Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: Bahaya Minuman Mengandung Benzoat dan Vit C  (Dibaca 1961 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Bahaya Minuman Mengandung Benzoat dan Vit C
« pada: April 16, 2012, 04:06:18 PM »
kaget juga pas baca-baca tentang benzena, salah satu bahan yang bersifat sangat karsinogenik. ternyata ada jurnal yang menyatakan bahwa minuman soft drink yang mengandung asam benzoat (atau garamnya: Na benzoat, Ca benzoat, dll) dengan asam askorbat (atau biasa disebut sebagai vitamin C) kemungkinan bisa membentuk benzene melalui jalur dekarboksinasi, apalagi kalo terpapar panas dan cahaya. hasil riset ini ditunjang dengan temuan banyaknya produk minuman di amerika dan eropa yang mengandung benzene di atas batas yang ditetapkan WHO, yaitu 10 ppb.
beberapa komponen lain dalam produk bisa menghambat atau meningkatkan pembentukan benzene ini dari kedua bahan tersebut, antara lain:
- beberapa pemanis, seperti high fructose corn syrup, disebutkan menghambat pembentukan benzene
- EDTA menghambat reaksi
- erythorbic acid, isomer dari ascorbic acid, juga dapat menyebabkan reaksi dekarboksilasi benzoat.
- penghilangan atau penurunan kadar oksigen dalam minuman saat pengemasan, misalnya dengan semburan CO2 atau N2 menghambat pembentukan benzene
- ion logam, seperti Fe dan Cu, bisa berperan sebagai katalis

musti hati-hati dan waspada dengan membaca komposisi minuman dalam kemasan setiap kali beli.

literatur:
http://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/jf00029a001
https://www.aibonline.org/researchandtechnical/white%20papers/Benzene-March2006.pdf
http://www.favv.be/laboratories/labinfo/_documents/2010-12_labinfo-05-p20_en.pdf
http://www.bfr.bund.de/cm/349/indications_of_the_possible_formation_of_benzene_from_benzoic_acid_in_foods.pdf



Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Bahaya Minuman Mengandung Benzoat dan Vit C
« Jawab #1 pada: April 17, 2012, 08:15:20 PM »
kalau boleh tau benzene itu apa om? (maaf masih belum tau banyak soal bidang yg satu ini)
sekalian saya juga mau tanya, memang benar kalau makan udang sehabis itu mengonsumsi vit C bisa menjadi racun didalam tubuh?
i adore your intelligence

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Bahaya Minuman Mengandung Benzoat dan Vit C
« Jawab #2 pada: April 18, 2012, 07:49:42 AM »
benzene itu senyawa organik yang terdiri dari 6 atom C yang membentuk cincin. masing-masing atom C mengikat 1 atom H. jadi rumus kimianya C6H6.

benzene ini bersifat karsinogenik alias dapat menyebabkan kanker. karena itu untuk membentuk sel kanker untuk percobaan obat antikanker biasanya bisa menggunakan bahan ini. karena bahayanya ini saya tidak mengizinkan bahan ini digunakan dalam lab saya.

masalah udang dan vit C itu pernah dibahas di forum ini. informasinya saat itu adalah muncul reaksi kimia yang membentuk arsenik. ini konyolnya. ga mungkin membentuk suatu unsur dari reaksi kimia seperti itu. kalo sampe terdeteksi arsenik berarti sebelumnya di dalam udang sudah ada senyawa arsenik, bukan karena penambahan vit C. coba cari aja bahasannya.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2810
  • IQ: 168
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Bahaya Minuman Mengandung Benzoat dan Vit C
« Jawab #3 pada: April 22, 2012, 11:59:53 AM »
Kalo ga salah benzodiazephin itu mempunyai efek sedatif sekaligus adiktif. Memang etika jual beli di indonesia terutama barang asal asia khususnya china, seringkali tidak mempunyai etika dagang yang bagus, lain halnya dengan barat yang selalu di periksa oleh FDA.
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Bahaya Minuman Mengandung Benzoat dan Vit C
« Jawab #4 pada: April 23, 2012, 06:58:33 AM »
benzene dan benzodiazepine adalah dua senyawa yang berbeda...

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2810
  • IQ: 168
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Bahaya Minuman Mengandung Benzoat dan Vit C
« Jawab #5 pada: April 23, 2012, 03:37:09 PM »
Ooo beda ya? Saya kira sama. Thanks untuk koreksinya.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
5651 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2008, 12:47:14 PM
oleh insan sains
72 Jawaban
30498 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 14, 2010, 02:30:14 PM
oleh ibu2pkk
Minuman Isotonis

Dimulai oleh syx « 1 2 » Kesehatan

20 Jawaban
11335 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2010, 04:43:53 PM
oleh syx
50 Jawaban
5946 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 23, 2010, 08:35:29 PM
oleh Astrawinata G
3 Jawaban
1921 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 24, 2010, 06:26:27 PM
oleh syx

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia