Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 29, 2024, 10:39:42 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 231
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 115
Total: 115

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Arah jatuh bayangan

Dimulai oleh Farabi, Juni 02, 2012, 07:29:44 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Farabi

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

"O" PLay the physic
"G" move the light source left
"J" move the light source right
"A-W-S-D" move the camera

Saya bingung memikirkan arah jatuhnya bayangan pada program buatan saya. Untuk membuat bayangan, saya hanya perlu untk mencari jarak antara sumber cahaya dengan benda, kemudian mengalikannya dengan sejauh mana saya ini bayanan tersebut jatuh. Yang jadi masalah, saya bingung untuk menentukan arah jatuhnya cahaya karena saya tidak bisa menghitung tumbukan garis lurus terhadap misalkan tembok, ada yang punya usul.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi



Disinilah seharusnya arah bayangan itu jatuh. Tapi saya tidak bisa menentukan arah jatuhnya bayangan. Dan untuk melakukan hitungan untuk menentukan titik jatuhnya bayangan, saya harus mengecek setiap triangle dan menghitung satu persatu kemungkinan benturan yang terjadi, sangat menghabiskan waktu.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

Maksudnya, saya ingin mengetahui bagaimana cara menghitung sebuah ray, yang bertumbukan dengan sebuah bidang datar.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

Ada yang tahu bagaimana cara menghitung singgungan antara ray dengan segitiga?
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

mhyworld

once we have eternity, everything else can wait

Farabi

Duh simbol simbolnya ga ngerti eung. Ada yang bisa menjelaskan?
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

mhyworld


p0, p1, dan p2 masing-masing merupakan koordinat titik2 sudut segitiga, sedangkan  la dan lb merupakan koordinat titik2 yang terletak pada satu garis lurus.
Mengikuti langkah-langkah penyelesaian di wiki, diperoleh solusi persamaan

sehingga diketahui nilai t, u, dan v pada titik perpotongan (jika garis tidak paralel terhadap bidang).
Masukkan nilai t ke dalam persamaan garis

dengan


sehingga diperoleh koordinat titik potong yang dicari.
once we have eternity, everything else can wait

Farabi

Kutip dari: mhyworld pada Juni 05, 2012, 04:45:33 PM

p0, p1, dan p2 masing-masing merupakan koordinat titik2 sudut segitiga, sedangkan  la dan lb merupakan koordinat titik2 yang terletak pada satu garis lurus.
Mengikuti langkah-langkah penyelesaian di wiki, diperoleh solusi persamaan

sehingga diketahui nilai t, u, dan v pada titik perpotongan (jika garis tidak paralel terhadap bidang).
Masukkan nilai t ke dalam persamaan garis

dengan


sehingga diperoleh koordinat titik potong yang dicari.

Keliatannya rumusnya mudah tapi sampai sekarang saya masih belum mengerti arti dari simbol simbolnya. Dan kemudian pangkat -1 itu artinya harus dibagaimanakan?
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

mhyworld

Kutip dari: Farabi pada Juni 09, 2012, 03:58:03 PM
Keliatannya rumusnya mudah tapi sampai sekarang saya masih belum mengerti arti dari simbol simbolnya. Dan kemudian pangkat -1 itu artinya harus dibagaimanakan?
Itu invers matrix, afaik sudah diajarkan di smu.
once we have eternity, everything else can wait

Farabi

Tahu sendiri saya dulu ga pernah sekolah, inverse matriks itu yang seperti apa? ;D Tahu gitu saya sekolah dah, telat berminatnya eung.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

Yang saya pahami itu begini.

Diketahui:
Panjang Ray: Tak terhingga (kecuali terbentur benda)
Posisi Lampu: (misal) (100,100,20)
Posisi Titik : (Misal) (20,30,40)

Maka untuk menentukan arah jatuhnya bayangan adalah

(PosLamp-PosTit)*Panjang Ray. Ini sangat mudah, biasa disebut rumus ray extender.

Nah untuk menentukan benturan panjang ray extender ini yang kemudian membuat saya bingung. Yang terpikir oleh saya sih, saya menentukan titik tengah segitiga, kemudian mencari arah normal ray, kemudian mengalikannya dengan jarak antara ray dengan titik tengah, jika hasilnya adalah nol, maka ray berada didalam segitiga, yang terpikirkan sih begitu. Tapi implementasinya dalam kode komputer sukar sekali.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

#11



Dah bisa nih

Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

Mudah ternyata rumusnya, cukup tahu berapa nilai Y dari planenya, setelah itu tinggal dicari titik potongnya. Dalam pemrograman cuma 3 baris perintah saja.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

mhyworld

Kutip dari: Farabi pada Juni 13, 2012, 08:52:31 PM
Mudah ternyata rumusnya, cukup tahu berapa nilai Y dari planenya, setelah itu tinggal dicari titik potongnya. Dalam pemrograman cuma 3 baris perintah saja.
Ini adalah kasus khusus, yaitu jika bayangannya jatuh di lantai yang horizontal (tegak lurus dengan sumbu y), sehingga sumbu y menjadi garis normal lantai tsb.
once we have eternity, everything else can wait

Farabi

Kutip dari: mhyworld pada Juni 13, 2012, 10:28:52 PM
Ini adalah kasus khusus, yaitu jika bayangannya jatuh di lantai yang horizontal (tegak lurus dengan sumbu y), sehingga sumbu y menjadi garis normal lantai tsb.

Yups betul sekali, jika lantainya bergelombang, akan lebih rumit lagi arena harus dicari titik potong per fragment.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.