Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Monox D. I-Fly

Hari Ini jam 10:28:53 AM
ada apa cocack?

Andara Fitriyanti

April 30, 2016, 06:43:21 PM
Diskusi apa nich yg lg rame? ;)
 

cocack

April 27, 2016, 07:12:57 PM
ada yang on di forum matematika

Ebii

April 25, 2016, 10:26:04 AM
guysss gimana sih caranya posting
 

nʇǝʌ∀

April 17, 2016, 10:48:08 AM
@ytridyrevsielixetul

mang kenapa lagi sih? harga minyak anjlok plus kredit macet sektor properti?

*dobel ruginya*

sinjo

April 12, 2016, 09:15:18 PM
 

ytridyrevsielixetuls

April 02, 2016, 05:01:07 PM
benarkah tahun ini dunia akan mengalami resesi ekonomi besar-besaran?

tdccrew666

Maret 31, 2016, 09:35:21 PM
misi boosss
mau minta tolong untuk data mining ada metode "1R Holte" itu metode nya bagaimana ya?? kalau ada sekalian contoh kasus,,, referensi jurnal juga gak papa,,,,,, :) :)

deviana_putri99

Maret 30, 2016, 08:56:25 PM
 :)
 

nʇǝʌ∀

Maret 30, 2016, 04:35:18 PM
@jhonabundance
@rodadua


dimohon tidak beriklan di shoutbox. terma kasih.

@endahsulis20

maksudnya tidak bisa posting gimana? apakah tidak ada captcha?

Show 50 latest

Penulis Topik: Bentuk limit tak hingga + tak hingga  (Dibaca 14836 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Bentuk limit tak hingga + tak hingga
« Jawab #15 pada: Oktober 03, 2010, 02:13:53 PM »
Ya wong kebanyaken terlalu besar nilai nya..
meski excel bisa memproses angka sampai kira-kira 10300 atau 10-300
tapi bukan berati presisi excel 300 digit..
coba lihat tabel di bawah ini

Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
ket:
bilangan1 = 1
bilangan2 = bilangan1*10 + 1
...dst...

terlihat pada bilangan16 penjumlahan angka 1 tidak lagi tercatat..itulah presisi maksimalnya
lebih jelasnya liat lampiran yah..

Offline faenscy

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 79
  • IQ: 9
  • Gender: Wanita
  • ^^
    • Lihat Profil
Re: Bentuk limit tak hingga + tak hingga
« Jawab #16 pada: Oktober 03, 2010, 07:40:05 PM »
masi g ngerti..
klo soal presisi rasanya lumayan ngerti..
tp hubungannya sehingga ekivalen dengan e gmn ya?

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Bentuk limit tak hingga + tak hingga
« Jawab #17 pada: Oktober 03, 2010, 08:16:03 PM »
y sebenarnya s kembali kedefinisi e
e=\lim_{x\to\infty} \left(1+\frac~1x\right)^x

untuk menghitung nilai e ya harus memasukkan x yang sangat besar
masalahnya menghitungnya ga bisa pakai excel karena keterbatasan presisi tadi
katakanlah butuh metode khusus
jadi contoh di atas yang 1 milyar cuma simulasi aja mengingat presisi excel..

mengenai bagaimana ngitungnya aku belum tau
yang jelas e bilangan irrasional yang kalau mau dihitung sampai berjuta2 digit dibelakang koma juga bisa, dan tidak membentuk pola
usaha manusia untuk menghitung nilai e bisa dilihat disini
wow! terahir ada yang menghitung sampai 1 triliun digit di belakang koma..!!

terus kenapa e begitu spesial?
(sebenarnya bisa dilihat di link tadi)
ada sifat e yang unik
misal aja ni

f(x)=e^x

jika diturunkan hasinya sama saja

\frac{d}{dx} f(x)=e^x

ada lagi

\frac{d}{dx} \log_e x=\frac 1x


« Edit Terakhir: Oktober 03, 2010, 08:18:49 PM oleh adisae »

Offline faenscy

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 79
  • IQ: 9
  • Gender: Wanita
  • ^^
    • Lihat Profil
Re: Bentuk limit tak hingga + tak hingga
« Jawab #18 pada: Oktober 04, 2010, 12:06:57 AM »
hmm..
kq bisa unik bgt gt y..
haha..
iy2 deh..
makasii..

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1373
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Bentuk limit tak hingga + tak hingga
« Jawab #19 pada: Oktober 04, 2010, 08:23:27 AM »
HouwLiong

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
13092 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2012, 08:39:15 PM
oleh DemonThinker
1 Jawaban
1723 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 19, 2010, 08:38:21 PM
oleh Nabih
22 Jawaban
20545 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 11, 2010, 05:52:15 PM
oleh given
3 Jawaban
19604 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 02, 2013, 09:27:38 PM
oleh trfrm
0 Jawaban
754 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 30, 2015, 07:14:54 PM
oleh Risma098

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia