Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Ariie

Kemarin jam 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

Show 50 latest

Penulis Topik: Algoritma Euklid / Algoritma Euclidean  (Dibaca 4150 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Algoritma Euklid / Algoritma Euclidean
« pada: Juli 10, 2009, 06:09:16 PM »
Adalah algoritma untuk menentukan GCD (great common divisor) alias FPB dari dua bilangan bulat a dan b atau secara matematika ditulis GCD(a,b).
* d = GCD(a,b)↔  1. d│a dan d│b
   2. Jika e│a dan e│b maka e│d
* a dan b adalah relatif prima atau koprima jika GCD(a,b) = 1
* Jika d = GCD(a,b)  maka 1. GCD (a/b, b/d) = 1
   2. GCD(a,b) = GCD(a+c.b,b)
* a│c dan b│c dengan GCD(a,b)=1, maka ab│c
* Lemma Euklid, jika a│bc dan GCD(a,b)=1 maka a│c

Dan bisa didefinisikan (secara formal) berdasarkan dua aturan umumnya:
Jika b│a, maka GCD(a,b) = b
Jika a = bt + r untuk t dan r adalah bilangan bulat, maka GCD(a,b) = GCD(b,r)


"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Algoritma Euklid / Algoritma Euclidean
« Jawab #1 pada: Juli 12, 2009, 02:47:27 PM »
Biasa dibuktikan ga lemma euclidnya, jujur saya masih  sangat bingung
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline Zanra_GTG

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Algoritma Euklid / Algoritma Euclidean
« Jawab #2 pada: Agustus 17, 2009, 11:51:14 PM »
misal FPB 18 30, maka

a mod b = c
b mod c = d

dst sampai hasil akhir 0; dan jawaban dari FPBx adalah yg di samping kanan mod
30 mod 18  = 12
18 mod 12 = 6
12 mod 6 =0

dalam kasus ini disamping kanan mod yang terakhir adalah 6

sebetulnya masih ada algoritma stein, coba deh buka wordpress saya, tapi gak pernah saya update : pranala:http://zanragtg.wordpress.com/ [non-aktif]

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
3330 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 04, 2007, 04:59:39 PM
oleh reborn
Algoritma Eclidean

Dimulai oleh Mtk Kerajaan Mataram Matematika

12 Jawaban
3564 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2011, 07:15:00 PM
oleh mhyworld
2 Jawaban
2158 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2009, 03:47:25 AM
oleh Sky
8 Jawaban
4815 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 06, 2010, 02:11:51 PM
oleh utusan langit
0 Jawaban
253 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 20, 2014, 09:12:06 PM
oleh tantrajazzy

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia