Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ghea1905

Kemarin jam 02:34:03 PM
Salam Kenal :D

yansen

April 21, 2014, 05:08:03 PM
salam kenal

Shadiq

April 20, 2014, 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

Show 50 latest

Penulis Topik: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?  (Dibaca 23376 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« pada: Juli 08, 2008, 04:08:13 PM »
apendiks ato umbai cacing seringkali disalahartikan dengan usus buntu. emang tempatnya di usus buntu, tapi saat operasi usus buntu yang dibuang itu si apendiks ini. lha kok dibuang? emang ga ada gunanya ya? dulu sih dugaannya gitu. useless, paling cuma bikin penyakit aja terus dibuang.

belakangan dari bidang imunologi nemuin bahwa apendiks sebenernya adalah rumah hunian yang aman buat bakteri yang penting untuk kesehatan pencernaan. jadi, selama terjadi serangan penyakit seperti disentri amuba yang bisa menyebabkan kematian massal bakteri baik, apendiks ini jadi satu-satunya tempat yg aman bagi mereka dari pembantaian massal tersebut. selanjutnya bakteri ini bisa berkembang biak dan mengembalikan kondisi perut yg amburadul pasca perang.

The appendix does have a use - re-booting the gut



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #1 pada: Juli 09, 2008, 01:57:55 AM »
Saking ngerasa ga perlunya, beberapa orang malah operasi usus buntu dulu sebelum pergi ke tempat yg ga ada fasilitas kesehatan yg cukup.

Biar tambah mantap, sekalian nih gambarnya dari wiki :


Usus buntu ini sebenernya sangat berguna buat herbivora. Gunanya untuk mencerna selulosa yang bnyk terdapat pada makanan mereka. Nah, utk carnivora dan omnivora termasuk manusia, fungsi ini jadi ga begitu penting dan diduga mengalami  rudimenter.

Ternyata bisa jadi apendiks ini berguna untuk rumah buat "bakteri baik" ya? Trus gimana, sebaiknya jangan diangkat dong apendiks kita?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #2 pada: Juli 09, 2008, 08:01:54 AM »
kalo ga sakit ya mendingan jangan diangkat lah...

Usus buntu ini sebenernya sangat berguna buat herbivora. Gunanya untuk mencerna selulosa yang bnyk terdapat pada makanan mereka.
tepatnya jadi pondokan bakteri pemecah selulosa. (terasa seperti thompson and thomson)

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #3 pada: Juli 09, 2008, 02:27:53 PM »
kalo ga sakit ya mendingan jangan diangkat lah...

biasanya oleh dokter / di koran2 malah dianjurkan diangkat aja, sebelum radang dan jadi repot.

btw, gejala2 radang usus buntu itu gimana sih? bisa ngga kita mengenali secara dini, sebelum parah?


(terasa seperti thompson and thomson)

ahhahah  ;D  memang kalian cocok  ;D  gw snowy-nya aja deh, bagian guk.. guk.. kasih semangat ;D
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #4 pada: Juli 09, 2008, 05:17:47 PM »
mending baca di sini deh... sekalian untuk pencegahannya:
Health Encyclopedia - Diseases and Conditions: Appendicitis

Offline lovianettesherry_gonz

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
  • see the future,be the future
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #5 pada: Juli 09, 2008, 07:23:11 PM »
saya setuju dengan moderator syx tentang appendix...aku denger dari guruku kalo appendix kita berasal dari hasil proses evolusi...secara kita ini kan gak jelas dulunya berasal dari herbivor...manusia(omnivora) kan makannya bisa macem-macem,sedangkan usus buntu pada sapi tuh diperluin karena disitu dia bisa mencerna selulosa tumbuhan(jangan tanya gue!!)...karena kita makannya apa aja..berarti kita gak hanya bergantung pada tumbuhan dan appendix atau sekum buat mencerna tumbuhan,maka sekum pada manusia berubah fungsi menjadi makin kecil dan gak guna kecuali buat tempat pasukan perang...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #6 pada: Juli 14, 2008, 02:26:18 PM »
penasaran metode lain untuk atasi appendicitis. hasilnya ada penelitian yang menyatakan bahwa antibiotika bisa dipake untuk atas appendicitis ringan sampe sedang. kalo udah berat pilihannya cuma operasi aja untuk mencegah pecah dan penyebaran mikroorganisme ke rongga perut.

Marks JW dan Lee D. Appendicitis Treatment with Antibiotics. MedicineNet.com

Offline pai99

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 70
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #7 pada: November 24, 2008, 10:51:33 AM »
secara imunologi,,
dapet kabar juga klo di usus, selain peyer's patch, appendix juga tempatnya nodulus limfa..
hmm, tapi perlu dikaji lagi//
Sciences is Allah's swt Words,,
'Andai air laut menjadi tinta, dan semua pohon di bumi ini menjadi pena nya, tidak akan cukup untuk menulis semua ilmu Allah'
Surf it! Know it! Get i

Offline Lunaris

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 266
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #8 pada: November 25, 2008, 01:12:14 AM »
Umbai cacing dulunya bagian dari saluran pencernaan, tetapi sekarang cuma tempat yang banyak sel darah putihnya. Kurasa umbai cacing lebih banyak merugikanya daripada menguntungkan.

Resiko apendikitis itu kematian.

Untuk Manusia bisa melakukan operasi usus buntu.

Offline pai99

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 70
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #9 pada: November 27, 2008, 10:13:18 AM »
hmm,, kl menurut saia kok engga ya
lebih banyak positifnyah,,

menurut laporan yang ada, ada penurunan (meskipun tidak banyak) kemampuan imunitas tubuh pada orang yang apendiksnya dah ditiadakan,,
apendisitis tergantung pada pola makan bukannya ya??

itu merupakan fenomena evolusi,, (keberadaan dan panjang apendiks)

wallahua'lam

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
apasih fungsi umbai cacing?
« Jawab #10 pada: Januari 08, 2009, 12:37:57 PM »
.....
   mau tany nih,,,, apa sih fungsi dari umbai cacing itu?.....katanya kalo umbai cacing itu terinfeksi maka akan terjadi usus buntu yah...betulkah itu???
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #11 pada: April 22, 2010, 10:37:09 PM »
Usus buntu dan umbai cacing itu dua organ yang berbeda, banyak yang salah kaprah..usus buntu itu caecum, sedangkan umbai cacing itu appendix vermiformis. Penyebab appendicitis tersering adalah fecalith, yaitu materi dalam feces yang mengeras dan terjebak di dalam umbai cacing, di sana ia menyumbang aliran mukus. KArena sekresi mukus itu kaya protein, menyebabkan bakteri yang ada di sana berkembang biak subur diikuti pembengkakan appendix. Mulailah gejala appendicitis muncul.

Tapi seringkali, peradangan itu ga berlanjut jauh dan hanya bisa berhenti sampai peradangan jaringan serosa di sekitar appendix yang disebut dengan mesoappendicitis. Setalah di bedah, ternyata normal, diagnosanya jadi appendicitis normalisata.. ;D
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #12 pada: April 23, 2010, 02:33:19 PM »
kalo nanti peradangannya pecah, jadi kena ke jaringan sekitar, bisa sampe peritonitis :D
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #13 pada: April 23, 2010, 08:01:48 PM »
Oowh.. Jadi yang dibedah tapi gak nampak peradangan appendix itu karna mesoappendicitis?
Tapi kan gejala untuk appendicitis akut itu khas..
OOT OOT OOT..!!!

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« Jawab #14 pada: April 23, 2010, 10:14:47 PM »
apendiksitis normalisata kan jadinya? ??? yang buat kadang silap, apakah dokter segera menegakkan diagnosa dari McBurney sign atau tidak. padahal nyeri seperti McBurney juga ada pada banyak sekali kelainan :)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
77 Jawaban
28634 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 26, 2010, 05:03:44 PM
oleh Idad
5 Jawaban
14581 Dilihat
Tulisan terakhir September 03, 2008, 07:58:55 AM
oleh syx
17 Jawaban
8826 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 21, 2014, 03:49:20 PM
oleh Monox D. I-Fly
20 Jawaban
10836 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 30, 2011, 09:44:16 AM
oleh prince arthas
1 Jawaban
2313 Dilihat
Tulisan terakhir April 04, 2010, 01:13:17 PM
oleh wibi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia