Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: Bilangan Avogadro  (Dibaca 12206 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Bilangan Avogadro
« pada: Maret 11, 2007, 07:53:50 AM »
Bilangan Avogadro (NA)  adalah jumlah atom karbon-12 dalam 12 gram (0,012kg) karbon-12, besarnya kra-kira adalah (6.0221415 ± 0.0000010) × 1023

Hmm, kira-kira.... tepatnya berapa?
« Edit Terakhir: Juli 20, 2008, 10:55:48 PM oleh reborn »



Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #1 pada: September 23, 2008, 02:59:54 AM »
eh bos,,bukanYa tu konstanta dah dipelajari di SMA??
kLo stauQuw cieh,,6,02x10[23][/sup]..

jdi setiap mol suatu zat,,maka dalam 1 mol tersebut terdapat sebanyak (N[A][/sub]) paertikel.. :)
read in the name of your Lord who created

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #2 pada: September 23, 2008, 03:01:00 AM »
sory klau tulisanya rada aneh,,aQUw Lum bisa nuLis pangkat disini..;p

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #3 pada: September 23, 2008, 03:24:00 AM »
pertanyaannya kan berapa tepatnya nilai bilangan avogadro.

Nulis pangkat bisa pake mimetex ato yang lain. x pangkat y bisa ditulis :
x^y
xy
x^y (LaTex)
Kode: [Pilih]
[tex]x^y[/tex]

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #4 pada: Maret 19, 2010, 10:28:44 AM »
biasa nulis sederhananya adalah 6,02X 1023, dan buanyak sekaliii...kebayang ngga kalo dalam kehidupan sehari2 kita kepasar dan bilang ke penjual, "beli tomat satu mol"...?
...hipotesisnya Avogadro mengatakan bahwa volume yang sama dari setiap gas (apapun ’spesies’ gasnya) pada temperatur dan tekanan yang sama maka jumlah molekul gas tersebut akan sama! Untuk itulah angka 6,02 x 1023 ini sering disebut sebagai ‘bilangan Avogadro’.
  Satu mol ini tentu saja tidak hanya berlaku bagi gas namun juga bagi benda padat dan benda cair. Yang penting pada saat para ahli mengatakan 1 mol dari sebuah substansi atau zat maka dalam zat tersebut terdapat 6,02 x 1023 molekul dari zat tersebut. Jadi jika para ahli mengatakan “satu mol tomat” berarti pada tomat tersebut terdapat 6,02 x 1023  molekul tomat...eh, tahu ngga bahwa lambang bilangan Avogadro kenapa "L"? kurasa berdasarkan penemu sesungguhnya Johann Josef Loschmidt..'L' dari Loschmidt
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Izart

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #5 pada: April 01, 2010, 04:43:40 PM »
kira2 1 mol untuk benda padat sebesar apa y...??
Duduk diam tak berarti Istirahat

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #6 pada: April 01, 2010, 07:08:33 PM »
setiap unsur memiliki bentuk molekul dan unsur yang berbeda, tergantung jenis unsur masing2. Contohnya nih...antara 1 mol magnesium(Mg) dan 1 mol besi(Fe), mereka memiliki jumlah atom yang sama tetapi berbeda massa, jelas saja karena setiap unsur memiliki perbedaan struktur atom. ibaratnya seorang penjual menggunakan kata lusin, exsemplar dan rim. nah, ilmuan kimia menggunakan istilah mol dalam kehidupan bersainsnya. Contoh sederhananya lihat gambar ini...(dari buku kimia SMA lho) ;D

Masing-masing 1 mol untuk unsur dan senyawa yang berbeda. Searah jarum jam mulai dari kiri belerang, sakarosa (gula), tembaga (III) sulfat pentahidrat, garam dapur, tembaga, raksa (II) oksida.

terlihat perbedaan massa, jelas bukan...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Bilangan Prima Lagi

Dimulai oleh Mtk Kerajaan Mataram Matematika

10 Jawaban
6697 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2009, 12:53:20 PM
oleh Nabih
14 Jawaban
18526 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2009, 07:19:28 PM
oleh Nabih
6 Jawaban
8693 Dilihat
Tulisan terakhir April 21, 2009, 06:34:17 AM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
32 Jawaban
18772 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2014, 06:44:45 PM
oleh Sandy_dkk
40 Jawaban
9994 Dilihat
Tulisan terakhir November 11, 2010, 08:21:04 AM
oleh adisae

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia