Berita: Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Penulis Topik: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???  (Dibaca 80349 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline taz

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« pada: Pebruari 08, 2011, 03:02:05 PM »
soal ini berasal dari kaskus forum,..
ini linknya : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6876506

dimana seorang anak kelas XI SMU menanyakan ini pada gurunya dan gurunya menjelaskan kalau 1+2x3 = 9
gurunya bahkan mengatakan:
"Kali bagi didahuluin tuh dah jaman dulu sekrang kalo kuliah mat diajarinnya mesti urut, kalo mo bikin kali ma bagi dulu y harus dikasi kurung (kebalikan ma ajaran2 dr sd)"

kalau menurut saya ya,.. operasi itu berpengaruh,. bagi,kali, tambah, kurang tidak sederajat. dan harus ada prioritas.

kemudian ada yang mengatakan kalau sudah kuliah jawabanya ya 9,.. apaka benar demikian??

bukankah yang di ajarkan di SD/SMP/SMu itu dasar , dan kalau dasarnya sudah salah, apa gunaya SD-SMU kenapa ga langsung kuliah aja?

master-master di mari sebenarnya yang paling benar itu yang mana?? karena ini ilmu pasti dan pasti jawab yang benar itu cuma satu, bukan dua-duanya.


Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.839
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #1 pada: Pebruari 08, 2011, 08:11:27 PM »
kenapa ngga dibuktiin aja langsung bro...?
kita gunakan metode pembuktian taklangsung(indirect proof) dengan mengasumsikan kali dan tambah sama-sama kuat.... :kribo:

apakah 1+2X3=7 atau 1+2X3=9  ?
disini saya coba untuk tidak mengutak-atik antara 2x3

jika 1+2X3=7 anggap benar, maka berlaku sifat komutatif dan subtraction
1+2X3-1=7-1
2X3+1-1=7-1
2X3=6

logis kah?

jika 1+2X3=9 anggap benar, maka seperti diatas
1+2X3-1=9-1
2X3+1-1=9-1
2X3=8
logis kah?


 
« Edit Terakhir: Pebruari 08, 2011, 08:29:49 PM oleh nandaz »
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline taz

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #2 pada: Pebruari 09, 2011, 04:59:35 AM »
kenapa ngga dibuktiin aja langsung bro...?
kita gunakan metode pembuktian taklangsung(indirect proof) dengan mengasumsikan kali dan tambah sama-sama kuat.... :kribo:

apakah 1+2X3=7 atau 1+2X3=9  ?
disini saya coba untuk tidak mengutak-atik antara 2x3

jika 1+2X3=7 anggap benar, maka berlaku sifat komutatif dan subtraction
1+2X3-1=7-1
2X3+1-1=7-1
2X3=6

logis kah?

jika 1+2X3=9 anggap benar, maka seperti diatas
1+2X3-1=9-1
2X3+1-1=9-1
2X3=8
logis kah?


udah lupa ane yang gini-gini bro, dah 3 tahun ga pernah buka-buka buku...  ;D

nah dengan cara yang sama bisakah kita menggunakan yang ini??

* 1+2x3=7 anggap benar, sifat yang berlaku apa??
1+2x3 = 7
(1+2x3)x \frac~13=7 x \frac~13
kalau bisa lanjutin dong bro,..

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #3 pada: Pebruari 09, 2011, 06:10:43 PM »
Ada urutan dalam penyelesaian perkalian. Yang pertama itu kalau tidak salah perkalian, yang kedua pertambahan ketiga pengurangan, dan terakhir pembagian.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.839
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #4 pada: Pebruari 09, 2011, 07:22:02 PM »
udah lupa ane yang gini-gini bro, dah 3 tahun ga pernah buka-buka buku...  ;D

nah dengan cara yang sama bisakah kita menggunakan yang ini??

* 1+2x3=7 anggap benar, sifat yang berlaku apa??
1+2x3 = 7
(1+2x3)x \frac~13=7 x \frac~13
kalau bisa lanjutin dong bro,..
lanjutin saja sendiri  :) kan boleh menggunakan sifat Distributif, coba sederhanakan soalnya sehingga tampak logis...

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #5 pada: Pebruari 10, 2011, 01:50:00 PM »
udah lupa ane yang gini-gini bro, dah 3 tahun ga pernah buka-buka buku...  ;D

nah dengan cara yang sama bisakah kita menggunakan yang ini??

* 1+2x3=7 anggap benar, sifat yang berlaku apa??
1+2x3 = 7
(1+2x3)x \frac~13=7 x \frac~13
kalau bisa lanjutin dong bro,..
(1+2x3)x \frac~13=7 x \frac~13
=(1+6)x(1/3)=(7/3)
=(1/3)+(6/3)=(7/3)
=1+6=7

jadi prinsipnya:
[1] penjumlahan setara dengan pengurangan dimana tanda yg lebih dulu muncul didahulukan
[2] perkalian setara dengan pembagian dimana tanda yg lebih dulu muncul didahulukan
[3] operasi perkalian atau pembagian harus didahulukan baru kemudian penjumlahan atau pengurangan

metode pembuktian dari nandaz boleh juga ;D
« Edit Terakhir: Pebruari 10, 2011, 01:52:47 PM oleh 12 »
#12

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #6 pada: Pebruari 10, 2011, 05:50:43 PM »
Ada urutan dalam penyelesaian perkalian. Yang pertama itu kalau tidak salah perkalian, yang kedua pertambahan ketiga pengurangan, dan terakhir pembagian.
kalo yg sy tau perkalian dan pembagian diutamakan kemudian penambahan dan pengurangan
http://en.wikipedia.org/wiki/Order_of_operations

Offline altair

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #7 pada: Pebruari 10, 2011, 08:23:21 PM »
waduh, dosen ada-ada ajanih, dosen kaka saya juga nyuruh ngebuktiin kalo 1+1 tidak sama dengan dua. ckckck ;D

Offline pue2t

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #8 pada: Pebruari 10, 2011, 08:48:18 PM »
Setuju kalo 1+2x3=7
soalnya dalam matematika itu ada yg namanya kabataku (kali bagi tambah kurang) di mana kali dan bagi lebih kuat dari tambah kurang.
kalo kali dan bagi ketemu, yg awal dikerjain duluan...

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.001
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #9 pada: Pebruari 11, 2011, 01:56:31 PM »
Yup. Di matematika ada semacam "unwritten rule" yg menyatakan urutan prioritas, yaitu:
Pangkat >> Kali >> Tambah
Akar >> Bagi >> Kurang
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #10 pada: Pebruari 13, 2011, 08:17:53 PM »
kalo yg sy tau perkalian dan pembagian diutamakan kemudian penambahan dan pengurangan
http://en.wikipedia.org/wiki/Order_of_operations

Ups, saya salah lagi ;D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.253
  • IQ: 320
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #11 pada: Pebruari 17, 2011, 09:32:01 PM »
Ini kan kesepakatan aja. Saat ini, seperti beberapa posting di atas, aturannya adalah pengalian/pembagian didahulukan, baru pertambahan/pengurangan. Guru mana tuh, kasian muridnya hehe...

Solusi lebih baik : gunakan tanda kurung, jadi jelas apa yang harus dioperasikan  terlebih dahulu.

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #12 pada: Pebruari 22, 2011, 07:29:21 PM »
jd benar 7

hitungan uang: pecahan 1000 1 buah dan 20000 2 buah
1000 + 2 x 20000 = 41000

masa  20040000 (kalo ternyata uang sy jd sgt gpp si :p)

Offline msihabudin

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #13 pada: Maret 17, 2011, 11:35:30 PM »
gurunya itu dulu waktu kuliah tidur tok kayaknya

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.839
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #14 pada: Maret 18, 2011, 10:53:34 PM »
Ini kan kesepakatan aja. Saat ini, seperti beberapa posting di atas, aturannya adalah pengalian/pembagian didahulukan, baru pertambahan/pengurangan. Guru mana tuh, kasian muridnya hehe...

Solusi lebih baik : gunakan tanda kurung, jadi jelas apa yang harus dioperasikan  terlebih dahulu.
kalo menurutku sih defenisi atau dengan kata lain rule of game  nya matematika...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
11335 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2016, 01:07:29 AM
oleh Monox D. I-Fly
34 Jawaban
14125 Dilihat
Tulisan terakhir September 07, 2016, 09:24:03 PM
oleh Monox D. I-Fly
105 Jawaban
37099 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2011, 12:27:00 AM
oleh daivadeva
mana yang benar?

Dimulai oleh 12 Fisika

8 Jawaban
5894 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 01, 2011, 07:40:18 PM
oleh Haryanto
4 Jawaban
4819 Dilihat
Tulisan terakhir November 03, 2014, 10:11:59 PM
oleh Monox D. I-Fly