Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:18 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:17 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

Show 50 latest

Penulis Topik: Bilangan Avogadro  (Dibaca 13468 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Bilangan Avogadro
« pada: Maret 11, 2007, 07:53:50 AM »
Bilangan Avogadro (NA)  adalah jumlah atom karbon-12 dalam 12 gram (0,012kg) karbon-12, besarnya kra-kira adalah (6.0221415 ± 0.0000010) × 1023

Hmm, kira-kira.... tepatnya berapa?
« Edit Terakhir: Juli 20, 2008, 10:55:48 PM oleh reborn »



Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #1 pada: September 23, 2008, 02:59:54 AM »
eh bos,,bukanYa tu konstanta dah dipelajari di SMA??
kLo stauQuw cieh,,6,02x10[23][/sup]..

jdi setiap mol suatu zat,,maka dalam 1 mol tersebut terdapat sebanyak (N[A][/sub]) paertikel.. :)
read in the name of your Lord who created

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #2 pada: September 23, 2008, 03:01:00 AM »
sory klau tulisanya rada aneh,,aQUw Lum bisa nuLis pangkat disini..;p

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #3 pada: September 23, 2008, 03:24:00 AM »
pertanyaannya kan berapa tepatnya nilai bilangan avogadro.

Nulis pangkat bisa pake mimetex ato yang lain. x pangkat y bisa ditulis :
x^y
xy
x^y (LaTex)
Kode: [Pilih]
[tex]x^y[/tex]

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #4 pada: Maret 19, 2010, 10:28:44 AM »
biasa nulis sederhananya adalah 6,02X 1023, dan buanyak sekaliii...kebayang ngga kalo dalam kehidupan sehari2 kita kepasar dan bilang ke penjual, "beli tomat satu mol"...?
...hipotesisnya Avogadro mengatakan bahwa volume yang sama dari setiap gas (apapun ’spesies’ gasnya) pada temperatur dan tekanan yang sama maka jumlah molekul gas tersebut akan sama! Untuk itulah angka 6,02 x 1023 ini sering disebut sebagai ‘bilangan Avogadro’.
  Satu mol ini tentu saja tidak hanya berlaku bagi gas namun juga bagi benda padat dan benda cair. Yang penting pada saat para ahli mengatakan 1 mol dari sebuah substansi atau zat maka dalam zat tersebut terdapat 6,02 x 1023 molekul dari zat tersebut. Jadi jika para ahli mengatakan “satu mol tomat” berarti pada tomat tersebut terdapat 6,02 x 1023  molekul tomat...eh, tahu ngga bahwa lambang bilangan Avogadro kenapa "L"? kurasa berdasarkan penemu sesungguhnya Johann Josef Loschmidt..'L' dari Loschmidt
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Izart

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #5 pada: April 01, 2010, 04:43:40 PM »
kira2 1 mol untuk benda padat sebesar apa y...??
Duduk diam tak berarti Istirahat

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Bilangan Avogadro
« Jawab #6 pada: April 01, 2010, 07:08:33 PM »
setiap unsur memiliki bentuk molekul dan unsur yang berbeda, tergantung jenis unsur masing2. Contohnya nih...antara 1 mol magnesium(Mg) dan 1 mol besi(Fe), mereka memiliki jumlah atom yang sama tetapi berbeda massa, jelas saja karena setiap unsur memiliki perbedaan struktur atom. ibaratnya seorang penjual menggunakan kata lusin, exsemplar dan rim. nah, ilmuan kimia menggunakan istilah mol dalam kehidupan bersainsnya. Contoh sederhananya lihat gambar ini...(dari buku kimia SMA lho) ;D

Masing-masing 1 mol untuk unsur dan senyawa yang berbeda. Searah jarum jam mulai dari kiri belerang, sakarosa (gula), tembaga (III) sulfat pentahidrat, garam dapur, tembaga, raksa (II) oksida.

terlihat perbedaan massa, jelas bukan...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
14 Jawaban
20010 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2009, 07:19:28 PM
oleh Nabih
6 Jawaban
9727 Dilihat
Tulisan terakhir April 21, 2009, 06:34:17 AM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
32 Jawaban
21471 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2014, 06:44:45 PM
oleh Sandy_dkk
40 Jawaban
12669 Dilihat
Tulisan terakhir November 11, 2010, 08:21:04 AM
oleh adisae
1 Jawaban
807 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2014, 06:48:22 AM
oleh Sandy_dkk

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia