Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

presellya nur oktavia

Kemarin jam 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D
 

bambu

Maret 31, 2014, 01:53:23 PM
hadir...

Show 50 latest

Penulis Topik: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??  (Dibaca 3698 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
[Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« pada: Mei 07, 2010, 08:08:10 PM »
saya punya dua buku materi kimia yang berbeda, satu buku menyatakan bahwa mutiara adalah sol padat, sementara satu buku lainya menyatakan mutiara adalah emulsi padat, MANA YANG BENER!!!!!!!!!!

mohon pencerahanya ???



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #1 pada: Mei 07, 2010, 08:13:46 PM »
mutiara itu cair dalam padat....

yg buat mutiara kan kerang ya..?
kerang kan di air...
gitu deh...
(sisca kasi ilustrasi sendiri sih.. hehehe~)
kalo sol padat....

erm.. emang sih di buku beda2...
tapi sisca lebih pilih ke emulsi padat...
CMIWW...
~ You are what you eat ~

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #2 pada: Mei 07, 2010, 08:24:46 PM »
mutiara itu cair dalam padat....

yg buat mutiara kan kerang ya..?
kerang kan di air...
gitu deh...
(sisca kasi ilustrasi sendiri sih.. hehehe~)
kalo sol padat....

erm.. emang sih di buku beda2...
tapi sisca lebih pilih ke emulsi padat...
CMIWW...

thanks sisca, ^^

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #3 pada: Mei 07, 2010, 08:31:56 PM »
ah.. sip.. :)


Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #4 pada: Mei 09, 2010, 08:55:15 PM »
..agak ada yang aneh sih, padahal mutiara itu dibentuk karena ada suatu benda asing(padat) yg berasal dilautan, masuk kedalam kerang dan melukai tubuh hewan kerang, maka kerang membungkus benda asing itu dengan lendirnya sehingga makin lama makin tumpul dan akhirnya membulat seperti bola...seharusnya padat awalnya khan...tetapi entah mengapa dalam buku SMA itu disebut gel(emulsi padat)....?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #5 pada: Mei 09, 2010, 10:14:59 PM »
wew.. iya ya..?
hahha~
saya juga bingung.. T.,T

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #6 pada: Mei 10, 2010, 12:34:30 PM »
..jadi bila mutiara itu dibelah, maka kamu akan menemukan benda yang sungguh padat( mungkin berupa kerikil2 yang mengandung silikon yang terbungkus oleh kalsiumkarbonat)...
ada yang  pernah membelah mutiara tsb, ngga? ::)
« Edit Terakhir: Mei 10, 2010, 12:38:06 PM oleh nandaz »

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 46
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #7 pada: Mei 10, 2010, 11:15:01 PM »
Wah, penjelasannya sebenarnya gini. Yang dimaksud "mutiara" itu "mutiara" pada kerang atau "mutiara" pada makanan? Nah lo? Pas presentasi, aq ditanyak. Itu "mutiara" emulsi (pada makanan) tapi gambarnya kok sol (pada kerang)? Disuruh buat ppt lagi deh... T_T
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #8 pada: Mei 11, 2010, 11:53:19 AM »
Wah, penjelasannya sebenarnya gini. Yang dimaksud "mutiara" itu "mutiara" pada kerang atau "mutiara" pada makanan? Nah lo? Pas presentasi, aq ditanyak. Itu "mutiara" emulsi (pada makanan) tapi gambarnya kok sol (pada kerang)? Disuruh buat ppt lagi deh... T_T
..mutiara pada kerang (emulsi padat)....

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
2142 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2009, 10:49:59 AM
oleh nandaz
20 Jawaban
5327 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 08:05:14 AM
oleh The Houw Liong
0 Jawaban
2039 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 25, 2011, 10:23:25 PM
oleh Izat_Faraday
7 Jawaban
1770 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2011, 06:57:36 PM
oleh Farabi
6 Jawaban
1843 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2011, 08:36:49 AM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia