Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Kemarin jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: Belajar Hidrolisis garam  (Dibaca 27681 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
Belajar Hidrolisis garam
« pada: Maret 25, 2010, 10:06:53 AM »
Kalian pasti mendengar penyedap makanan. Penyedap makanan
yang sering digunakan adalah vitsin. Penyedap ini mengandung
monosodium glutamat (MSG). Monosodium glutamat adalah
garam yang bersifat basa dan larut dalam air. Ada garam yang
terhidrolisis dalam air dan ada yang tidak terhidrolisis. Hidrolisis garam akan kalian pelajari sekarang. Let's learning ;)

Pengertian Hidrolisis Garam

Hidrolisis garam adalah “terurainya garam dalam air yang menghasilkan asam dan atau basa.

Bagaimanakah Hidrolisis dapat terjadi?


Hidrolisis garam hanya terjadi JIKA salah satu atau kedua komponen penyusun garam tersebut berupa asam lemah dan atau basa lemah.
Jika komponen garam tersebut berupa asam kuat dan basa kuat, maka komponen ion dari asam kuat atau pun basa kuat tersebut Tidak akan terhidrolisis.
Berdasarkan penjelasan tadi, maka kation dan anion yang dapat mengalami reaksi hidrolisis adalah kation dan anion garam yang termasuk elektrolit lemah.
Sedangkan kation dan anion garam yang termasuk elektrolit kuat tidak terhidrolisis.
Contoh ion Asam/Basa yang mengalami reaksi hidrolisis :

Kutip
CH3COO- dan HCO3- (ion asam lemah)
NH4+ (ion basa lemah)


Contoh ion Asam/Basa yang tidak mengalami reaksi hidrolisis :
Kutip
SO42- dan NO3- (ion asam kuat)
Na+ dan Mg+ (ion basa kuat)


Hidrolisis Parsial dan Hidrolisis Total

Hidrolisis parsial
Kutip
Hidrolisis parsial terjadi pada Garam yang kation atau anionnya saja yang terhidrolisis.
Hidrolisis parsial dibagi menjadi 2 :
Kutip
Pertama, hidrolisis parsial yang terjadi dari garam yang bersifat asam. (kationnya saja yang terhidrolisis menghasilkan senyawa basa lemah)
Kedua, hidrolisis parsial yang terjadi dari garam yang bersifat basa. (anionnya saja yang terhidrolisis menghasilkan senyawa asam lemah)
Contoh : NH4Cl, AgNO3, CH3COOK


Hidrolisis total (sempurna)
Kutip
Garam yang baik kation maupun anionnya terhidrolisis.
Kutip
Contoh : CH3COONH4, Al2S3


Bagaimanakah Sifat larutan garam yang terbentuk?

Garam yang dihasilkan suatu reaksi antara asam dan basa dapat bersifat asam, basa, atau pun netral. Sifat tersebut, bergantung pada jumlah serta jenis senyawa asam dan basa yang direaksikan.
Berdasarkan Zat penyusunya, garam dapat di bagi menjadi 4 :

1. Garam yang Tersusun dari asam kuat dan basa kuat


Garam yang tersusun dari asam kuat dan basa kuat bersifat netral, mengapa?
Kutip
Karena garam yang tersusun dari asam kuat dan basa kuat tidak memberikan perubahan warna lakmus, baik lakmus biru maupun lakmus merah
Karena nilai pH = 7


Garam yang tersusun dari asam kuat dan basa kuat “Tidak dapat terhidrolisis”, mengapa?
Karena garam yang tersusun dari asam kuat dan basa kuat memiliki kation dan anion garam yang tidak akan terhidrolisis bila direaksikan dengan air. Maka Garam yang tersusun dari asam kuat dan basa kuat “Tidak dapat terhidrolisis”,
Contoh :
Garam NaCl tersusun dari NaOH (basa kuat) dan HCl (asam kuat)
NaCl → Na+ + Cl-
Ion Na+ berasal dari basa kuat (NaOH), sedangkan ion Cl- berasal dari asam kuat (HCl), sehingga tidak akan terhidrolisis dan garam bersifat netral.
Contoh lain : K2SO4 , KCl,

2. Garam yang Tersusun dari asam kuat dan basa lemah

Garam yang tersusun dari asam kuat dan basa lemah bersifat asam, mengapa?
Kutip
karena garam yang tersusun dari asam kuat dan basa lemah dapat mengubah warna lakmus biru menjadi merah dan tidak mengubah warna lakmus merah.
Karena nilai pH < 7
Adanya ion H+


Garam yang tersusun dari asam kuat dan basa lemah “Dapat Terhidrolisis”, namun hanya terhidrolis parsial mengapa?
Karena hanya kation(ion positif/ion basa) yang akan terhidrolisis, sedangkan anion(ion negatif/ion asam) tidak akan terhidrolisis bila direaksikan dengan air. Maka Garam yang tersusun dari asam kuat dan basa lemah hanya “mengalami hidrolisis parsial”. Yaitu, yang terhidrolisis hanya kation atau anionya saja. Garam tersebut bila direaksikan dengan air akan menghasilkan senyawa basa lemah.
Contoh :
Garam NH4Cl yang tersusun dari HCl (asam kuat) dan NH4OH (basa lemah).
NH4Cl → NH4+ + Cl-
NH4+ akan terhidrolisis, sedangkan Cl- tidak terhidrolisis.
NH4+  + H2O ⇌ NH4OH + H+
Adanya ion H+ menunjukan bahwa larutan bersifat asam
Contoh lain : AgNO3

3. Garam yang Tersusun dari asam lemah dan basa kuat

Garam yang tersusun dari asam lemah dan basa kuat bersifat Basa, mengapa?
Kutip
karena garam yang tersusun dari asam lemah dan basa kuat dapat mengubah warna lakmus merah menjadi biru dan tidak mengubah warna lakmus biru .
Karena nilai pH > 7
Adanya ion OH-


Garam yang tersusun dari asam lemah dan basa kuat “Dapat Terhidrolisis”, namun hanya terhidrolis parsial mengapa?
Karena hanya anion(ion negatif/ion asam) yang akan terhidrolisis sedangkan, kation(ion positif/ion basa) tidak akan terhidrolisis bila direaksikan dengan air. Maka Garam yang tersusun dari asam lemah dan basa kuat hanya “mengalami hidrolisis parsial”. Yaitu, yang terhidrolisis hanya kation atau anionya saja. Garam tersebut bila direaksikan dengan air akan menghasilkan senyawa asam lemah.
 
Contoh :
Garam CH3COONa yang tersusun dari CH3COOH (asam lemah) dan NaOH (basa kuat).
CH3COONa → CH3COO- + Na+
CH3COO- akan terhidrolisis, sedangkan Na+ tidak terhidrolisis.
CH3COO- + H2O ⇌ CH3COOH + OH-
Adanya ion OH- menunjukan bahwa larutan bersifat basa.
Contoh lain : CH3COOK , MSG

4. Garam yang Tersusun dari asam lemah dan basa lemah
Garam yang tersusun dari asam lemah dan basa lemah dapat bersifat asam, Basa, ataupun netral. mengapa?
Kutip
Karena Kedua Ionya dapat Terhidrolisis (Hidrolisis Total)
karena Adanya kedua ion OH- dan H+ yang dihasilkan saat garam tersebut bereaksi dengan air
Mempunyai nilai pH yang tidak menentu.


Garam yang tersusun dari asam lemah dan basa lemah “Dapat Terhidrolisis secara sempurna”, mengapa?
Karena anion(ion negatif/ion asam) dan kation(ion positif/ion basa) keduanya akan terhidrolisis bila di reaksikan dengan air. Maka Garam yang tersusun dari asam lemah dan basa lemah akan “mengalami hidrolisis total(sempurna)”. Yaitu, kation dan anionya terhidrolisis. Garam tersebut bila direaksikan dengan air akan menghasilkan senyawa asam lemah dan basa lemah.
Sifat Asam, basa, atau Netral garam yang tersusun dari asam lemah dan basa lemah bergantung pada Nilai pH. Nilai pH bergantung pada Ka (tetapan ionisasi asam lemah) dan Kb (tetapan ionisasi basa lemah).
Bila Ka > Kb maka, [H+] > [OH-] dan maka nilai pH < 7 dan sifat larutan adalah Asam.
Bila Ka = Kb maka, [H+] = [OH-] dan maka nilai pH = 7 dan sifat larutan adalah Netral.
Bila Ka < Kb maka, [H+] < [OH-] dan maka nilai pH > 7 dan sifat larutan adalah Basa.
Contoh :
Garam CH3COONH4 yang tersusun dari CH3COOH (asam lemah) dan NH4OH (basa lemah).
CH3COONH4 → CH3COO- + NH4+
CH3COO- dan NH4+  akan terhidrolisis.
CH3COO-  +  NH4+  + H2O ⇌ CH3COOH + NH4OH
CH3COO- + H2O ⇌ CH3COOH + OH-
NH4+ + H2O ⇌ NH4OH + H+
Adanya ion H+ dan OH- menunjukan bahwa larutan garam tersebut “Terhidrolisis Total(sempurna)”

Untuk penghitungan tetapan dan penjelasan hidrolisi lebih jauh, bisa di lihat pada file di bawah :) :


untuk lebih dalam dalm mempelajari hidrolisis,
dapat di donlot file ppt yang sudah saya buat :

DOWNLOAD FILE



Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Belajar Hidrolisis garam
« Jawab #1 pada: Maret 25, 2010, 01:28:19 PM »
...lebih keren lagi kalo mahir ber Mimetex :)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
Re: Belajar Hidrolisis garam
« Jawab #2 pada: Maret 25, 2010, 05:42:34 PM »
...lebih keren lagi kalo mahir ber Mimetex :)

hahah,  :) boleh2

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Belajar Hidrolisis garam
« Jawab #3 pada: Maret 25, 2010, 09:53:15 PM »
wah...
ayok..
kasi soal donk akbar... ^^
~ You are what you eat ~

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
Re: Belajar Hidrolisis garam
« Jawab #4 pada: Maret 25, 2010, 10:03:24 PM »
wah...
ayok..
kasi soal donk akbar... ^^

bingung nulis soalnya sisca, masih gak bisa pake fasilitas apa tuh namanya ??? fasilitas buat bikin rumus tuh

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Belajar Hidrolisis garam
« Jawab #5 pada: Maret 25, 2010, 10:04:59 PM »
oh...
mimitex....
wah.. soalnya tulis aja.. tar jawabnya sisca.. ahahaa~
(lagi pengen jawab2 soal hidrolisis.. takut lupa.. ahhaha)

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
Re: Belajar Hidrolisis garam
« Jawab #6 pada: Maret 25, 2010, 10:12:44 PM »
oh...
mimitex....
wah.. soalnya tulis aja.. tar jawabnya sisca.. ahahaa~
(lagi pengen jawab2 soal hidrolisis.. takut lupa.. ahhaha)

oke deh, aku copas dari file bekas presentasiku ^^

Dalam larutan terdapat natrium asetat 0,1 M
Jika tetapan Hidrolisis Kh =10^-9 pH larutannya adalah?

ayo gampang....
« Edit Terakhir: Maret 25, 2010, 10:26:22 PM oleh PocongSains »

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Belajar Hidrolisis garam
« Jawab #7 pada: Maret 25, 2010, 10:19:45 PM »
OH- =akar 10^{9} . 10^{-1}
OH-  10^{-4}
pOH = 4
pH = 10

(wadaow.. aku ga bisa bikin akar...)
T.,T

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
Re: Belajar Hidrolisis garam
« Jawab #8 pada: Maret 25, 2010, 10:27:17 PM »
OH- =akar 10^{9} . 10^{-1}
OH-  10^{-4}
pOH = 4
pH = 10

(wadaow.. aku ga bisa bikin akar...)
T.,T

oh iya maap, :D Kh nya kayanya bukan 10^9 meainkan 10^-9 wkwkwwk sory :Peace:

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Belajar Hidrolisis garam
« Jawab #9 pada: Maret 25, 2010, 10:29:06 PM »
ahahhaa
ya ya ya... wkkwkwkwkwkw~

pOH 5
pH 9.... ^^
lagi lagi...

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
Re: Belajar Hidrolisis garam
« Jawab #10 pada: Maret 25, 2010, 10:31:51 PM »
ahahhaa
ya ya ya... wkkwkwkwkwkw~

pOH 5
pH 9.... ^^
lagi lagi...

gantian donk, sekarang kan ceritany sisca yang jadi profesor, saya mahasiswa, :D

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Belajar Hidrolisis garam
« Jawab #11 pada: Maret 25, 2010, 10:39:41 PM »
haa~
akbarrr~ T.,T
masak sisca kasi soal.. oke deh.. ini..

kedalam 250ml air dilarutkan 5,35 gram NH_{4}Cl. jika harga Kb NH_{4}OH=1,8.10^{-15} hitunglah pH larutan....

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Belajar Hidrolisis garam
« Jawab #12 pada: Maret 26, 2010, 08:08:18 PM »
cari molarnya dulu ya...

M = mol / Mr . 1000/mL
   = 5,35 / 53,5 . 1000/250mL
dapet deh molarnya...

masukin ke rumus H+.
jadi deh.. haha~

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
larutan air garam

Dimulai oleh Rizz...Cute Biologi

12 Jawaban
11299 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 08, 2008, 07:25:24 AM
oleh syx
27 Jawaban
10924 Dilihat
Tulisan terakhir September 02, 2009, 04:33:26 AM
oleh raisuien
16 Jawaban
3380 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2014, 11:14:56 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
2004 Dilihat
Tulisan terakhir April 07, 2013, 12:38:01 PM
oleh A
9 Jawaban
3964 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2011, 04:36:10 PM
oleh MonDay

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia