Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

alfiansa

Juli 22, 2014, 06:19:13 AM
lebaran jualan sepatu online kak http://goo.gl/G3NXOq

visitpare

Juli 20, 2014, 07:25:09 AM
ada yang mau ke Kampung Inggris Pare - Kediri gak di sini? Salam kenal dari www.visitpare.com  :D
 

Muztank

Juli 17, 2014, 07:38:54 AM
woi jangan jualan obat aborsi d sini !!

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:48:17 PM
Presentasi Liputan Internet di http://www.prestisewan.tk/p/liputan-internet.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:48:04 PM
Presentasi Pancaspirasi untuk Prabowo-Hatta yang selengkapnya dapat dibaca http://bloggerwan.blogdetik.com/2014/06/23/pancaspirasi-untuk-prabowo-hatta.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:49 PM
Presentasi Indotophosting Hosting Unlimited dan Domain Murah Terbaik di Indonesia di http://www.indonia.ga/2014/07/12-indotophosting-com-hosting-unlimited-dan-domain-murah-terbaik-di-indonesia.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:30 PM

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:21 PM
Presentasi Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia di http://www.indonia.ga/2014/07/10-camry-mobil-hybrid-terbaik-indonesia.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:09 PM
Presentasi Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang di http://www.indonia.ga/2014/07/08-yamaha-r15-dan-yamaha-r25-motor-sport-racing-dan-kencang.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:46:19 PM
Presentasi ADRO TEXTILE Konveksi Murah Indonesia yang selengkapnya dapat dibaca di http://dipoblogforce1.blogspot.com/2014/06/12-ADRO-TEXTILE-Konveksi-Murah-Indonesia-Tlp-081362666444.html

Show 50 latest

Penulis Topik: Spesialisasi Dokter  (Dibaca 6802 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Spesialisasi Dokter
« pada: Agustus 12, 2010, 07:39:01 AM »
ada yang bisa memberikan daftar spesialisasi dan subspesialisasi dokter yang ada di indonesia beserta singkatannya? thanks.



Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #1 pada: Agustus 12, 2010, 01:58:40 PM »
Dan biaya sekolahnya lebih dibutuhkan lagi..
OOT OOT OOT..!!!

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #2 pada: Agustus 12, 2010, 05:27:05 PM »
ga sekalian nanya berapa jumlahnya saat ini di indonesia, om hur?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #3 pada: Agustus 12, 2010, 05:55:35 PM »
Hehehe..
Sekalian info buat ambil spesialis ntar donk om momod.

Offline Alilanthoq

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 16
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #4 pada: Agustus 15, 2010, 01:34:57 AM »
SpD ..DSOG..SpB dll

Offline Logan

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 76
  • IQ: 7
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #5 pada: Agustus 22, 2010, 02:55:06 PM »
Di bawah ini adalah gelar-gelar dokter spesialis dan lama pendidikannya di Indonesia:

    * Sp.A - Spesialis Anak (8 Semester)
    * Sp.An - Spesialis Anastesi (7 Semester)
    * Sp.And - Spesialis Andrologi (6 Semester)
    * Sp.B - Spesialis Bedah (10 Semester)
    * Sp.BA - Spesialis Bedah Anak (10 Semester)
    * Sp.BTKV - Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskuler (10 Semester)
    * Sp.BM - Spesialis Bedah Mulut (dokter gigi)
    * Sp.BP - Spesialis Bedah Plastik (10 Semester)
    * Sp.BS - Spesialis Bedah Syaraf (11 Semester)
    * Sp.EM - Spesialis Kedaruratan Medik (8 Semester)
    * Sp.F - Spesialis Kedokteran Forensik (6 Semester)
    * Sp.FK - Spesialis Farmakologi Klinik (6 Semeter)
    * Sp.JP - Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah (10 Semester)
    * Sp.KG - Spesialis Konservasi Gigi (termasuk penambalan dan perawatan urat saraf gigi)(dokter gigi)
    * Sp.KGA- Spesialis Kedokteran Gigi Anak (dokter gigi)
    * Sp.KJ - Spesialis Kedokteran Jiwa atau Psikiater (8 Semester)
    * Sp.KK - Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin (7 Semester)
    * Sp.KN - Spesialis Kedokteran Nuklir (7 Semeter)
    * Sp.KO - Spesialis Kedokteran Olahraga (7 Semester)
    * Sp.M - Spesialis Mata (7 Semeter)
    * Sp.MK - Spesialis Mikrobiologi Klinik (6 Semester)
    * Sp.Ort - Spesialis Orthodonti (meratakan gigi) (dokter gigi)
    * Sp.OG - Spesialis Obstetri & Ginekologi (kebidanan dan kandungan) (9 Semester)
    * Sp.Ok - Spesialis Kedokteran Okupasi (kerja) (6 Semester)
    * Sp.Onk.Rad - Spesialis Onkologi Radiasi (7 Semester)
    * Sp.OT - Spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi (9 Semester)
    * Sp.P - Spesialis Paru (Pulmonologi) (7 Semester)
    * Sp.Perio - Spesialis Periodonsia (jaringan gusi dan penyangga gigi) (dokter gigi)
    * Sp.PA - Spesialis Patologi Anatomi (6 Semester)
    * Sp.PD - Spesialis Penyakit Dalam (9 Semester)
    * Sp.PK - Spesialis Patologi Klinik (8 Semester)
    * Sp.PM - Spesialis Penyakit Mulut (dokter gigi)
    * Sp.Pros - Spesilis Prosthodonsia (pembuatan protesa atau gigi palsu) (dokter gigi)
    * Sp.Rad - Spesialis Radiologi (7 Semester)
    * Sp.RM - Spesialis Rehabilitasi Medik (8 Semester)
    * Sp.S - Spesialis Saraf atau Neurolog(8 Semeter)
    * Sp.THT-KL - Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher (8 Semeter)
    * Sp.U - Spesialis Urologi (10 Semester)
    * Sp.Ger - Spesialis Geriatri (sedang dikaji)

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #6 pada: Agustus 22, 2010, 05:26:43 PM »
Wuaaahh...
PD sama OG sampe 9 semester?
4,5 tahun... T.,T
Itupun kalau lancar2.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #7 pada: Agustus 22, 2010, 10:25:15 PM »
nice info :)
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Logan

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 76
  • IQ: 7
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #8 pada: Agustus 23, 2010, 12:39:03 PM »
Rencananya pada mau ambil spesialis apa nih? ???

klo aku mungkin ambil bedah saraf atau saraf saja...

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #9 pada: Agustus 23, 2010, 02:10:15 PM »
1. Penyakit Dalam
2. Jantung
3. Obgyn

Populer semua yaah.
haha..

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #10 pada: Agustus 24, 2010, 06:46:32 PM »
IQ +1 buat logan! akhirnya...

wuih... bakal ada spesialis geriatrik juga. kaum manula emang perlu perlakukan khusus, sama seperti pediatrik, karena sistem metabolisme yang udah mulai kacau. tapi susahnya bisa tumpang tindih dengan spesialisasi lain terkait penyakit degeneratifnya.

Offline Logan

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 76
  • IQ: 7
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #11 pada: Agustus 25, 2010, 12:35:56 PM »
IQ +1 buat logan! akhirnya...

wuih... bakal ada spesialis geriatrik juga. kaum manula emang perlu perlakukan khusus, sama seperti pediatrik, karena sistem metabolisme yang udah mulai kacau. tapi susahnya bisa tumpang tindih dengan spesialisasi lain terkait penyakit degeneratifnya.

Thank a lot buat mas syx  :)  :angel:

Offline mamabilly

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #12 pada: Agustus 26, 2010, 09:42:40 AM »
anestesi, amin...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #13 pada: Agustus 26, 2010, 12:15:01 PM »
ada subspesialis? misalnya penyakit dalam kan luas, mungkin ada yang subspesialis yang lbih spesifik lagi spesialisasinya?

Offline Logan

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 76
  • IQ: 7
    • Lihat Profil
Re: Spesialisasi Dokter
« Jawab #14 pada: Agustus 26, 2010, 12:55:44 PM »
Lagi cari-cari dari beberapa sumber, ditunggu aja mas!

Klo dah dapet nanti aku post deh...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
11340 Dilihat
Tulisan terakhir April 14, 2011, 10:17:45 PM
oleh hery_hunterz
2 Jawaban
3029 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2009, 03:59:47 AM
oleh dark_nekron
17 Jawaban
4581 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 04, 2009, 04:52:55 PM
oleh loser1942
14 Jawaban
3201 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2011, 08:03:20 PM
oleh Huriah M Putra
23 Jawaban
3516 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 02, 2010, 11:42:17 AM
oleh Astrawinata G

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia