Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Kemarin jam 10:51:44 AM
Kalo alasan kuota karena jaringan kurang kuat? Kenapa tiap akhir bulan dimana semua orang abis kuota jaringan tidak jadi lebih cepat? Sebenarnya Internet Indonesia lambat lebih karena masalah nyari duit kan?
 

Farabi

Kemarin jam 10:49:30 AM
Tarolah setiap gajian orangindonesia beli pulsa.  Berarti ada 10 juta orang yang kuotanya bisa akses internet kecepatan full.  Berarti kekuatan jaringan sebetulnya kuat kan.  Tapi kenapa setelah kuota abis jadi lambat?
 

Farabi

Kemarin jam 10:39:28 AM
Apaan nih ganti menkominfo internet kecepatan nya malah ancur bae gini.

Raidahafi27

Pebruari 28, 2015, 07:12:04 AM
departemen tehnik lingkungan banyak menggambar nya ga??

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:46:50 PM
 >:(

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:42:11 PM
ada yg tau gk bahan kimia /material pembuat n pembentuk plastik n bagaimana proses campurane/takaran yg pas untuk membuat plastik frame kacamata yg celluloid n thanks ya

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:40:36 PM
hy saya anggota baru dr kota surabaya n salam kenal n thanks udh d ijinin gabung

abdillahibnunasrullah

Pebruari 24, 2015, 07:53:17 PM
Assalamualaikum, shalom kenal semuanya, ane temennya MuhammadRyan
 

MuhammadRyan

Pebruari 23, 2015, 10:23:33 PM
YAOW, Akhirnya pulang juga dari Haifah, Israel. Ada proyek... bkan soal Mossad...

DefiRahmawati

Pebruari 23, 2015, 03:34:34 PM
salam kenal semuanya, saya anggota baru di sini, mau tanya apakah ada yg tau bagaimana caranya agar daun yang sudah kita petik tetap segar dan tidak menjadi keriput/ menciut ?
#saya sangat menunggu jawaban dari teman" yang mengetahuinya, terima kasih sebelumnya...  :)

Show 50 latest

Penulis Topik: Kopi  (Dibaca 53680 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline h4ry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 541
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Sweet
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #15 pada: Mei 01, 2009, 09:45:54 AM »
wah berarti cewe ga boleh bnyak2 minum kopi donkz ?  ??? ???
_Don't Be Affraid_

Offline paladin-x

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 87
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Blogging To Money
Re: Kopi
« Jawab #16 pada: Mei 09, 2009, 10:25:50 PM »
Saya seorang pecinta kopi, bahkan sekarang pecandu (sehari gak minum kopi pusing pala nih!, dulu buat nemenin pas ngerokok ceritanye). Katanya bisa mengurangi resiko pikun sih!
Saya juga minum segelas kopi tubruk pahit tiap pagi dan malam,namun dibalik beberapa manfaat yang disebutkan diatas,tetap sj banyak sekali dampak buruknya...
Mohon diinformasikan dong dampak buruknya biar kita tahu semua, please!!!

Offline Aghie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 31
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #17 pada: Mei 16, 2009, 01:43:09 PM »
 8) Hadu... aku kopi mania je....  buat aku kopi berguna banget buat mengganjal kelopak mata agar tetap terbuka kalo lagi baca artikel atau ngerjain tugas tiap harinya, selain itu juga berguna bangel buat ngganjal perut dipagi hari biar g laper, trus kopi bikin hati rasa nyaman  :D tapi katanya kopi gag baik buat jantung karena caffein nya meningkatkan denyut jantung alias bikin deg2an....bener si... :-\

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #18 pada: Mei 18, 2009, 08:18:57 AM »
apa ga sakit kopi dipake ganjal mata? biji kopinya ato pake serbuk yang ditaburin ke mata nih?

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 407
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #19 pada: Mei 18, 2009, 12:42:21 PM »
wkakakakka..
om syx bisa2 aje..
8) Hadu... aku kopi mania je....  buat aku kopi berguna banget buat mengganjal kelopak mata agar tetap terbuka kalo lagi baca artikel atau ngerjain tugas tiap harinya, selain itu juga berguna bangel buat ngganjal perut dipagi hari biar g laper, trus kopi bikin hati rasa nyaman  :D tapi katanya kopi gag baik buat jantung karena caffein nya meningkatkan denyut jantung alias bikin deg2an....bener si... :-\

mank minum kopi brapa gelas per hari?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #20 pada: Mei 18, 2009, 03:47:09 PM »
yg lebih perlu diperhatikan adalah pemakaian kopi sebagai pengganjal perut di pagi hari biar ga laper. kafein dalam kopi bisa meningkatkan sekresi asam lambung hingga bahaya banget buat penderita tukak lambung ato gastritis.

Offline Aghie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 31
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #21 pada: Mei 18, 2009, 11:33:52 PM »
apa ga sakit kopi dipake ganjal mata? biji kopinya ato pake serbuk yang ditaburin ke mata nih?



 ;D


kiasan aja prof, maksudnya buat tetep bangun alias melek, kalo ditaburin di mata malah merem terus... ;D

Offline Aghie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 31
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #22 pada: Mei 18, 2009, 11:38:41 PM »
wkakakakka..
om syx bisa2 aje..
mank minum kopi brapa gelas per hari?

Jaman awal kuliah bisa 4 kali sehari, dapat info dari artikel di internet katanya maksimal 2 gelas sehari, sekarang nafsu minum kopi ditahan2, jadi ngopi pagi hari aja, tapi kalo ada lemburan ya malem ngopi lagi....  ;D

Offline Aghie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 31
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #23 pada: Mei 18, 2009, 11:41:38 PM »
yg lebih perlu diperhatikan adalah pemakaian kopi sebagai pengganjal perut di pagi hari biar ga laper. kafein dalam kopi bisa meningkatkan sekresi asam lambung hingga bahaya banget buat penderita tukak lambung ato gastritis.

 :angel: Bener prof, emang perut awalnya kerasa gag laper, tapi lama-kelamaan bakalan ngerasa gag nyaman thu perut...  :-[

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #24 pada: Mei 19, 2009, 09:15:07 AM »
yg lebih perlu diperhatikan adalah pemakaian kopi sebagai pengganjal perut di pagi hari biar ga laper. kafein dalam kopi bisa meningkatkan sekresi asam lambung hingga bahaya banget buat penderita tukak lambung ato gastritis.
bukan itu aja... kopi tuh sebenarnya ber pH rendah banget lo... coba pake universal indikator..sekitar 4.
"The pen is mightier than the sword"

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #25 pada: Mei 19, 2009, 10:11:49 AM »
segitu sih blom terlalu rendah... pH cairan lambung tanpa makanan bisa mencapai 1,2.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #26 pada: Mei 19, 2009, 10:31:34 AM »
...laper itu kan disebabkan karena, kadar gula darah turun, kalo orangnya mengonsumsi kopi pahit, menurutku rasa lapar justru tak terobati....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 407
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #27 pada: Mei 20, 2009, 01:20:46 PM »
tapi meskipun ga ngrasa lapar..
lambung tetap kosong kan?
nti asam lambung tetap disekresikan..
nanti tetep aja bisa gastritis..

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #28 pada: Mei 20, 2009, 01:42:58 PM »
tentunya asam lambung dan enzim percernaan ga disekresi berlebihan seperti pas ada makanan ato tercium bau makanan pas lagi laper. analogi paling gampang adalah liur.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kopi
« Jawab #29 pada: Januari 14, 2010, 07:21:09 AM »
Coffee May Decrease Fibrosis Severity in Patients With Chronic Liver Disease
Nancy Fowler Larson

January 6, 2010 — Drinking 2.25 cups of regular coffee each day results in milder liver fibrosis in patients with chronic liver disease, but additional caffeine does not boost the benefit, according to a study published in the January 2010 issue of Hepatology.

"Coffee consumption appears to lower liver enzymes and has a protective effect against complications in patients with advanced disease," write Apurva Modi, MD, from the Liver Diseases Branch, National Institutes of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, National Institutes of Health, Bethesda, Maryland, and colleagues. "However, the relationship between coffee and progression of fibrosis has not been examined, and it is also unclear whether coffee itself or caffeine provides the beneficial effect."

Researchers studied the results of questionnaires completed between January 2006 and November 2008 by 177 patients who were undergoing liver biopsy. A majority of respondents (68%) were infected with hepatitis C virus (HCV). Participants reported the quantity of their daily caffeine intake and its sources, including coffee, soft drinks, tea, chocolate, and medications. Each patient took the questionnaire 3 times during a period of 6 months and was asked whether their caffeine consumption had changed in the previous 6 months or 5 years.

The results showed that participants who ingested an average of 308 mg, or approximately 2.25 cups, of regular coffee every day had milder hepatic fibrosis (odds ratio [OR], 0.33; 95% confidence interval [CI], 0.14 - 0.80; P = .015) than others, as measured by the Ishak fibrosis score.

"Patients with Ishak fibrosis less than 3 had a mean caffeine intake of 212 ± 21 mg/day compared with 154 ± 19 mg/day in those with advanced fibrosis (P = 0.043). In patients with HCV infection, this difference was more pronounced (241 ± 28 mg/day versus 146 ± 19 mg/day; P = 0.033)," the authors write.

Participants took in 71% of their caffeine from regular coffee. Researchers found that other sources of caffeine were not related to milder liver fibrosis in the entire study population (OR per 67 mg of caffeine, 0.84; 95% CI, 0.60 - 1.17; P = .30) or in the group with HCV (OR per 67 mg of caffeine, 0.78; 95% CI, 0.52 - 1.16; P = .21).

The positive effect of coffee remained constant after adjusting for age, sex, race, liver disease, body mass index, and alcohol intake in all participants. Ingestion of coffee in excess of 380 mg a day did not appear to provide any significant additional benefit.

The authors stated 2 limitations to their study:

    * Participants with advanced disease may have reduced their caffeine consumption because their altered liver function caused them to require less to produce the same effect, or they believed caffeine to be harmful because of their condition.
    * Other factors affecting caffeine intake, including socioeconomic status, education level, and recreational drug use, were not considered.

Because the study was cross-sectional, causality was not determined. The authors noted that recent in vitro data demonstrate that the caffeine, cafestol, and kahweol in coffee may change the expression and activity of enzymes involved in xenobiotic metabolisms. They posited that caffeine's influence may result from a direct antifibrogenic mechanism, citing evidence that there is no association between caffeine intake and liver inflammation, and concluded that long-term studies are needed to reinforce or refute their findings.

"Although it is tempting to conclude that caffeine has a protective effect on fibrogenesis, other explanations are also possible," the authors write. "With accumulating data on the beneficial role of coffee and caffeine in liver disease, as well as the supporting in vitro data, it may now be time to consider a prospective study of coffee or caffeine on hepatic fibrogenesis."

Hepatology. 2010;51:201-209.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
15 Jawaban
9115 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 16, 2008, 06:01:19 PM
oleh Michelle
2 Jawaban
10254 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 05, 2008, 03:15:59 PM
oleh syx
3 Jawaban
1624 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2010, 06:19:19 PM
oleh skuler
1 Jawaban
2094 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 26, 2010, 12:55:33 PM
oleh syx

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia