Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Hari Ini jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: Ganglion  (Dibaca 11348 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Ganglion
« pada: April 03, 2010, 08:02:07 PM »
nanya nih. Emang ada penyakit judulnya ganglion? Gejalanya bengkak di sekitar pergelangan tangan, sakit & kumat2an. Gejala bisa muncul pas kondisi kurang baik...



Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ganglion
« Jawab #1 pada: April 04, 2010, 02:28:17 PM »
Definisi   

Ganglion adalah penyakit yang disebabkan oleh kebocoran pada pembungkus cairan sendi. Ganglion sendiri merupakan tumor yang menyerupai kista dengan dinding atau kapsul yang cukup tebal. Banyak orang awam menganggap hal ini adalah suatu penyakit yang berbahaya dan mematikan karena kemunculan ganglion ini yang mirip dengan kanker atau tumor yaitu berupa benjolan pada tubuh. Padahal ganglion bukanlah suatu penyakit yang mematikan atau berbahya. Sekalipun penyakit ini dibiarkan selama bertahun-tahun tetap tidak membahayakan bagi si penderita dan tidak terjadi hal-hal yang negatif. Karena hal tersebut, lama kelamaan ganglion ini pun akan hilang dengan sendirinya.Walupun begitu kita harus tetap konsultasi ke dokter. Ganglion bisa terjadi pada siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa.

Penyebab

Disebabkan karena terjadi kebocoran pada pembungkus cairan sendi. Cairan ini berfungsi untuk melumasi sendi sehingga tidak terjadi kerusakan pada tulang rawan pada saat terjadi gerakan atau gesekan.

Cairan pelumas (terdapat pada bagian tendon dan urat yang menggerakkan tulang) yang bocor ini kemudian membentuk gelembung seperti kapsul (tendon sheath), yang mendesak kulit sehngga tampak benjolan pada permukaan kulit.

Bocornya pembungkus cairan sendi ini disebabkan karena trauma atau benturan, jika kapsul atau pembungkus pelumas ini bocor, maka akan timbul ganglion. Robeknya pembungkus pelumas mirip dengan penyebab bocornya pada cairan sendi.



Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: Ganglion
« Jawab #2 pada: April 04, 2010, 04:11:43 PM »
Apa penyebab spesifiknya?
Trauma? Idiopatik?

Jadi kita obati simptomatis aja? Kasih pereda nyeri?
OOT OOT OOT..!!!

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ganglion
« Jawab #3 pada: April 04, 2010, 04:17:32 PM »
Penyebab

Kenapa ganglion terjadi pada pergelangan tangan belum diketahui, meskipun mereka kemungkinan berhubungan dengan luka sebelumnya. Ganglion pada bagian belakang jari biasanya berhubungan dengan arthritis pada akhir lipatan tangan.

Pengobatan

Beberapa ganglion hilang dengan sendirinya, sehingga pengobatan tidak diperlukan. Meskipun begitu, jika mereka tidak tampak, menyebabkan rasa tidak nyaman, atau terus bertambah besar, materi berbentuk agar-agar di dalamnya bisa diangkat (pada 50 % penderita) dengan sukses oleh seorang dokter menggunakan jarum dan sebuah semprotan. Kadang kala cairan kortikosteroid disuntikkan setelah itu untuk lebih menghilangkan segala rasa tidak nyaman.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: Ganglion
« Jawab #4 pada: April 04, 2010, 08:39:48 PM »
Diagnosa?
DD?

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ganglion
« Jawab #5 pada: April 04, 2010, 09:41:25 PM »
Ganglion bisa muncul pada semua jenis sendi terutama pada daerah pergelangan tangan dan kaki. Ganglion umumnya tidak sakit, tumbuh sebagai sebuah benjolan terlokalisir. Ganglion bukan merupakan akibat dari suatu reaksi inflamasi sehingga tidak ditemukan tanda tanda radang disekitarnya.

Diagnosis ditegakkan berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisis dan kadang melalui pemeriksaan radiologik. Dari anamesis bisa didapatkan benjolan yang tidak bergejala namun kadang ditemukan nyeri serta riwayat penggunaan lengan yang berlebihan. Pada pemeriksaan fisis ditemukan benjolan lunak yang tidak nyeri tekan. Melalui transiluminasi diketahui bahwa isi benjolan bukan merupakan massa padat tapi merupakan cairan. Pada aspirasi diperoleh cairan dengan viskositas yang tinggi dan jernih. Sering juga ditemukan adanya gangguan pergerakan dan parestesia dan kelemahan pada pergelangan tangan ataupun lengan

Ganglion dapat didiagnosis banding dengan benjolan lain yang mungkin didapatkan di tangan seperti lipoma, kista sebasea dan  nodul rheumatoid arthritis.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ganglion
« Jawab #6 pada: April 05, 2010, 07:34:04 AM »
thanks atas infonya... sempat bingung karena biasanya ganglion itu kan berkaitan dengan susunan saraf. ternyata ada definisi lain.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Ganglion
« Jawab #7 pada: April 05, 2010, 07:25:14 PM »
..iya, aku juga sempet mikirnya ke saraf, soalnya jadi inget si gurita di biologi...
« Edit Terakhir: April 05, 2010, 07:27:14 PM oleh nandaz »
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
    • Lihat Profil
Re: Ganglion
« Jawab #8 pada: April 10, 2010, 09:23:36 AM »
Emang nih kalot keluarga bedah tumor cerita soal ini penyakit paling kocak....

Jadi waktu itu datang seorang laki-laki usia paruh baya ke poli bedah tumor..dengan keluahn utama muncul benjolan di kaki sejak kurang lebih setahun yang lalu...tidak nyeri, tidak membesar perlahan-lahan..katanya awalnya  sebesar biji rambutan..dan dalam satu tahun membesar menjadi sebesar...bola pingpong...tidak ada riwayat keluarga sebelumnya. tidak ada riwayat sebelumnya. wuih dengan pedenya..saya diagnosis neurofibromatosis..tipe 1 yang von ringckenhausen....(aduh lupa nulisnya gimana..??) wuih minta CT-scan..dsb...

Pas lapor residen..."Lo udah palpasi.."..
Kata saya "udah bang.."..
trus gimana???, kata residennya...
"padat bang..", kata saya
"Hmm...(sambil tampang ngeledek)...coba lo chek lagi"...kata dia...

Dan ternyata apa..????...konsitensinya adalah....kenyal...disertai dengan...fluktuasi positif...Ancur..itu adalah gambaran kista.....Arrgghhhhhh....hancurlah dd saya..dan saya malu sekali....udah minta macam-macam....Parah deh.....Akhirnya pulang baca lagi...dan seperti yang dilang rai..memang terjadi kebocoran cairan sendi sehingga terjadi akumulasi di sarung saraf..katanya...
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
    • Lihat Profil
Re: Ganglion
« Jawab #9 pada: April 10, 2010, 09:25:28 AM »
ini nih kalo nulis nggak diperiksa dulu..maksudnya..kalo cerita soal ganglion

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ganglion
« Jawab #10 pada: April 11, 2010, 10:35:52 PM »
wah wah wah Mas :) tapi emang bingung ama penyakit yang segitu banyaknya :(
Best Regards,


Astrawinata G

 

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia