Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

ytridyrevsielixetuls

Pebruari 06, 2016, 07:05:18 PM
gigi bolong gak bisa disembuhin, mas. bisanya ditambal.

aji saka

Pebruari 03, 2016, 02:29:01 PM
Assallamuaekum,sahabat forum yg terkasih,,ane mau punya maslah,dgn gigi,,ane,,karena gigi ane pada bolong cuma gagian belakang nya,,,ada yg tau kali obat nya,,,terims,,aji bogor
 

Balya

Januari 31, 2016, 10:31:28 AM
Assalamualaykum, Post terbaru setelah sekian lama tidak muncul
 

Farabi

Januari 12, 2016, 10:14:20 PM
Itu bukan bisnis, emang murni mau nebus dosa, bang.
 

ytridyrevsielixetuls

Januari 12, 2016, 09:05:41 PM
wah saya baru dengar model bisnis ky itu. gimana caranya biar dapet profit?
 

Farabi

Januari 12, 2016, 05:29:09 PM
Mahasiswa yang seneng baca, dan punya android, kalian hubungi aku aja kalau butuh internet, aku nyediain pulsa gratis buat pemakai axis unlimited tiap bulan 50 rb. Kalian hubungi aku aja, aku punya dana untuk satu tahun, nanti kalian share sendiri ke 8 orang, insyaAllah berpahala. Aku yakin betul. A
 

Farabi

Januari 12, 2016, 07:43:58 AM
Kalau anda melihat FarabiPersonalNetword atau FarabiPersonalHotspot konek saja, itu gratis. Pass:123456789

TokoAlatLaboratorium

Januari 11, 2016, 02:10:21 PM
Butuh alat-alat lab?  :D
https://alatlab.org

fiand20

Januari 07, 2016, 09:41:10 AM
Selamat Pagi semua.. :) ;) :D

Show 50 latest

Penulis Topik: soal ttg sifat koligatif larutan nieh,, tolong aq dunkz... aq bingung krjainnya.  (Dibaca 8896 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
1. Larutan Sukrosa mmpunyai tekanan uap 24,41 mmhg. Jika pd suhu yg sama tekanan uap jenuh air murni adlh 25,21 mmhg, hitunglah kadar larutan Sukrosa dlm molal dan persen (%)!
2. Glikol, C2H4(OH)2, adlh zat yg ditambahkan dlm radiator mobil. Jika dlm radiator hnya t'dpt air saja, pd suhu 120oC tekanan uap jenuh air murni menjadi 1.489,1 mmhg.
 a. hitunglah tekanan uapnya jika dlm radiator t'dpt 1 kg glikol dan 3 kg air!
 b. berapakah penurunan tekanan uapnya?
3. Hitunglah tekanan uap larutan yg dibuat dgn mencampurkan zat-zat brikut!
 a. 200 gr larutan NaCl 20% dgn 300 gr larutan glukosa 10%.
 b. 100 ml larutan Ca(HCOO)2 0,2M dgn 200 ml HCOOH 0,1M (derajat ionisasi=5%) dan massa jenis = 1,2 g/ml.
4. Ke dlm 1L air murni dimasukkan padatan CaX2 (Mr=150). Larutan ini mendidih pd suhu 100,1oC. Jika Kb air = 0,5 dan Kh=3 x 10-4, pH larutan tsb adlh....

bantuin dunkz...
Q bingung bgt... uda mandek bgt aq... hhe... bantuin yach.... thank'z...  :-\ :-[


~ You are what you eat ~

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
...aku coba jawab soal yang mudah
no.4  \Delta T_b = K_b m i
masukkan petunjuknya, CaX2 (Mr=150), mendidih pd suhu 100,1oC, Kb air = 0,5 dan Kh=3 x 10-4
0,1 = o,5 m i
0,2 =\frac{n3}{P} karena Cax2 elektrolit ternier van hoff=3, dan pelarut anggap sebanding 1kg
\frac{1}{15}=\frac{gr}{150}
gr=10gram nah masukkan persamaan kedua
[H^+] =\sqrt{K_aM}
[H^+] =\sqrt{3.10^{-4}1/15...ingat bahwa molarnya sama dengan 10/150x1liter
[H^+] =\sqrt{2.10^{-4}}
PH = 2-log\sqr{2}
berikutnya...akan saya coba lanjutin ya, mohon koreksi dulu
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
yang nomor 2...........Glikol, C2H4(OH)2, Mr= 62,tekanan uap jenuh air murni menjadi 1.489,1 ,1 kg glikol dan 3 kg air!
a,P = X_t P^0 glikol ngga perlu masukin vaktor van hoff   ........X_t =\frac{nt}{nt+np}=>X_t =\frac{1000/62}{1000/62 + 3000/18}
P = X_t 1.489,1....masukin donk
P = \frac{1000/62}{1000/62 + 3000/18}1.489,1
nah, bisa cari pake mesin kalkutor ;D
b.\Delta P = P^0 - P ...bisa kan mencari selisihnya ;D

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
ouwh...
makasi ya....
hm...
okay dech...

mohon bntuannya lgi y, bwt soal yg lain....
makasi....
n_____________________n

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
maap nandaz,,,
kyknya yg nmr 2 itu slh... (menurut aq...)

soalny, rumus mencari P=Xp[sub/] x po[sup/]
jadi hasilnya P=1357,7mmHg
dan selisihnya 131,4mmHg.....

betul gag???
cba di priksa ulang...
siapa tau aq yg slh...
hhe...
^^

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
...jelly juga matanya..benar salah ketik ;D, bukan fraksi terlarut,melainkan fraksi pelarut.....
BTW, nomor satu saya masih kekurangan petunjuk soalnya, ato kaya' gini?...persen kadar dapat dicari kewat perbandingan massa bukan,misalkan jumlah terlarutnya adalah X, dan pelarutnya air dengan Mr 18 adalah 100%=1...Mrnya sukrosa = 342
Kutip
1. Larutan Sukrosa mmpunyai tekanan uap 24,41 mmhg. Jika pd suhu yg sama tekanan uap jenuh air murni adlh 25,21 mmhg, hitunglah kadar larutan Sukrosa dlm molal dan persen (%)!
\frac{25,21}{24,41} = X_p
\frac{25,21}{24,41} =\frac{np}{np+nt}
\frac{25,21}{24,41} =\frac{1-x/18}{1-x/18+x/342}

...nah, kayak gini bole ngga, kalo boleh akan kulanjutin isinya?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
emm,,, makasi ya,,. biar aq liat dulu...
hhe...

aq jg bingung nyari yg nmr 1...
q kira slh soal...
hhe...

biar aq periksa dlu dech...
makasi ya..
^^

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
3074 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 06, 2009, 07:34:25 PM
oleh sisca, chemistry
19 Jawaban
17297 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2009, 08:48:34 PM
oleh Idad
10 Jawaban
5239 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 13, 2009, 05:08:47 PM
oleh Firzal
14 Jawaban
8703 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2009, 12:45:11 AM
oleh Ginji
95 Jawaban
32291 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2009, 10:42:21 PM
oleh sisca, chemistry

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia