Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

@liya_oneng

November 22, 2014, 07:16:47 AM
Nilai dari 54 akar 40 : 9 akar 24

agus.sucipto99

November 22, 2014, 07:08:19 AM
saya sedang mencari peralatan yg menggunakan teori parendev magnet permanen, ane mau beli.. ada info hub 082126406601

Ode Haerudin

November 21, 2014, 11:41:35 PM
assalam alaikum :)

robbani

November 17, 2014, 09:15:59 PM
ada yang tau coding penjumlahan bilangan oktal di java
 

milmi

November 17, 2014, 07:13:48 PM
Salam kenal juga

hani

November 16, 2014, 04:58:00 PM
salam kenal :)

oviuchiha

November 16, 2014, 01:46:23 PM
salam kenal ya kawan2,.,.,.
 :D ;) :) ;D
 

MuhammadRyan

November 16, 2014, 08:07:46 AM
walaikumsalam

evviapriliya

November 12, 2014, 08:16:55 PM
assalamualaikum
 :)

andiana

November 11, 2014, 04:27:01 AM
halo semua lam kenal yah, member baru neh ikutan gabung yah agen ibcbet  :)

Show 50 latest

Penulis Topik: Air dan minyak tidak bercampur???  (Dibaca 18339 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Air dan minyak tidak bercampur???
« pada: Mei 20, 2009, 03:23:34 PM »
Biasanya air adalah bahan pencampur terbaik, Benda cair ini bercampur, berbaur, bahkan intim dengan hampir apa saja. Jenis zat yang dapat dilarutkan oleh air lebih banyak dibandingkan dengan zat lain. Itu sebabnya air desebut sebagai pelarut universal.

Tapi ada zat yang paling tidak disukai oleh air dan sedapat mungkin dihindarinya: minyak. Air tidk pernah mau memeluk minyak untuk membasahinya, apalagi melarutkannya. Air bergulir begitu saja ketika jatuh di punggung itik karena bulu-bulunya yang berminyak.

Air, sebagaimana yang diketahui tersusun dari tiga atom: dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. Sebaliknya air terbentuk dari molekul-molekul besar yang tersusun atas sejumlah besar atom karbon dan hidrogen, tanpa oksigen sama sekali. Tidak perduli berapa lama anda mengurung mereka dalam satu ruangan, mereka tidak akan bersekutu, apalagi intim.
Ada apa dalam minyak sehingga tidak bisa besekutu dengan air?

Dalam air murni, sebagaimana  dalam tiap zat cair, molekul-molekulnya dipersatukan oleh semacam gaya, gaya yang khusus yang bersifat polar. Masing-masing seperti  magnet kecl yang memiliki kutub positif dan negatif. Magnet kecil yang akan menarik zat lain kalau zat itu juga memiliki sifat magnet (bersifat polar). Dalam molekul minyak  yang besar tidak ada yang bersifat polar pada setiap bagiannya, sehingga setiap ujungnya tidak bermuatan listrik, sehingga tidak dapat membuat molekul minyak ingin bersatu dengan molekul-molekul air.

ditulis ulang dari artikel yang dikirimkan oleh athenadeflorist-com



Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Air dan minyak tidak bercampur???
« Jawab #1 pada: Mei 21, 2009, 11:32:17 AM »
...kalo yang didaun itu, lapisan lilin pada tumbuhan higrofit....apa terkandung minyak?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline soni sascori

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 115
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Air dan minyak tidak bercampur???
« Jawab #2 pada: Mei 22, 2009, 03:03:57 AM »
AIR+MINYAK+SABUN=Campur

bisakan air campur dengan minyak

Air tidk pernah mau memeluk minyak untuk membasahinya, apalagi melarutkannya.

athenadeflorist-com
n_COn

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Air dan minyak tidak bercampur???
« Jawab #3 pada: Mei 22, 2009, 07:38:41 AM »
kalo di daun itu ada lapisan lilin (wax) yang fungsinya untuk menurunkan penguapan air dari permukaan tubuh tumbuhan.
bener... surfactant bisa sebagai juru damai antara minyak dan air. surfactan memiliki dua gugus, yaitu polar dan nonpolar. dua gugus ini yang akhirnya menjadi 'jembatan' antara minyak dan air.

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Air dan minyak tidak bercampur???
« Jawab #4 pada: Mei 29, 2009, 11:15:59 PM »
waduh, mas reborn pake bahasa yang mesra nih.....

Hmm, iya sih...
Air sama minyak bisa intim kalo ada makcomblangnya, yaitu zat emulgator...
zat yang punya gugus polar dan gugus nonpolar..

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
    • Lihat Profil
Re: Air dan minyak tidak bercampur???
« Jawab #5 pada: Mei 31, 2009, 07:13:51 PM »
xontoh zat dari pencampuran antara air dan minyak itu apa ?

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Air dan minyak tidak bercampur???
« Jawab #6 pada: Juni 01, 2009, 04:03:29 AM »
itu artinya memang tidak bisa bercampur khan?!
secara, molekul air hanya bisa mengikat senyawa anorganik dari sabun ~alkali+lemak~ dan minyak memang hanya bisa mengikat senyawa organik nya.
so, emang ga bisa akur khan??!
".............

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Air dan minyak tidak bercampur???
« Jawab #7 pada: Juni 03, 2009, 08:23:23 PM »
Yap udah dijawab mas marshall.
Contoh zat emulgator adalah sabun dan sejenisnya...
Air dan minyak emang tidak bisa akur kok.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Air dan minyak tidak bercampur???
« Jawab #8 pada: Juni 08, 2009, 11:44:07 AM »
...itu semua diketahui lewat sifat fisika dan kimia, pada fisikanya , Karena massa jenis air lebih besar daripada massa jenis minyak. Massa jenis air 1 gram/cm3 dan massa jenis minyak 0,8 gram/cm3. Oleh karena itu, berapapun banyaknya minyak yang dicampurkan ke dalam air maka minyak akan tetap di atas...
nah, sifat molekulnya beda air itu polar dan minyak tu non-polar
makanya itu dri dulu smpe skrg blm ada sejarahnya air sama minyak bergabung
kecuali klo dtambahin emulgator ky sabun atw cairan empedu

....emulgator tu kerjanya gini: strukturnya emulgator itu punya dua tangan yang berbeda, yg satu sifatnya polar,tp yg satunya lg bersifat non-polar.............makanya emulgator bisa bikin minya ma air jd akur soalnya tangan yg satu ngiket air,dan yg satunya lg ngiket minyak...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
7245 Dilihat
Tulisan terakhir November 19, 2010, 10:31:14 PM
oleh maharindu
18 Jawaban
8464 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2009, 08:20:37 PM
oleh nandaz
Minyak dan Kertas

Dimulai oleh syx « 1 2 » Kimia

19 Jawaban
6951 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2009, 04:06:09 PM
oleh syx
7 Jawaban
3890 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 05, 2013, 01:41:44 AM
oleh MuhAlexander
2 Jawaban
1012 Dilihat
Tulisan terakhir November 13, 2013, 01:32:09 AM
oleh MuhAlexander

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia