Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

alfiansa

Kemarin jam 06:19:13 AM
lebaran jualan sepatu online kak http://goo.gl/G3NXOq

visitpare

Juli 20, 2014, 07:25:09 AM
ada yang mau ke Kampung Inggris Pare - Kediri gak di sini? Salam kenal dari www.visitpare.com  :D
 

Muztank

Juli 17, 2014, 07:38:54 AM
woi jangan jualan obat aborsi d sini !!

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:48:17 PM
Presentasi Liputan Internet di http://www.prestisewan.tk/p/liputan-internet.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:48:04 PM
Presentasi Pancaspirasi untuk Prabowo-Hatta yang selengkapnya dapat dibaca http://bloggerwan.blogdetik.com/2014/06/23/pancaspirasi-untuk-prabowo-hatta.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:49 PM
Presentasi Indotophosting Hosting Unlimited dan Domain Murah Terbaik di Indonesia di http://www.indonia.ga/2014/07/12-indotophosting-com-hosting-unlimited-dan-domain-murah-terbaik-di-indonesia.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:30 PM

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:21 PM
Presentasi Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia di http://www.indonia.ga/2014/07/10-camry-mobil-hybrid-terbaik-indonesia.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:09 PM
Presentasi Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang di http://www.indonia.ga/2014/07/08-yamaha-r15-dan-yamaha-r25-motor-sport-racing-dan-kencang.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:46:19 PM
Presentasi ADRO TEXTILE Konveksi Murah Indonesia yang selengkapnya dapat dibaca di http://dipoblogforce1.blogspot.com/2014/06/12-ADRO-TEXTILE-Konveksi-Murah-Indonesia-Tlp-081362666444.html

Show 50 latest

Penulis Topik: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??  (Dibaca 4041 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
[Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« pada: Mei 07, 2010, 08:08:10 PM »
saya punya dua buku materi kimia yang berbeda, satu buku menyatakan bahwa mutiara adalah sol padat, sementara satu buku lainya menyatakan mutiara adalah emulsi padat, MANA YANG BENER!!!!!!!!!!

mohon pencerahanya ???



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #1 pada: Mei 07, 2010, 08:13:46 PM »
mutiara itu cair dalam padat....

yg buat mutiara kan kerang ya..?
kerang kan di air...
gitu deh...
(sisca kasi ilustrasi sendiri sih.. hehehe~)
kalo sol padat....

erm.. emang sih di buku beda2...
tapi sisca lebih pilih ke emulsi padat...
CMIWW...
~ You are what you eat ~

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #2 pada: Mei 07, 2010, 08:24:46 PM »
mutiara itu cair dalam padat....

yg buat mutiara kan kerang ya..?
kerang kan di air...
gitu deh...
(sisca kasi ilustrasi sendiri sih.. hehehe~)
kalo sol padat....

erm.. emang sih di buku beda2...
tapi sisca lebih pilih ke emulsi padat...
CMIWW...

thanks sisca, ^^

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #3 pada: Mei 07, 2010, 08:31:56 PM »
ah.. sip.. :)


Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #4 pada: Mei 09, 2010, 08:55:15 PM »
..agak ada yang aneh sih, padahal mutiara itu dibentuk karena ada suatu benda asing(padat) yg berasal dilautan, masuk kedalam kerang dan melukai tubuh hewan kerang, maka kerang membungkus benda asing itu dengan lendirnya sehingga makin lama makin tumpul dan akhirnya membulat seperti bola...seharusnya padat awalnya khan...tetapi entah mengapa dalam buku SMA itu disebut gel(emulsi padat)....?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #5 pada: Mei 09, 2010, 10:14:59 PM »
wew.. iya ya..?
hahha~
saya juga bingung.. T.,T

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #6 pada: Mei 10, 2010, 12:34:30 PM »
..jadi bila mutiara itu dibelah, maka kamu akan menemukan benda yang sungguh padat( mungkin berupa kerikil2 yang mengandung silikon yang terbungkus oleh kalsiumkarbonat)...
ada yang  pernah membelah mutiara tsb, ngga? ::)
« Edit Terakhir: Mei 10, 2010, 12:38:06 PM oleh nandaz »

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 46
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #7 pada: Mei 10, 2010, 11:15:01 PM »
Wah, penjelasannya sebenarnya gini. Yang dimaksud "mutiara" itu "mutiara" pada kerang atau "mutiara" pada makanan? Nah lo? Pas presentasi, aq ditanyak. Itu "mutiara" emulsi (pada makanan) tapi gambarnya kok sol (pada kerang)? Disuruh buat ppt lagi deh... T_T
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #8 pada: Mei 11, 2010, 11:53:19 AM »
Wah, penjelasannya sebenarnya gini. Yang dimaksud "mutiara" itu "mutiara" pada kerang atau "mutiara" pada makanan? Nah lo? Pas presentasi, aq ditanyak. Itu "mutiara" emulsi (pada makanan) tapi gambarnya kok sol (pada kerang)? Disuruh buat ppt lagi deh... T_T
..mutiara pada kerang (emulsi padat)....

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
2344 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2009, 10:49:59 AM
oleh nandaz
20 Jawaban
5939 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 08:05:14 AM
oleh The Houw Liong
0 Jawaban
2120 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 25, 2011, 10:23:25 PM
oleh Izat_Faraday
7 Jawaban
2010 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2011, 06:57:36 PM
oleh Farabi
6 Jawaban
2087 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2011, 08:36:49 AM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia