Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: Akar dua dan bilangan irrasional  (Dibaca 8870 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Akar dua dan bilangan irrasional
« pada: September 25, 2008, 09:35:25 PM »
Akar 2  (\sqrt{2}) adalah bilangan irrasional pertama yang diperkenalkan oleh bangsa Yunani.
Mereka mengatakan bahwa panjang diagonal dari sebuah segitiga siku-siku dengan panjang dua sisi yang membentuk sudut siku-siku tersebut masing-masing  satu tidak mungkin rasional (irrasional).
Dari Teorema Phytagoras didapat bahwa panjang sisi miring (hipotenus) segitiga tersebut adalah akar 2  (\sqrt{2}).

Bagaimana membuktikan bahwa akar dua adalah bilangan irrasional? Ada beberapa cara untuk membuktikan ini.
Apa aja caranya? Nah, silahkan dimulai pembahasannya  ;D



Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Akar dua dan bilangan irrasional
« Jawab #1 pada: September 27, 2008, 11:20:27 AM »
Bilangan  \sqrt{2} dikenalkan bangsa Yunani ada pada bidang. Sekaligus menunjukkan bilangan itu tidak rasional.
Andaikan  \sqrt{2} rasional, maka harusnya ada bilangan bulat x dan y sehingga  \sqrt{2}=x/y, dimana y tidak nol.

Kita bisa menetapkan bahwa x dan y tidak kedua-duanya genap (yaitu minimal salah satunya kita tetapkan ganjil), karena kalau keduanya genap kita bisa menyederhanakannya sehingga diperoleh minimal salah satunya ganjil. Dalam artian lain x/y kita ambil yang paling sederhana.

Kita dapati bahwa (x2)/(y2)=2 atau (x2)=2(y2), dengan kata lain (x2) genap.

Bisa dengan mudah ditunjukkan bahwa bilangan kuadrat yang genap merupakan kuadrat dari bilangan genap atau jika (x2) genap maka x genap. (contohnya :16 genap maka  \sqrt{16}=4 genap, lalu 196 genap maka  \sqrt{196}=14 genap..).

Jadi karena (x2) genap maka x genap, karena itu ada bilangan bulat h sehingga x=2h, dan jadinya adalah :
x2=2y2 ==> (2h)2=2y2==> 4h2=2y2==>y2=2h2
Woww...jadinya y2 juga genap yang artinya y juga genap, kontradiksi dengan asumsi kita bahwa x dan y minimal salah satunya ganjil. Sehingga asumsi gagal dan  \sqrt{2} tidak rasional. Terbukti.

Logika Pembuktian :
Implikasi yang akan dibuktikan
Jika  \sqrt{2} rasional maka ada bilangan bulat x dan y dg y tak nol shg  \sqrt{2}=x/y.
Kita lambangkan pernyataan < \sqrt{2} rasional> dengan p, dan
pernyataan <ada bilangan bulat x dan y dg y tak nol shg  \sqrt{2}=x/y> dengan q, sehingga implikasi bisa ditulis p ==> q.
Kita telah menunjukkan di atas bahwa q salah atau -q benar, sehingga karena -q==>-p ekuivalen dengan p==>q, maka kita simpulkan -p benar, yaitu p salah atau  \sqrt{2} tidak rasional.

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Akar dua dan bilangan irrasional
« Jawab #2 pada: September 27, 2008, 11:32:58 AM »
^ plok..plok..plok..

Matematika Kerajaan Mataram... ;D
(eh bener kan Mtk-nya itu matematika ;) )
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Akar dua dan bilangan irrasional
« Jawab #3 pada: September 28, 2008, 10:27:18 AM »
Anyone in this forum whose an idea to prove the irrationality of \sqrt{3},\sqrt{5},\sqrt{6},...? By mean any non qudratic integer.

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Akar dua dan bilangan irrasional
« Jawab #4 pada: Oktober 06, 2008, 11:28:05 AM »
Note that any positive integer greater than 1 is either prime or product of prime numbers (fundamental theorem of arithmatic).
As for the number n of the product of prime numbers, we can represent as
n={p1^m1}....{pr^mr}, where p1,...,pr are prime numbers and m1,...,mr are some positive integers.

If each of {m1,...,mr} is even number then n is quadratic integer, and
if not all of {m1,...,mr} are even numbers then n is not quadratic integer and  \sqrt{n}=u \sqrt{v} for some positive integers u and v.

To verify that  \sqrt{n} is irrational for n is non quadratic integer we just prove the irrationality of  \sqrt{p} for p is prime number, since
rational number x irrational number =irrational number, and
rational number x rational number =rational number, and
 \sqrt{p_1} x  \sqrt{p_2} is irrational number if p1 and p2 are prime numbers and p1 is not equal to p2.

Anyone in this forum who wants to spend his/her time to finish it?

Offline Rohedi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Akar dua dan bilangan irrasional
« Jawab #5 pada: April 21, 2009, 02:22:47 AM »
Wah kalo cuma diminta ngitungkan akar-akar yang kalian diskusikan, itu mah terlalu kecil buat Rohedi. Ngitung akar pangkat sembarangpun keknya ndak ada apa-apanya dech buat Rohedi yang fisikawan asal Madura itu. Tidak percaya niy.....tuh intip cara Denaya Lesa yang lagi asyik ngajari matematika produk papanya di Amerika sono, yang di alamat ini...
 
[spam removed]

Hehehehe,
Salam,
Rohedi.
« Edit Terakhir: Januari 24, 2014, 12:58:11 AM oleh reborn »

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Akar dua dan bilangan irrasional
« Jawab #6 pada: April 21, 2009, 06:34:17 AM »
@Rohedi
Salam Sdr Rohedi, saya kira ini sudah masalah lain, yaitu analisa numerik untuk menghitung akar.
Tapi hebat juga, anda merancang metode lain, bukan sekedar code lain dalam matlab.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
23 Jawaban
11745 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 21, 2008, 10:06:22 PM
oleh notwelldefined
40 Jawaban
10417 Dilihat
Tulisan terakhir November 11, 2010, 08:21:04 AM
oleh adisae
11 Jawaban
2574 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 18, 2014, 07:55:20 PM
oleh Sandy_dkk
29 Jawaban
15121 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 19, 2014, 10:51:33 AM
oleh Sandy_dkk
3 Jawaban
3123 Dilihat
Tulisan terakhir November 07, 2011, 12:51:26 PM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia