Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

irapurnamasari

Hari Ini jam 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

Kemarin jam 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v

Show 50 latest

Penulis Topik: Bentuk limit tak hingga + tak hingga  (Dibaca 8952 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Bentuk limit tak hingga + tak hingga
« Jawab #15 pada: Oktober 03, 2010, 02:13:53 PM »
Ya wong kebanyaken terlalu besar nilai nya..
meski excel bisa memproses angka sampai kira-kira 10300 atau 10-300
tapi bukan berati presisi excel 300 digit..
coba lihat tabel di bawah ini

Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
ket:
bilangan1 = 1
bilangan2 = bilangan1*10 + 1
...dst...

terlihat pada bilangan16 penjumlahan angka 1 tidak lagi tercatat..itulah presisi maksimalnya
lebih jelasnya liat lampiran yah..

Offline faenscy

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 79
  • IQ: 9
  • Gender: Wanita
  • ^^
    • Lihat Profil
Re: Bentuk limit tak hingga + tak hingga
« Jawab #16 pada: Oktober 03, 2010, 07:40:05 PM »
masi g ngerti..
klo soal presisi rasanya lumayan ngerti..
tp hubungannya sehingga ekivalen dengan e gmn ya?

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Bentuk limit tak hingga + tak hingga
« Jawab #17 pada: Oktober 03, 2010, 08:16:03 PM »
y sebenarnya s kembali kedefinisi e
e=\lim_{x\to\infty} \left(1+\frac~1x\right)^x

untuk menghitung nilai e ya harus memasukkan x yang sangat besar
masalahnya menghitungnya ga bisa pakai excel karena keterbatasan presisi tadi
katakanlah butuh metode khusus
jadi contoh di atas yang 1 milyar cuma simulasi aja mengingat presisi excel..

mengenai bagaimana ngitungnya aku belum tau
yang jelas e bilangan irrasional yang kalau mau dihitung sampai berjuta2 digit dibelakang koma juga bisa, dan tidak membentuk pola
usaha manusia untuk menghitung nilai e bisa dilihat disini
wow! terahir ada yang menghitung sampai 1 triliun digit di belakang koma..!!

terus kenapa e begitu spesial?
(sebenarnya bisa dilihat di link tadi)
ada sifat e yang unik
misal aja ni

f(x)=e^x

jika diturunkan hasinya sama saja

\frac{d}{dx} f(x)=e^x

ada lagi

\frac{d}{dx} \log_e x=\frac 1x


« Edit Terakhir: Oktober 03, 2010, 08:18:49 PM oleh adisae »

Offline faenscy

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 79
  • IQ: 9
  • Gender: Wanita
  • ^^
    • Lihat Profil
Re: Bentuk limit tak hingga + tak hingga
« Jawab #18 pada: Oktober 04, 2010, 12:06:57 AM »
hmm..
kq bisa unik bgt gt y..
haha..
iy2 deh..
makasii..

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Bentuk limit tak hingga + tak hingga
« Jawab #19 pada: Oktober 04, 2010, 08:23:27 AM »
HouwLiong

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
10069 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2012, 08:39:15 PM
oleh DemonThinker
17 Jawaban
2932 Dilihat
Tulisan terakhir September 05, 2014, 09:15:00 PM
oleh kusmardiyanto
1 Jawaban
1046 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 19, 2010, 08:38:21 PM
oleh Nabih
22 Jawaban
13640 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 11, 2010, 05:52:15 PM
oleh given
3 Jawaban
14833 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 02, 2013, 09:27:38 PM
oleh trfrm

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia