Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

Kemarin jam 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

Kemarin jam 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

Kemarin jam 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: soal OSN 2011 (Tanya)  (Dibaca 1164 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Ansor67

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
soal OSN 2011 (Tanya)
« pada: Pebruari 29, 2012, 02:44:10 PM »
Soal 4 – Asam Fosfat dan Sifatnya dalam Larutan (20 Poin)
Asam fosfat adalah asam lemah berproton tiga dengan Ka1 = 7 x 10-3, Ka2 = 6 x 10-8, dan Ka3 = 4 x 10-13. Asam fosfat dapat dibuat dengan mereaksikan padatan mineral batuan Ca5(PO4)3F dengan asam sulfat encer, dengan menghasilkan produk samping HF dan gipsum.
a. Ion – ion apa saja yang mungkin terbetnuk dalam larutan asam fosfat,
tuliskan reaksi kesetimbangan ionnya ! (4 Poin)
b. Hitung semua konsentrasi ion – ion tersebut dalam asam fosfat 1 M ! (8 Poin)
c. Berapa tingkat oksidasi kalsium dan fosfor dalam senyawa
Ca5(PO4)3F ? (2 Poin)
d. Apa rumus kimia gipsum?
e. Tuliskan persamaan reaksi pembuatan asam fosfat tersebut! (2 Poin)
f. Jika bahan baku awal adalah 1 kg Ca5(PO4)3F, berapakah produk
asam fosfat yang diperoleh? (Asumsikan keberhasilan sintesis 80 %) (3 Poin)

para profesor bantuin saya ngerjain ini soal :D



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re:soal OSN 2011 (Tanya)
« Jawab #1 pada: April 25, 2012, 08:49:18 PM »
Ada yang bilang CaSO4 doank juga untuk gypsum..

a. H3PO4  <=> H+    +    H2PO4-
    H2PO4- <=> H+    +   HPO42-
    HPO42- <=> H+    + PO43-

d. CaSO4

e. Ca5(PO4)3F + 5H2SO4 --> 3H3PO4 + HF + 5CaSO4

Yang itungan... adoh.. ntar ya. hahaha.
Siap saya ujian.. mungkin uda telat ya? XD
~ You are what you eat ~

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
10567 Dilihat
Tulisan terakhir September 23, 2011, 07:02:21 PM
oleh topan bagaskara
36 Jawaban
9101 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 30, 2010, 03:03:30 PM
oleh Monox D. I-Fly
22 Jawaban
8930 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 29, 2010, 04:34:38 PM
oleh nandaz
10 Jawaban
4011 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 24, 2011, 10:55:47 AM
oleh Balya
tanya soal miopi?

Dimulai oleh exile_rstd « 1 2 3 » Kesehatan

30 Jawaban
7772 Dilihat
Tulisan terakhir November 28, 2012, 01:38:19 PM
oleh exile_rstd

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia