Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

Kemarin jam 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

Kemarin jam 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

Kemarin jam 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: Jurus jitu  (Dibaca 3870 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Fhydha_099

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 150
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
  • Bubble Gummy ... :-D
    • Lihat Profil
    • Bubble Gummy Blog's
Jurus jitu
« pada: Mei 25, 2010, 01:29:52 PM »
MATEMATIKA??

mendengar kata itu pasti kita akan merinding deh. Nih aku punya triknya ....
Sebenarnya saya kurang setuju dengan cara - cara yang digunakan oleh beberapa bimbingan belajar ( kayaknya hampir semua bimbel ) yang mengajar trik - trik tertentu ( kadang disebut sebagai rumus cepat ) untuk mengerjakan soal matematika.

1. Saya kadang suka mendapat pertanyaan dari siswa " apakah ada rumus cepatnya pak ? " jika sebuah soal terkesan agak sedikit menjelimet dalam proses pencarian jawabannya.

2. Sebenarnya " rumus cepat " tersebut kadang dipahami secara instant, padahal sebuah rumus cepat itu sebenarnya didapat dari kematangan konsep sebuah materi ( itu artinya untuk si pengajar mungkin rumus tersebut mudah untuk dicerna, akan tetapi siswa tidak melihat proses bagaimana rumus itu bisa ada).

3. " Rumus cepat " justru menjadi beban siswa, sebab dia harus menghapal rumus tersebut, padahal matematika kan sebenarnya mengajarkan siswa agar dapat berpikir secara logis ( bukan menghapal rumus, ini bukan pelajaran sejarah, guys )dalam menyelesaikan masalah ( artinya jangan sampai terjebak pada rumus cepat )
4. Ini baru tipsnya
Ibarat orang latihan silat kalau mau jadi master tidak mungkin kita hanya mempelajarai trik suatu jurus, seseorang baru bisa jadi master kalau dia rajin berlatih dan sering mengadu ilmu yang didapat dengan orang lain. Kalau di matematika anda baru bisa jadi master kalau sering berlatih mengerjakan soal dan menaklukkan soal yang bervariasi.

selamat bertanding !
« Edit Terakhir: Agustus 03, 2010, 01:09:37 AM oleh reborn »



Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
    • Lihat Profil
Re: Jurus jitu
« Jawab #1 pada: Mei 26, 2010, 01:46:31 PM »
jadi ingat dulu waktu kuliah...
teman saya mengerjakan soal kalkulus dengan cara2 cepat...
jawabannya sih benar tapi si dosen salahin jawabannya karena proses pengejaan nya salah dan yang lebih tragis
teman saya tuh jadi dapat nilai E....:D
Be the sustainable learner, because life is learning...

Offline cahya93

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Jurus jitu
« Jawab #2 pada: Juni 08, 2010, 12:58:23 PM »
sbagai pelajar, saya jg kadang pake rumus cpat jg... :D :D

soalnya kadang rumus yg terlalu panjang bikin saya pusing sendiri...
I Love Biologi

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: Jurus jitu
« Jawab #3 pada: Juni 08, 2010, 06:38:42 PM »
Wah...pada ga bener nih...bener tuh kata Fhydha... Matematika, fisika, kimia...ga boleh pake rumus cepat... rumus cepat, atau lebih bagus disebut teori membodohkan diri, seperti kata Fhydha, didapat dari penurunan2 rumus dan pengalaman2 penemu rumusnya.misalnya:

f(x)=(ax + b)/(cx + d)

dari rumus cepatnya didapat bahwa invers dari fungsi itu adalah:

f-1(x)=(-dx + b)/(cx - a)

Nah, kalau kita lihat, sebenarnya rumus itu didapat dari penurunan berikut.

Misal, y = f(x)
y = (ax + b)/(cx + d)
y(cx + d) = ax + b
cxy + dy = ax + b
cxy - ax = b - yd
x (cy - a) = b - yd
x = (b - yd)/(cy - a)
sehingga, f-1(x)=(-dx + b)/(cx - a)

Tuh kan? lebih enak kalau kita paham penurunannya daripada hafalan mentah2.

"Jangan memakan apel bulat-bulat, makanlah dalam potongan-potongan kecil."
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Jurus jitu
« Jawab #4 pada: Juni 08, 2010, 10:45:51 PM »
woowhohwohwowhowhow~

ini nih,,,
invers2 gitu yee.. :D :D ;D
ada masuk ujian sisca di skolah kemaren.. XD
~ You are what you eat ~

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: Jurus jitu
« Jawab #5 pada: Juni 09, 2010, 06:28:07 AM »
Iye...sbenernya banyak lagi rumus2 invers yg bsa didapetin... termasuk kalkulus... tapi ga seru klo makan rumus mentah2. enakan nurunkn sendiri... :D :D

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Jurus jitu
« Jawab #6 pada: Juni 09, 2010, 02:59:56 PM »
wohh..
kalkulus..
wahh waah..
emang bakat bung takagi nih di MTK,, cocok deh masuk STIS.. (prok prok prok) ;D ;D

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: Jurus jitu
« Jawab #7 pada: Juni 09, 2010, 04:18:30 PM »
amiin... :D :D
Wa... logika matematikaku masi jelek... penalaran soal2q masi kurang... masi lom bs jawab soal tk prov... T-T

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Jurus jitu
« Jawab #8 pada: Juni 10, 2010, 11:36:21 AM »
waah..
sisca blom pernah liat soal olimp prov.. ahhaa~
cuma pernah liat yg fisika sama bio... wah. enak... susah.. hahahhaha~

Offline laZr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Jurus jitu
« Jawab #9 pada: Juli 28, 2010, 02:35:55 AM »
bimbel ngajarin rumus-rumus cepat, karena umumnya soal-soal yang diujikan dari tahun ke tahun tipenya sama...
kalau seandainya ingin penggunaan rumus-rumus cepat ini berkurang, harusnya variasi soal dari pihak penguji makin beragam (tapi memang sulit dengan materi SMA yang tidak terlalu banyak)...

bimbel juga gak bisa sepenuhnya disalahkan, karena yang menjadi daya jual mereka disitu, yang menjadi parameter bimbel sukses itu kan berapa banyak siswanya yang lulus berbagai macam ujian yang sayangnya sifatnya udah seperti saya sebutkan di atas...
jadilah bimbel-bimbel yang mengandalkan cara-cara cepat seperti itu...

tapi menurut saya, jujur saja, cara cepat seperti menghilangkan kesenangan dalam bermatematika atau fisika...
hanya dihapal bulat-bulat, tanpa mengerti esensinya...
Apalagi untuk orang yang tidak suka hafalan seperti saya, bener-bener gak bisa kepake...
kalau sering ngerjain soal atau nurunin rumus sendiri pastinya gak perlu rumus cepat...

lagian gak sumpek apa itu otak menghafal ribuan rumus cepat ;D ;D ;D
dulunya 'bledug' sekarang udah jadi laZr ya...

Keep Moving Forward!!

Offline Fhydha_099

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 150
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
  • Bubble Gummy ... :-D
    • Lihat Profil
    • Bubble Gummy Blog's
Re: Jurus jitu
« Jawab #10 pada: Juli 28, 2010, 10:18:35 PM »
waah..
sisca blom pernah liat soal olimp prov.. ahhaa~
cuma pernah liat yg fisika sama bio... wah. enak... susah.. hahahhaha~

waduh, soalnya teh susah banget. Riibeet... hohohoho.... Apalagi Sains ... mati aje dech. .............

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Jurus jitu
« Jawab #11 pada: Juli 29, 2010, 06:25:26 AM »
waah..
sisca blom pernah liat soal olimp prov.. ahhaa~
cuma pernah liat yg fisika sama bio... wah. enak... susah.. hahahhaha~

waduh, soalnya teh susah banget. Riibeet... hohohoho.... Apalagi Sains ... mati aje dech. .............
yeeeeee~
Jangan cepet nyerah donk...
Masi SD juga...
Ntar uda SMP mau gimana nih.. ahhaaahha..
Sains itu enak lo..
Kalo diikutin mulai dari awal2..
Ikutin deh pelan2...
Keren banget.. ^^

@bung larZ..
Soal2 SNMPTN juga tipenya mirip2 sama yang tahun lalu juga ya?

Offline laZr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Jurus jitu
« Jawab #12 pada: Juli 29, 2010, 06:20:52 PM »
laZr sisca....
beda tuh ;D ;D

tahun ini belum tahu saya, gak update juga...tapi biasanya selama sistemnya masih satu nama biasanya mirip...
kalaupun beda gak terlalu jauhlah...
makanya ada kan beberapa bimbel yang bangga nunjukkin statistik, soal tahun ini mirip dengan prediksinya di kuis sekian-sekian, atau tryout kesekian... (biarpun kadang saya mikir gak ada mirip-miripnya sama sekali.)
karena memang materi sma belum cukup luas untuk lebih banyak variasi lebih...

tapi usahain jangan ngerjain soal dengan rumus cepat, soalnya saya pernah lihat teman yang ngerjain soal dengan rumus cepat, dan memang benar, karena kebetulan rumus cepatnya didesain untuk soal yang persis (cuma angkanya yang beda)
tapi gitu soalnya diutak-atik dikit, cuma mengubah rumusnya dikit aja, udah langsung bingung...
yang paling sering saya lihat itu di materi matematika, logaritma...

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 979
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Jurus jitu
« Jawab #13 pada: Agustus 15, 2014, 09:12:04 PM »
Well, alasan saya suka matematika sejak kecil karena saya lemah dalam hal hafalan. Dalam matematika kan hal yang perlu dihafal sebenernya cuma rumus-rumus yang paling dasar aja, rumus-rumus lainnya cuma pengembangan dari rumus-rumus yang sudah ada. Saya suka matematika karena kalau jawabannya nggak ketemu, masih bisa diakali dengan cara lain. Beda dengan mata pelajaran hafalan. Jujur meskipun saya sarjana pendidikan matematika, sampai sekarang saya nggak hafal rumus luas permukaan kerucut. Tapi karena saya paham cara mendapatkan rumus tersebut (luas alas + luas selimut <luas selimut didapat dari luas juring lingkaran>), tiap menemui soal tentang luas permukaan kerucut saya tidak mengalami kesulitan. :)
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia