Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Kemarin jam 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: Arah jatuh bayangan  (Dibaca 8003 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Arah jatuh bayangan
« pada: Juni 02, 2012, 07:29:44 AM »
http://ompldr.org/vZHp0ZQ/GraphicDemo.zip

"O" PLay the physic
"G" move the light source left
"J" move the light source right
"A-W-S-D" move the camera

Saya bingung memikirkan arah jatuhnya bayangan pada program buatan saya. Untuk membuat bayangan, saya hanya perlu untk mencari jarak antara sumber cahaya dengan benda, kemudian mengalikannya dengan sejauh mana saya ini bayanan tersebut jatuh. Yang jadi masalah, saya bingung untuk menentukan arah jatuhnya cahaya karena saya tidak bisa menghitung tumbukan garis lurus terhadap misalkan tembok, ada yang punya usul.


Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #1 pada: Juni 02, 2012, 09:51:36 AM »


Disinilah seharusnya arah bayangan itu jatuh. Tapi saya tidak bisa menentukan arah jatuhnya bayangan. Dan untuk melakukan hitungan untuk menentukan titik jatuhnya bayangan, saya harus mengecek setiap triangle dan menghitung satu persatu kemungkinan benturan yang terjadi, sangat menghabiskan waktu.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #2 pada: Juni 02, 2012, 02:54:31 PM »
Maksudnya, saya ingin mengetahui bagaimana cara menghitung sebuah ray, yang bertumbukan dengan sebuah bidang datar.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #3 pada: Juni 04, 2012, 02:22:18 PM »
Ada yang tahu bagaimana cara menghitung singgungan antara ray dengan segitiga?

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1382
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #4 pada: Juni 04, 2012, 05:03:45 PM »
once we have eternity, everything else can wait

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #5 pada: Juni 05, 2012, 01:50:54 PM »
Duh simbol simbolnya ga ngerti eung. Ada yang bisa menjelaskan?

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1382
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #6 pada: Juni 05, 2012, 04:45:33 PM »

p0, p1, dan p2 masing-masing merupakan koordinat titik2 sudut segitiga, sedangkan  la dan lb merupakan koordinat titik2 yang terletak pada satu garis lurus.
Mengikuti langkah-langkah penyelesaian di wiki, diperoleh solusi persamaan

sehingga diketahui nilai t, u, dan v pada titik perpotongan (jika garis tidak paralel terhadap bidang).
Masukkan nilai t ke dalam persamaan garis

dengan


sehingga diperoleh koordinat titik potong yang dicari.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #7 pada: Juni 09, 2012, 03:58:03 PM »

p0, p1, dan p2 masing-masing merupakan koordinat titik2 sudut segitiga, sedangkan  la dan lb merupakan koordinat titik2 yang terletak pada satu garis lurus.
Mengikuti langkah-langkah penyelesaian di wiki, diperoleh solusi persamaan

sehingga diketahui nilai t, u, dan v pada titik perpotongan (jika garis tidak paralel terhadap bidang).
Masukkan nilai t ke dalam persamaan garis

dengan


sehingga diperoleh koordinat titik potong yang dicari.


Keliatannya rumusnya mudah tapi sampai sekarang saya masih belum mengerti arti dari simbol simbolnya. Dan kemudian pangkat -1 itu artinya harus dibagaimanakan?

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1382
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #8 pada: Juni 09, 2012, 08:23:28 PM »
Keliatannya rumusnya mudah tapi sampai sekarang saya masih belum mengerti arti dari simbol simbolnya. Dan kemudian pangkat -1 itu artinya harus dibagaimanakan?
Itu invers matrix, afaik sudah diajarkan di smu.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #9 pada: Juni 10, 2012, 04:13:50 AM »
Tahu sendiri saya dulu ga pernah sekolah, inverse matriks itu yang seperti apa? ;D Tahu gitu saya sekolah dah, telat berminatnya eung.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #10 pada: Juni 10, 2012, 04:19:09 AM »
Yang saya pahami itu begini.

Diketahui:
Panjang Ray: Tak terhingga (kecuali terbentur benda)
Posisi Lampu: (misal) (100,100,20)
Posisi Titik : (Misal) (20,30,40)

Maka untuk menentukan arah jatuhnya bayangan adalah

(PosLamp-PosTit)*Panjang Ray. Ini sangat mudah, biasa disebut rumus ray extender.

Nah untuk menentukan benturan panjang ray extender ini yang kemudian membuat saya bingung. Yang terpikir oleh saya sih, saya menentukan titik tengah segitiga, kemudian mencari arah normal ray, kemudian mengalikannya dengan jarak antara ray dengan titik tengah, jika hasilnya adalah nol, maka ray berada didalam segitiga, yang terpikirkan sih begitu. Tapi implementasinya dalam kode komputer sukar sekali.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #11 pada: Juni 12, 2012, 01:32:54 PM »



Dah bisa nih

« Edit Terakhir: Juni 12, 2012, 01:34:44 PM oleh Farabi »

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #12 pada: Juni 13, 2012, 08:52:31 PM »
Mudah ternyata rumusnya, cukup tahu berapa nilai Y dari planenya, setelah itu tinggal dicari titik potongnya. Dalam pemrograman cuma 3 baris perintah saja.

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1382
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #13 pada: Juni 13, 2012, 10:28:52 PM »
Mudah ternyata rumusnya, cukup tahu berapa nilai Y dari planenya, setelah itu tinggal dicari titik potongnya. Dalam pemrograman cuma 3 baris perintah saja.
Ini adalah kasus khusus, yaitu jika bayangannya jatuh di lantai yang horizontal (tegak lurus dengan sumbu y), sehingga sumbu y menjadi garis normal lantai tsb.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Arah jatuh bayangan
« Jawab #14 pada: Juni 14, 2012, 02:15:26 PM »
Ini adalah kasus khusus, yaitu jika bayangannya jatuh di lantai yang horizontal (tegak lurus dengan sumbu y), sehingga sumbu y menjadi garis normal lantai tsb.

Yups betul sekali, jika lantainya bergelombang, akan lebih rumit lagi arena harus dicari titik potong per fragment.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
18 Jawaban
5051 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 29, 2009, 09:29:20 AM
oleh L
4 Jawaban
3822 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2011, 10:42:49 AM
oleh 12
2 Jawaban
1516 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2011, 05:45:27 AM
oleh Farabi
ARAH BUNYI

Dimulai oleh sheriid Fisika

5 Jawaban
2032 Dilihat
Tulisan terakhir April 01, 2012, 10:51:40 PM
oleh 12
10 Jawaban
982 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2014, 08:55:59 PM
oleh Blaise

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia