Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Mixander

Juli 05, 2015, 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Mixander

Juli 05, 2015, 05:40:42 AM
Salam kenal..

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

Show 50 latest

Penulis Topik: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??  (Dibaca 5064 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
[Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« pada: Mei 07, 2010, 08:08:10 PM »
saya punya dua buku materi kimia yang berbeda, satu buku menyatakan bahwa mutiara adalah sol padat, sementara satu buku lainya menyatakan mutiara adalah emulsi padat, MANA YANG BENER!!!!!!!!!!

mohon pencerahanya ???



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #1 pada: Mei 07, 2010, 08:13:46 PM »
mutiara itu cair dalam padat....

yg buat mutiara kan kerang ya..?
kerang kan di air...
gitu deh...
(sisca kasi ilustrasi sendiri sih.. hehehe~)
kalo sol padat....

erm.. emang sih di buku beda2...
tapi sisca lebih pilih ke emulsi padat...
CMIWW...
~ You are what you eat ~

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #2 pada: Mei 07, 2010, 08:24:46 PM »
mutiara itu cair dalam padat....

yg buat mutiara kan kerang ya..?
kerang kan di air...
gitu deh...
(sisca kasi ilustrasi sendiri sih.. hehehe~)
kalo sol padat....

erm.. emang sih di buku beda2...
tapi sisca lebih pilih ke emulsi padat...
CMIWW...

thanks sisca, ^^

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #3 pada: Mei 07, 2010, 08:31:56 PM »
ah.. sip.. :)


Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #4 pada: Mei 09, 2010, 08:55:15 PM »
..agak ada yang aneh sih, padahal mutiara itu dibentuk karena ada suatu benda asing(padat) yg berasal dilautan, masuk kedalam kerang dan melukai tubuh hewan kerang, maka kerang membungkus benda asing itu dengan lendirnya sehingga makin lama makin tumpul dan akhirnya membulat seperti bola...seharusnya padat awalnya khan...tetapi entah mengapa dalam buku SMA itu disebut gel(emulsi padat)....?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #5 pada: Mei 09, 2010, 10:14:59 PM »
wew.. iya ya..?
hahha~
saya juga bingung.. T.,T

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #6 pada: Mei 10, 2010, 12:34:30 PM »
..jadi bila mutiara itu dibelah, maka kamu akan menemukan benda yang sungguh padat( mungkin berupa kerikil2 yang mengandung silikon yang terbungkus oleh kalsiumkarbonat)...
ada yang  pernah membelah mutiara tsb, ngga? ::)
« Edit Terakhir: Mei 10, 2010, 12:38:06 PM oleh nandaz »

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #7 pada: Mei 10, 2010, 11:15:01 PM »
Wah, penjelasannya sebenarnya gini. Yang dimaksud "mutiara" itu "mutiara" pada kerang atau "mutiara" pada makanan? Nah lo? Pas presentasi, aq ditanyak. Itu "mutiara" emulsi (pada makanan) tapi gambarnya kok sol (pada kerang)? Disuruh buat ppt lagi deh... T_T
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: [Ask] Mutiara itu sol padat atau emulsi padat??
« Jawab #8 pada: Mei 11, 2010, 11:53:19 AM »
Wah, penjelasannya sebenarnya gini. Yang dimaksud "mutiara" itu "mutiara" pada kerang atau "mutiara" pada makanan? Nah lo? Pas presentasi, aq ditanyak. Itu "mutiara" emulsi (pada makanan) tapi gambarnya kok sol (pada kerang)? Disuruh buat ppt lagi deh... T_T
..mutiara pada kerang (emulsi padat)....

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
3100 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2009, 10:49:59 AM
oleh nandaz
20 Jawaban
7737 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 08:05:14 AM
oleh The Houw Liong
0 Jawaban
2401 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 25, 2011, 10:23:25 PM
oleh Izat_Faraday
7 Jawaban
2648 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2011, 06:57:36 PM
oleh Farabi
6 Jawaban
2881 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2011, 08:36:49 AM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia