Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Kemarin jam 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: Tidur dengan lampu dapat menyebabkan kanker  (Dibaca 2595 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline achmad nurudin

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Tidur dengan lampu dapat menyebabkan kanker
« pada: Mei 02, 2012, 11:34:13 AM »
Saya dapat cerita dari seorang kakak kelas, dia dapat dari dosen katanya tidur dengan lampu menyala dpat menyebabkan kanker. hal ini disebabkan ada hormon yang tidak berproduksi saat ada cahaya. Adakah yang tahu tentang hal ini????? ayo kita diskusikan



Offline nʇǝʌ∀

  • Global Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 347
  • IQ: 190
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
    • Lihat Profil
Re:Tidur dengan lampu dapat menyebabkan kanker
« Jawab #1 pada: Mei 02, 2012, 11:57:21 AM »
sudah ada sub forum Biology atau Kesehatan khusus untuk thread anda :)

adapun tidur dengan lampu menyala dapat menurunkan produksi hormon melatonin, padahal hormon tsb dapat berfungsi mencegah kanker payudara dan prostat. sebenarnya lebih tepat disebut efek dari tidur malam dengan lampu menyala, karena hormon melatonin lebih banyak diproduksi pada jam 9 malam hingga 8 pagi.
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline ytridyrevsielixetuls

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 384
  • IQ: 165
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
    • Lihat Profil
Re:Tidur dengan lampu dapat menyebabkan kanker
« Jawab #2 pada: Mei 02, 2012, 12:34:40 PM »
hormon melatonin disekresikan oleh kelenjar pineal di dalam otak dan produksinya dipicu oleh kegelapan/suasana gelap.
nʇǝʌ∀, sumber lain yg pernah saya baca hormon melatonin paling byk produksinya pada dini hari.
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline __________

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 98
  • IQ: 84
  • Which Witch Switches Switched Witch ?
    • Lihat Profil
Re:Tidur dengan lampu dapat menyebabkan kanker
« Jawab #3 pada: Mei 03, 2012, 04:55:22 PM »
hmmm.. jd ada kaitannya antara kegelapan dng produksi hormon melatonin... nice info aja klo gt

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re:Tidur dengan lampu dapat menyebabkan kanker
« Jawab #5 pada: Mei 04, 2012, 11:04:34 AM »
Saya penasaran dengan melatonin ini, dia berfungsi optimal hanya pada keadaan gelap, atau dia juga berfungsi jika badan kita tertutup dan tidak mendapatkan cahaya?

Misalkan, tidur dalam kamar yang terang benderang, tapi memakai selimut di seluruh tubuh, mata ditutup pake "kacamata tidur", dan kening ditutupi oleh bantal... (saya pernah tidur seperti ini karena AC nya dingin banget hehehehe....)
Apakah dalam kondisi di atas, melatonin tetap berproduksi optimal?
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1382
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Tidur dengan lampu dapat menyebabkan kanker
« Jawab #6 pada: Mei 04, 2012, 09:41:55 PM »
Yg berpengaruh adalah penerimaan cahayaa oleh retina.
once we have eternity, everything else can wait

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re:Tidur dengan lampu dapat menyebabkan kanker
« Jawab #7 pada: Mei 04, 2012, 09:56:41 PM »
Yg berpengaruh adalah penerimaan cahayaa oleh retina.
Hoo... Berarti tidur dengan mata ditutup bantal atau sejenisnya, sudah mencukupi untuk pembentukan optimal melatonin ya...

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1382
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Tidur dengan lampu dapat menyebabkan kanker
« Jawab #8 pada: Mei 04, 2012, 10:13:11 PM »
 seharusnya begitu. Kita juga sering lihat di film2 barat, orang bepergian jarak jauh dg transportasi umum seperti pesawat atau kereta pakai penutup mata saat tidur, supaya tidak terganggu oleh penumpang lain.

Offline zync

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Hormon melatonin
« Jawab #9 pada: Oktober 29, 2013, 03:03:12 PM »
Ternyata hormon melatonin di produksi pada saat kita tidur dengan intensitas cahaya yang rendah  :kribo:
yang dipicu oleh reseptor cahaya pada mat  :-\

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
26 Jawaban
22733 Dilihat
Tulisan terakhir November 18, 2009, 07:52:31 PM
oleh pandax
0 Jawaban
1186 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 04, 2010, 08:25:07 AM
oleh raisuien
7 Jawaban
3342 Dilihat
Tulisan terakhir September 20, 2012, 03:33:47 PM
oleh jack.ventura
8 Jawaban
3002 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2014, 09:24:09 PM
oleh MuhammadRyan
2 Jawaban
913 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 28, 2013, 07:45:50 AM
oleh bunggasir

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia