Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

Kemarin jam 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

Kemarin jam 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

Kemarin jam 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: USG untuk Janin, Bahayakah?  (Dibaca 14704 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
USG untuk Janin, Bahayakah?
« pada: September 24, 2009, 09:46:23 PM »
Ada sebagian orangtua yang beranggapan bahwa alat-alat elektronik masih memiliki kekurangan, bahkan bisa membahayakan. Tak terkecuali alat USG (ultrasonografi) untuk mengintip keadaan si kecil di dalam perut Anda. Nasihat orangtua mengatakan untuk tidak terlalu sering menjalani USG karena berbahaya. Benarkah?

Dr. Arju Anita, Sp.OG, mengatakan bahwa USG merupakan suatu alat yang menggunakan gelombang suara yang sangat tinggi, sehingga tak terdengar oleh manusia. Hal ini memungkinkan visualisasi dan pemeriksaan janin tanpa sinar X.

Meskipun cenderung cukup akurat untuk sebagian besar penggunaannya, akan tetapi dalam mendiagnosa cacat lahir, USG dapat menunjukkan beberapa hasil negatif palsu (sepertinya semua tampak baik, padahal tidak) dan beberapa hasil positif palsu (sepertinya ada masalah, padahal tidak).

Setelah digunakan selama bertahun-tahun untuk kajian medis, belum ada risiko dan manfaat yang didapatkan dari pemeriksaan USG. Banyak dokter yang meminta pemeriksaan USG secara rutin, paling sedikit satu kali selama kehamilan. Tetapi pada umumnya, pemeriksaan USG dilakukan jika ada indikasi terjadinya masalah dalam kehamilan.

Ada riset yang menunjukkan, janin dapat mendengar nada tinggi yang digunakan pada ultrasonografi. Tampaknya gelombang suara dari USG tiba di telinga janin dengan frekuensi yang sebanding dengan nada tinggi pada piano.

Suara ini tidak membahayakan janin, tetapi cukup dapat merangsang inderanya sehingga janin bergerak-gerak selama pemeriksaan. Oleh karena suaranya sangat terlokalisasi, janin dapat menghindarinya dengan menggerakkan kepalanya.

Kesimpulannya, sebenarnya USG cukup aman untuk janin, tetapi tidak ada keharusan untuk melakukannya setiap kali kunjungan ke dokter kandungan. Kecuali ada indikasi yang menjadi dasar atau alasan atas keperluan dari USG tersebut.

http://female.kompas.com/read/xml/2009/09/24/08251156/usg.untuk.janin.bahayakah



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #1 pada: September 25, 2009, 12:25:42 AM »
USG itu yg bisa nmpak baby-nya di dlm perut kan...?

~ You are what you eat ~

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #2 pada: September 25, 2009, 12:30:04 AM »
yup, bener....

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #3 pada: September 25, 2009, 12:32:42 AM »
itu yg mirip gel yg diolesin diperut itu apa..?

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #4 pada: September 25, 2009, 12:39:22 AM »
USG gel

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #5 pada: September 25, 2009, 12:57:08 AM »
kandunganna pa..?
koq harus diolesin itu dulu sblm di liat perutna....?

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #6 pada: September 25, 2009, 01:01:46 AM »
kandungannya kurang taw..
klo gag salah...
biar lebih licin ja.. dan lebih memudahkan perambatan suara

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #7 pada: September 25, 2009, 01:04:54 AM »
ouw,,,
hehe~
mksi,,
^^

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #8 pada: Oktober 01, 2009, 10:31:04 AM »
gel yang dimaksud rasanya lebih untuk memudahkan pergerakan tranducer-nya.
sekarang yang terliat lebih akurat adalah pake USG 4-D (ato mungkin lebih cocok kalo disebut 3-D, ga tau dari mana asalnya disebut 4-D). contonya kaya gini:


kenapa kalo sebelum USG ga boleh pipis dulu? katanya sih biar lebih gampang bedain kandung kemih dan rahim. tapi bener ato ga blom tau.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #9 pada: Oktober 01, 2009, 07:46:45 PM »
kenapa kalo sebelum USG ga boleh pipis dulu? katanya sih biar lebih gampang bedain kandung kemih dan rahim. tapi bener ato ga blom tau.

kurang taw jg..
tp klo gag salah pernah baca...
untuk USG pada awal kehamilan biasanya dilakukan mesti nahan kencing (minum air dulu kalo perlu) karena untuk mendorong rahim yang masih kecil sehingga USG lebih jelas terlihat

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #10 pada: Oktober 01, 2009, 08:38:51 PM »
kalo dari kesimpulan yang q dapat
USG gak bahaya cuma berbahaya buat yang kanker
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

sekarang yang terliat lebih akurat adalah pake USG 4-D (ato mungkin lebih cocok kalo disebut 3-D, ga tau dari mana asalnya disebut 4-D).
hmm mungkin karena itu kan asli di dunia nyata bukan palsu di dunia maya (bukan luna )
kurang taw jg..
tp klo gag salah pernah baca...
untuk USG pada awal kehamilan biasanya dilakukan mesti nahan kencing (minum air dulu kalo perlu) karena untuk mendorong rahim yang masih kecil sehingga USG lebih jelas terlihat
musti nahan kencing ?
mang gak apa-apa ya ?
(ya iyalah)
pengaruh dari otot buat menahan kencing kah ?

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #11 pada: Oktober 01, 2009, 08:47:08 PM »
kurang taw jg..
tp klo gag salah pernah baca...
untuk USG pada awal kehamilan biasanya dilakukan mesti nahan kencing (minum air dulu kalo perlu) karena untuk mendorong rahim yang masih kecil sehingga USG lebih jelas terlihat
musti nahan kencing ?
mang gak apa-apa ya ?
(ya iyalah)
pengaruh dari otot buat menahan kencing kah ?

bisa dari keinginan sendiri dan jg otot

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #12 pada: Oktober 01, 2009, 09:12:34 PM »
iyah,,,
klo mo periksa penyakit jg gtu,,,
musti minum byk2 ampe sesak...
kyk mami aku wktu check-up di mlay..
di critain,..
:P

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #13 pada: Oktober 01, 2009, 09:16:33 PM »
bisa dari keinginan sendiri dan jg otot
jadi kalo misalkan bisa menegangkan ototnya gak usah minum dong ...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: USG untuk Janin, Bahayakah?
« Jawab #14 pada: Oktober 01, 2009, 09:21:58 PM »
bisa dari keinginan sendiri dan jg otot
jadi kalo misalkan bisa menegangkan ototnya gak usah minum dong ...
menegangkan ototnya kan supaya gag terlalu susah buat BAK
lagipula daya tampung kandung kemih sekitar 400 mL tu bru gag bisa ditahan lg..
klo hanya 150 mL masih bisa ditahan...
misalnya dosen kamu lg jelasin padahal kamu pengen kencing..
kamu bisa menahannya dlu sampai istirahat....

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
untuk apa kalkulus

Dimulai oleh omben « 1 2 » Matematika

19 Jawaban
11021 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 16, 2009, 10:58:27 PM
oleh Sky
16 Jawaban
4428 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 19, 2009, 08:17:00 PM
oleh loser1942
0 Jawaban
2617 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 16, 2009, 08:39:31 PM
oleh hergipotter
4 Jawaban
2094 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2010, 02:02:45 PM
oleh Astrawinata G
0 Jawaban
924 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 07, 2010, 06:27:31 PM
oleh truf777

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia