Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Excalnewgate

April 16, 2015, 02:50:32 PM
Hallo salam kenal semua dan mohon bimbinganya ya, kedepanya.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:53:57 PM
maksih infonya gan
 

jasen

April 16, 2015, 01:36:33 PM
@NatsukiReza
Lanjutkan topik lama yang berhubungan dengan pertanyaan yg ingin diajukan, atau buat topik baru, di sub Forum yang sesuai.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:19:56 PM
gimana cara buat pertanyaan di forum ?? :D

Hanifyuand

April 12, 2015, 09:33:01 PM
Topik kita kan sains. Ustad gw ngomong jangan ditabrakin, entar timbul ketidakyakinan. Percayalah temen gw pernah ngalamin. Dia sekarang kerja di CERN. Dia sempet mau ateis gara-gara belajar partikel gitu-gitu

lutfiadi

April 11, 2015, 06:31:18 AM
agama hanif adalah agama sebelum nabi muhammad

laskar08

April 08, 2015, 01:01:18 PM
ayo ramaikan peluang usaha bisnis online di internet. sebuah Peluang Usaha yang bisa dikerjakan di rumah saja....  ;)

laskar08

April 08, 2015, 12:59:21 PM
ayo ramaikan peluang usaha bisnis online di internet. sebuah Peluang Usaha yang bisa dikerjakan di rumah saja....  ;)
 

Muztank

April 03, 2015, 01:25:02 AM
ramaikan forumsains :D
 

nʇǝʌ∀

Maret 31, 2015, 05:45:40 PM
@tresnadr

Jangan beriklan

Show 50 latest

Penulis Topik: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???  (Dibaca 35516 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline taz

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« pada: Pebruari 08, 2011, 03:02:05 PM »
soal ini berasal dari kaskus forum,..
ini linknya : pranala:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6876506 [non-aktif]

dimana seorang anak kelas XI SMU menanyakan ini pada gurunya dan gurunya menjelaskan kalau 1+2x3 = 9
gurunya bahkan mengatakan:
"Kali bagi didahuluin tuh dah jaman dulu sekrang kalo kuliah mat diajarinnya mesti urut, kalo mo bikin kali ma bagi dulu y harus dikasi kurung (kebalikan ma ajaran2 dr sd)"

kalau menurut saya ya,.. operasi itu berpengaruh,. bagi,kali, tambah, kurang tidak sederajat. dan harus ada prioritas.

kemudian ada yang mengatakan kalau sudah kuliah jawabanya ya 9,.. apaka benar demikian??

bukankah yang di ajarkan di SD/SMP/SMu itu dasar , dan kalau dasarnya sudah salah, apa gunaya SD-SMU kenapa ga langsung kuliah aja?

master-master di mari sebenarnya yang paling benar itu yang mana?? karena ini ilmu pasti dan pasti jawab yang benar itu cuma satu, bukan dua-duanya.




Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #1 pada: Pebruari 08, 2011, 08:11:27 PM »
kenapa ngga dibuktiin aja langsung bro...?
kita gunakan metode pembuktian taklangsung(indirect proof) dengan mengasumsikan kali dan tambah sama-sama kuat.... :kribo:

apakah 1+2X3=7 atau 1+2X3=9  ?
disini saya coba untuk tidak mengutak-atik antara 2x3

jika 1+2X3=7 anggap benar, maka berlaku sifat komutatif dan subtraction
1+2X3-1=7-1
2X3+1-1=7-1
2X3=6

logis kah?

jika 1+2X3=9 anggap benar, maka seperti diatas
1+2X3-1=9-1
2X3+1-1=9-1
2X3=8
logis kah?


 
« Edit Terakhir: Pebruari 08, 2011, 08:29:49 PM oleh nandaz »
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline taz

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #2 pada: Pebruari 09, 2011, 04:59:35 AM »
kenapa ngga dibuktiin aja langsung bro...?
kita gunakan metode pembuktian taklangsung(indirect proof) dengan mengasumsikan kali dan tambah sama-sama kuat.... :kribo:

apakah 1+2X3=7 atau 1+2X3=9  ?
disini saya coba untuk tidak mengutak-atik antara 2x3

jika 1+2X3=7 anggap benar, maka berlaku sifat komutatif dan subtraction
1+2X3-1=7-1
2X3+1-1=7-1
2X3=6

logis kah?

jika 1+2X3=9 anggap benar, maka seperti diatas
1+2X3-1=9-1
2X3+1-1=9-1
2X3=8
logis kah?


udah lupa ane yang gini-gini bro, dah 3 tahun ga pernah buka-buka buku...  ;D

nah dengan cara yang sama bisakah kita menggunakan yang ini??

* 1+2x3=7 anggap benar, sifat yang berlaku apa??
1+2x3 = 7
(1+2x3)x \frac~13=7 x \frac~13
kalau bisa lanjutin dong bro,..

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2984
  • IQ: 170
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #3 pada: Pebruari 09, 2011, 06:10:43 PM »
Ada urutan dalam penyelesaian perkalian. Yang pertama itu kalau tidak salah perkalian, yang kedua pertambahan ketiga pengurangan, dan terakhir pembagian.
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #4 pada: Pebruari 09, 2011, 07:22:02 PM »
udah lupa ane yang gini-gini bro, dah 3 tahun ga pernah buka-buka buku...  ;D

nah dengan cara yang sama bisakah kita menggunakan yang ini??

* 1+2x3=7 anggap benar, sifat yang berlaku apa??
1+2x3 = 7
(1+2x3)x \frac~13=7 x \frac~13
kalau bisa lanjutin dong bro,..
lanjutin saja sendiri  :) kan boleh menggunakan sifat Distributif, coba sederhanakan soalnya sehingga tampak logis...

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #5 pada: Pebruari 10, 2011, 01:50:00 PM »
udah lupa ane yang gini-gini bro, dah 3 tahun ga pernah buka-buka buku...  ;D

nah dengan cara yang sama bisakah kita menggunakan yang ini??

* 1+2x3=7 anggap benar, sifat yang berlaku apa??
1+2x3 = 7
(1+2x3)x \frac~13=7 x \frac~13
kalau bisa lanjutin dong bro,..
(1+2x3)x \frac~13=7 x \frac~13
=(1+6)x(1/3)=(7/3)
=(1/3)+(6/3)=(7/3)
=1+6=7

jadi prinsipnya:
[1] penjumlahan setara dengan pengurangan dimana tanda yg lebih dulu muncul didahulukan
[2] perkalian setara dengan pembagian dimana tanda yg lebih dulu muncul didahulukan
[3] operasi perkalian atau pembagian harus didahulukan baru kemudian penjumlahan atau pengurangan

metode pembuktian dari nandaz boleh juga ;D
« Edit Terakhir: Pebruari 10, 2011, 01:52:47 PM oleh 12 »
#12

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #6 pada: Pebruari 10, 2011, 05:50:43 PM »
Ada urutan dalam penyelesaian perkalian. Yang pertama itu kalau tidak salah perkalian, yang kedua pertambahan ketiga pengurangan, dan terakhir pembagian.
kalo yg sy tau perkalian dan pembagian diutamakan kemudian penambahan dan pengurangan
http://en.wikipedia.org/wiki/Order_of_operations

Offline altair

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #7 pada: Pebruari 10, 2011, 08:23:21 PM »
waduh, dosen ada-ada ajanih, dosen kaka saya juga nyuruh ngebuktiin kalo 1+1 tidak sama dengan dua. ckckck ;D

Offline pue2t

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #8 pada: Pebruari 10, 2011, 08:48:18 PM »
Setuju kalo 1+2x3=7
soalnya dalam matematika itu ada yg namanya kabataku (kali bagi tambah kurang) di mana kali dan bagi lebih kuat dari tambah kurang.
kalo kali dan bagi ketemu, yg awal dikerjain duluan...

Online Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1147
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #9 pada: Pebruari 11, 2011, 01:56:31 PM »
Yup. Di matematika ada semacam "unwritten rule" yg menyatakan urutan prioritas, yaitu:
Pangkat >> Kali >> Tambah
Akar >> Bagi >> Kurang
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2984
  • IQ: 170
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #10 pada: Pebruari 13, 2011, 08:17:53 PM »
kalo yg sy tau perkalian dan pembagian diutamakan kemudian penambahan dan pengurangan
http://en.wikipedia.org/wiki/Order_of_operations


Ups, saya salah lagi ;D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #11 pada: Pebruari 17, 2011, 09:32:01 PM »
Ini kan kesepakatan aja. Saat ini, seperti beberapa posting di atas, aturannya adalah pengalian/pembagian didahulukan, baru pertambahan/pengurangan. Guru mana tuh, kasian muridnya hehe...

Solusi lebih baik : gunakan tanda kurung, jadi jelas apa yang harus dioperasikan  terlebih dahulu.

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #12 pada: Pebruari 22, 2011, 07:29:21 PM »
jd benar 7

hitungan uang: pecahan 1000 1 buah dan 20000 2 buah
1000 + 2 x 20000 = 41000

masa  20040000 (kalo ternyata uang sy jd sgt gpp si :p)

Offline msihabudin

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #13 pada: Maret 17, 2011, 10:35:30 PM »
gurunya itu dulu waktu kuliah tidur tok kayaknya

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #14 pada: Maret 18, 2011, 09:53:34 PM »
Ini kan kesepakatan aja. Saat ini, seperti beberapa posting di atas, aturannya adalah pengalian/pembagian didahulukan, baru pertambahan/pengurangan. Guru mana tuh, kasian muridnya hehe...

Solusi lebih baik : gunakan tanda kurung, jadi jelas apa yang harus dioperasikan  terlebih dahulu.
kalo menurutku sih defenisi atau dengan kata lain rule of game  nya matematika...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
11 Jawaban
7532 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 17, 2008, 03:44:33 PM
oleh workaholic
33 Jawaban
9232 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2012, 06:17:06 PM
oleh rawWARus
105 Jawaban
17317 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 18, 2011, 11:27:00 PM
oleh daivadeva
mana yang benar?

Dimulai oleh 12 Fisika

8 Jawaban
3989 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 01, 2011, 06:40:18 PM
oleh Haryanto
4 Jawaban
2294 Dilihat
Tulisan terakhir November 03, 2014, 10:11:59 PM
oleh Monox D. I-Fly

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia