Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Shadiq

Kemarin jam 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

Show 50 latest

Penulis Topik: Bilangan Avogadro  (Dibaca 11546 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Bilangan Avogadro
« pada: Maret 11, 2007, 07:53:50 AM »
Bilangan Avogadro (NA)  adalah jumlah atom karbon-12 dalam 12 gram (0,012kg) karbon-12, besarnya kra-kira adalah (6.0221415 ± 0.0000010) × 1023

Hmm, kira-kira.... tepatnya berapa?
« Edit Terakhir: Juli 20, 2008, 10:55:48 PM oleh reborn »



Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #1 pada: September 23, 2008, 02:59:54 AM »
eh bos,,bukanYa tu konstanta dah dipelajari di SMA??
kLo stauQuw cieh,,6,02x10[23][/sup]..

jdi setiap mol suatu zat,,maka dalam 1 mol tersebut terdapat sebanyak (N[A][/sub]) paertikel.. :)
read in the name of your Lord who created

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #2 pada: September 23, 2008, 03:01:00 AM »
sory klau tulisanya rada aneh,,aQUw Lum bisa nuLis pangkat disini..;p

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #3 pada: September 23, 2008, 03:24:00 AM »
pertanyaannya kan berapa tepatnya nilai bilangan avogadro.

Nulis pangkat bisa pake mimetex ato yang lain. x pangkat y bisa ditulis :
x^y
xy
x^y (LaTex)
Kode: [Pilih]
[tex]x^y[/tex]

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #4 pada: Maret 19, 2010, 10:28:44 AM »
biasa nulis sederhananya adalah 6,02X 1023, dan buanyak sekaliii...kebayang ngga kalo dalam kehidupan sehari2 kita kepasar dan bilang ke penjual, "beli tomat satu mol"...?
...hipotesisnya Avogadro mengatakan bahwa volume yang sama dari setiap gas (apapun ’spesies’ gasnya) pada temperatur dan tekanan yang sama maka jumlah molekul gas tersebut akan sama! Untuk itulah angka 6,02 x 1023 ini sering disebut sebagai ‘bilangan Avogadro’.
  Satu mol ini tentu saja tidak hanya berlaku bagi gas namun juga bagi benda padat dan benda cair. Yang penting pada saat para ahli mengatakan 1 mol dari sebuah substansi atau zat maka dalam zat tersebut terdapat 6,02 x 1023 molekul dari zat tersebut. Jadi jika para ahli mengatakan “satu mol tomat” berarti pada tomat tersebut terdapat 6,02 x 1023  molekul tomat...eh, tahu ngga bahwa lambang bilangan Avogadro kenapa "L"? kurasa berdasarkan penemu sesungguhnya Johann Josef Loschmidt..'L' dari Loschmidt
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Izart

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #5 pada: April 01, 2010, 04:43:40 PM »
kira2 1 mol untuk benda padat sebesar apa y...??
Duduk diam tak berarti Istirahat

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #6 pada: April 01, 2010, 07:08:33 PM »
setiap unsur memiliki bentuk molekul dan unsur yang berbeda, tergantung jenis unsur masing2. Contohnya nih...antara 1 mol magnesium(Mg) dan 1 mol besi(Fe), mereka memiliki jumlah atom yang sama tetapi berbeda massa, jelas saja karena setiap unsur memiliki perbedaan struktur atom. ibaratnya seorang penjual menggunakan kata lusin, exsemplar dan rim. nah, ilmuan kimia menggunakan istilah mol dalam kehidupan bersainsnya. Contoh sederhananya lihat gambar ini...(dari buku kimia SMA lho) ;D

Masing-masing 1 mol untuk unsur dan senyawa yang berbeda. Searah jarum jam mulai dari kiri belerang, sakarosa (gula), tembaga (III) sulfat pentahidrat, garam dapur, tembaga, raksa (II) oksida.

terlihat perbedaan massa, jelas bukan...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Bilangan Prima Lagi

Dimulai oleh Mtk Kerajaan Mataram Matematika

10 Jawaban
6281 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2009, 12:53:20 PM
oleh Nabih
14 Jawaban
17773 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2009, 07:19:28 PM
oleh Nabih
6 Jawaban
8142 Dilihat
Tulisan terakhir April 21, 2009, 06:34:17 AM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
29 Jawaban
16792 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 18, 2010, 11:20:32 PM
oleh HyawehHoshikawa
40 Jawaban
8785 Dilihat
Tulisan terakhir November 11, 2010, 08:21:04 AM
oleh adisae

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia