Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

jinggapersada

Desember 11, 2014, 09:08:06 AM
GOOD DAYS sahabat saya yg berbaik hati nya salam dari saya

raqiem7

Desember 09, 2014, 09:49:41 PM
Apakah di sini ada pembahasan sains dan hubungannya dengan agama?
 

Farabi

Desember 03, 2014, 06:50:05 PM
Seorang diktator akan menuntut rakyatnya untuk mengabdi kepada negara. Padahal seharusnya negara itu menjadi pelayan masyarakat.

tolle

Desember 03, 2014, 10:23:20 AM
gan dlu aku pernah coba buat kontrol robot pake stik ps2 tpi ngak jdi,,,,
bisa minta solusinya ....?

taqwimisme

Desember 02, 2014, 12:47:34 PM
nurhalimah
hmm.. bagus blognya..

taqwimisme

Desember 02, 2014, 12:45:40 PM
hallo.. mau nannya ada yg punya tutorial labview? lagi sangat butuh untuk kuliah..  :D

NurHalimah24

Desember 02, 2014, 11:13:09 AM
Halo salam kenal semuanya. bisa kunjungi blog saya ya http://nurhalimah-24.blogspot.com/ terima kasih :)

agus.sucipto99

Desember 01, 2014, 03:32:01 PM
haloo bang syair dari medan... minta alamat email atau no tlp yg bisa dihubungi dong ????

Learner

Desember 01, 2014, 01:03:16 AM
Ini anggota forumnya masih aktif kah?

quietwave

November 30, 2014, 08:24:45 PM
halo?

Show 50 latest

Penulis Topik: Bau sampah  (Dibaca 2900 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Bau sampah
« pada: November 23, 2011, 02:20:01 PM »
Bau sampah secara umum dikenal sbg akibat dr proses pembusukan oleh mikroba yg menghasilkan gas metana. Proses pembusukan sendiri merupakan proses aerobik (membutuhkan oksigen). Namun, diketahui juga bahwa metanogenesis (pembuatan metana dg bantuan bakteri) merupakan proses anaerobik (tidak membutuhkan oksigen).

Jadi sebenarnya bagaimana reaksi pembentukan gas yg menghasilkan bau sampah tsb? Apakah prosesnya aerobik atau anaerobik? Apa ada kondisi lain yg diperlukan agar reaksinya berjalan optimal (misalnya, apa perlu jenis sampah tertentu? apa perlu pH tertentu? dsb). Hal ini tentu berdampak pada cara2 pengolahan gas dari sampah utk menghasilkan produk yg bermanfaat.

Adakah gas lain yg juga menyebabkan bau dan terjadinya ledakan gara2 tumpukan sampah?


Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re: Bau sampah
« Jawab #1 pada: November 23, 2011, 05:18:19 PM »
Setahu saya, pengolahan aerob atau anaerob bukan tergantung jenis sampah, melainkan tergantung jenis mikroba pengurainya...
Jadi, kalau mau buat metana harus pake mikroba anaerob...

Nah, satau saya juga, metana itu tidak berbau, yang berbau itu gas2 sulfida yang mengandung sulfur dan juga dikeluarkan oleh bakteri2... Tapi gas sulfida ini sebetulnya sedikit lo, yang banyak adalah gas methane dan CO2...

Jadi kalau hasil akhir reaksi ada metananya = anaerob
Kalau jadi gas lain tapi tidak ada metananya = aerob

BSJS...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Re: Bau sampah
« Jawab #2 pada: November 24, 2011, 03:20:19 AM »
Nah, satau saya juga, metana itu tidak berbau, yang berbau itu gas2 sulfida yang mengandung sulfur dan juga dikeluarkan oleh bakteri2... Tapi gas sulfida ini sebetulnya sedikit lo, yang banyak adalah gas methane dan CO2...

Jadi baunya itu disebabkan krn ada sedikit gas sulfida dalam gas metana yg dihasilkan dr pembusukan sampah itu ya. Sulfida itu sebenarnya apa sih? Rumus kimianya gimana?

Kalau kita ingin memanfaatkan metana-nya saja, utk biofuel misalnya, tapi tdk ingin ada campuran sulfida-nya (biar ngga bau  ;D) kira2 bagaimana caranya ya?


Setahu saya, pengolahan aerob atau anaerob bukan tergantung jenis sampah, melainkan tergantung jenis mikroba pengurainya...
Jadi, kalau mau buat metana harus pake mikroba anaerob...

Jadi kalau hasil akhir reaksi ada metananya = anaerob
Kalau jadi gas lain tapi tidak ada metananya = aerob

Barangkali kurang jelas pertanyaan saya. Maksudnya, pertama2, bagaimanakah proses metanogenesis dg bantuan bakteri tsb? Apakah proses metanogenesis saja bisa menguraikan semua senyawa organik? Ataukah diperlukan juga proses kimia yg lain?
Nah trus, apa ada yg bisa kita lakukan agar jumlah metana yg dihasilkan itu optimal? Misalnya, apa ada pengaruh pH di sini?


Gitu dulu. Mohon bantuannya lagi yaa  :D

« Edit Terakhir: November 24, 2011, 03:42:08 AM oleh peregrin »

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re: Bau sampah
« Jawab #3 pada: November 24, 2011, 08:21:23 AM »
Waduh, sebetulnya saya bukan orang kimia madam ^ ^... Saya cuman pernah bikin dan mempelajari pembuatan kompos secara aerob dan anaerob... Tapi saya juga pernah nyari2 tentang ini...

Sulfida (S2-) adalah anion sulfur yang bisa bersenyawa dengan zat lain... Terus sulfida yang biasanya ada di gas dalam sampah:
Hidrogen sulfida H2S yang baunya seperti telur busuk,
dimethyl sulfida (CH3)2S seperti bau sampah, dan
Methanethiol atau methyl mercaptan CH3SH yang baunya seperti kol busuk, dan bertanggungjawab atas wanginya kentut hehehe...
Terus cara menghilangkan sulfur, setelah baca2... salah satunya dengan mensenyawakan sulfur tersebut dengan zat lain yang padat, jadi gas akhir akan bebas dari sulfur...
Contoh untuk H2S:
1. Fe2+ + H2S ---> FeS + 2 H+
2. Fe2O3.H2O + 3 H2S ---> Fe2S3 + 4 H2O
3. 2 Fe2S3 + 3O2 + 2 H2O ---> Fe2O3.H20 + 6S
(reaksi dapat dari sini)

Di sini penyerapnya adalah besi... Untuk sulfida yang lain belum nemu...
BSJS...

Masalah metanogenesis, saya belum berani jawab... Takut salah...


Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2954
  • IQ: 170
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Bau sampah
« Jawab #4 pada: November 27, 2011, 12:27:26 PM »
Dan setahu saya, kadang wangi dan busuk cuma berbeda pada beberapa rantai saja, memang setelah dicek, tubuh memerlukan banyak oksigen untuk metabolisme. Busuk berarti merusak tubuh, dan wangi berarti dibutuhkan tubuh. Tapi kadang ada anomali, seperti bau terasi dsb.
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Bagaimana Bau Bekerja

Dimulai oleh notwelldefined « 1 2 » Kimia

29 Jawaban
17098 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2009, 11:35:37 AM
oleh MuhammadBz
5 Jawaban
23573 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2011, 11:51:34 AM
oleh dhito
sampah luar angkasa

Dimulai oleh maglev « 1 2 3 4 » Fisika

46 Jawaban
14917 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2009, 09:44:51 AM
oleh M101A
++TEMPAT SAMPAH++

Dimulai oleh biobio « 1 2 3 4 » Fisika

58 Jawaban
12262 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 28, 2009, 02:41:07 PM
oleh yoma nidan
10 Jawaban
6027 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2010, 07:36:49 PM
oleh sisca, chemistry

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia