Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])  (Dibaca 22690 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 407
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« pada: Mei 13, 2009, 05:45:41 PM »
kretinisme adalah proses pertumbuhan yg terhambat...
setau saya..
ini disebabkan oleh kekurangan hormon GH(Growth hormon)..

tapi ada pendapat lain kalau kretinisme disebabkan kurang nya hormon tiroksin..
setau saya hormon tiroksin (t4) berfungsi untuk meningkatkan kecepatan reaksi kimia dalam sel tubuh, sehingga meningkatkan metabolisme tubuh...
bagaimana pendapat forsa?



Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 407
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #1 pada: Mei 13, 2009, 05:48:28 PM »
dan kekurangan hormon tiroksin (karena kelenjar tiroid mengalami degenerasi) menyebabkan myxedema...yg tampak pada penderita adalah rendahnya kecepatan metabolisme tubuh dan diikuti rendahnya suhu tubuh..

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #2 pada: Mei 13, 2009, 06:46:35 PM »
Ini saya mampir nanya ke om Wikipedia..
Kutip
"Cretinism is a condition of severely stunted physical and mental growth due to untreated congenital deficiency of thyroid hormones (hypothyroidism) or from prolonged nutritional deficiency of iodine....... results from abnormal development or function of the foetal thyroid gland. This type of cretinism has been almost completely eliminated in developed countries by early diagnosis by newborn screening schemes followed by life long treatment with thyroxine (T4)."
Sebenarnya kretinisme tuh disebabin kekurangan T4 (triiodotironin) atau lebih dikenal dengan tiroksin...bedakan dengan saudaranya,T3 yang punya tiga iodin..kekurangan T4 bisa jadi gara2 kekurangan iodin sehingga thyroid ga bisa membuat hormonnya,atau juga banyak iodin,tapi thyroidnya memang rusak...atau karena ketiadaan atau kurangnya TSH (thyroid stimulating hrmone) yang tugasnya memang merangsang thyroid...



"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 407
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #3 pada: Mei 13, 2009, 06:53:20 PM »
trus koq aneh rasanya...

bedanya dwarfism ma kretinisme?

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #4 pada: Mei 13, 2009, 06:54:50 PM »
istilah saja kayaknya...
sama seperti tewas dan meninggal
tewas=dibacok,dibunuh rampok,tabrakan
meninggal=sakit jantung,mati tua
kayaknya gitu..

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 407
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #5 pada: Mei 14, 2009, 07:22:04 AM »
fungsi khusus kedua hormon?

klo tiroksin juga mempengaruhi pertumbuhan..
buat apa ada GH?

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #6 pada: Mei 14, 2009, 08:07:05 AM »
1.fungsi khusus kedua hormon?
2.klo tiroksin juga mempengaruhi pertumbuhan..
buat apa ada GH?
1. GH lebih ke memacu sel untuk cepat membelah (masuk fase M) sehingga mengakibatkan cepatnya pertumbuhan...sedangkan tiroksin meningkatkan metabolisme..tanpa ada metabolisme mana ada pertumbuhan.Gampangnya,baca pelan2 deh di wiki...
2.pengaruhnya dalam dua sisi yang berbeda...silahkan lihat no.1

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 407
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #7 pada: Mei 14, 2009, 01:21:07 PM »
ya...
bisa diterima lah..
agak bingung aj ma kretinisme itu..
hmphh..ada buku yg menyatakan karna GH, ada yg mengatakan karna kelenjar tiroid...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #8 pada: Mei 14, 2009, 04:21:42 PM »
fungsi hormon pertumbuhan yang paling jelas ya untuk pertumbuhan. defisiensinya menyebabkan kekerdilan ato dwarfisme. di samping hormon ini banyak hormon lain yang juga berperan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan normal, misalnya hormon tiroid, insulin, androgen dan estrogen. 
efek hormon tiroid terhadap tumbuh kembang timbul melalui regulasi transkripsi DNA, yang merangsang sintesis protein, dan selanjutnya mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan yang normal. kekurangan hormon ini bisa menyebabkan kretinisme: dwarfisme dengan ekstremitas pendek. hormon ini juga berperan penting dalam perkembangan otak. maka dari itu jika kekurangan hormon terjadi pada anak dengan masa pertumbuhan bisa juga menyebabkan retardasi mental, anak jadi inaktif, wajah tanpa ekspresi, lidah besar dan mungkin sering terjulur keluar (dengan liur netes?), dan bibir tebel. jadi gejala kretinisme bisa lebih banyak ketimbang dwarfisme.

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 407
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #9 pada: Mei 15, 2009, 12:27:33 PM »
kalau kekurangan hormon pertumbuhan?
otomatis dia ga bisa tumbuh n bisa menyebabkan
kekerdilan juga kan?

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #10 pada: Mei 15, 2009, 12:35:33 PM »
kalau kekurangan hormon pertumbuhan?
otomatis dia ga bisa tumbuh n bisa menyebabkan
kekerdilan juga kan?
bisa.

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 407
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #11 pada: Mei 15, 2009, 02:56:42 PM »
nah klo ada ptanyaan kretinisme dsebabkan apa?
a.tiroksin
b.GH

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #12 pada: Mei 15, 2009, 05:04:35 PM »
kekurangan GH dapat menyebabkan dwarfisme, sedangkan kekurangan tiroksin dapat menyebabkan kretinisme.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #13 pada: Mei 16, 2009, 11:18:27 AM »
nah klo ada ptanyaan kretinisme dsebabkan apa?
a.tiroksin
b.GH
Jawab:a
Kalo tanya kenapa gak b aja?
Saya tanya balik sama kamu...
Lengkapi kalimat bahasa indonesia dibawah ini...
"Bapak ........ ditembak maling"
a. meninggal
b. tewas
Pilih yang mana?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kretinisme..(hormon STH/GH & hormon tiroksin[t4])
« Jawab #14 pada: Mei 18, 2009, 08:15:33 AM »
bio, sepertinya antara kretinisme dan dwarfisme ga bisa dianalogikan dengan meninggal dan tewas. dwarfisme belum tentu kretinisme, tapi dwarfisme adalah salah satu ciri kretinisme selain ciri lainnya.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
29 Jawaban
22996 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2010, 07:22:30 AM
oleh syx
13 Jawaban
16627 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 07, 2009, 08:45:11 PM
oleh wynne
3 Jawaban
13800 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 17, 2009, 07:04:46 PM
oleh pai99
11 Jawaban
15731 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 25, 2009, 10:02:18 PM
oleh paunk
24 Jawaban
8880 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2011, 02:41:18 AM
oleh Huriah M Putra

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia