Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ghea1905

April 22, 2014, 02:34:03 PM
Salam Kenal :D

yansen

April 21, 2014, 05:08:03 PM
salam kenal

Shadiq

April 20, 2014, 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

Show 50 latest

Penulis Topik: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!  (Dibaca 7994 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline kokop

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« pada: Desember 26, 2009, 08:49:57 PM »
 :kribo:
maw nanya nih...!!
sebenarnya makanan apa ajh yang mempengaruhi pertumbuhan seseorang...!!!
tinggi badan, mempergemuk badan n lain2.



Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #1 pada: Desember 28, 2009, 03:18:02 PM »
yang pasti asupan protein...

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #2 pada: Januari 05, 2010, 03:01:54 PM »
Karbohidrat, protein, lemak, mineral semuanya penting untuk tubuh. Dengan gizi yang baik dan genetik (gak terlalu besar tapi tetap ada pengaruhnya) maka seseorang bisa mendapat tubuh yang proporsional dan bagus.
OOT OOT OOT..!!!

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #3 pada: Januari 05, 2010, 04:45:58 PM »
iya sih... tinggal tergantung porsinya. pertumbuhan dan pembentukan otot biasanya pake asupan yang tinggi protein dan asam amino, contohnya binaragawan yang demen makan putih telur. kalo pingin gendut berlemak yang pasti penambahan asupan lemak dan karbohidrat tinggi.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #4 pada: Januari 05, 2010, 05:49:44 PM »
Untuk yang mau berotot2, gak boleh lupa olahraga bodybuilding juga. jadi kalau ada iklan susu yang bisa membentuk otot tanpa olahraga, bohong itu.

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #5 pada: Januari 05, 2010, 11:16:11 PM »
Tinggi badan memang berkaitan dengan asupan gizi seseorang. Tapi ingat juga, tinggi badan sangat dipengaruhi oleh faktor genetik. Banyak makan saja tidak akan menambah tinggi badan akhir seseorang setelah mencapai umur dewasa kalau memang orang yang bersangkutan tidak memiliki gen-gen yang berkorelasi positif dengan tinggi badan.

Masalah berat badan tidak hanya tergantung pada jumlah asupan protein saja atau lemak saja atau karbohidrat saja tapi lebih cenderung pada jumlah kalori total yang masuk. Ingat, ketiga makronutrien tersebut bisa interexchangeable melalui siklus krebs dalam sel. Tidak hanya pada kelebihan glukosa, kelebihan protein pun akan disimpan dalam bentuk lemak. Namun jumlah total kelebihan lemak yang akan disimpan akan sangat banyak jumlahnya jika asupan lebih yang masuk sudah dalam bentuk lemak. Jika asupan yang berlebih ada dalam bentuk protein dan glukosa, cadangan lemak akhir nya lebih sedikit, sebab harus melalui metabolisme dahulu yang cukup boros energi (energy consuming).
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #6 pada: Januari 06, 2010, 11:24:52 AM »
maw nanya nih...!!
sebenarnya makanan apa ajh yang mempengaruhi pertumbuhan seseorang...!!!
tinggi badan, mempergemuk badan n lain2.

kelihatannya kok ada masalah dengan tinggi or berat badannya ya?
« Edit Terakhir: Januari 06, 2010, 11:40:35 AM oleh syx »
Best Regards,


Astrawinata G

Offline mikeanthony

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 6
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #7 pada: Maret 21, 2010, 07:16:13 PM »
Untuk yang mau berotot2, gak boleh lupa olahraga bodybuilding juga. jadi kalau ada iklan susu yang bisa membentuk otot tanpa olahraga, bohong itu.


yup bnr bgt makan nutrisi tanpa latihan gx efektif. musti seimbang kedua nya biar tercapai tinggi badan yang efektif.
mank kamu umur brp?
oh iy g ada nemu ni latihan buat mengoptimalkan tinggi badan .  g tulis link na notepad jd enak tnggal d download aj and copy link na k url. ok met latihan ya :)

pranala:http://www.ziddu.com/download/8991163/situslatihanpeninggibadangratis.txt.html [non-aktif]

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #8 pada: April 05, 2010, 10:20:45 AM »
Dan ingat pula, asupan protein yang terlalu tinggi TIDAK diperlukan dalam bodybuilding!
Itu hanya hoax yang sekarang sedang dimanfaatkan oleh produsen susu tertentu untuk promosi. Asupan setinggi 1 gram/kg BB protein lengkap sudah cukup, maksimal 1,5 gram/kg BB. Tidak perlu berlebihan.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #9 pada: April 05, 2010, 05:57:19 PM »
apa efeknya kalo kelebihan?

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #10 pada: April 22, 2010, 12:27:25 PM »
Tubuh tidak menyimpan kelebihan protein dalam bentuk protein, tapi menyimpannya dalam bentuk lemak atau glikogen, tergantung jenis asam aminonya, ketogenik atau glukogenik.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #11 pada: April 22, 2010, 05:01:02 PM »
Jadi kelebihan protein juga dirombak kembali untuk disimpan dalam bentuk lemak?

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #12 pada: April 22, 2010, 07:08:29 PM »
Betul..setelah gugus aminonya dibuang dalam bentuk urea dalam urin, kerangka karbonnya disimpan dalam bentuk lemak atau glikogen tergantung sifat asam aminonya ketogenik atau glukogenik.
« Edit Terakhir: April 22, 2010, 07:11:40 PM oleh Hendy wijaya, MD »

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #13 pada: April 22, 2010, 07:55:37 PM »
Jadi iklan2 susu hi-protein kalo tidak dibarengi dengan olahraga untuk pembentukan otot dan pembakaran kalori, juga bakal menumpuk jadi lemak donk...?
Pernah denger kayaknya cukup lama, ada iklan susu yang ngaku2 bisa membentuk otot tanpa olahraga.
Gimana dengan susu yang bikin langsing itu?

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: makanan apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan badan..!!
« Jawab #14 pada: April 22, 2010, 08:58:04 PM »
Betul, apa yang mau dibangun dengan makan protein tinggi tanpa diimbangi pemberian stimulus yang membangun dari luar. Pelatihan pembebanan (resistance training) memberikan stimulus pada sel-sel otot untuk membentuk myofibril lebih banyak, begitu juga pertumbuhan jaringan ikat di sekitarnya. Baik myofibril , maupun komponen jaringan ikat seperti kolagen dan elastin semuanya terbentuk dari rantai asam amino. Dengan begitu ia akan mengambil banyak asam amino.

Nah kalau pembangunan struktur berbasis asam amino nya ga ada, asam amino berlebih hanya akan dibuang begitu saja. Gugus aminonya dibuang, karbon skeletonnya di simpan dalam bentuk lemak atau glikogen.
Memamng stimulus anabolik tidak melulu berupa pelatihan, bisa saja berupa hormonal, kan banyak tuh hormon anabolik, di antaranya ya golongan steroid seperti testosteron dan estrogen atau golongan peptida seperti insulin dan growth hormone. Bisa saja susu yang dimaksud dapat membangun otot mengandung GH, testosteron ataupun analognya. Apakah hal itu legal?

Susu pembakar lemak jelas tidak mungkin, komponen apa di dalamnya yang bisa menurunkan berat badan dengan membakar lemak spontan tanpa menghasilkan energi?apakah energinya hanya terbuang dalam bentuk panas?jangan2 ntar orang yang minum susunya mengalami spontaneus combustion donk.. ;D
Ingat tanpa pembedahan lemak hanya bisa dihilangkan dengan cara dibakar menghasilkan energi, tidak ada cara lain. Memang ada satu pengecualian akan hal itu, jaringan lemak coklat (brown fat) dapat membakar cadangan energi nya hanya untuk menghasilkan panas berkat adanya UCP (Uncoupler Protein) pada dinding dalam mitokondria untuk memintas (bikin korsleting) aliran proton dalam menghasilkan ATP lewat ATP syntase pada rantai respirasi. Tapi jaringan lemak coklat diyakini sudah tidak ada lagi pada manusia dewasa, hanya bayi dan binatang yang melakukan hibernasi. Di sini gunanya brown fat untuk mempertahankan suhu tubuh dalam batas normal.

Lain halnya lagi kalau susu pelangsing itu mengandung zat diuretik, bisa kurus cepet tuh, sebab 70% massa tubuh kita terdiri dari air, fluktuasi jumlah air dapat menyebabkan fluktuasi cepat berat badan. Atau bisa juga susu itu mengandung hormon tiroid atau analognya. Hormon ini menyebabkan tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energinya dan membuat metabolisme dalam tubuh menjadi hiperaktif.
« Edit Terakhir: April 22, 2010, 09:04:43 PM oleh Hendy wijaya, MD »

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
32 Jawaban
8225 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2013, 08:38:26 PM
oleh elbuy10
0 Jawaban
1042 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2009, 03:26:19 PM
oleh pams
0 Jawaban
3128 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 22, 2009, 02:30:32 AM
oleh raisuien
15 Jawaban
6014 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 23, 2011, 10:18:34 AM
oleh superstring39
0 Jawaban
285 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 29, 2013, 03:05:04 PM
oleh patira

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia