Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Hari Ini jam 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

Kemarin jam 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

Kemarin jam 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr

Show 50 latest

Penulis Topik: soal ttg sifat koligatif larutan nieh,, tolong aq dunkz... aq bingung krjainnya.  (Dibaca 7637 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
1. Larutan Sukrosa mmpunyai tekanan uap 24,41 mmhg. Jika pd suhu yg sama tekanan uap jenuh air murni adlh 25,21 mmhg, hitunglah kadar larutan Sukrosa dlm molal dan persen (%)!
2. Glikol, C2H4(OH)2, adlh zat yg ditambahkan dlm radiator mobil. Jika dlm radiator hnya t'dpt air saja, pd suhu 120oC tekanan uap jenuh air murni menjadi 1.489,1 mmhg.
 a. hitunglah tekanan uapnya jika dlm radiator t'dpt 1 kg glikol dan 3 kg air!
 b. berapakah penurunan tekanan uapnya?
3. Hitunglah tekanan uap larutan yg dibuat dgn mencampurkan zat-zat brikut!
 a. 200 gr larutan NaCl 20% dgn 300 gr larutan glukosa 10%.
 b. 100 ml larutan Ca(HCOO)2 0,2M dgn 200 ml HCOOH 0,1M (derajat ionisasi=5%) dan massa jenis = 1,2 g/ml.
4. Ke dlm 1L air murni dimasukkan padatan CaX2 (Mr=150). Larutan ini mendidih pd suhu 100,1oC. Jika Kb air = 0,5 dan Kh=3 x 10-4, pH larutan tsb adlh....

bantuin dunkz...
Q bingung bgt... uda mandek bgt aq... hhe... bantuin yach.... thank'z...  :-\ :-[


~ You are what you eat ~

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
...aku coba jawab soal yang mudah
no.4  \Delta T_b = K_b m i
masukkan petunjuknya, CaX2 (Mr=150), mendidih pd suhu 100,1oC, Kb air = 0,5 dan Kh=3 x 10-4
0,1 = o,5 m i
0,2 =\frac{n3}{P} karena Cax2 elektrolit ternier van hoff=3, dan pelarut anggap sebanding 1kg
\frac{1}{15}=\frac{gr}{150}
gr=10gram nah masukkan persamaan kedua
[H^+] =\sqrt{K_aM}
[H^+] =\sqrt{3.10^{-4}1/15...ingat bahwa molarnya sama dengan 10/150x1liter
[H^+] =\sqrt{2.10^{-4}}
PH = 2-log\sqr{2}
berikutnya...akan saya coba lanjutin ya, mohon koreksi dulu
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
yang nomor 2...........Glikol, C2H4(OH)2, Mr= 62,tekanan uap jenuh air murni menjadi 1.489,1 ,1 kg glikol dan 3 kg air!
a,P = X_t P^0 glikol ngga perlu masukin vaktor van hoff   ........X_t =\frac{nt}{nt+np}=>X_t =\frac{1000/62}{1000/62 + 3000/18}
P = X_t 1.489,1....masukin donk
P = \frac{1000/62}{1000/62 + 3000/18}1.489,1
nah, bisa cari pake mesin kalkutor ;D
b.\Delta P = P^0 - P ...bisa kan mencari selisihnya ;D

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
ouwh...
makasi ya....
hm...
okay dech...

mohon bntuannya lgi y, bwt soal yg lain....
makasi....
n_____________________n

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
maap nandaz,,,
kyknya yg nmr 2 itu slh... (menurut aq...)

soalny, rumus mencari P=Xp[sub/] x po[sup/]
jadi hasilnya P=1357,7mmHg
dan selisihnya 131,4mmHg.....

betul gag???
cba di priksa ulang...
siapa tau aq yg slh...
hhe...
^^

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
...jelly juga matanya..benar salah ketik ;D, bukan fraksi terlarut,melainkan fraksi pelarut.....
BTW, nomor satu saya masih kekurangan petunjuk soalnya, ato kaya' gini?...persen kadar dapat dicari kewat perbandingan massa bukan,misalkan jumlah terlarutnya adalah X, dan pelarutnya air dengan Mr 18 adalah 100%=1...Mrnya sukrosa = 342
Kutip
1. Larutan Sukrosa mmpunyai tekanan uap 24,41 mmhg. Jika pd suhu yg sama tekanan uap jenuh air murni adlh 25,21 mmhg, hitunglah kadar larutan Sukrosa dlm molal dan persen (%)!
\frac{25,21}{24,41} = X_p
\frac{25,21}{24,41} =\frac{np}{np+nt}
\frac{25,21}{24,41} =\frac{1-x/18}{1-x/18+x/342}

...nah, kayak gini bole ngga, kalo boleh akan kulanjutin isinya?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
emm,,, makasi ya,,. biar aq liat dulu...
hhe...

aq jg bingung nyari yg nmr 1...
q kira slh soal...
hhe...

biar aq periksa dlu dech...
makasi ya..
^^

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
1617 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 06, 2009, 07:34:25 PM
oleh sisca, chemistry
19 Jawaban
11816 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2009, 08:48:34 PM
oleh Idad
10 Jawaban
3603 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 13, 2009, 05:08:47 PM
oleh Firzal
14 Jawaban
6676 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2009, 12:45:11 AM
oleh Ginji
95 Jawaban
22294 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2009, 10:42:21 PM
oleh sisca, chemistry

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia