Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

alfiansa

Juli 22, 2014, 06:19:13 AM
lebaran jualan sepatu online kak http://goo.gl/G3NXOq

visitpare

Juli 20, 2014, 07:25:09 AM
ada yang mau ke Kampung Inggris Pare - Kediri gak di sini? Salam kenal dari www.visitpare.com  :D
 

Muztank

Juli 17, 2014, 07:38:54 AM
woi jangan jualan obat aborsi d sini !!

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:48:17 PM
Presentasi Liputan Internet di http://www.prestisewan.tk/p/liputan-internet.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:48:04 PM
Presentasi Pancaspirasi untuk Prabowo-Hatta yang selengkapnya dapat dibaca http://bloggerwan.blogdetik.com/2014/06/23/pancaspirasi-untuk-prabowo-hatta.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:49 PM
Presentasi Indotophosting Hosting Unlimited dan Domain Murah Terbaik di Indonesia di http://www.indonia.ga/2014/07/12-indotophosting-com-hosting-unlimited-dan-domain-murah-terbaik-di-indonesia.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:30 PM

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:21 PM
Presentasi Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia di http://www.indonia.ga/2014/07/10-camry-mobil-hybrid-terbaik-indonesia.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:09 PM
Presentasi Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang di http://www.indonia.ga/2014/07/08-yamaha-r15-dan-yamaha-r25-motor-sport-racing-dan-kencang.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:46:19 PM
Presentasi ADRO TEXTILE Konveksi Murah Indonesia yang selengkapnya dapat dibaca di http://dipoblogforce1.blogspot.com/2014/06/12-ADRO-TEXTILE-Konveksi-Murah-Indonesia-Tlp-081362666444.html

Show 50 latest

Penulis Topik: Permen jelly  (Dibaca 4095 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Muhammad Farhan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 37
  • IQ: 14
    • Lihat Profil
Permen jelly
« pada: April 21, 2011, 10:57:17 AM »
Apa saja Titik kritis dalam pembuatan permen jelly?



Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Permen jelly
« Jawab #1 pada: April 22, 2011, 08:47:39 AM »
proses pembuatannya gimana? formula umum?

Offline Muhammad Farhan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 37
  • IQ: 14
    • Lihat Profil
Re: Permen jelly
« Jawab #2 pada: April 27, 2011, 03:59:03 PM »
Justru mau tahu proses pembuatan permen yang benar bagaimana? formula umum glukosa, sukrosa, air, citric acid, dan karaginan.

Offline Muhammad Farhan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 37
  • IQ: 14
    • Lihat Profil
Permen jelly part 2
« Jawab #3 pada: April 27, 2011, 04:12:16 PM »
Selain karagenan, alginat dan agar, jenis hidrocolloid yang digunakan pada permen jelly? Tetapi bukan gelatine?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Permen jelly
« Jawab #4 pada: April 29, 2011, 07:18:34 AM »
kenapa ogah pake gelatin?
mungkin yang bisa dipake lagi adalah xanthan gum, konjac gum, dan pectin.

Offline Muhammad Farhan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 37
  • IQ: 14
    • Lihat Profil
Re: Permen jelly
« Jawab #5 pada: April 29, 2011, 02:03:11 PM »
Begini profesor, gelatine itu status kehalalannya diragukan dan menurut penelitian bisa menyebabkan penyakit BSE (bovine spongiform ensepalopaty).

Masa ah! tau dari mana profesor, xanthan gum, konjac gum n pectin. Emang udah ada yah yg bikin pake bahan itu?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Permen jelly
« Jawab #6 pada: April 29, 2011, 10:34:04 PM »
ketiganya bisa membentuk jelly.
gelatin emang ada yang dari babi dan ada yang dari sapi. kalo mo lebih yakin mending minta aja sertifikat halal dari mui dari supplier di indonesia. barang dari eropa ato amerika kadang juga menyediakan sertifikat sejenis dari lembaga islam dan yahudi. kalo yang dari sapi musti diminta juga sertifikat bebas BSE.

Offline Muhammad Farhan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 37
  • IQ: 14
    • Lihat Profil
Re: Permen jelly
« Jawab #7 pada: April 30, 2011, 09:48:32 AM »
Ya memang semua hidrocolloid bisa membentuk jelly, tapi apakah bisa diaplikasikan pada permen jelly?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Permen jelly
« Jawab #8 pada: Mei 01, 2011, 08:51:33 AM »
untuk aplikasi ke jelly bisa dicoba dicari literaturnya lebih lanjut dan dilakukan percobaan...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Permen jelly
« Jawab #9 pada: Mei 01, 2011, 05:53:53 PM »
permen jelly disini maksudnya agar khan? emang beneran jelly juga bisa dibuat pake babi atau sapi, itu yang diambil lemaknya?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Muhammad Farhan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 37
  • IQ: 14
    • Lihat Profil
Re: Permen jelly
« Jawab #10 pada: Mei 02, 2011, 09:56:21 AM »
yah kok jadi ke jelly, ini lagi ngebahas permen jelly. ya beda lah permen jelly sama agar.

Wah ngaco nih, ada juga proteinnya yang diambil buat bikin jelly, yaitu gelatine. Bukan lemaknya. wkwkwkwkwkwk

Kalo lemaknya nanti jadi apa??? ntar jadi gembrot lagi.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Permen jelly
« Jawab #11 pada: Mei 02, 2011, 04:51:10 PM »
agar dari rumput laut. yang dari kolagen kulit dan tulang hewan tu namanya gelatin. biasanya dari sapi ato babi.

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Permen jelly
« Jawab #12 pada: Mei 05, 2011, 06:40:46 PM »
lalu apakah permen jelly itu koloid...???

klu ya jenis nya apa...???
Ora Et Labora

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Permen jelly
« Jawab #13 pada: Mei 06, 2011, 07:19:44 PM »
agar itu dalam inggris "jelly", siapapun yang denger kata jelly tentunya nyangkut ke agar. Gw pikir bagian tubuh yang elastislah yg dipake untuk jelly kek gelatin, nebak aja ke lemak...
Buat TS tolong jelasin dulu apa itu Permen Jelly, agar diskusinya bisa saling sharing...?

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
5109 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2009, 10:28:46 PM
oleh nandaz

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia