Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ghea1905

April 22, 2014, 02:34:03 PM
Salam Kenal :D

yansen

April 21, 2014, 05:08:03 PM
salam kenal

Shadiq

April 20, 2014, 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

Show 50 latest

Penulis Topik: Kamus istilah kimia  (Dibaca 9186 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Kamus istilah kimia
« pada: Juli 29, 2010, 08:04:27 PM »
Temans  :)

Bbrp kali saya mengalami kesulitan ketika menerjemahkan artikel berbhs Inggris ke dlm bhs Indonesia. Juga ketika membaca artikel sains yg bukan bidang saya. Salah satu sebabnya krn ada banyak istilah teknis dlm bhs Indonesia yg saya tidak tahu. Kadang saya coba cek di wikipedia versi bhs Indonesia, eh ternyata ngga lengkap juga.

Nah, saya jd ada usul nih  8)  gimana kalo kita bekerja sama mengumpulkan istilah2 teknis dlm bhs Indonesia, terutama yg bukan kata serapan langsung dr bhs Inggris. Selain utk menambah pengetahuan dan membantu kita dlm membaca dan menulis artikel sains, juga bisa ikut mempopulerkan penggunaan bhs Indonesia asli (cieeeh  8)).


Usul saya, sementara kita kompilasi dg format spt di bawah ini dulu. Nanti kalau sudah banyak, bisa saja saya bikin satu tabel dan berurutan sesuai abjad.

Istilah bhs Indonesia = ...
Bhs Inggris = ...
Arti (dlm bhs Indonesia) = ...



Contoh:

Dapar / larutan penyangga
Bhs Inggris = buffer
Arti = campuran asam lemah dan basa konjugatnya, atau basa lemah dan asam konjugatnya (sesuai teori asam-basa Bronsted-Lowry), yg dilarutkan dalam air dan berfungsi utk mempertahankan pH larutan tsb.



Kalau ada teman2 yg tdk tahu istilah tertentu, juga bisa di-post di sini, biar kita bisa saling membantu  :)


Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah kimia
« Jawab #1 pada: Agustus 03, 2010, 11:01:40 AM »
...mulai ah,
kalo inflamasi apa itu?  ???
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Izart

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah kimia
« Jawab #2 pada: Agustus 17, 2010, 01:00:50 PM »
Inflamasi (radang) merupakan respons protektif setempat yang ditimbulkan oleh cedera atau kerusakan jaringan, yang berfungsi menghancurkan, mengurangi, atau mengurung (sekuestrasi) baik agen pencedera maupun jaringan yang cedera itu
Duduk diam tak berarti Istirahat

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah kimia
« Jawab #3 pada: Desember 17, 2010, 07:51:34 PM »
bahasa inggris kayanya agak susah ...
sementara kimia identik dengan bahasa latin...


tapi arti KImia sendiri
English :Chemistry, Alchemist
Arab : Al- Kimiya
Arti : adalah ilmu yang mempelajari komposisi materi dan perubahan-peerubahan nya (Seingat saya )

:)


nice topik...
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2789
  • IQ: 168
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah kimia
« Jawab #4 pada: Oktober 20, 2011, 06:28:44 PM »
Teroksidasi=Terpapar oksigen
Termodinamika=Perubahan suhu, umumnya menyatakan istilah dari tempat panas ke tempat dingin.
Chain reaction=Reaksi berantai, seperti TnT yang menyebabkan ledakan, antara tumbukan satu atome ke atom lain.
Codon=3 Basa/Code/Huruf dari Pita/Rantai DNA
AntiCodon=Kebalikan dari Codon normal. Ada 4 Tipe Codon, CUAG dengan pasangan pasangan masing masing.
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1364
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah kimia
« Jawab #5 pada: November 03, 2011, 05:37:14 PM »
Teroksidasi=Terpapar oksigen
Termodinamika=Perubahan suhu, umumnya menyatakan istilah dari tempat panas ke tempat dingin.
Chain reaction=Reaksi berantai, seperti TnT yang menyebabkan ledakan, antara tumbukan satu atome ke atom lain.
Codon=3 Basa/Code/Huruf dari Pita/Rantai DNA
AntiCodon=Kebalikan dari Codon normal. Ada 4 Tipe Codon, CUAG dengan pasangan pasangan masing masing.

tanggapan :
proses oksidasi tidak selalu melibatkan oksigen.
Kutip dari: wikipedia
The term comes from the two concepts of reduction and oxidation. It can be explained in simple terms:

    Oxidation is the loss of electrons or an increase in oxidation state by a molecule, atom, or ion.
    Reduction is the gain of electrons or a decrease in oxidation state by a molecule, atom, or ion.

Though sufficient for many purposes, these descriptions are not precisely correct. Oxidation and reduction properly refer to a change in oxidation number — the actual transfer of electrons may never occur. Thus, oxidation is better defined as an increase in oxidation number, and reduction as a decrease in oxidation number. In practice, the transfer of electrons will always cause a change in oxidation number, but there are many reactions that are classed as "redox" even though no electron transfer occurs (such as those involving covalent bonds).

Kutip dari: wikipedia
Thermodynamics is a physical science that studies the effects on material bodies, and on radiation in regions of space, of transfer of heat and of work done on or by the bodies or radiation. It interrelates macroscopic variables, such as temperature, volume and pressure, which describe physical properties of material bodies and radiation, which in this science are called thermodynamic systems.
Jadi termodinamika tidak terbatas pada perubahan suhu. Pada proses isotermik bisa terjadi perpindahan energi tanpa adanya perubahan suhu. Proses ini masih termasuk dalam cakupan termodinamika.

Kutip dari: wikipedia
A chain reaction is a sequence of reactions where a reactive product or by-product causes additional reactions to take place. In a chain reaction, positive feedback leads to a self-amplifying chain of events.

sorry nih cuma copas-copas. Kuatir salah malah menyesatkan yang lain. ::)
once we have eternity, everything else can wait

Offline bagoes

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah kimia
« Jawab #6 pada: November 11, 2011, 07:20:25 PM »
sekdar informasi,,, mengenai istilah-istilah kimia,,, say punya refrensi buku,,: judulnya KIMIA ARTI DAN PENJELASAN ISTILAH,,, karangan ARSYAD NATSIR

Fachni Rosyadi

  • Pengunjung
Re:Kamus istilah kimia
« Jawab #7 pada: Pebruari 18, 2012, 11:00:52 PM »
Kalau cuma istilah, wikipedia mungkin cukup membantu kan?  :)

Offline A

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • No pain, no game
    • Lihat Profil
Re:Kamus istilah kimia
« Jawab #8 pada: April 07, 2013, 12:55:41 AM »
Yah Forsa kayak rumah kosong, apalagi forum kimianya :(

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
9177 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2008, 02:36:56 AM
oleh reborn
1 Jawaban
1382 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 01, 2009, 07:41:55 PM
oleh Nabih
13 Jawaban
14747 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2013, 01:05:34 PM
oleh dodidul
12 Jawaban
12294 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2012, 08:05:59 PM
oleh anjar
4 Jawaban
2218 Dilihat
Tulisan terakhir April 30, 2011, 10:40:19 AM
oleh obbiq

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia