Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Izunme

Kemarin jam 01:41:36 PM
Kira-kira disini apa ada banyak trit terkait free energi kah?

Bima Setiaji

November 25, 2014, 08:39:58 AM
agan semua, cara nambah iq disini gimana ya.. maklum pengguna baru  ;) ;)

@liya_oneng

November 22, 2014, 07:16:47 AM
Nilai dari 54 akar 40 : 9 akar 24

agus.sucipto99

November 22, 2014, 07:08:19 AM
saya sedang mencari peralatan yg menggunakan teori parendev magnet permanen, ane mau beli.. ada info hub 082126406601

Ode Haerudin

November 21, 2014, 11:41:35 PM
assalam alaikum :)

robbani

November 17, 2014, 09:15:59 PM
ada yang tau coding penjumlahan bilangan oktal di java
 

milmi

November 17, 2014, 07:13:48 PM
Salam kenal juga

hani

November 16, 2014, 04:58:00 PM
salam kenal :)

oviuchiha

November 16, 2014, 01:46:23 PM
salam kenal ya kawan2,.,.,.
 :D ;) :) ;D
 

MuhammadRyan

November 16, 2014, 08:07:46 AM
walaikumsalam

Show 50 latest

Penulis Topik: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??  (Dibaca 4481 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
[Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« pada: Mei 07, 2010, 08:08:10 PM »
saya punya dua buku materi kimia yang berbeda, satu buku menyatakan bahwa mutiara adalah sol padat, sementara satu buku lainya menyatakan mutiara adalah emulsi padat, MANA YANG BENER!!!!!!!!!!

mohon pencerahanya ???



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #1 pada: Mei 07, 2010, 08:13:46 PM »
mutiara itu cair dalam padat....

yg buat mutiara kan kerang ya..?
kerang kan di air...
gitu deh...
(sisca kasi ilustrasi sendiri sih.. hehehe~)
kalo sol padat....

erm.. emang sih di buku beda2...
tapi sisca lebih pilih ke emulsi padat...
CMIWW...
~ You are what you eat ~

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #2 pada: Mei 07, 2010, 08:24:46 PM »
mutiara itu cair dalam padat....

yg buat mutiara kan kerang ya..?
kerang kan di air...
gitu deh...
(sisca kasi ilustrasi sendiri sih.. hehehe~)
kalo sol padat....

erm.. emang sih di buku beda2...
tapi sisca lebih pilih ke emulsi padat...
CMIWW...

thanks sisca, ^^

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #3 pada: Mei 07, 2010, 08:31:56 PM »
ah.. sip.. :)


Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #4 pada: Mei 09, 2010, 08:55:15 PM »
..agak ada yang aneh sih, padahal mutiara itu dibentuk karena ada suatu benda asing(padat) yg berasal dilautan, masuk kedalam kerang dan melukai tubuh hewan kerang, maka kerang membungkus benda asing itu dengan lendirnya sehingga makin lama makin tumpul dan akhirnya membulat seperti bola...seharusnya padat awalnya khan...tetapi entah mengapa dalam buku SMA itu disebut gel(emulsi padat)....?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #5 pada: Mei 09, 2010, 10:14:59 PM »
wew.. iya ya..?
hahha~
saya juga bingung.. T.,T

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #6 pada: Mei 10, 2010, 12:34:30 PM »
..jadi bila mutiara itu dibelah, maka kamu akan menemukan benda yang sungguh padat( mungkin berupa kerikil2 yang mengandung silikon yang terbungkus oleh kalsiumkarbonat)...
ada yang  pernah membelah mutiara tsb, ngga? ::)
« Edit Terakhir: Mei 10, 2010, 12:38:06 PM oleh nandaz »

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #7 pada: Mei 10, 2010, 11:15:01 PM »
Wah, penjelasannya sebenarnya gini. Yang dimaksud "mutiara" itu "mutiara" pada kerang atau "mutiara" pada makanan? Nah lo? Pas presentasi, aq ditanyak. Itu "mutiara" emulsi (pada makanan) tapi gambarnya kok sol (pada kerang)? Disuruh buat ppt lagi deh... T_T
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #8 pada: Mei 11, 2010, 11:53:19 AM »
Wah, penjelasannya sebenarnya gini. Yang dimaksud "mutiara" itu "mutiara" pada kerang atau "mutiara" pada makanan? Nah lo? Pas presentasi, aq ditanyak. Itu "mutiara" emulsi (pada makanan) tapi gambarnya kok sol (pada kerang)? Disuruh buat ppt lagi deh... T_T
..mutiara pada kerang (emulsi padat)....

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
2659 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2009, 10:49:59 AM
oleh nandaz
20 Jawaban
6673 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 08:05:14 AM
oleh The Houw Liong
0 Jawaban
2246 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 25, 2011, 10:23:25 PM
oleh Izat_Faraday
7 Jawaban
2292 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2011, 06:57:36 PM
oleh Farabi
6 Jawaban
2435 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2011, 08:36:49 AM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia