Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Kemarin jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???  (Dibaca 28788 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline taz

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« pada: Pebruari 08, 2011, 03:02:05 PM »
soal ini berasal dari kaskus forum,..
ini linknya : pranala:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6876506 [non-aktif]

dimana seorang anak kelas XI SMU menanyakan ini pada gurunya dan gurunya menjelaskan kalau 1+2x3 = 9
gurunya bahkan mengatakan:
"Kali bagi didahuluin tuh dah jaman dulu sekrang kalo kuliah mat diajarinnya mesti urut, kalo mo bikin kali ma bagi dulu y harus dikasi kurung (kebalikan ma ajaran2 dr sd)"

kalau menurut saya ya,.. operasi itu berpengaruh,. bagi,kali, tambah, kurang tidak sederajat. dan harus ada prioritas.

kemudian ada yang mengatakan kalau sudah kuliah jawabanya ya 9,.. apaka benar demikian??

bukankah yang di ajarkan di SD/SMP/SMu itu dasar , dan kalau dasarnya sudah salah, apa gunaya SD-SMU kenapa ga langsung kuliah aja?

master-master di mari sebenarnya yang paling benar itu yang mana?? karena ini ilmu pasti dan pasti jawab yang benar itu cuma satu, bukan dua-duanya.




Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #1 pada: Pebruari 08, 2011, 08:11:27 PM »
kenapa ngga dibuktiin aja langsung bro...?
kita gunakan metode pembuktian taklangsung(indirect proof) dengan mengasumsikan kali dan tambah sama-sama kuat.... :kribo:

apakah 1+2X3=7 atau 1+2X3=9  ?
disini saya coba untuk tidak mengutak-atik antara 2x3

jika 1+2X3=7 anggap benar, maka berlaku sifat komutatif dan subtraction
1+2X3-1=7-1
2X3+1-1=7-1
2X3=6

logis kah?

jika 1+2X3=9 anggap benar, maka seperti diatas
1+2X3-1=9-1
2X3+1-1=9-1
2X3=8
logis kah?


 
« Edit Terakhir: Pebruari 08, 2011, 08:29:49 PM oleh nandaz »
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline taz

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #2 pada: Pebruari 09, 2011, 04:59:35 AM »
kenapa ngga dibuktiin aja langsung bro...?
kita gunakan metode pembuktian taklangsung(indirect proof) dengan mengasumsikan kali dan tambah sama-sama kuat.... :kribo:

apakah 1+2X3=7 atau 1+2X3=9  ?
disini saya coba untuk tidak mengutak-atik antara 2x3

jika 1+2X3=7 anggap benar, maka berlaku sifat komutatif dan subtraction
1+2X3-1=7-1
2X3+1-1=7-1
2X3=6

logis kah?

jika 1+2X3=9 anggap benar, maka seperti diatas
1+2X3-1=9-1
2X3+1-1=9-1
2X3=8
logis kah?


udah lupa ane yang gini-gini bro, dah 3 tahun ga pernah buka-buka buku...  ;D

nah dengan cara yang sama bisakah kita menggunakan yang ini??

* 1+2x3=7 anggap benar, sifat yang berlaku apa??
1+2x3 = 7
(1+2x3)x \frac~13=7 x \frac~13
kalau bisa lanjutin dong bro,..

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2834
  • IQ: 170
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #3 pada: Pebruari 09, 2011, 06:10:43 PM »
Ada urutan dalam penyelesaian perkalian. Yang pertama itu kalau tidak salah perkalian, yang kedua pertambahan ketiga pengurangan, dan terakhir pembagian.
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #4 pada: Pebruari 09, 2011, 07:22:02 PM »
udah lupa ane yang gini-gini bro, dah 3 tahun ga pernah buka-buka buku...  ;D

nah dengan cara yang sama bisakah kita menggunakan yang ini??

* 1+2x3=7 anggap benar, sifat yang berlaku apa??
1+2x3 = 7
(1+2x3)x \frac~13=7 x \frac~13
kalau bisa lanjutin dong bro,..
lanjutin saja sendiri  :) kan boleh menggunakan sifat Distributif, coba sederhanakan soalnya sehingga tampak logis...

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #5 pada: Pebruari 10, 2011, 01:50:00 PM »
udah lupa ane yang gini-gini bro, dah 3 tahun ga pernah buka-buka buku...  ;D

nah dengan cara yang sama bisakah kita menggunakan yang ini??

* 1+2x3=7 anggap benar, sifat yang berlaku apa??
1+2x3 = 7
(1+2x3)x \frac~13=7 x \frac~13
kalau bisa lanjutin dong bro,..
(1+2x3)x \frac~13=7 x \frac~13
=(1+6)x(1/3)=(7/3)
=(1/3)+(6/3)=(7/3)
=1+6=7

jadi prinsipnya:
[1] penjumlahan setara dengan pengurangan dimana tanda yg lebih dulu muncul didahulukan
[2] perkalian setara dengan pembagian dimana tanda yg lebih dulu muncul didahulukan
[3] operasi perkalian atau pembagian harus didahulukan baru kemudian penjumlahan atau pengurangan

metode pembuktian dari nandaz boleh juga ;D
« Edit Terakhir: Pebruari 10, 2011, 01:52:47 PM oleh 12 »
#12

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #6 pada: Pebruari 10, 2011, 05:50:43 PM »
Ada urutan dalam penyelesaian perkalian. Yang pertama itu kalau tidak salah perkalian, yang kedua pertambahan ketiga pengurangan, dan terakhir pembagian.
kalo yg sy tau perkalian dan pembagian diutamakan kemudian penambahan dan pengurangan
http://en.wikipedia.org/wiki/Order_of_operations

Offline altair

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #7 pada: Pebruari 10, 2011, 08:23:21 PM »
waduh, dosen ada-ada ajanih, dosen kaka saya juga nyuruh ngebuktiin kalo 1+1 tidak sama dengan dua. ckckck ;D

Offline pue2t

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #8 pada: Pebruari 10, 2011, 08:48:18 PM »
Setuju kalo 1+2x3=7
soalnya dalam matematika itu ada yg namanya kabataku (kali bagi tambah kurang) di mana kali dan bagi lebih kuat dari tambah kurang.
kalo kali dan bagi ketemu, yg awal dikerjain duluan...

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1046
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #9 pada: Pebruari 11, 2011, 01:56:31 PM »
Yup. Di matematika ada semacam "unwritten rule" yg menyatakan urutan prioritas, yaitu:
Pangkat >> Kali >> Tambah
Akar >> Bagi >> Kurang
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2834
  • IQ: 170
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #10 pada: Pebruari 13, 2011, 08:17:53 PM »
kalo yg sy tau perkalian dan pembagian diutamakan kemudian penambahan dan pengurangan
http://en.wikipedia.org/wiki/Order_of_operations


Ups, saya salah lagi ;D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #11 pada: Pebruari 17, 2011, 09:32:01 PM »
Ini kan kesepakatan aja. Saat ini, seperti beberapa posting di atas, aturannya adalah pengalian/pembagian didahulukan, baru pertambahan/pengurangan. Guru mana tuh, kasian muridnya hehe...

Solusi lebih baik : gunakan tanda kurung, jadi jelas apa yang harus dioperasikan  terlebih dahulu.

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #12 pada: Pebruari 22, 2011, 07:29:21 PM »
jd benar 7

hitungan uang: pecahan 1000 1 buah dan 20000 2 buah
1000 + 2 x 20000 = 41000

masa  20040000 (kalo ternyata uang sy jd sgt gpp si :p)

Offline msihabudin

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #13 pada: Maret 17, 2011, 10:35:30 PM »
gurunya itu dulu waktu kuliah tidur tok kayaknya

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #14 pada: Maret 18, 2011, 09:53:34 PM »
Ini kan kesepakatan aja. Saat ini, seperti beberapa posting di atas, aturannya adalah pengalian/pembagian didahulukan, baru pertambahan/pengurangan. Guru mana tuh, kasian muridnya hehe...

Solusi lebih baik : gunakan tanda kurung, jadi jelas apa yang harus dioperasikan  terlebih dahulu.
kalo menurutku sih defenisi atau dengan kata lain rule of game  nya matematika...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
11 Jawaban
6804 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 17, 2008, 03:44:33 PM
oleh workaholic
33 Jawaban
8131 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2012, 06:17:06 PM
oleh rawWARus
105 Jawaban
13237 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 18, 2011, 11:27:00 PM
oleh daivadeva
mana yang benar?

Dimulai oleh 12 Fisika

8 Jawaban
3526 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 01, 2011, 06:40:18 PM
oleh Haryanto
3 Jawaban
1601 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 26, 2014, 08:38:34 AM
oleh MuhammadRyan

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia