Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Hari Ini jam 11:30:58 AM
Ngobrolin masalah analisis kata yuk? Gimana cara kerja otak mengenali kata, dan bagaimana proses memahaminya

Ruslinadi

Mei 14, 2015, 11:25:59 PM
bengkel online sebagai Agen Bola murah cepat dan berkualitas

M Iqbal

Mei 10, 2015, 04:38:51 PM
gimana cara buat pertanyaannya?

SalsabilaAmalia

Mei 08, 2015, 09:31:25 PM
Hai, salam Kenal mohon bimbingan dalam forum ini Terima kasih

hanan123

Mei 06, 2015, 04:38:23 PM
salam kenal tuk semuanya

Excalnewgate

April 16, 2015, 02:50:32 PM
Hallo salam kenal semua dan mohon bimbinganya ya, kedepanya.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:53:57 PM
maksih infonya gan
 

jasen

April 16, 2015, 01:36:33 PM
@NatsukiReza
Lanjutkan topik lama yang berhubungan dengan pertanyaan yg ingin diajukan, atau buat topik baru, di sub Forum yang sesuai.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:19:56 PM
gimana cara buat pertanyaan di forum ?? :D

Hanifyuand

April 12, 2015, 09:33:01 PM
Topik kita kan sains. Ustad gw ngomong jangan ditabrakin, entar timbul ketidakyakinan. Percayalah temen gw pernah ngalamin. Dia sekarang kerja di CERN. Dia sempet mau ateis gara-gara belajar partikel gitu-gitu

Show 50 latest

Penulis Topik: ga dapet dapet  (Dibaca 3143 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
ga dapet dapet
« pada: Mei 24, 2011, 07:05:55 PM »
kenapa ya kalo minus dikali plus jadi minus...

terus kalo minus dikali minus jadi plus...

udah bingung bnget nih...
 ???


aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Fachni Rosyadi

  • Pengunjung
Re: ga dapet dapet
« Jawab #1 pada: Mei 24, 2011, 11:04:07 PM »
Memang dari dulu udah begitu ya?

(-)\times (+)=[-1\times (+)]\times (+)=-1\times (+)=(-)

(-)\times (-)=[(-1)\times (-1)]\times [(+)\times (+)]=(+)\times (+)=(+)

Intinya:

-1 kali positif sama dengan negatif.

-1 kali negatif sama dengan positif.

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: ga dapet dapet
« Jawab #2 pada: Mei 28, 2011, 11:38:30 AM »
bener juga ya...
tapi tahu ga  kenapa jadi asal-usulnya sperti itu?

???

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: ga dapet dapet
« Jawab #3 pada: Mei 28, 2011, 08:56:35 PM »
Bilangan negatif adalah lawan (invers penjumlahan) dari bilangan positif.
-a adalah lawan dari a dan sebaliknya, karena kalau dijumlah menghasilkan bilangan identitas (netral) untuk operasi penjumlahan, yaitu 0.
-a adalah (-1)a, jadi (-a)(-b)=(-1)(-1)ab {bersifat komutatif}
Kuncinya terletak pada (-1)(-1).

                         (0)(0)  = 0
==>            (-1+1)(-1+1) = 0
==>   (-1)(-1)+2(-1)(1)+1 = 0
==>       (-1)(-1)+2(-1)+1 = 0
==>         (-1)(-1)+(-2)+1 = 0
==>             (-1)(-1)+(-1) = 0

Dari kesamaan yang terakhir, kita lihat (-1)(-1) merupakan lawan (invers penjumlahan) dari (-1), karena hasil jumlahnya 0, sedangkan lawan dari (-1) tidak lain adalah (1), sehingga disimpulkan (-1)(-1)=1.
Jadi  (-a)(-b) = (-1)(-1)ab = (1)ab = ab.

Offline ahmad m.s

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
  • Dozo yoroshiku onegaishimashu
    • Lihat Profil
Re: ga dapet dapet
« Jawab #4 pada: Mei 28, 2011, 10:28:45 PM »
woah... pnjelasan a ribet... @@
klo pke crita kek minus = utang, plus = kmbalian gmn??
ngutip receh:

Offline neo

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 9
    • Lihat Profil
Re: ga dapet dapet
« Jawab #5 pada: Juni 02, 2011, 07:38:40 PM »
aneh2 ae :d

kl mw pake utang n kembalian, tgl postingan pak mataram dganti kalimat ja :d

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: ga dapet dapet
« Jawab #6 pada: Juni 03, 2011, 01:12:03 PM »
wah udah ada bayangan si...
tapi .. masih belum cukup ngerti ni...

???

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: ga dapet dapet
« Jawab #7 pada: Juni 05, 2011, 05:48:34 PM »
liat postingan sebelumnya jadi mengingatkan ku saat belajar tentang "Grup", dimana negatif adalah invers dari suatu operasi penjumlahan terhadap bil bulat...

(-1)x(-1)=-(-1)=1  (idempoten law)   :kribo:
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline neo

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 9
    • Lihat Profil
Re: ga dapet dapet
« Jawab #8 pada: Juni 05, 2011, 09:53:29 PM »
hukum idempoten, bukan ny :

a.a = a dan a+a=a (aljabar boolean)

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2993
  • IQ: 170
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: ga dapet dapet
« Jawab #9 pada: Juli 01, 2011, 11:20:19 AM »
coba aja gini deh, kita punya hutang 5000, kepada 2 orang. Berarti hutang kita adalah 1000 dimana -10000. Jadi minus kali plus adalah minus kan? Karena kita tetap berhutang kepada 2 orang.
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline adi_ak46

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: ga dapet dapet
« Jawab #10 pada: Juli 03, 2011, 12:13:10 AM »
kebetulan gue baru selesai makul analisis real..
mungkin jawaban ini bisa membantu..

jika a adalah anggota himpunan bilangan real positif, maka

1) (-1).a = (-1).a + 0
             = (-1).a + (a + (-a))
             = ((-1).a + a) + (-a)
             = ((-1).a + 1.a) + (-a)
             = (-1) + 1).a + (-a)
             = 0.a + (-a)
             = 0 + (-a)
             = -a
Oleh karena itu jika bilangan negatif dikali bilangan positif hasilnya adalah bilangan negatif

2) (-1).(-a) = (-1).(-a) + 0
                = (-1).(-a) + (a + (-a))
                = (-1).(-a) + ((-a) + a)
                = ((-1).(-a) + (-a)) + a
                = ((-1).(-a) + 1.(-a)) + a
                = (-1) + 1).(-a) + a
                = 0.(-a) + a
                = 0 + a
                = a
Oleh karena itu jika bilangan negatif dikali bilangan negatif hasilnya adalah bilangan positif..
Masih bingung ga??  ;D

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: ga dapet dapet
« Jawab #11 pada: Juli 06, 2011, 10:03:23 AM »
siip ga lagi...

mkasih ilmunya..
dari sini untuk mendapatkan konsep yang lain insyaALLAH jadi lebih mudah...
:)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
2028 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 16, 2014, 04:16:25 PM
oleh blacknait

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia