Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik
 

reborn

Agustus 18, 2014, 06:47:27 PM
@keziakeren17 bisa post di http://www.forumsains.com/fisika/ atau http://www.forumsains.com/fisika-smu/ ,. Selamat bergabung!

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 06:39:36 PM
ada yg bisa bantu jwb soal fisika??

Show 50 latest

Penulis Topik: Bilangan Avogadro  (Dibaca 12098 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2235
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Bilangan Avogadro
« pada: Maret 11, 2007, 07:53:50 AM »
Bilangan Avogadro (NA)  adalah jumlah atom karbon-12 dalam 12 gram (0,012kg) karbon-12, besarnya kra-kira adalah (6.0221415 ± 0.0000010) × 1023

Hmm, kira-kira.... tepatnya berapa?
« Edit Terakhir: Juli 20, 2008, 10:55:48 PM oleh reborn »



Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #1 pada: September 23, 2008, 02:59:54 AM »
eh bos,,bukanYa tu konstanta dah dipelajari di SMA??
kLo stauQuw cieh,,6,02x10[23][/sup]..

jdi setiap mol suatu zat,,maka dalam 1 mol tersebut terdapat sebanyak (N[A][/sub]) paertikel.. :)
read in the name of your Lord who created

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #2 pada: September 23, 2008, 03:01:00 AM »
sory klau tulisanya rada aneh,,aQUw Lum bisa nuLis pangkat disini..;p

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2235
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #3 pada: September 23, 2008, 03:24:00 AM »
pertanyaannya kan berapa tepatnya nilai bilangan avogadro.

Nulis pangkat bisa pake mimetex ato yang lain. x pangkat y bisa ditulis :
x^y
xy
x^y (LaTex)
Kode: [Pilih]
[tex]x^y[/tex]

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #4 pada: Maret 19, 2010, 10:28:44 AM »
biasa nulis sederhananya adalah 6,02X 1023, dan buanyak sekaliii...kebayang ngga kalo dalam kehidupan sehari2 kita kepasar dan bilang ke penjual, "beli tomat satu mol"...?
...hipotesisnya Avogadro mengatakan bahwa volume yang sama dari setiap gas (apapun ’spesies’ gasnya) pada temperatur dan tekanan yang sama maka jumlah molekul gas tersebut akan sama! Untuk itulah angka 6,02 x 1023 ini sering disebut sebagai ‘bilangan Avogadro’.
  Satu mol ini tentu saja tidak hanya berlaku bagi gas namun juga bagi benda padat dan benda cair. Yang penting pada saat para ahli mengatakan 1 mol dari sebuah substansi atau zat maka dalam zat tersebut terdapat 6,02 x 1023 molekul dari zat tersebut. Jadi jika para ahli mengatakan “satu mol tomat” berarti pada tomat tersebut terdapat 6,02 x 1023  molekul tomat...eh, tahu ngga bahwa lambang bilangan Avogadro kenapa "L"? kurasa berdasarkan penemu sesungguhnya Johann Josef Loschmidt..'L' dari Loschmidt
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Izart

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #5 pada: April 01, 2010, 04:43:40 PM »
kira2 1 mol untuk benda padat sebesar apa y...??
Duduk diam tak berarti Istirahat

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #6 pada: April 01, 2010, 07:08:33 PM »
setiap unsur memiliki bentuk molekul dan unsur yang berbeda, tergantung jenis unsur masing2. Contohnya nih...antara 1 mol magnesium(Mg) dan 1 mol besi(Fe), mereka memiliki jumlah atom yang sama tetapi berbeda massa, jelas saja karena setiap unsur memiliki perbedaan struktur atom. ibaratnya seorang penjual menggunakan kata lusin, exsemplar dan rim. nah, ilmuan kimia menggunakan istilah mol dalam kehidupan bersainsnya. Contoh sederhananya lihat gambar ini...(dari buku kimia SMA lho) ;D

Masing-masing 1 mol untuk unsur dan senyawa yang berbeda. Searah jarum jam mulai dari kiri belerang, sakarosa (gula), tembaga (III) sulfat pentahidrat, garam dapur, tembaga, raksa (II) oksida.

terlihat perbedaan massa, jelas bukan...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Bilangan Prima Lagi

Dimulai oleh Mtk Kerajaan Mataram Matematika

10 Jawaban
6682 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2009, 12:53:20 PM
oleh Nabih
14 Jawaban
18425 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2009, 07:19:28 PM
oleh Nabih
6 Jawaban
8616 Dilihat
Tulisan terakhir April 21, 2009, 06:34:17 AM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
32 Jawaban
18533 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2014, 06:44:45 PM
oleh Sandy_dkk
40 Jawaban
9895 Dilihat
Tulisan terakhir November 11, 2010, 08:21:04 AM
oleh adisae

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia