Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

ytridyrevsielixetuls

Pebruari 06, 2016, 07:05:18 PM
gigi bolong gak bisa disembuhin, mas. bisanya ditambal.

aji saka

Pebruari 03, 2016, 02:29:01 PM
Assallamuaekum,sahabat forum yg terkasih,,ane mau punya maslah,dgn gigi,,ane,,karena gigi ane pada bolong cuma gagian belakang nya,,,ada yg tau kali obat nya,,,terims,,aji bogor
 

Balya

Januari 31, 2016, 10:31:28 AM
Assalamualaykum, Post terbaru setelah sekian lama tidak muncul
 

Farabi

Januari 12, 2016, 10:14:20 PM
Itu bukan bisnis, emang murni mau nebus dosa, bang.
 

ytridyrevsielixetuls

Januari 12, 2016, 09:05:41 PM
wah saya baru dengar model bisnis ky itu. gimana caranya biar dapet profit?
 

Farabi

Januari 12, 2016, 05:29:09 PM
Mahasiswa yang seneng baca, dan punya android, kalian hubungi aku aja kalau butuh internet, aku nyediain pulsa gratis buat pemakai axis unlimited tiap bulan 50 rb. Kalian hubungi aku aja, aku punya dana untuk satu tahun, nanti kalian share sendiri ke 8 orang, insyaAllah berpahala. Aku yakin betul. A
 

Farabi

Januari 12, 2016, 07:43:58 AM
Kalau anda melihat FarabiPersonalNetword atau FarabiPersonalHotspot konek saja, itu gratis. Pass:123456789

TokoAlatLaboratorium

Januari 11, 2016, 02:10:21 PM
Butuh alat-alat lab?  :D
https://alatlab.org

fiand20

Januari 07, 2016, 09:41:10 AM
Selamat Pagi semua.. :) ;) :D

Show 50 latest

Penulis Topik: saponifikasi  (Dibaca 8445 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ani Chem Gama

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
saponifikasi
« pada: Maret 05, 2011, 11:53:45 AM »
Kata saponifikasi atau saponify berarti membuat sabun (Latin sapon, = sabun dan –fy adalah akhiran yang berarti membuat). Bangsa Romawi kuno mulai membuat sabun sejak 2300 tahun yang lalu dengan memanaskan campuran lemak hewan dengan abu kayu. Pada abad 16 dan 17 di Eropa sabun hanya digunakan dalam bidang pengobatan. Barulah menjelang abad 19 penggunaan sabun meluas.



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: saponifikasi
« Jawab #1 pada: Maret 05, 2011, 08:56:41 PM »
gimana bisa lemak hewan + abu kayu bisa jadi sabun ya? >.,<
Sabun zaman romawi seperti apa ya bentuknya..
~ You are what you eat ~

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #2 pada: Maret 06, 2011, 10:27:20 AM »
karena lemak/lipid merupakan ester(CH2-O-C-R), salah satu sifat ester adalah bereaksi dengan basa membentuk sabun dan residu gliserol nama reaksi ini adalah saponifikasi atau penyabunan....
contohnya
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline ani Chem Gama

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #3 pada: Maret 11, 2011, 09:23:45 AM »
karena lemak/lipid merupakan ester(CH2-O-C-R), salah satu sifat ester adalah bereaksi dengan basa membentuk sabun dan residu gliserol nama reaksi ini adalah saponifikasi atau penyabunan....
contohnya


Offline uzzybotak

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #4 pada: Mei 17, 2011, 05:34:19 AM »
perasaan sabun juga pernah digunakan oleh ilmuwan islam di jazirah arab untuk mandi juga seperti biasa, pada saat negeri2 barat masih belum berkembang.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #5 pada: Juni 03, 2011, 08:59:29 AM »
bisa dibayangkan orang eropa jaman itu sangat tergantung pada parfum untuk menutupi aroma tubuh mereka...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #6 pada: Juni 03, 2011, 10:06:00 PM »
ya, ampun...perasaan dulu aku ngirim gambar deh buat contohnya.... ???

Offline soni sascori

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 115
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #7 pada: Juni 22, 2011, 02:32:18 PM »
Mungkin bisa......!!! coba kita tinjau dari kandungan abu kayu,,,,,,!!!!! abu kayu mengandung kalium, natrium, magnesium, kalsium dll.   pada prinsipnya saponifikasi itu reaksi antara lemak atau minyak (asam lemak) dengan basa kuat (KOH, NaOH, dll) jadi sangat mungkin memang jika saponifikasi menggunakan abu kayu.
n_COn

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #8 pada: Juni 28, 2011, 08:51:16 AM »
bisa dibayangkan orang eropa jaman itu sangat tergantung pada parfum untuk menutupi aroma tubuh mereka...
kalo Archimedes ilmuan yunani itu, setelah mandi dia melumuri tubuhnya dengan minyak zaitun...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #9 pada: Juni 28, 2011, 06:50:35 PM »
kebayang badan archie mengkilap pas jalan-jalan di luar rumah...

Offline cakpredi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #10 pada: Juni 29, 2011, 05:07:47 PM »
ya besok coba mandi pakek abu gosok....

Offline faenscy

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 79
  • IQ: 9
  • Gender: Wanita
  • ^^
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #11 pada: September 09, 2011, 07:56:53 PM »
hmm.. saya baru aja praktek pmbuatan sabun. lalu katanya sabun yang dibuat harus didiamkan 4-6 minggu baru bisa digunakan.
apa ada yang tau tujuan dari didiamkan itu tadi? proses apa yang terjadi selama didiamkan? hehe ;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #12 pada: September 12, 2011, 07:27:38 AM »
katanya? kata siapa?
bisa tau alur proses pembuatannya dan di tahap mana proses pendiaman dilakukan?

Offline cosmeticadvice

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:saponifikasi
« Jawab #13 pada: April 17, 2013, 12:43:19 AM »
hmm.. saya baru aja praktek pmbuatan sabun. lalu katanya sabun yang dibuat harus didiamkan 4-6 minggu baru bisa digunakan.
apa ada yang tau tujuan dari didiamkan itu tadi? proses apa yang terjadi selama didiamkan? hehe ;D

terlalu lama mbak 3 minggu cukup. prosesnya cuma menetralkan basa NaOH yang masih tertinggal dalam proses tadi.
kalo buatnya benar 3 minggu sudah cukup. apalagi kalo dipanaskan kembali setelah jadi dipanaskan selama 1 jam dengan double boiler. bisa dikukus juga. langsung bisa dipakai kok.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
2278 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 17, 2013, 12:52:00 PM
oleh cosmeticadvice

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia