Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Andara Fitriyanti

Kemarin jam 06:43:21 PM
Diskusi apa nich yg lg rame? ;)
 

cocack

April 27, 2016, 07:12:57 PM
ada yang on di forum matematika

Ebii

April 25, 2016, 10:26:04 AM
guysss gimana sih caranya posting
 

nʇǝʌ∀

April 17, 2016, 10:48:08 AM
@ytridyrevsielixetul

mang kenapa lagi sih? harga minyak anjlok plus kredit macet sektor properti?

*dobel ruginya*

sinjo

April 12, 2016, 09:15:18 PM
 

ytridyrevsielixetuls

April 02, 2016, 05:01:07 PM
benarkah tahun ini dunia akan mengalami resesi ekonomi besar-besaran?

tdccrew666

Maret 31, 2016, 09:35:21 PM
misi boosss
mau minta tolong untuk data mining ada metode "1R Holte" itu metode nya bagaimana ya?? kalau ada sekalian contoh kasus,,, referensi jurnal juga gak papa,,,,,, :) :)

deviana_putri99

Maret 30, 2016, 08:56:25 PM
 :)
 

nʇǝʌ∀

Maret 30, 2016, 04:35:18 PM
@jhonabundance
@rodadua


dimohon tidak beriklan di shoutbox. terma kasih.

@endahsulis20

maksudnya tidak bisa posting gimana? apakah tidak ada captcha?

endahsulis20

Maret 30, 2016, 03:24:11 PM
cara posting gmn sih?

Show 50 latest

Penulis Topik: Bilangan Avogadro  (Dibaca 14588 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Bilangan Avogadro
« pada: Maret 11, 2007, 07:53:50 AM »
Bilangan Avogadro (NA)  adalah jumlah atom karbon-12 dalam 12 gram (0,012kg) karbon-12, besarnya kra-kira adalah (6.0221415 ± 0.0000010) × 1023

Hmm, kira-kira.... tepatnya berapa?
« Edit Terakhir: Juli 20, 2008, 10:55:48 PM oleh reborn »



Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #1 pada: September 23, 2008, 02:59:54 AM »
eh bos,,bukanYa tu konstanta dah dipelajari di SMA??
kLo stauQuw cieh,,6,02x10[23][/sup]..

jdi setiap mol suatu zat,,maka dalam 1 mol tersebut terdapat sebanyak (N[A][/sub]) paertikel.. :)
read in the name of your Lord who created

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #2 pada: September 23, 2008, 03:01:00 AM »
sory klau tulisanya rada aneh,,aQUw Lum bisa nuLis pangkat disini..;p

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #3 pada: September 23, 2008, 03:24:00 AM »
pertanyaannya kan berapa tepatnya nilai bilangan avogadro.

Nulis pangkat bisa pake mimetex ato yang lain. x pangkat y bisa ditulis :
x^y
xy
x^y (LaTex)
Kode: [Pilih]
[tex]x^y[/tex]

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #4 pada: Maret 19, 2010, 10:28:44 AM »
biasa nulis sederhananya adalah 6,02X 1023, dan buanyak sekaliii...kebayang ngga kalo dalam kehidupan sehari2 kita kepasar dan bilang ke penjual, "beli tomat satu mol"...?
...hipotesisnya Avogadro mengatakan bahwa volume yang sama dari setiap gas (apapun ’spesies’ gasnya) pada temperatur dan tekanan yang sama maka jumlah molekul gas tersebut akan sama! Untuk itulah angka 6,02 x 1023 ini sering disebut sebagai ‘bilangan Avogadro’.
  Satu mol ini tentu saja tidak hanya berlaku bagi gas namun juga bagi benda padat dan benda cair. Yang penting pada saat para ahli mengatakan 1 mol dari sebuah substansi atau zat maka dalam zat tersebut terdapat 6,02 x 1023 molekul dari zat tersebut. Jadi jika para ahli mengatakan “satu mol tomat” berarti pada tomat tersebut terdapat 6,02 x 1023  molekul tomat...eh, tahu ngga bahwa lambang bilangan Avogadro kenapa "L"? kurasa berdasarkan penemu sesungguhnya Johann Josef Loschmidt..'L' dari Loschmidt
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Izart

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #5 pada: April 01, 2010, 04:43:40 PM »
kira2 1 mol untuk benda padat sebesar apa y...??
Duduk diam tak berarti Istirahat

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #6 pada: April 01, 2010, 07:08:33 PM »
setiap unsur memiliki bentuk molekul dan unsur yang berbeda, tergantung jenis unsur masing2. Contohnya nih...antara 1 mol magnesium(Mg) dan 1 mol besi(Fe), mereka memiliki jumlah atom yang sama tetapi berbeda massa, jelas saja karena setiap unsur memiliki perbedaan struktur atom. ibaratnya seorang penjual menggunakan kata lusin, exsemplar dan rim. nah, ilmuan kimia menggunakan istilah mol dalam kehidupan bersainsnya. Contoh sederhananya lihat gambar ini...(dari buku kimia SMA lho) ;D

Masing-masing 1 mol untuk unsur dan senyawa yang berbeda. Searah jarum jam mulai dari kiri belerang, sakarosa (gula), tembaga (III) sulfat pentahidrat, garam dapur, tembaga, raksa (II) oksida.

terlihat perbedaan massa, jelas bukan...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Teori Bilangan

Dimulai oleh Melnick « 1 2 » Matematika SMU

17 Jawaban
23093 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 05, 2015, 06:59:25 PM
oleh Monox D. I-Fly
6 Jawaban
10904 Dilihat
Tulisan terakhir April 21, 2009, 06:34:17 AM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
32 Jawaban
23926 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2014, 06:44:45 PM
oleh Sandy_dkk
40 Jawaban
16664 Dilihat
Tulisan terakhir November 11, 2010, 08:21:04 AM
oleh adisae
1 Jawaban
1870 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2014, 06:48:22 AM
oleh Sandy_dkk

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia