Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

jinggapersada

Desember 11, 2014, 09:08:06 AM
GOOD DAYS sahabat saya yg berbaik hati nya salam dari saya

raqiem7

Desember 09, 2014, 09:49:41 PM
Apakah di sini ada pembahasan sains dan hubungannya dengan agama?
 

Farabi

Desember 03, 2014, 06:50:05 PM
Seorang diktator akan menuntut rakyatnya untuk mengabdi kepada negara. Padahal seharusnya negara itu menjadi pelayan masyarakat.

tolle

Desember 03, 2014, 10:23:20 AM
gan dlu aku pernah coba buat kontrol robot pake stik ps2 tpi ngak jdi,,,,
bisa minta solusinya ....?

taqwimisme

Desember 02, 2014, 12:47:34 PM
nurhalimah
hmm.. bagus blognya..

taqwimisme

Desember 02, 2014, 12:45:40 PM
hallo.. mau nannya ada yg punya tutorial labview? lagi sangat butuh untuk kuliah..  :D

NurHalimah24

Desember 02, 2014, 11:13:09 AM
Halo salam kenal semuanya. bisa kunjungi blog saya ya http://nurhalimah-24.blogspot.com/ terima kasih :)

agus.sucipto99

Desember 01, 2014, 03:32:01 PM
haloo bang syair dari medan... minta alamat email atau no tlp yg bisa dihubungi dong ????

Learner

Desember 01, 2014, 01:03:16 AM
Ini anggota forumnya masih aktif kah?

quietwave

November 30, 2014, 08:24:45 PM
halo?

Show 50 latest

Penulis Topik: Fungsi limpa dalam tubuh manusia  (Dibaca 48189 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Fungsi limpa dalam tubuh manusia
« pada: Januari 20, 2011, 12:48:27 AM »
Dear friends

Saya baru tahu ternyata fungsi Limpa dalam tubuh manusia itu amat penting, beberapa hari yang lalu anak dari teman saya kecelakaan dan beberapa saat kemudian dia merasakan sakir pada bagian perutnya. segera dokter memeriksa, karena diduga terjadi sesuatu terhadap limpanya, dan ternyata limpa si anak robek, harus segera dilakukan operasi untuk menhindari hilangnya banyak darah, dan dilakukan transfusi darah, hingga kemarin anak tersebut masih di ICU, mudah2an bisa segera pulih dan sehat kembali.  Ada yang tahu nggak, apakah manusia bisa hidup normal apabila tidak ada limpa atau limpa terpaksa harus diangkat? mohon penjelasan ya

thanks
best regards
waldo

*ditulis ulang dari artikel yang dikirim oleh waldo



Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: Fungsi limpa dalam tubuh manusia
« Jawab #1 pada: Januari 20, 2011, 01:31:32 AM »
TIDAK
Semua organ penting dan manusia gak akan bisa hidup normal (bahkan untuk hidup aja juga susah) tanpa salah satunya.
OOT OOT OOT..!!!

Offline bioboys

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Fungsi limpa dalam tubuh manusia
« Jawab #2 pada: Januari 20, 2011, 04:57:15 PM »
saya pernah membaca dalam buku anatomi dan fisiologis untuk paramedis karangan Evelyn C. Pearce tepatnya pada pembahasan mengenai limpa halaman 167 ditulis bahwa limpa bukan sesuatu yang ada untuk hidup. dalam beberpa keadaan pada anemia hemolitik, limpa diangkat melalui oprasi splenektomik dan hasilnya beberapa beberapa kerapuhan sel darah merah berkurang dan dapat mengurangi penyakit. tapi untuk menjelaskan apa itu anemia hemolitik, oprasi spelektonik dan mengapa tindakan tersebut dapat meringankan penyakit sy belum tw dan belum mampu untuk menjelaskan. jika ada yng lebih tw bisa ditambah. dan bila salah mohon dimaafkan sy baru belajar hehehe

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Fungsi limpa dalam tubuh manusia
« Jawab #3 pada: Januari 21, 2011, 07:31:19 AM »
apa fungsi limpa? apakah fungsinya juga bisa dilakukan oleh jaringan ato organ lain?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Fungsi limpa dalam tubuh manusia
« Jawab #4 pada: Januari 21, 2011, 06:38:07 PM »
Fungsi utama limpa untuk pertahanan tubuh, limpa termasuk salah satu organ sistem imun yang terbesar. Tugasnya untuk memproteksi tubuh dari benda asing yang masuk ke dalam darah (misalnya bakteri). Limpa juga tempat menghancurkan sel darah merah dan bisa menjadi tempat cadangan darah, kalo tubuh butuh lebih banyak darah, limpa bakal ngasih tambahan darah.

Untuk kasus-kasus tertentu, termasuk trauma berat seperti posting awal, mungkin perlu dilakukan pengangkatan limpa (splenektomi) baik sebagian atau seluruhnya. Secara umum, manusia masih dapat hidup tanpa limpa. Hanya saja daya tahan tubuhnya pasti sangat menurun dan rentan terhadap infeksi.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Fungsi limpa dalam tubuh manusia
« Jawab #5 pada: Januari 24, 2011, 07:09:02 AM »
... seperti amandel. jadi kesimpulannya limpa bisa diambil, tapi sebagai akibatnya sistem imun menurun.

Offline hamzah

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Fungsi limpa dalam tubuh manusia
« Jawab #6 pada: April 23, 2011, 08:15:17 PM »
apakah limpa yang sudah diangkat sebagian dapat tumbuh lagi?...

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • Lihat Profil
    • faiqhr
Re: Fungsi limpa dalam tubuh manusia
« Jawab #7 pada: Mei 07, 2011, 07:33:45 AM »
setahu saya limpa/spleen/lien itu cuma salah satu dari banyak organ limfoid. selain limpa masih ada organ limfoid yg lain, misalnya timus, amandel, trus juga tersebar di sekujur tubuh yg namanya lymph node atau nodus limpa. nah, fungsi semua organ limfoid itu sama, untuk pertahanan tubuh. jadi semisal salah satu organ limfoid diambil (misalnya limpanya diambil) masih ada organ limfoid lain yang membackup kerjanya. tapi tentu saja tidak senormal ketika limpa belum diambil. sama seperti hati, manusia masih bisa hidup dengan ukuran hati tinggal 1/4,

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • Lihat Profil
    • faiqhr
Re: Fungsi limpa dalam tubuh manusia
« Jawab #8 pada: Mei 10, 2011, 09:17:24 AM »
apakah limpa yang sudah diangkat sebagian dapat tumbuh lagi?...

sepertinya g bisa. setahu saya organ yg bisa tumbuh lagi (tanpa jaringan fibrosa) cuma hati,

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Fungsi limpa dalam tubuh manusia
« Jawab #9 pada: Mei 13, 2011, 12:03:50 AM »
Dear friends

Saya baru tahu ternyata fungsi Limpa dalam tubuh manusia itu amat penting, beberapa hari yang lalu anak dari teman saya kecelakaan dan beberapa saat kemudian dia merasakan sakir pada bagian perutnya. segera dokter memeriksa, karena diduga terjadi sesuatu terhadap limpanya, dan ternyata limpa si anak robek, harus segera dilakukan operasi untuk menhindari hilangnya banyak darah, dan dilakukan transfusi darah, hingga kemarin anak tersebut masih di ICU, mudah2an bisa segera pulih dan sehat kembali.  Ada yang tahu nggak, apakah manusia bisa hidup normal apabila tidak ada limpa atau limpa terpaksa harus diangkat? mohon penjelasan ya

thanks
best regards
waldo

*ditulis ulang dari artikel yang dikirim oleh waldo


kembali ke topik, biasanya kalau limpa anak sih jarang dibuang, kebanyakan dijahit dan dipertahankan. kalau limpa dewasa baru dibuang :)
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Fungsi limpa dalam tubuh manusia
« Jawab #10 pada: Mei 13, 2011, 07:02:44 AM »
saya pernah membaca dalam buku anatomi dan fisiologis untuk paramedis karangan Evelyn C. Pearce tepatnya pada pembahasan mengenai limpa halaman 167 ditulis bahwa limpa bukan sesuatu yang ada untuk hidup. dalam beberpa keadaan pada anemia hemolitik, limpa diangkat melalui oprasi splenektomik dan hasilnya beberapa beberapa kerapuhan sel darah merah berkurang dan dapat mengurangi penyakit. tapi untuk menjelaskan apa itu anemia hemolitik, oprasi spelektonik dan mengapa tindakan tersebut dapat meringankan penyakit sy belum tw dan belum mampu untuk menjelaskan. jika ada yng lebih tw bisa ditambah. dan bila salah mohon dimaafkan sy baru belajar hehehe
apa fungsi limpa? apakah fungsinya juga bisa dilakukan oleh jaringan ato organ lain?
Fungsi utama limpa untuk pertahanan tubuh, limpa termasuk salah satu organ sistem imun yang terbesar. Tugasnya untuk memproteksi tubuh dari benda asing yang masuk ke dalam darah (misalnya bakteri). Limpa juga tempat menghancurkan sel darah merah dan bisa menjadi tempat cadangan darah, kalo tubuh butuh lebih banyak darah, limpa bakal ngasih tambahan darah.

Untuk kasus-kasus tertentu, termasuk trauma berat seperti posting awal, mungkin perlu dilakukan pengangkatan limpa (splenektomi) baik sebagian atau seluruhnya. Secara umum, manusia masih dapat hidup tanpa limpa. Hanya saja daya tahan tubuhnya pasti sangat menurun dan rentan terhadap infeksi.

nmbhin dikit, seperti yang dibilang bioboys di postnya, ada kasus dimana limpa diangkat yakni pada hemolotik anemia
Om reborn juga bilang bahwa limpa berfungsi untuk destruksi sel darah merah,
dua komentar diatas itu sebenarnya nyambung, ada hubungan antara hemolitk anemia dengan pengangkatan limpa sebagai terapinya

Limfa berfungsin sebagai tempat penghancur sel darah merah saat "waktunya tiba. Seingat saya, setelah kurang lebih 120 hari sel darah merah "bertugas" dalam tubuh, ia akan di destruksi di limfa. Tetapi, pada hemolitik anemia, ada antibody yang menempel pada sel darah merah itu. Antibody ini menempel (klo g salah) karena ada glikoprotein yang bisa ditempeli antibody tadi (lupa glikoprotein brepa atw nomornya berapa).
Nah, karena ada antibody yang menempel pada sel darah merah, walaupun belum saatnya ia dihancurkan ia tetap akan dihancurkan di limfa oleh makrofag yang ada pada limfa. Akibatnya, si penderita akan mengalami kekurangan darah merah.

Terapi untuk penyakit ini bertahap (lupa juga tahapannya). Yang jelas, pengangkatan limfa itu sebisa mungkin tidak dilakukan selama pilihan diatasnya masih berhasil. Jadi, pengangkatan limfa pada pasien hemolitik anemia itu pilihan terakhir.

Resikonya pengangkatan limfa, seperti yang dikatakan oleh Om Reborn:
Kutip
Secara umum, manusia masih dapat hidup tanpa limpa. Hanya saja daya tahan tubuhnya pasti sangat menurun dan rentan terhadap infeksi.
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline Ammar18

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 84
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Fungsi limpa dalam tubuh manusia
« Jawab #11 pada: Januari 22, 2012, 10:21:08 PM »
Fungsi limpa itu untuk menghancurkan sel darah merah yang sudah tua

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
16 Jawaban
12766 Dilihat
Tulisan terakhir April 14, 2009, 09:58:08 AM
oleh biobio
12 Jawaban
5785 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 04, 2010, 10:49:10 PM
oleh cronny
19 Jawaban
14973 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 29, 2010, 10:14:33 PM
oleh Astrawinata G
2 Jawaban
6116 Dilihat
Tulisan terakhir September 10, 2011, 12:18:15 AM
oleh cupu
4 Jawaban
991 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2014, 09:10:12 AM
oleh Muztank

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia