Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Kemarin jam 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

nʇǝʌ∀

Oktober 09, 2014, 01:00:00 AM
musim jin dan supernatural, dan debat agama di ForSa sudah habis yah? sekarang kayanya makin banyak yang membanjiri subforum matematika :D nanti kira2 ada musim apa lagi?

meizavho

Oktober 08, 2014, 05:33:22 PM
salam kenal
rivo stephano :)

aidilautomation

Oktober 08, 2014, 10:27:02 AM
salam kenal saya aidil

Show 50 latest

Penulis Topik: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...  (Dibaca 3645 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline kadugedeboys

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« pada: Agustus 29, 2010, 06:51:29 AM »
gan, ane ada kesulitan nih ..

ada soal seperti ini :

115 * 4 - 4 + 88 / 2 = ?

hasilnya berapa ya.? oh iya kalo bisa urutan operasi  yang benar dijelasin ya gan..

Makasih sebelumnya ...

 ;D



Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #1 pada: Agustus 29, 2010, 09:41:23 AM »
(115*4) - 4 + (88/2) =
460       - 4 +   44    =
500

jadi yang lebih di prioritaskan itu perkalian dan pembagian, baru pengurangan atau penjumlahan

Fachni Rosyadi

  • Pengunjung
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #2 pada: Agustus 29, 2010, 12:57:42 PM »
Urutan pengerjaan:

1. Yang berada di dalam tanda kurung.
2. Operasi perkalian atau pembagian.
3. Operasi penjumlahan atau pengurangan.

Offline kadugedeboys

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #3 pada: Agustus 29, 2010, 02:16:07 PM »
(115*4) - 4 + (88/2) =
460       - 4 +   44    =
500

jadi yang lebih di prioritaskan itu perkalian dan pembagian, baru pengurangan atau penjumlahan


oh ya.. jadi perkalian lebih didahulukan dibanding dengan pembagian ya..
mungkin kalo untuk penjumlahan dan pengurangan kayaknya gak maslah kalo ketuker kalogak salah (komulatif) ya?

Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 185
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Lihat Profil
    • Media Belajar Online
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #4 pada: Agustus 29, 2010, 10:24:45 PM »
 :D :D :D :D

Benar sekali..... dan juaranya adalah.....

     1. ( )

     2. *

     3. /

+ dan - sebagai juara harapann...

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #5 pada: Agustus 31, 2010, 02:17:31 PM »
@galih utomo, ah kalau juara sih 3 bukan pembagian, pembagian setara dengan perkalian.

misalnya 2*6/3 =
bisa saja penghitungannya seperti ini 12/3;
ataupun 2*2;

pembagian dan perkalian menempati prioritas yang sama,

Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 185
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Lihat Profil
    • Media Belajar Online
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #6 pada: Agustus 31, 2010, 10:30:06 PM »
Hmm... coba kmu hitung yang ini....

6/3*2 = .....

ada 2 kemungkinan kan...

 :D :D jadinya kebalikk yang juara 2 harusnya "/" ya?

« Edit Terakhir: Agustus 31, 2010, 10:32:10 PM oleh galihutomo »

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #7 pada: September 03, 2010, 09:26:53 AM »
@galihutomo

lho itu kan ambigu,..
maksudnya 6/3 baru dikalikan 2 atau 6 dibagi dengan 3*2

matematika itu ilmu pasti kan,.. jadi untuk satu soal tidak mungkin menghasilkan jawaban yang berbeda yang keduanya dibenarkan(untuk kasus yang anda ajukan).

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #8 pada: Oktober 02, 2010, 03:31:33 PM »
Hmm... coba kmu hitung yang ini....

6/3*2 = .....


kalo di pemrograman komputer s jelas hasilnya 4..
bagi dan kali sama prioritasnya jadi dikerjakan dulu yang depan..
tak pikir di aritmatika juga sama

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #9 pada: Oktober 02, 2010, 09:06:34 PM »
tetapi kalo yang begini:

\frac{2-2}{1-1}=?
yang musti didahulukan ya hasil pengurangan. Bukan, dilakukan operasi distribusi dan kemudian pembagian....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Tanya dasar2 operasi aritmatika ...
« Jawab #10 pada: Oktober 02, 2010, 10:14:28 PM »
hhe kalo itu mah ditulis dalam bahasa komputer

(2-2)/(1-1)=?

wong dari kode MimeTex nya aja keliatan..

\frac{2-2}{1-1}=?

jelas yang dikerjain dulu yang di dalam kurung

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Uji Kemampuan Analisa Aritmatika-mu

Dimulai oleh Mtk Kerajaan Mataram Matematika

12 Jawaban
6318 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 10, 2009, 06:41:01 AM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
Matriks Daftar Hasil Operasi

Dimulai oleh Fachni Rosyadi Matematika SMU

1 Jawaban
1813 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 29, 2010, 01:00:27 PM
oleh Fachni Rosyadi
aritmatika

Dimulai oleh udunk Matematika

2 Jawaban
941 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2010, 10:06:14 PM
oleh physicsfighter
4 Jawaban
1422 Dilihat
Tulisan terakhir September 14, 2011, 09:22:11 PM
oleh Farabi
2 Jawaban
1845 Dilihat
Tulisan terakhir November 13, 2012, 04:42:08 AM
oleh gtx

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia