Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

visitpare

Juli 29, 2014, 12:13:15 AM
dah malam.. maaf ya frenn ;) ;) ;) ;D ;D ;D ;D

visitpare

Juli 29, 2014, 12:12:45 AM
mana nihh.. kok seooouupiii ya..  >:( >:(

visitpare

Juli 29, 2014, 12:11:57 AM
 >:( >:( >:( >:( >:( >:( >:( >:(

visitpare

Juli 29, 2014, 12:11:34 AM
 ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D

visitpare

Juli 29, 2014, 12:11:02 AM
 :D :D :D :D :D :D

visitpare

Juli 29, 2014, 12:10:44 AM
......zzz.....

visitpare

Juli 29, 2014, 12:10:16 AM
Bagi yang tau info cpns tlg shout ke sini.. makasih banyak

visitpare

Juli 29, 2014, 12:09:14 AM
Ada info tentang CPNS 2014 gak ya? mohon infonya.

visitpare

Juli 29, 2014, 12:05:59 AM
Selamat atas kemenangan Pak Jokowi di Pilpres 2014
 

Muztank

Juli 17, 2014, 07:38:54 AM
woi jangan jualan obat aborsi d sini !!

Show 50 latest

Penulis Topik: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...  (Dibaca 3364 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline kadugedeboys

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« pada: Agustus 29, 2010, 06:51:29 AM »
gan, ane ada kesulitan nih ..

ada soal seperti ini :

115 * 4 - 4 + 88 / 2 = ?

hasilnya berapa ya.? oh iya kalo bisa urutan operasi  yang benar dijelasin ya gan..

Makasih sebelumnya ...

 ;D



Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #1 pada: Agustus 29, 2010, 09:41:23 AM »
(115*4) - 4 + (88/2) =
460       - 4 +   44    =
500

jadi yang lebih di prioritaskan itu perkalian dan pembagian, baru pengurangan atau penjumlahan

Fachni Rosyadi

  • Pengunjung
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #2 pada: Agustus 29, 2010, 12:57:42 PM »
Urutan pengerjaan:

1. Yang berada di dalam tanda kurung.
2. Operasi perkalian atau pembagian.
3. Operasi penjumlahan atau pengurangan.

Offline kadugedeboys

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #3 pada: Agustus 29, 2010, 02:16:07 PM »
(115*4) - 4 + (88/2) =
460       - 4 +   44    =
500

jadi yang lebih di prioritaskan itu perkalian dan pembagian, baru pengurangan atau penjumlahan


oh ya.. jadi perkalian lebih didahulukan dibanding dengan pembagian ya..
mungkin kalo untuk penjumlahan dan pengurangan kayaknya gak maslah kalo ketuker kalogak salah (komulatif) ya?

Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 185
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Lihat Profil
    • Media Belajar Online
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #4 pada: Agustus 29, 2010, 10:24:45 PM »
 :D :D :D :D

Benar sekali..... dan juaranya adalah.....

     1. ( )

     2. *

     3. /

+ dan - sebagai juara harapann...

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #5 pada: Agustus 31, 2010, 02:17:31 PM »
@galih utomo, ah kalau juara sih 3 bukan pembagian, pembagian setara dengan perkalian.

misalnya 2*6/3 =
bisa saja penghitungannya seperti ini 12/3;
ataupun 2*2;

pembagian dan perkalian menempati prioritas yang sama,

Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 185
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Lihat Profil
    • Media Belajar Online
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #6 pada: Agustus 31, 2010, 10:30:06 PM »
Hmm... coba kmu hitung yang ini....

6/3*2 = .....

ada 2 kemungkinan kan...

 :D :D jadinya kebalikk yang juara 2 harusnya "/" ya?

« Edit Terakhir: Agustus 31, 2010, 10:32:10 PM oleh galihutomo »

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #7 pada: September 03, 2010, 09:26:53 AM »
@galihutomo

lho itu kan ambigu,..
maksudnya 6/3 baru dikalikan 2 atau 6 dibagi dengan 3*2

matematika itu ilmu pasti kan,.. jadi untuk satu soal tidak mungkin menghasilkan jawaban yang berbeda yang keduanya dibenarkan(untuk kasus yang anda ajukan).

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 9
    • Lihat Profil
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #8 pada: Oktober 02, 2010, 03:31:33 PM »
Hmm... coba kmu hitung yang ini....

6/3*2 = .....


kalo di pemrograman komputer s jelas hasilnya 4..
bagi dan kali sama prioritasnya jadi dikerjakan dulu yang depan..
tak pikir di aritmatika juga sama

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #9 pada: Oktober 02, 2010, 09:06:34 PM »
tetapi kalo yang begini:

\frac{2-2}{1-1}=?
yang musti didahulukan ya hasil pengurangan. Bukan, dilakukan operasi distribusi dan kemudian pembagian....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 9
    • Lihat Profil
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #10 pada: Oktober 02, 2010, 10:14:28 PM »
hhe kalo itu mah ditulis dalam bahasa komputer

(2-2)/(1-1)=?

wong dari kode MimeTex nya aja keliatan..

\frac{2-2}{1-1}=?

jelas yang dikerjain dulu yang di dalam kurung

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Uji Kemampuan Analisa Aritmatika-mu

Dimulai oleh Mtk Kerajaan Mataram Matematika

12 Jawaban
6056 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 10, 2009, 06:41:01 AM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
Matriks Daftar Hasil Operasi

Dimulai oleh Fachni Rosyadi Matematika SMU

1 Jawaban
1727 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 29, 2010, 01:00:27 PM
oleh Fachni Rosyadi
aritmatika

Dimulai oleh udunk Matematika

2 Jawaban
887 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2010, 10:06:14 PM
oleh physicsfighter
4 Jawaban
1305 Dilihat
Tulisan terakhir September 14, 2011, 09:22:11 PM
oleh Farabi
2 Jawaban
1742 Dilihat
Tulisan terakhir November 13, 2012, 04:42:08 AM
oleh gtx

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia