Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik
 

reborn

Agustus 18, 2014, 06:47:27 PM
@keziakeren17 bisa post di http://www.forumsains.com/fisika/ atau http://www.forumsains.com/fisika-smu/ ,. Selamat bergabung!

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 06:39:36 PM
ada yg bisa bantu jwb soal fisika??

pandu.rengga

Agustus 16, 2014, 08:12:48 PM
ehm, ada yg tau gk caranya jwb soal mtk yg ini 1125000 = 2p.3q.5r nah p,q dan r brp? saya kgk tahu itu< tolong saya yah plissssss

Show 50 latest

Penulis Topik: Kecacingan  (Dibaca 10683 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Kecacingan
« Jawab #30 pada: Mei 31, 2010, 05:28:43 PM »
...selain pori2 dan kuku, lewat pernapasan juga bisa masuk...kalo masuk lewat mulut sih, tipe kremi dan cacing usus lain....mereka kan lebih kuat dari kuman, pH asam lambung adalah 2 sedangkan bagian tertentu dipermukaan ada yang cuma ber pH 6-7, bakteri tipe helicobakter nyerang disini, tetapi kalo soal telur cacing, entah bisa lewat sini apa ngga ya, yang pasti cacing usus ada yang berhasil lewat lambung.....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: Kecacingan
« Jawab #31 pada: Mei 31, 2010, 07:32:40 PM »
Nah..
Asam lambung emank efektif melawan banyak jenis kuman.
Tapi tidak semua.
Siklus cacing ada yang melewati lambung, berarti mereka tahan asam lambung.
Banyak lagi kuman yang tahan asam.
Yang paling keren ya helicobacter pylori.
Bukan hanya numpang lewat, dia bener2 tinggal disitu.
OOT OOT OOT..!!!

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kecacingan
« Jawab #32 pada: November 25, 2011, 07:22:45 AM »
ingin kurus? atau takut gemuk? 100 tahun lalu ada solusinya: larva cacing pita


Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re: Kecacingan
« Jawab #33 pada: November 25, 2011, 04:13:30 PM »
haha iya bener itu om Syx, soalnya saya pernah baca 'keuntungan' dari adanya cacingan. mau makan sebanyak apapun ga bakal gendut, soalnya sari-sari makanan yg seharusnya diperlukan tubuh kita dimakan oleh cacing-cacing2 tersebut. :D
i adore your intelligence

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Kecacingan
« Jawab #34 pada: Desember 01, 2011, 11:11:00 AM »
seperti bikin kulit putih dengan menebar biang panu...

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2808
  • IQ: 168
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Kecacingan
« Jawab #35 pada: Desember 01, 2011, 03:00:52 PM »
Haha, "plug and pray".
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Kecacingan
« Jawab #36 pada: Desember 02, 2011, 03:44:30 PM »
oia tapi saya kepikiran, kalau misalnya cacing yang termakan bersama makanan kan pasti ngelewatin lambung.
kenapa cacing masih hidup, padahal dalam lambung terdapat HCl. apa tiap konsentrasi HCl ditiap tubuh manusia itu berbeda-beda ya?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2808
  • IQ: 168
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Kecacingan
« Jawab #37 pada: Desember 02, 2011, 04:28:07 PM »
oia tapi saya kepikiran, kalau misalnya cacing yang termakan bersama makanan kan pasti ngelewatin lambung.
kenapa cacing masih hidup, padahal dalam lambung terdapat HCl. apa tiap konsentrasi HCl ditiap tubuh manusia itu berbeda-beda ya?

Kulit telur cacing itu kuat sekali. Tergantung sudah seberapa bagus daya tahan setiap manusia, kadang kalau sial ya kena cacing. Ciri2xnya biasanya, badan kurus, perut gendut. Itu tandanya, makannya rakus banget, tapi ga ada yang diserap tubuh, ada juga yang kurus karena memang jarang makan, biasanya perutnya tidak besar.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Kecacingan
« Jawab #38 pada: Desember 02, 2011, 04:43:39 PM »
padahal cukup tipis ya kulitnya yang saya lihat, oia cacing bisa berkembang didalam kolon kan, lalu bisa menjangkiti appendiks juga?

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Kecacingan
« Jawab #39 pada: Desember 02, 2011, 04:47:00 PM »
oia mau tanya juga dong, kenapa harus diberi selang waktu 6 bulan kalau minum obat cacing?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Kecacingan
« Jawab #40 pada: Desember 02, 2011, 05:19:27 PM »
oia tapi saya kepikiran, kalau misalnya cacing yang termakan bersama makanan kan pasti ngelewatin lambung.
kenapa cacing masih hidup, padahal dalam lambung terdapat HCl. apa tiap konsentrasi HCl ditiap tubuh manusia itu berbeda-beda ya?

lambung dalam kondisi kosong pHnya emang rendah, bisa mencapai sekitar 1.2. tapi dengan adanya makanan, kondisi sakit, ato minum obat tertentu maka pH lambung bisa naik jadi 4-5. dalam kondisi gini ini kesempatan buat bakteri patogen masuk lebih jauh ke saluran cerna.

ada organisme yang emang tahan asam dan enzim lambung. rahasianya mereka membuat lapisan mukus di sepanjang permukaan tubuh mereka. lapisan mukus ini yang menjadi barier terhadap keganasan asam dan enzim pencerna protein di lambung. kondisi yang sama dengan lambung kita yang dindingnya dilindungi oleh lapisan mukus. cacing kan biasanya licin-licin gitu kan? licinnya itu karena lapisan mukus.


kemungkinan lain, adalah pembentukan kista yang melindungi larva dari serangan asam dan enzim pencerna di lambung.


kenapa harus diberi selang waktu 6 bulan kalau minum obat cacing?

ga selalu 6 bulan. pemberian (dosis dan waktu) bisa tergantung jenis parasitnya karena terkait daur hidupnya.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Kecacingan
« Jawab #41 pada: Desember 02, 2011, 05:30:50 PM »
hmm, kalau cacing pita dengan cacing kremi?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Kecacingan
« Jawab #42 pada: Desember 02, 2011, 06:17:26 PM »
gambar yang bawah kan cacing pita...

cacing kremi telurnya yang termakan. telurnya ini relatif tahan asam dan enzim protease. jadi aman dan kemudian menetas di usus halus.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Kecacingan
« Jawab #43 pada: Desember 02, 2011, 08:04:51 PM »
lalu tanda 'petir' pada otak, saluran pernafasan dan sistem pencernaan, itu akan terpengaruh sama si cacing pita?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re:Kecacingan
« Jawab #44 pada: Desember 15, 2011, 01:26:11 PM »
hahahha..
Bingung juga bahas cacing cacing kalau gak disebutin cacing apa itu..

Ada beberapa larva yang lewat lambung itu buat supaya dia bisa jadi dewasa.
Di lambung si cacing lepasin kulitnya, baru keluar lambung deh.
Uda keluar lambung, masuk usus jadi dewasa deh, kawin kawin kawin, bertelur lagi, netas jadi larva, jalan2 lagi deh larvanya.. gitu2 deh.. :D

Obat cacing itu kan macam2 exile. tergantung lo..
Biasanya obat cacing itu dosis yang dikasi ga tanggung2. Jadi dikasinya pake selang waktu gitu..
Dikasi lagi setelah obat cacingnya yang pertama dikasi itu uda habis baru dikasi yang selanjutnya..
Itu pun dikasi lagi kalau emang si anak itu tinggal di daerah peristiwa kecacingannya cukup tinggi (resiko buat kecacingannya cukup besar deh. )..
(^ gitu yah? hahaha. CMIIW)
~ You are what you eat ~

 

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia