Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

cheaters123

Kemarin jam 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D

Show 50 latest

Penulis Topik: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)  (Dibaca 9760 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline arrevi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 18
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • It's precious
    • Lihat Profil
Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
« pada: Mei 07, 2009, 09:53:47 AM »
Buat temen2 mohon bantuannya
Mungkin ada yang bisa menjelaskan mengenai Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik). Dan contoh dari masing2 senyawa tersebut.
Thanks before

Regards,
 ;D Arrevi ;D


nae-geso kudae-nun sara-jyo-son andwenun
bicho-ossumul anayo
kudae-ga ttonamyon naye modun sesangdo
sarajindonun-gol i-jji-nun marayo
sumul shwigo shipoyo ku-dae sarang a-nes
    [OST. ENDLESS LOVE - AUTUMN IN MY HEART (REASON)][/list]

    Offline syx

    • Global Moderator
    • Profesor
    • *****
    • Tulisan: 4500
    • IQ: 341
    • Gender: Pria
      • Lihat Profil
    Re: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
    « Jawab #1 pada: Mei 07, 2009, 11:32:21 AM »
    senyawa ionik adalah senyawa yang dalam larutan (biasanya air) dapat membentuk ion atau bermuatan elektrik.
    contoh: asam asetat dalam larutan membentuk ion asetat yang bermuatan negatif (anion) dan ion hidrogen yang bermuatan positif (kation).
    senyawa nonionik adalah senyawa yang punya sifat berlawanan dengan di atas, artinya mereka ga punya muatan dalam larutan. misalnya kalo dalam obat adalah golongan kortikosteroid.
    kalo zwitter-ionik satu senyawa bisa punya muatan yang berbeda. contoh paling banyak ada pada golongan asam amino. gugus aminanya menyuplai muatan positif sedangkan gugus karboksilat muatan negatif.


    Offline arrevi

    • Mahasiswa
    • **
    • Tulisan: 18
    • IQ: 4
    • Gender: Pria
    • It's precious
      • Lihat Profil
    Re: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
    « Jawab #2 pada: Mei 08, 2009, 11:25:47 AM »
    Oh... begitu
    kalo q pernah denger bahwa senyawa ionik itu dapat dibagi menjadi 2 yaitu senyawa kationik dan senyawa anionik.
    Kalo melihat jawaban mas syx.. berarti asam asetat itu termasuk senyawa ionik yang kationik /anionik / amfoterik??
    And kalo glukosa itu bukannya non-ionik.. kalo golongan hidrokarbon, alkohol, ester, dsb itu termasuk nonionik apa ionik ya??
    waduh bingung...

    hufh...

    Jadi yang menjadi dasar membedakan senyawa anion, kation, non-ion, maupun zwitterion itu apa ya???
    toeng toeng

    Correct Me If I'm Wrong
    -arrevi-

    Offline Firzal

    • Mahasiswa
    • **
    • Tulisan: 49
    • IQ: 9
    • Gender: Pria
      • Lihat Profil
    Re: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
    « Jawab #3 pada: Mei 09, 2009, 05:28:43 PM »
    nie q coba bantu,

    1. senyawa ionik => klo yang kamu maksud adalah senyawa elektrolit jawaban syx bener.biasanya senyawa elektrolit terbagi dua yaitu elektrolit kuat dan elektrolit lemah.klo kamu pernah praktikum, elektrolit kuat jika dihubungkan dengan elektrode seng dan tembaga akan menyalakan lampu dan menghasilkan gelembung yang banyak sedangkan elektrolit lemah hanya menghasilkan gelembung.terus yang disebut kation dan anion adalah :
    misal kamu memasukkan NaCl kedalam air maka NaCl akan terurai menjadi Na^+ yang kita sebut kation (ion positif) dan Cl^- yang kita sebut anion (ion negatif)
    2. Senyawa non ionik => kebalikannya dari senyawa ionik disebut juga non elektrolit.ciri cirinya g bisa menghantarkan listrik karena tidak punya PEB (pasangan elektron bebas) di atom pusat, contohnya hidrokarbon dan turunan-turunan alkana (alkohol, alkoksi alkana (eter), alkanon (keton), alkanal (aldehid), asam alkanoat (asam karboksilat) dan alkil alkanoat (ester)....hampir semuanya non elektrolit........glukosa itu ionik karena glukosa itu gula dengan gugus aldehid (aldosa)
    3. amfoter => secara umum didefinisikan senyawa yang "gak konsisten".contohnya Aluminium, dalam senyawa Al bsa membentuk asam ataupun basa.gak kaya Unsur gol IA dan IIA yang selalu basa dan gol VIIA yang selalu asam.
    terus ion zwitter, adalah istilah untuk senyawa-senyawa asam amino (semua asam amino)....pada asam amino terdapat gugus asam yang di wakili -COO^- dan gugus basa yang diwakili NH4^+........ini juga amfoter karena asam amino bisa bereaksi dengan kation maupun anion

    Offline nandaz

    • Profesor
    • *****
    • Tulisan: 1836
    • IQ: 75
    • Gender: Pria
    • ...Mad about Sci_mistery
      • Lihat Profil
    Re: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
    « Jawab #4 pada: Mei 10, 2009, 07:02:10 PM »
    ...seluruh asam amino adalah zwiter ion, kecuali glisin....
    starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
    \dia\cal{ANONYMOUS}\cl

    Offline syx

    • Global Moderator
    • Profesor
    • *****
    • Tulisan: 4500
    • IQ: 341
    • Gender: Pria
      • Lihat Profil
    Re: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
    « Jawab #5 pada: Mei 12, 2009, 08:09:32 AM »
    ... dan ga semua senyawa zwitter ion adalah asam amino.

    beneran glycine bukan zwitter ion?

    Offline nandaz

    • Profesor
    • *****
    • Tulisan: 1836
    • IQ: 75
    • Gender: Pria
    • ...Mad about Sci_mistery
      • Lihat Profil
    Re: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
    « Jawab #6 pada: Mei 12, 2009, 10:58:30 AM »
    ... dan ga semua senyawa zwitter ion adalah asam amino.

    beneran glycine bukan zwitter ion?

    eh, maksudnya ngga optik aktif....sorry

    Offline Muztank

    • Dosen
    • ****
    • Tulisan: 387
    • IQ: 25
    • Gender: Pria
    • biotek...^^
      • Lihat Profil
    Re: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
    « Jawab #7 pada: Mei 12, 2009, 01:21:02 PM »
    maksudnya optik aktif tu apa si?

    Offline syx

    • Global Moderator
    • Profesor
    • *****
    • Tulisan: 4500
    • IQ: 341
    • Gender: Pria
      • Lihat Profil
    Re: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
    « Jawab #8 pada: Mei 12, 2009, 03:40:35 PM »
    wah... udah mulai OOT nih. optik aktif itu berarti kemampuan untuk memutar bidang rotasi sinar terpolarisasi. biasanya disebut dex- (untuk yang memutar ke kanan) atau levo- (untuk yang memutar ke kiri). pencampuran keduanya dalam perbandingan 1:1 disebut campuran rasemis. kalo di asam amino di alam rata-rata bersifat levo. makanya banyak disebutkan L-arginine, L-lysin, dst. L- di sini kependekan dari levo, mengacu pada sifat optik aktif.

    Offline nandaz

    • Profesor
    • *****
    • Tulisan: 1836
    • IQ: 75
    • Gender: Pria
    • ...Mad about Sci_mistery
      • Lihat Profil
    Re: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
    « Jawab #9 pada: Mei 13, 2009, 01:07:57 PM »
    Mr.syx betul2 hebat yah.....

    Offline shiha

    • Siswa Baru
    • *
    • Tulisan: 3
    • IQ: 0
    • Gender: Wanita
      • Lihat Profil
    Re: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
    « Jawab #10 pada: Mei 13, 2009, 01:25:35 PM »
    Senyawa ionik adalah senyawa yang bila dilarutkan(biasanya air) dapat membentuk ion-ion dan dapat menghantarkan listrik.
    contoh: CH3COOH(asam cuka), H2SO4(asam sulfat), MG(OH)2, dll.
    senyawa non ionik adalah senyawa yang bila dilarutkan dalam air tidak dapat terurai menjadi ion-ion serta tidak dapat menghantarkan listrik.
    contoh: pupuk, urea, dll.
    Amfoterik yaitu suatu unsur/senyawa yang dapat larut pada larutan asam maupun basa.
    contoh: air, magnesium, dll

    Offline Muztank

    • Dosen
    • ****
    • Tulisan: 387
    • IQ: 25
    • Gender: Pria
    • biotek...^^
      • Lihat Profil
    Re: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
    « Jawab #11 pada: Mei 13, 2009, 03:08:43 PM »
    wah... udah mulai OOT nih. optik aktif itu berarti kemampuan untuk memutar bidang rotasi sinar terpolarisasi. biasanya disebut dex- (untuk yang memutar ke kanan) atau levo- (untuk yang memutar ke kiri). pencampuran keduanya dalam perbandingan 1:1 disebut campuran rasemis. kalo di asam amino di alam rata-rata bersifat levo. makanya banyak disebutkan L-arginine, L-lysin, dst. L- di sini kependekan dari levo, mengacu pada sifat optik aktif.
    ooo..
    tq ya..

    Offline syx

    • Global Moderator
    • Profesor
    • *****
    • Tulisan: 4500
    • IQ: 341
    • Gender: Pria
      • Lihat Profil
    Re: Senyawa Ionik, Non-Ionik, Amfoterik (Zwitter-Ionik)
    « Jawab #12 pada: Mei 13, 2009, 04:29:48 PM »
    senyawa non ionik adalah senyawa yang bila dilarutkan dalam air tidak dapat terurai menjadi ion-ion serta tidak dapat menghantarkan listrik.
    contoh: pupuk, urea, dll.
    Amfoterik yaitu suatu unsur/senyawa yang dapat larut pada larutan asam maupun basa.
    contoh: air, magnesium, dll

    pupuk yang mana dulu... ada pupuk yang ionik kan? misalnya pupuk NPK. kalo pupuk kandang ga tau masuk yang mana. ;D
    urea masih bisa berionisasi... senyawa ini punya pKa 0.18.


    amfoterik adalah senyawa yang dapat berperan sebagai basa maupun asam, biasanya ada pada senyawa asam poliprotik. contoh dalam sistem asam fosfat ada dua jenis yang bersifat amfoterik, yaitu H2PO4- dan HPO42-.
    asam amino juga termasuk amfoterik, misalnya aja glycine +NH3CH2COO-. tapi perhatikan muatan asam amino dan fosfat, kalo di asam amino ada dua macam muatan (positif dan negatif) hingga secara keseluruhan molekul bersifat netral. inilah yang disebut sebagai zwitterion.

     

    Topik Terkait

      Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
    Penamaan senyawa

    Dimulai oleh Mars Kimia

    10 Jawaban
    7616 Dilihat
    Tulisan terakhir April 11, 2009, 06:10:21 PM
    oleh nandaz
    3 Jawaban
    2426 Dilihat
    Tulisan terakhir Mei 03, 2010, 07:23:32 AM
    oleh syx
    27 Jawaban
    19331 Dilihat
    Tulisan terakhir September 29, 2010, 07:10:52 PM
    oleh faenscy

    Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia