Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

SplitzBurned

Kemarin jam 01:32:06 PM
ada yg on kah ?

Ariie

September 23, 2014, 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya

Show 50 latest

Penulis Topik: cacar  (Dibaca 5886 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #15 pada: November 26, 2010, 04:16:20 PM »
cacar atau cacar air nih? ??? cacar mah uda hilang dari penjuru muka bumi ini :D kalo cacar air sih memang tidak harus semua anak kena....cuma kalau dewasa baru kena, bisa lebih sakit (uda mirip herpes zoster) :) gitu aja sih gan
virus cacar air dan herpes zoster sama kan? tampilan awal pas kena pertama kali adalah cacar air. terus virusnya ga ilang dari tubuh, cuma bersifat dorman aja. tapi tubuh dibilang 'kebal' karena tidak terulang mengalami cacar air. kalo terpapar virus yang sama lagi dan kondisi badan lagi ga fit maka kekambuhan berupa herpes zoster, bukan cacar air lagi.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #16 pada: November 26, 2010, 04:35:25 PM »
Sama aja..
Namanya varicella-zoster virus.
Awalnya ya varicella atau cacar air.
Tapi gak semua orang bisa ada gejala cacar air gini.
Mungkin dia terkena waktu lagi kuat2nya jadi virusnya langsung dorman aja.
Nah..
Virusnya dorman dalam tubuh juga.
Di ganglion presinaps (kalo gak salah).
Kalau imun tubuh turun, dia keluar deh jadi herpes zoster.
Jadi gak butuh paparan dari luar juga sih..
OOT OOT OOT..!!!

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #17 pada: November 26, 2010, 04:57:12 PM »
maksudnya ada temen dari luar yang membangunkan virus dorman di dalam tubuh... :D

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #18 pada: November 28, 2010, 05:58:17 PM »
temen dari luarnya sapa Om Mod?
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #19 pada: November 28, 2010, 10:47:56 PM »
Influenza..

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #20 pada: November 29, 2010, 08:48:37 AM »
virus varicella dari luar...

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #21 pada: November 29, 2010, 02:35:45 PM »
@Mas Hur: kenapa Influenza?

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #22 pada: November 29, 2010, 03:38:29 PM »
Waduh..ngomongin cacar...biasanya kalo bintik merah udah muncul dan di bawah 3 hari biasa dikasis ancycovir 400mg 5 kali sehari selama 5 hari...tambah analgetik-antipiretik...
trus kasih salisil..sebagai anti slip,...biasanya secara klinis...nggak akan sampe timbul bintik kehitaman....

Jadi lebih baik diobati saat dini biar bekasnya nggak keliatan...Btw, saya mencoba mencari referensi itu di teksbook...tapi kok nggak ada yah.  Yang ada dicatatan waktu koas dulu.  Kira-kira buat T.S yang lain kayaknya hal ini bisa didiskusikan.

FYI, minum obat antiviralnya meski tepat waktu, nggak boleh telat
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #23 pada: November 29, 2010, 04:51:55 PM »
ancycovir? maksudnya acylcovir?
apa yang dimaksud dengan salisil sebagai antislip? salisil tuh asam salisilat?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #24 pada: November 29, 2010, 06:46:17 PM »
@Mas Hur: kenapa Influenza?
Menurunkan sistem imun si host..
Semacam alley-oop.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #25 pada: November 29, 2010, 06:48:48 PM »
@mas ran: seingat wa di kuliah pun, varicella tuh self limited disease dan hanya diobati simptomatiknya aja.. Herpes zoster yang pake acyclovir.

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #26 pada: November 29, 2010, 10:44:19 PM »
Waduh tampaknya yang dibilang huria benar....setelah saya cari dikepustakaan lagi...
Ternyata..itu untuk herpes zooster,,

Dosis 5x800mg sehari...dan diberikan biasanya selama 7 hari...tapi kalo valasiklovir cukup 3x1000mg. Trus kalo lesinya masih timbul masih bisa diteruskan dan dihentikan sesudah 2 hari sejak lesi baru tidak timbul lagi....

@syx: salisil maksudnya bedak salisil.... agar lesi tidak pecah..dan itu juga pengobatan untuk herpes zooster

Yah...padahal pegen bikin impresi setelah menghilang sekian lama...yang ada malah bikin blunder..dengan mempercayai catatan waktu ko-as..Pantasan pas crosscheck ke teks book...pengobatan cacar air itu hanya simptomatik. Makasih Huria atas koreksinya

I appreciate it alot..

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #27 pada: November 30, 2010, 08:04:48 AM »
bagaimana mekanisme salisilat bisa menjaga lesi tidak pecah? salisilat kan sifatnya keratolitik?

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #28 pada: Desember 01, 2010, 07:21:27 PM »
@syx sebetulnya bedaknya yang berfungsi sebagai anti slip, bukan salisilnya...karena sediaan yang ada di puskes biasanya bedak salisil maka yang dipakai adalah bedak salisil.

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: cacar
« Jawab #29 pada: Desember 01, 2010, 10:39:43 PM »
antislip? pelicin gt ya maksudnya, biar ga lecet krn gesekan, wah ide n praktek klinik yg gemilang itu... :)
 
Tentang penggunaan antiviral di cacar, memang tidak bertujuan untuk membunuh virusnya, tp bertujuan menekan multiplikasi virusnya, jd meskipun dia self limited, penggunaan antiviral bisa mempercepat durasi sakitnya.


 

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia