Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik
 

reborn

Agustus 18, 2014, 06:47:27 PM
@keziakeren17 bisa post di http://www.forumsains.com/fisika/ atau http://www.forumsains.com/fisika-smu/ ,. Selamat bergabung!

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 06:39:36 PM
ada yg bisa bantu jwb soal fisika??

Show 50 latest

Penulis Topik: bahaya bahan kimia  (Dibaca 30178 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

hohohoho

  • Pengunjung
bahaya bahan kimia
« pada: Januari 27, 2008, 01:16:30 PM »
Bahaya bahan kimia
Dalam pembungkus plastik
Oleh Prof. Madya Rahmat Awang
Pusat Racun Negara, USM
 
Penggunaan plastik untuk membungkus makanan semakin popular kerana kelebihan yang ada padanya, contohnya tahan lama, teguh dan mudah digunakan, berbanding dengan pembungkus tradisional. Tidak hairanlah jika kita banyak bergantung kepada plastik sebagai satu bahan wajib dalam proses pembungkusan makanan, walaupun kaedah tradisional menggunakan sumber alam lebih murah harganya sehingga kita tidak menyedari bahaya plastik serta komponen-komponen kimia yang terkandung di dalamnya. Walaupun banyak maklumat disebarkan oleh pihak berwajib mengenai kesan kimia yang hadir akibat tindakbalas makanan dalam bahan pembungkusan namun disebabkan terlalu bergantung kepada plastik membuatkan sesetengah pihak, khususnya pengusaha makanan terpaksa mengabaikan kesannya dengan berharap agar bahan yang digunakan oleh mereka selamat.

Kandungan Kimia

Plastik yang dijadikan bahan pembungkus diperbuat daripada pelbagai bahan kimia seperti polietilina, polietilina terefatalat, propilina dan polivinil klorida. Selain itu, sejenis bahan pelembut (plasticizers) turut dimasukkan bagi membolehkan plastik yang hasilkan untuk pembungkusan ini bertekstur licin dan mudah dilentur atau dibentuk dalam pelbagai bentuk yang menarik. Bahan pelembut ini kebanyakannya terdiri daripada kumpulan phthalate. Manakala yang lainnya bergantung kepada jenis plastik, termasuk bahan pelekat yang digunakan dan dakwat untuk menandakan nama pengeluar.

Oleh itu, semua bahan kimia yang hendak digunakan untuk menghasilkan plastik pembungkus itu sendiri secara amnya perlu mendapat pengesahan daripada pihak berwajib sebelum boleh digunakan. Kebenaran untuk menggunakan hanya dapat diperoleh sekiranya bahan kimia yang hendak digunakan ini telah dapat disahkan sebagai selamat dan digunakn pada kadar yang telah ditetapkan. Paling penting, bahan kimia dan kadar penggunaannya tidak boleh mengakibatkan kanser kepada pengguna.

Kesan Yang Dialami

Secara amnya, tiada sebarang masalah dengan plastik pembungkus. Masalah hanya timbul jika plastik pembungkus itu diperbuat daripada PVC. Plastik pembungkus jenis ini didapati mengeluarkan bahan pelembut DEHA ke dalam makanan. Persoalannya, apakah makanan seperti itu dapat membahayakan ataupun tidak? Perkara ini dibangkitkan selepas satu kajian yang dilakukan oleh Pertubuhan Pengguna di Amerika Syarikat pada tahun 1998 mendapati terdapat bahan kimia DEHA di dalam keju yang dibungkus dalam plastik pembungkus yang diperbuat daripada PVC.

Kandungan DEHA yang dikenal pasti itu didapati berada pada kepekatan yang tinggi, iaitu lebih kurang 300,000 kali ganda had yang ditetapkan oleh Pentadbiran Makanan dan Ubat-Ubatan Amerika Syarikat.

Namun sehingga kini kesannya kepada pengguna masih belum dapat dipastikan. Tetapi daripada data kajian yang dijalankan terhadap haiwan, DEHA berupaya merosakkan sistem peranakan dan menghasilkan janin yang cacat, selain mengakibatkan kanser hati walaupun perkara yang sama tidak ditemui pada tikus.

DEHA didapati mempunyai aktiviti yang menyamai sejenis hormon estrogen (dianggap sebagai hormon wanita kerana mampu memberikan sifat-sifat kewanitaan). Namun kesan sebenarnya masih belum diselidiki sepenuhnya. Maklumat yang diperoleh daripada haiwan kajian, walaupun mungkin tidak boleh dikaitkan secara langsung kepada manusia, boleh menjadi satu petunjuk tentang apa yang mungkin terjadi kepada manusia. Ini adalah langkah pertama dalam usaha kita untuk menentukan sejauh mana phthalates selamat digunakan oleh manusia.

Langkah keselamatan

Walaupun tiada bukti kukuh untuk menghubungkan DEHA dalam makanan dengan gangguan kesihatan, kita perlu berwaspada dan seboleh-bolehnya mengelakkan penggunaannya secara meluas. Beberapa negara, contohnya Britain, telah mengkaji semula perkara ini dan mendapati bahawa masalah ini dapat dikurangkan dengan penggunaan bahan pelembut mengurangkan penyerapan DEHA ke dalam makanan.

Di Eropah, Suruhanjaya Eropah telah menetapkan had kandungan DEHA yang dibenarkan menyerap ke dalam makanan sebanyak 18 bahagian bagi setiap juta bahagian. Makanan yang mengandungi DEHA melebihi paras ini dianggap tidak selamat untuk dimakan. Penetapan had ini dilakukan berdasarkan hasil kajian dan piawaian yang ditetapkan oleh kerajaan Eropah yang menggalakkan penggunaan DEHA dikurangkan sama ada dengan dicampurkan atau digantikan terus dengan bahan pelembut lain.

Sekiranya boleh, anda digalakkan untuk menggunakan plastik pembungkus yang tidak mengandungi bahan pelembut. Ini mungkin sukar kerana kita sebenarnya tidak tahu sejauh mana bahan pelembut digunakan dalam plastik pembungkus. Namun begitu, ada beberapa plastik pembungkus yang dikatakan tidak mengandungi bahan pelembut iaitu plastik pembungkus yang diperbuat daripada polietilina atau bekas plastik yagn digunakan di rumah seperti jenama Tupperware. Satu cara lagi untuk memastikan plastik itu daripada jenis PVC atau tidak, adalah dengan melihat di bawah bekas plastik yang biasanya mempunyai beberapa tanda tulisan seperti berikut:

    * EVA kopolimer etilina vinilaserat
    * HDPE polietilina ketumpatan tinggi
    * PE polietilina
    * PET polietilina terefatalat
    * PP polipropilina
    * p-PVC polivinil klorida yang dirawat dengan bahan pelembut

Selain itu, anda juga boleh menggunakan bahan pembungkus seperti daun pisang yang sudah dibersihkan dan disalai. Namum bahan pembungkus seperti ini biasanya tidak tahan lama dan kurang praktikal, selain sukar didapati.

Tindakbalas Dakwat Berplumbum

Cara penggunaan juga sering menimbulkan masalah. Sebagai contoh, plastik pembungkus yang telah digunakan disimpan dan digunakan semula untuk membungkus makanan. Dalam proses membungkus makanan, pengguna mungkin membalikkan plastik pembungkus supaya bahagian luar akan diletakkan di bahagian dalam. Dalam keadaan ini, makanan mungkin akan bersentuhan dengan label yang mengandungi dakwat berplumbum. Penyimpanan makanan yang berasid lemah seperti buah limau yang sudah dikupas sudah cukup untuk mengeluarkan plumbum (100 mikrogram plumbum dalam masa 10 minit) daripada dakwat. Walaupun kandungan plumbum yang diserap masuk ke dalam makanan mungkin tidaklah begitu tinggi namun sekiranya makanan yang sedemikian dimakan setiap hari, kesannya sudah cukup untuk menjejaskan kesihatan seseorang. Walaupun ini mungkin tidak berlaku kepada orang dewasa, tetapi ia sudah cukup untuk memberikan kesan kepada janin, bayi dan kanak-kanak yang sememangnya diketahui lebih sensitif terhadap pendedahan plumbum pada kepekatan yang rendah. Justeru itu, ibu yagn hamil haruslah berhati-hati dalam perkara ini supaya masalah sedemikian tidak dialami pada janin yang dikandung.

Selain itu, kebanyakan plastik yang dibuat sebelum adanya ketuhar gelombang mikro direka dengan mempunyai ketahanan pada suhu yang tinggi tetapi masih tidak mampu untuk memberi ketahanan yang sewajarnya sekiranya dikenakan suhu dalam ketuhar gelombang mikro yang biasanya antara 400 darjah Fahrenheit hingga 500 darjah Fahrenheit. Justeru itu, pengeuraian akan berlaku sekiranya suhu yang tinggi dikenakan kepada barang plastik berkenaan. Komponen lapisan polietilina terephalate (PET) akan bergerak lebih jauh daripada yang dijangkakan. Keadaan ini akan mengakibatkan berlakunya retakan pada lapisan PET, dan ini membolehkan bahan-bahan pelekat yang terdapat pada bekas plastik berkenaan serta bahan kimia terurai dan menyerap masuk ke dalam makanan. Sekiranya terdapat bahan yang mudah terbakar seperti kertas, keadaan ini akan menghasilkan debu yang dapat memasuki makanan dan mengakibatkan makanan berkenaan kurang sesuai untuk dimakan.
;D



Offline stupid_idiot

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 2
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #1 pada: April 17, 2008, 12:27:37 AM »
Artikelnya bagus ;D ;D, ada linknya ga ke artikel aslinya
~~stupid-idiot~~

Offline izumi

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #2 pada: Juli 08, 2008, 12:13:00 PM »
truzzz gimana dengan bahan kimia yang ada di jamu....??aduh aTuuuuuut.....

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #3 pada: Juli 08, 2008, 12:30:48 PM »
'bahan kimia' yang ada di dalam jamu biasanya maksudnya adalah obat sintesis yg ditambahkan. jamu efeknya ga langsung bisa terasa. karena itu banyak penjual biar dianggap jamunya manjur karena efek segera muncul, menambahkan obat-obatan tersebut. misalnya jamu penghilang cape-cape ditambah obat analgesik (penurun rasa sakit), obat penambah berat badan ditambah kortikosteroid yang bisa menahan air dalam tubuh hingga orangnya jadi tembem.
untuk menghindari hal itu jangan beli jamu sembarangan. pastikan sudah teregistrasi di Badan POM. kode nomornya POM TR... (9 digit angka)
jamu adalah kebanggaan bangsa kita. khasiatnya emang baru terbukti secara empiris, tapi diakui dalam masyarakat kita. keistimewaan jamu kita ketimbang obat tradisional cina adalah jamu kita 100% menggunakan bahan tanaman. obat tradisional cina, kalau kita melihat farmakope mereka, bisa berasal dari bahan tanaman, bahan hewan dan mineral.
indonesia memiliki keanekaragaman hayati yg tinggi. ini mustinya juga jadi kebanggaan. artinya sumber bahan tanaman obat juga melimpah. hanya saja indonesia tidak pernah merasa punya rasa memiliki kekayaan alam ini. akibatnya, perusakan hutan ada di mana-mana, mengancam keanekaragaman hayati tersebut. selain itu banyak tanaman asli indonesia yg diuji oleh negara lain dan jika ternyata terbukti terbukti ampuh mengatasi penyakit tertentu indonesia ga kebagian apa-apa. (beberapa pernah saya tulis di forum kompas)

Offline izumi

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #4 pada: Juli 13, 2008, 07:41:07 AM »

jamu adalah kebanggaan bangsa kita. khasiatnya emang baru terbukti secara empiris, tapi diakui dalam masyarakat kita. keistimewaan jamu kita ketimbang obat tradisional cina adalah jamu kita 100% menggunakan bahan tanaman. obat tradisional cina, kalau kita melihat farmakope mereka, bisa berasal dari bahan tanaman, bahan hewan dan mineral.
indonesia memiliki keanekaragaman hayati yg tinggi. ini mustinya juga jadi kebanggaan. artinya sumber bahan tanaman obat juga melimpah. hanya saja indonesia tidak pernah merasa punya rasa memiliki kekayaan alam ini. akibatnya, perusakan hutan ada di mana-mana, mengancam keanekaragaman hayati tersebut. selain itu banyak tanaman asli indonesia yg diuji oleh negara lain dan jika ternyata terbukti terbukti ampuh mengatasi penyakit tertentu indonesia ga kebagian apa-apa. (beberapa pernah saya tulis di forum kompas)

betul tuh....
coba deh pembajak jamu....
sadar donk....
krn kalian jamu dr jepang lebih dipercaya,,
jadinya indoonesia sebagai penghasil jamu sendiri jadi turun pamor deh krn jamu bajakan....
gila indonesia,, apa sih yang ga di bajak

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #5 pada: Juli 14, 2008, 11:22:01 AM »
jamu dari jepang? jamu itu kan asli indonesia...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2235
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #6 pada: Juli 15, 2008, 06:02:28 AM »
jamu dari jepang? jamu itu kan asli indonesia...

Tempe juga asli Indonesia. Tragis ya  ???

betul tuh....
coba deh pembajak jamu....
sadar donk....
krn kalian jamu dr jepang lebih dipercaya,,
jadinya indoonesia sebagai penghasil jamu sendiri jadi turun pamor deh krn jamu bajakan....
gila indonesia,, apa sih yang ga di bajak

betul, sawah aja masih dibajak  >:(
 ;D

Offline bluesky

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 46
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #7 pada: Juli 15, 2008, 02:47:23 PM »
orang2 terlalu sibuk ngurusin...tut...daripada matenin jamu dan tempe, kita patenin aja yuks hahahaha...


OOT bukan mod?

maaf yah... ;D
yang suka di lab silahkan masuk ke...

http://online-lab.blogspot.com [nofollow]

Offline izumi

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #8 pada: Juli 20, 2008, 03:20:02 PM »


betul tuh....
coba deh pembajak jamu....
sadar donk....
krn kalian jamu dr jepang lebih dipercaya,,
jadinya indoonesia sebagai penghasil jamu sendiri jadi turun pamor deh krn jamu bajakan....
gila indonesia,, apa sih yang ga di bajak

betul, sawah aja masih dibajakĀ  >:(
 ;D
[/quote]

??
ya iyalah dibajak masa diliatin ajah

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #9 pada: Juli 24, 2008, 02:42:37 PM »
Setau aku, sebenarnya sih zat kimia itu memang sedikit berbahaya, tapi baru terasa kalo udah menumouk di dalam tubuh..

Offline stupid_idiot

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 2
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #10 pada: Juli 29, 2008, 06:36:04 PM »
klo jamu ditambah active compound berarti bukan bahan natural product lagi dunk...
Apa bedanya sama minum obat biasa....... ???

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #11 pada: Juli 30, 2008, 01:01:40 PM »
Setau aku, sebenarnya sih zat kimia itu memang sedikit berbahaya, tapi baru terasa kalo udah menumouk di dalam tubuh..
sedikit bahaya? ya tergantung bahan dan dosisnya lah... selain jenisnya, dosis bahan yg ditambahkan juga ngawur. akibatnya efek toksisitasnya bisa timbul ato efek samping yg tidak diinginkan jadi lebih dominan ketimbang efek terapetiknya.

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #12 pada: Agustus 01, 2008, 01:42:57 PM »
Akkkhhh..
Berarti di seluruh tubuh dan aliran darahku mengatir racun..

Akhhh.. Aku akan mati :'(

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #13 pada: Agustus 01, 2008, 01:59:26 PM »
semua orang bakal mati...

Offline stupid_idiot

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 2
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: bahaya bahan kimia
« Jawab #14 pada: Agustus 07, 2008, 09:01:54 PM »
Akkkhhh..
Berarti di seluruh tubuh dan aliran darahku mengatir racun..

Akhhh.. Aku akan mati :'(

semua org juga pasti akan mati

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
11304 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2008, 05:58:51 PM
oleh syx
1 Jawaban
9396 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2008, 02:36:56 AM
oleh reborn
4 Jawaban
8165 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 20, 2009, 10:15:08 PM
oleh bluesky
9 Jawaban
3619 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2011, 04:36:10 PM
oleh MonDay
0 Jawaban
1789 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2011, 10:49:47 AM
oleh dienna

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia