Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: elektrolisis  (Dibaca 5266 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline altair

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
elektrolisis
« pada: Pebruari 26, 2011, 08:02:28 PM »
mau nanya, kalo elektrolisis campuran NiSO4 dan CuSO4 kaya gimana ya?



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: elektrolisis
« Jawab #1 pada: Pebruari 26, 2011, 11:22:41 PM »
larutan NiSO4 dicampur sama larutan CuSO4 maksudnya altair?
~ You are what you eat ~

Offline altair

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: elektrolisis
« Jawab #2 pada: Pebruari 27, 2011, 03:55:49 PM »
Iya, jdi dalam suatu wadah ada larutan NiSO4 ama CuSO4, trus dielektrolisis. Reaksi di katoda ama anoda gmna?elektroda karbon
tlg bantuannya ya

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: elektrolisis
« Jawab #3 pada: Pebruari 27, 2011, 06:42:02 PM »
Ni sama Cu mengendap di katoda
di anoda terbentuk gas oksigen?
waduh..
hahaha..
CMIIW XD

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: elektrolisis
« Jawab #4 pada: Juli 24, 2011, 11:57:28 AM »
            \[CuSO_{4}\rightarrow Cu^{2+}+ SO_{4}^{2-}\] x2

Katoda : \[Cu^{2+}+2e\rightarrow Cu\] x2
Anoda : \[2H_{2}O\rightarrow 4H^{+}+O_{2}+4e\]
______________________________________________________ +
            \[2CuSO_{4}+2H_{2}O\rightarrow 2SO_{4}^{-2}+2Cu+4H^{+}+O_{2}\]



             \[NiSO_{4}\rightarrow Ni^{+2}+SO_{4}^{-2}\] x2

Katoda :   \[Ni^{+2}+2e\rightarrow Ni\] x2
Anoda  :  \[2H_{2}O\rightarrow 4H^{+}+O_{2}+4e\]
_______________________________________________________________ +

              \[2NiSO_{4}+2H_{2}0\rightarrow 2Ni+2SO_{4}^{-2}+4H^{+}+O_{2}\]



maksudnya kaya gitu ya?
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline Blue_Rain

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: elektrolisis
« Jawab #5 pada: Juli 24, 2011, 10:13:19 PM »
Bukannya kita liat deret voltanya dulu, ion Cu ama Ni...
trus kita tentukan mana yang reduksi mana yang oksidasi..
The Rain Always Blue...

Offline Muhammad Taufiqi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 137
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • Stressful guy...
    • Lihat Profil
Re: elektrolisis
« Jawab #6 pada: Juli 24, 2011, 10:45:36 PM »
Itu larutan kan... Juga perlu dipertimbangkan H2O juga....
Theoritical Physics


See The World in Different Ways

Offline Muhammad Taufiqi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 137
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • Stressful guy...
    • Lihat Profil
Re: elektrolisis
« Jawab #7 pada: Juli 24, 2011, 10:47:51 PM »
Ni sama Cu mengendap di katoda
di anoda terbentuk gas oksigen?
waduh..
hahaha..
CMIIW XD

Apa bisa Ni dan Cu mengendap bersamaan di katoda? Bukannya salah satunya ya, kalau salah satu ion yang lebih reaktif habis, ion satunya yang baru mengendap. Benar saudara Blue Rain, harus dilihat di deret volta dulu.

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: elektrolisis
« Jawab #8 pada: Juli 25, 2011, 10:28:39 AM »
Bukannya kita liat deret voltanya dulu, ion Cu ama Ni...
trus kita tentukan mana yang reduksi mana yang oksidasi..
Oh maaf,
biasanya saya menjawab ketika disekolah langsung dengan reaksi sperti ini..
sehingga deret volta sudah tidak ditulis lagi...

^-^
Apa bisa Ni dan Cu mengendap bersamaan di katoda? Bukannya salah satunya ya, kalau salah satu ion yang lebih reaktif habis, ion satunya yang baru mengendap.
mungkin maksudnya satu satu, CuSO4 ditempat ini,NiSO4 ditempat ini...

kalau CuSO4 dan NiSO4 dicampur apa bisa menghasilkan senyawa baru?
???

Offline Muhammad Taufiqi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 137
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • Stressful guy...
    • Lihat Profil
Re: elektrolisis
« Jawab #9 pada: Agustus 16, 2011, 11:23:11 AM »
Oh maaf,
biasanya saya menjawab ketika disekolah langsung dengan reaksi sperti ini..
sehingga deret volta sudah tidak ditulis lagi...

^-^mungkin maksudnya satu satu, CuSO4 ditempat ini,NiSO4 ditempat ini...

kalau CuSO4 dan NiSO4 dicampur apa bisa menghasilkan senyawa baru?
???

Maksudnya di tempat ini dan di tempat ini? Sama-samadi katoda hanya saja tempat pengendapannya berbeda gt t?

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: elektrolisis
« Jawab #10 pada: Agustus 16, 2011, 11:29:47 AM »
mmhh...
elektrolisis nya di dua tmpat berbeda...

Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 185
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Lihat Profil
    • Media Belajar Online
Re: elektrolisis
« Jawab #11 pada: Agustus 23, 2011, 12:27:20 AM »
untuk menjawab pertanyaan tersebut harus diketahui potensial elektrode standar :

Ni2+(aq) + 2e ---> Ni(s)   Eo = - 0,28 V

Cu2+(aq) + 2e ---> Cu(s)   Eo = + 0,34 V

oleh karena potensial reduksi standar nikel lebih negatif dari tembaga maka nikel tidak akan tereduksi. Nikel tetap dalam larutan sedangkan Cu direduksi pada katoda.....  :angel:

Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 185
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Lihat Profil
    • Media Belajar Online
Re: elektrolisis
« Jawab #12 pada: September 02, 2011, 07:44:00 PM »
rangkuman materi tentang elektrolisis ada di http://mediabelajaronline.blogspot.com/2011/09/sel-elektrolisis.html   ;D

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Elektrolisis

Dimulai oleh defian Kimia

10 Jawaban
4270 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2011, 03:32:53 AM
oleh Tux
12 Jawaban
6085 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 14, 2010, 12:29:12 PM
oleh Farabi
2 Jawaban
2866 Dilihat
Tulisan terakhir April 20, 2011, 11:11:34 PM
oleh Mudzofar

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia