Berita: Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Penulis Topik: ga dapet dapet  (Dibaca 4197 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
ga dapet dapet
« pada: Mei 24, 2011, 08:05:55 PM »
kenapa ya kalo minus dikali plus jadi minus...

terus kalo minus dikali minus jadi plus...

udah bingung bnget nih...
 ???
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Fachni Rosyadi

  • Pengunjung
Re: ga dapet dapet
« Jawab #1 pada: Mei 25, 2011, 12:04:07 AM »
Memang dari dulu udah begitu ya?

(-)\times (+)=[-1\times (+)]\times (+)=-1\times (+)=(-)

(-)\times (-)=[(-1)\times (-1)]\times [(+)\times (+)]=(+)\times (+)=(+)

Intinya:

-1 kali positif sama dengan negatif.

-1 kali negatif sama dengan positif.

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: ga dapet dapet
« Jawab #2 pada: Mei 28, 2011, 12:38:30 PM »
bener juga ya...
tapi tahu ga  kenapa jadi asal-usulnya sperti itu?

???

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: ga dapet dapet
« Jawab #3 pada: Mei 28, 2011, 09:56:35 PM »
Bilangan negatif adalah lawan (invers penjumlahan) dari bilangan positif.
-a adalah lawan dari a dan sebaliknya, karena kalau dijumlah menghasilkan bilangan identitas (netral) untuk operasi penjumlahan, yaitu 0.
-a adalah (-1)a, jadi (-a)(-b)=(-1)(-1)ab {bersifat komutatif}
Kuncinya terletak pada (-1)(-1).

                         (0)(0)  = 0
==>            (-1+1)(-1+1) = 0
==>   (-1)(-1)+2(-1)(1)+1 = 0
==>       (-1)(-1)+2(-1)+1 = 0
==>         (-1)(-1)+(-2)+1 = 0
==>             (-1)(-1)+(-1) = 0

Dari kesamaan yang terakhir, kita lihat (-1)(-1) merupakan lawan (invers penjumlahan) dari (-1), karena hasil jumlahnya 0, sedangkan lawan dari (-1) tidak lain adalah (1), sehingga disimpulkan (-1)(-1)=1.
Jadi  (-a)(-b) = (-1)(-1)ab = (1)ab = ab.

Offline ahmad m.s

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
  • Dozo yoroshiku onegaishimashu
Re: ga dapet dapet
« Jawab #4 pada: Mei 28, 2011, 11:28:45 PM »
woah... pnjelasan a ribet... @@
klo pke crita kek minus = utang, plus = kmbalian gmn??
ngutip receh:

Offline neo

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 9
Re: ga dapet dapet
« Jawab #5 pada: Juni 02, 2011, 08:38:40 PM »
aneh2 ae :d

kl mw pake utang n kembalian, tgl postingan pak mataram dganti kalimat ja :d

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: ga dapet dapet
« Jawab #6 pada: Juni 03, 2011, 02:12:03 PM »
wah udah ada bayangan si...
tapi .. masih belum cukup ngerti ni...

???

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.838
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: ga dapet dapet
« Jawab #7 pada: Juni 05, 2011, 06:48:34 PM »
liat postingan sebelumnya jadi mengingatkan ku saat belajar tentang "Grup", dimana negatif adalah invers dari suatu operasi penjumlahan terhadap bil bulat...

(-1)x(-1)=-(-1)=1  (idempoten law)   :kribo:
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline neo

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 9
Re: ga dapet dapet
« Jawab #8 pada: Juni 05, 2011, 10:53:29 PM »
hukum idempoten, bukan ny :

a.a = a dan a+a=a (aljabar boolean)

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: ga dapet dapet
« Jawab #9 pada: Juli 01, 2011, 12:20:19 PM »
coba aja gini deh, kita punya hutang 5000, kepada 2 orang. Berarti hutang kita adalah 1000 dimana -10000. Jadi minus kali plus adalah minus kan? Karena kita tetap berhutang kepada 2 orang.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline adi_ak46

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 0
Re: ga dapet dapet
« Jawab #10 pada: Juli 03, 2011, 01:13:10 AM »
kebetulan gue baru selesai makul analisis real..
mungkin jawaban ini bisa membantu..

jika a adalah anggota himpunan bilangan real positif, maka

1) (-1).a = (-1).a + 0
             = (-1).a + (a + (-a))
             = ((-1).a + a) + (-a)
             = ((-1).a + 1.a) + (-a)
             = (-1) + 1).a + (-a)
             = 0.a + (-a)
             = 0 + (-a)
             = -a
Oleh karena itu jika bilangan negatif dikali bilangan positif hasilnya adalah bilangan negatif

2) (-1).(-a) = (-1).(-a) + 0
                = (-1).(-a) + (a + (-a))
                = (-1).(-a) + ((-a) + a)
                = ((-1).(-a) + (-a)) + a
                = ((-1).(-a) + 1.(-a)) + a
                = (-1) + 1).(-a) + a
                = 0.(-a) + a
                = 0 + a
                = a
Oleh karena itu jika bilangan negatif dikali bilangan negatif hasilnya adalah bilangan positif..
Masih bingung ga??  ;D

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: ga dapet dapet
« Jawab #11 pada: Juli 06, 2011, 11:03:23 AM »
siip ga lagi...

mkasih ilmunya..
dari sini untuk mendapatkan konsep yang lain insyaALLAH jadi lebih mudah...
:)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
17683 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 20, 2016, 10:17:19 PM
oleh JINNAN