Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

presellya nur oktavia

Kemarin jam 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D
 

bambu

Maret 31, 2014, 01:53:23 PM
hadir...

Show 50 latest

Penulis Topik: saponifikasi  (Dibaca 5897 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ani Chem Gama

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
saponifikasi
« pada: Maret 05, 2011, 11:53:45 AM »
Kata saponifikasi atau saponify berarti membuat sabun (Latin sapon, = sabun dan –fy adalah akhiran yang berarti membuat). Bangsa Romawi kuno mulai membuat sabun sejak 2300 tahun yang lalu dengan memanaskan campuran lemak hewan dengan abu kayu. Pada abad 16 dan 17 di Eropa sabun hanya digunakan dalam bidang pengobatan. Barulah menjelang abad 19 penggunaan sabun meluas.



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: saponifikasi
« Jawab #1 pada: Maret 05, 2011, 08:56:41 PM »
gimana bisa lemak hewan + abu kayu bisa jadi sabun ya? >.,<
Sabun zaman romawi seperti apa ya bentuknya..
~ You are what you eat ~

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #2 pada: Maret 06, 2011, 10:27:20 AM »
karena lemak/lipid merupakan ester(CH2-O-C-R), salah satu sifat ester adalah bereaksi dengan basa membentuk sabun dan residu gliserol nama reaksi ini adalah saponifikasi atau penyabunan....
contohnya
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline ani Chem Gama

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #3 pada: Maret 11, 2011, 09:23:45 AM »
karena lemak/lipid merupakan ester(CH2-O-C-R), salah satu sifat ester adalah bereaksi dengan basa membentuk sabun dan residu gliserol nama reaksi ini adalah saponifikasi atau penyabunan....
contohnya


Offline uzzybotak

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #4 pada: Mei 17, 2011, 05:34:19 AM »
perasaan sabun juga pernah digunakan oleh ilmuwan islam di jazirah arab untuk mandi juga seperti biasa, pada saat negeri2 barat masih belum berkembang.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #5 pada: Juni 03, 2011, 08:59:29 AM »
bisa dibayangkan orang eropa jaman itu sangat tergantung pada parfum untuk menutupi aroma tubuh mereka...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #6 pada: Juni 03, 2011, 10:06:00 PM »
ya, ampun...perasaan dulu aku ngirim gambar deh buat contohnya.... ???

Offline soni sascori

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 115
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #7 pada: Juni 22, 2011, 02:32:18 PM »
Mungkin bisa......!!! coba kita tinjau dari kandungan abu kayu,,,,,,!!!!! abu kayu mengandung kalium, natrium, magnesium, kalsium dll.   pada prinsipnya saponifikasi itu reaksi antara lemak atau minyak (asam lemak) dengan basa kuat (KOH, NaOH, dll) jadi sangat mungkin memang jika saponifikasi menggunakan abu kayu.
n_COn

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #8 pada: Juni 28, 2011, 08:51:16 AM »
bisa dibayangkan orang eropa jaman itu sangat tergantung pada parfum untuk menutupi aroma tubuh mereka...
kalo Archimedes ilmuan yunani itu, setelah mandi dia melumuri tubuhnya dengan minyak zaitun...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #9 pada: Juni 28, 2011, 06:50:35 PM »
kebayang badan archie mengkilap pas jalan-jalan di luar rumah...

Offline cakpredi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #10 pada: Juni 29, 2011, 05:07:47 PM »
ya besok coba mandi pakek abu gosok....

Offline faenscy

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 79
  • IQ: 9
  • Gender: Wanita
  • ^^
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #11 pada: September 09, 2011, 07:56:53 PM »
hmm.. saya baru aja praktek pmbuatan sabun. lalu katanya sabun yang dibuat harus didiamkan 4-6 minggu baru bisa digunakan.
apa ada yang tau tujuan dari didiamkan itu tadi? proses apa yang terjadi selama didiamkan? hehe ;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: saponifikasi
« Jawab #12 pada: September 12, 2011, 07:27:38 AM »
katanya? kata siapa?
bisa tau alur proses pembuatannya dan di tahap mana proses pendiaman dilakukan?

Offline cosmeticadvice

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:saponifikasi
« Jawab #13 pada: April 17, 2013, 12:43:19 AM »
hmm.. saya baru aja praktek pmbuatan sabun. lalu katanya sabun yang dibuat harus didiamkan 4-6 minggu baru bisa digunakan.
apa ada yang tau tujuan dari didiamkan itu tadi? proses apa yang terjadi selama didiamkan? hehe ;D

terlalu lama mbak 3 minggu cukup. prosesnya cuma menetralkan basa NaOH yang masih tertinggal dalam proses tadi.
kalo buatnya benar 3 minggu sudah cukup. apalagi kalo dipanaskan kembali setelah jadi dipanaskan selama 1 jam dengan double boiler. bisa dikukus juga. langsung bisa dipakai kok.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
1016 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 17, 2013, 12:52:00 PM
oleh cosmeticadvice

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia