Berita: Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Penulis Topik: saponifikasi  (Dibaca 13386 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ani Chem Gama

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 3
saponifikasi
« pada: Maret 05, 2011, 11:53:45 AM »
Kata saponifikasi atau saponify berarti membuat sabun (Latin sapon, = sabun dan –fy adalah akhiran yang berarti membuat). Bangsa Romawi kuno mulai membuat sabun sejak 2300 tahun yang lalu dengan memanaskan campuran lemak hewan dengan abu kayu. Pada abad 16 dan 17 di Eropa sabun hanya digunakan dalam bidang pengobatan. Barulah menjelang abad 19 penggunaan sabun meluas.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: saponifikasi
« Jawab #1 pada: Maret 05, 2011, 08:56:41 PM »
gimana bisa lemak hewan + abu kayu bisa jadi sabun ya? >.,<
Sabun zaman romawi seperti apa ya bentuknya..
~ You are what you eat ~

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.838
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: saponifikasi
« Jawab #2 pada: Maret 06, 2011, 10:27:20 AM »
karena lemak/lipid merupakan ester(CH2-O-C-R), salah satu sifat ester adalah bereaksi dengan basa membentuk sabun dan residu gliserol nama reaksi ini adalah saponifikasi atau penyabunan....
contohnya
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline ani Chem Gama

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 3
Re: saponifikasi
« Jawab #3 pada: Maret 11, 2011, 09:23:45 AM »
karena lemak/lipid merupakan ester(CH2-O-C-R), salah satu sifat ester adalah bereaksi dengan basa membentuk sabun dan residu gliserol nama reaksi ini adalah saponifikasi atau penyabunan....
contohnya


Offline uzzybotak

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: saponifikasi
« Jawab #4 pada: Mei 17, 2011, 06:34:19 AM »
perasaan sabun juga pernah digunakan oleh ilmuwan islam di jazirah arab untuk mandi juga seperti biasa, pada saat negeri2 barat masih belum berkembang.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
Re: saponifikasi
« Jawab #5 pada: Juni 03, 2011, 09:59:29 AM »
bisa dibayangkan orang eropa jaman itu sangat tergantung pada parfum untuk menutupi aroma tubuh mereka...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.838
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: saponifikasi
« Jawab #6 pada: Juni 03, 2011, 11:06:00 PM »
ya, ampun...perasaan dulu aku ngirim gambar deh buat contohnya.... ???

Offline soni sascori

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 115
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
Re: saponifikasi
« Jawab #7 pada: Juni 22, 2011, 03:32:18 PM »
Mungkin bisa......!!! coba kita tinjau dari kandungan abu kayu,,,,,,!!!!! abu kayu mengandung kalium, natrium, magnesium, kalsium dll.   pada prinsipnya saponifikasi itu reaksi antara lemak atau minyak (asam lemak) dengan basa kuat (KOH, NaOH, dll) jadi sangat mungkin memang jika saponifikasi menggunakan abu kayu.
n_COn

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.838
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: saponifikasi
« Jawab #8 pada: Juni 28, 2011, 09:51:16 AM »
bisa dibayangkan orang eropa jaman itu sangat tergantung pada parfum untuk menutupi aroma tubuh mereka...
kalo Archimedes ilmuan yunani itu, setelah mandi dia melumuri tubuhnya dengan minyak zaitun...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
Re: saponifikasi
« Jawab #9 pada: Juni 28, 2011, 07:50:35 PM »
kebayang badan archie mengkilap pas jalan-jalan di luar rumah...

Offline cakpredi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 0
Re: saponifikasi
« Jawab #10 pada: Juni 29, 2011, 06:07:47 PM »
ya besok coba mandi pakek abu gosok....

Offline faenscy

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 79
  • IQ: 9
  • Gender: Wanita
  • ^^
Re: saponifikasi
« Jawab #11 pada: September 09, 2011, 08:56:53 PM »
hmm.. saya baru aja praktek pmbuatan sabun. lalu katanya sabun yang dibuat harus didiamkan 4-6 minggu baru bisa digunakan.
apa ada yang tau tujuan dari didiamkan itu tadi? proses apa yang terjadi selama didiamkan? hehe ;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
Re: saponifikasi
« Jawab #12 pada: September 12, 2011, 08:27:38 AM »
katanya? kata siapa?
bisa tau alur proses pembuatannya dan di tahap mana proses pendiaman dilakukan?

Offline cosmeticadvice

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:saponifikasi
« Jawab #13 pada: April 17, 2013, 01:43:19 AM »
hmm.. saya baru aja praktek pmbuatan sabun. lalu katanya sabun yang dibuat harus didiamkan 4-6 minggu baru bisa digunakan.
apa ada yang tau tujuan dari didiamkan itu tadi? proses apa yang terjadi selama didiamkan? hehe ;D

terlalu lama mbak 3 minggu cukup. prosesnya cuma menetralkan basa NaOH yang masih tertinggal dalam proses tadi.
kalo buatnya benar 3 minggu sudah cukup. apalagi kalo dipanaskan kembali setelah jadi dipanaskan selama 1 jam dengan double boiler. bisa dikukus juga. langsung bisa dipakai kok.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.001
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:saponifikasi
« Jawab #14 pada: Juli 16, 2016, 12:35:25 PM »
Abu gosok itu abu kayu bukan sih? Lemak hewan itu gajih kan? Berarti kalau ada piring bekas makanan bergajih nyucinya cukup dengan abu gosok aja dong, kan udah jadi sabun?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
2718 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 17, 2013, 01:52:00 PM
oleh cosmeticadvice