu Hamil
« Jawab #2 pada: Januari 31, 2010, 02:08:31 PM »
Bisa juga jadi anencephaly karena kekurangan asam folat.
Keren tuh anencephaly.. Mas ran pernah jumpa?
OOT OOT OOT..!!!

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Anemia pada Ibu Hamil
« Jawab #3 pada: Januari 31, 2010, 05:53:29 PM »
tapi kan asam folat hanya berguna bila diberikan pada 3 minggu pertama? :) kok masih banyak yang memberikan sampai akhir kehamilan? untuk mencegah anemia?
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: Anemia pada Ibu Hamil
« Jawab #4 pada: Januari 31, 2010, 06:50:59 PM »
Eh..? Iya... Setelah dicross-check, emank.
1 bulan sebelum conception (pembuahan) sampai 3 bulan kehamilan.
Sebanyak 400 mcg sehari.

P.S. Setelah dicek2 lagi, kayaknya gak ada tuh yang bilang sampai akhir kehamilan.. Mas Astra persepsi darimana?

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Anemia pada Ibu Hamil
« Jawab #5 pada: Januari 31, 2010, 07:26:17 PM »
susu untuk kehamilan tuh....mengandung folat yang tinggi....juga kalo ibu hamil berkonsultasi sama SpOG, biasanya juga dikasih...apa ini pengaruh perusahaan farmasi? ???

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
    • Lihat Profil
Re: Anemia pada Ibu Hamil
« Jawab #6 pada: Januari 31, 2010, 09:54:34 PM »
@ Mas Huria..
Anensefali..belum pernah nemu tapi kalo spina bifida pernah liat.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Anemia pada Ibu Hamil
« Jawab #7 pada: Pebruari 01, 2010, 08:05:08 AM »
Sayangnya, banyak ibu hamil kurang mengonsumsi zat besi, padahal zat besi dapat dipenuhi dari komposisi makanan yang bergizi dan seimbang. Untuk mencegah terjadinya anemia, biasanya dokter akan memberikan suplemen zat besi dengan asam folat.
mungkin bukan kurang tapi karena gangguan pencernaan akibat ulah hormon. pertama, zat besi yang bagaimana yang dikonsumsi, dari sumber nabati ato hewani? sumber nabati lebih sulit diserap ketimbang yang hewani. kedua, asupan melalui suplemen ato pun susu seringkali bermasalah karena zat besi bisa merangsang mual dan muntah yang udah ada. ini katanya bisa diatasi dengan menggunakan senyawa Fe organik ato dengan nanotechnology.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Anemia pada Ibu Hamil
« Jawab #8 pada: Pebruari 01, 2010, 03:10:59 PM »
mual dan muntah yang diakibatkan oleh suplementasi Fe itu yang membuat suplemnetasi Fe sebaiknya diberikan mulai pada trimester II :)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
4420 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 04, 2009, 09:39:00 PM
oleh nandaz
6 Jawaban
2589 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 21, 2009, 01:17:42 PM
oleh drexman
54 Jawaban
14075 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2011, 07:36:57 PM
oleh Huriah M Putra
7 Jawaban
3084 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2012, 10:49:45 PM
oleh Huriah M Putra
2 Jawaban
986 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2014, 09:37:34 PM
oleh MuhammadRyan

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia