Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

qwertypo

Hari Ini jam 09:45:43 AM
Gan, ane lagi nyari buku Instrumentasi Elektronik dan Teknik Pengukuran, William D Cooper author nya Sahat Pakpahan

SplitzBurned

Kemarin jam 01:32:06 PM
ada yg on kah ?

Ariie

September 23, 2014, 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

Show 50 latest

Penulis Topik: Angka 0 (nol)  (Dibaca 9331 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Alseven - Physics and Technology
Angka 0 (nol)
« pada: September 23, 2009, 01:59:09 AM »
Hi teman .
Kl angka nol d bagi bilangan brp pun hslnya nol, dan d kalikan bilangan brp pun hasilnya nol, tp knp kq bilangan berapapun d bagi dg nol hasilnya tidak terdefinisi?

Kl angka nol sndiri t trmasuk bilangan ganjil, genap atau tdk kduanya? Alasannya?

Thx y teman.teman . .


kunjungi MIL education (bandung) http://mileducation.wordpress.com

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #1 pada: September 23, 2009, 03:02:26 AM »
klo menurutku angka nol termasuk bilangan ganjil..

soalnya klo ganjil x ganjil = ganjil
genap x genap = genap
genap x ganjil = genap

Lalu kita melakukan pemeriksaan terhadap angka 0 ini, dengan mencoba mengambil satu contoh angka ganjil dan genap

Kita ambil saja contoh:
untuk ganjil adalah angka 5
dan untuk genap adalah angka 4.

0 x 5 = 0
0 x 4 = 0

Sekarang kita lihat, kalau angka nol itu merupakan angka ganjil, maka pada:

0 (ganjil) x 4 (genap) = 0 (genap)

Jelas disini kita lihat bila 0 adalah angka ganjil, maka dia tidak bisa memenuhi sifat dari bilangan ganjil itu sendiri yg bila dikalikan dengan angka genap akan menghasilkan angka genap.

Bagaimana dengan 0 adalah bilangan genap?

0 (genap) x 5 (ganjil) = 0 (genap)
0 (genap) x 4 (genap) = 0 (genap)

Kita lihat bagaimana 0 sebagai bilangan genap bisa memenuhi semua sifat bilangan genap. Karenanya 0 bisa dikatakan sebagai bilangan genap :D

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #2 pada: September 23, 2009, 03:10:19 AM »
kita lihat yg ini dlu...
8 / 4 = 2 ==> dari kiri ke kanan, dibalik jadi 2 x 4 = 8 (kanan ke kiri).

skrg ini....
0 / 1 = 0 ==> 0 x 1 = 0 semua bilangan (n) dikali dengan 0, pasti =0 jadi 0 / n = 0 karena 0 x n = 0 terselesaikan

0 / 0 = *tidak terdefinisikan* ==> misalnya 0 / 0 = 1 berarti 1 x 0 = 0 memang benar, sesuai dengan yg pertama, coba lagi 0 / 0 = 9 berarti 9 x 0 = 0 memang benar, sesuai dengan yg pertama. "Bagaimana bisa muncul dua jawaban benar seperti itu ???" Padahal seharusnya hanya ada satu jawaban benar yang mutlak 2 x 4 = 8 bukan 7.9

Sedangkan ini 0 / 0 = 1 BENAR, 0 / 0 = 9 juga BENAR

Sebenarnya tidak hanya 2, tetapi ada "tak terhingga" jawaban benar (invinity) karena memang 0 / 0 = bisa angka berapa saja, karena setelah dibalik seperti contoh menjadi "angka berapapun" x 0 = 0 begitu bukan, sesuai dengan hal pertama yang kita bahas tadi...
Jadi, 0 / 0 = *tak terdefinisikan*/ (Invinity) memang benar!

nah... klo ini....
1 / 0 = *tak terdefinisikan*
Mari coba, ==> misalkan 1 / 0 = 0 berarti 0 x 0 =1, Tentu saja salah seharusnya 0 x 0 = 0
Coba lagi, ==> misalkan 1 / 0 = 9 berarti 9 x 0 = 1, Tentu saja salah seharusnya 9 x 0 = 0
So, n / 0 = *tak terdefinisikan* juga

Kesimpulannya...
Bilangan berapapun yg dibagi dengan nol = *tak terdefinisikan*

*tak terdefinisikan* disini maksudnya memang benar-benar tidak bisa diisi/ diselesaikan, Sedangkan *tak terdefinisikan* yang dimaksud pada 0 / 0 (point 2) berarti mempunyai isi / penyelesaian persamaan yang sangat banyak tak terhingga (Invinity)

semoga bisa menjawab pertanyaan kamu :D

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #3 pada: September 23, 2009, 09:04:02 AM »
0 merupakan bilangan genap.
bilangan genap adalah bilangan bulat kelipatan dua (atau ditulis 2n untuk n bilangan bulat)
sdangkan bilangan ganjil ditulis sbg 2n-1 utk n bilangan bulat


@raisu
tak terdefinisi tidak sama dgn tak terhingga lho...
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #4 pada: September 24, 2009, 12:12:46 AM »
mau nanya ni

apa 0 = kosong?

menurut saya
kosong berarti tidak ada
kalo 0 berarti ada angka 0

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #5 pada: September 24, 2009, 01:55:58 AM »
mau nanya ni

apa 0 = kosong?

menurut saya
kosong berarti tidak ada
kalo 0 berarti ada angka 0
Benar tuh, kosong menyatakan keadaan tidak diisi. Sedangkan nol berarti suatu angka.
Sama saja dengan mengatakan minus dan negatif.
Negatif adalah tanda, sedangkan minus adalah operator.
Jadi:
x=-2
dibaca: x sama dengan negatif dua.
Bukan: x sama dengan minus dua.
Yang terakhir yang salah.

@raisu
tak terdefinisi tidak sama dgn tak terhingga lho...
@nash
Haha... Mungkin maksud Raisu, memiliki tak hingga penyelesaian, alias jawaban yang mungkin ada banyak sekali...
Tapi ini khusus untuk 0/0 ...

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #6 pada: September 25, 2009, 10:35:19 PM »
sumpah angka 0 (nol) adalah angka paling cantik di matematika, serta banyak mistery dan teka-tekinya.

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #7 pada: Oktober 09, 2009, 06:51:09 PM »
klo tak terdefinisi itu angka ato simbol. soalnya ada yg bilang klo massa gerak foton itu tak terdefinisi
yg aku tau tak terdefinisi itu harus dihindari dalam hasil perhitungankan, nah klo masuk ke dunia nyata gitu gimana ngartiinnya? tolong jawab ya aku gak ngerti niih 

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #8 pada: Oktober 09, 2009, 06:59:21 PM »
ya namanya juga tak terdefinisikan ya tak terdefinisikan
tidak ada yang bisa mendifinisikan nilai biangan itu

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #9 pada: Oktober 09, 2009, 07:39:10 PM »
gak puas jawaban apaan tuh. trus massa foton gimana?

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #10 pada: Oktober 10, 2009, 08:56:08 AM »
soalnya ada yg bilang klo massa gerak foton itu tak terdefinisi

ini kan baru pendapat
dr hasil penelitian jd msh ada kemungkinan human error
seperti perhitungan2 fisika dan kimia
juga dihindari pembagi 0
dan kalo ditemukan pembagi 0
berarti ada human errornya

tp kalo 1/0 = tidak terdefinisikan
nah bagaimana membayangkannya?
tak terdefinisi ya tak terdefinisi
apa termasuk bilangan imajiner?

cmiiw

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #11 pada: Oktober 11, 2009, 07:30:56 PM »
eh, masalah massa foton g bisa dipastikan lho...
soalnya neutrino yang sebelumnya diduga gak bermassa 'dicurigai' memiliki massa karena terdeteksi mampu berosilasi...

bingung juga neh, \infty kan g bisa ditentukan secara pasti nilainya, bahkan ga dianggap bilangan... aapa sama artinya dengan g bisa didefinisikan begitu?
btw ada yang tau sejarah munculnya angka 0 gak?
aku bingung untuk tulisan romawi angka 0 gak ada lambangnya...
berarti mereka belum kenal 0 kan?
Keep Moving Forward!!!

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #12 pada: Oktober 11, 2009, 07:43:03 PM »
yupz, angka romawi emang belum kenal sama angka 0,
angka 0 itu dikenalin pertama kali tu oleh bangsa arab.
makanya orang romawi kerepotan tiap kali lewat 10, maka mereka harus bikin lambang baru...
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline oyi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 12
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #13 pada: Oktober 12, 2009, 02:11:23 PM »
bagaimana dengan ~/~ [baca ; tak hingga/tak hingga]  = .......?

takhingga dikali e^(min takhingga)??

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: Angka 0 (nol)
« Jawab #14 pada: Oktober 12, 2009, 06:50:49 PM »
ada beberapa nilai yang memiliki nilai tidak dapat ditentukan
0/0
\inft / \inft
\inft-\inft
\inft*0
0^0
e^{-\inft} = 0
maka seperti terllihat diatas bahwa
\inft*0
merupakan nilai yang tidak dapat ditentukan
« Edit Terakhir: Oktober 12, 2009, 06:52:27 PM oleh HyawehHoshikawa »

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
angka nol

Dimulai oleh YONJK « 1 2 » Matematika

17 Jawaban
7364 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2009, 11:31:22 AM
oleh anestesia
15 Jawaban
6108 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2009, 09:40:31 PM
oleh cignus
14 Jawaban
4772 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2013, 07:40:42 PM
oleh Irfanmuhluster
22 Jawaban
6973 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 21, 2011, 09:00:20 PM
oleh Balya
3 Jawaban
177 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2014, 08:58:39 PM
oleh Monox D. I-Fly

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia