Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: Garis singgung Ellips dan Lingkaran  (Dibaca 7537 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Garis singgung Ellips dan Lingkaran
« pada: Juni 17, 2009, 10:42:47 AM »
Diketahui persamman ellipsE[u]=[/u]25x^2+4y^2=100 dan lingkaran L[u]=[/u]x^2+y^2+10x-4=0garis g=px+qy+r=0
a. Tentukan perpotongan kedua ellips
b. Andaikan g menyinggung ellips maupun lingkaran, tentukan persamaan g tersebut!


Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Garis singgung Ellips dan Lingkaran
« Jawab #1 pada: Juni 21, 2009, 01:56:53 AM »
Kok kayaknya pada aras-arasen di matematika ini yaa, soal seperti ini kok dilewatin...

Diketahui persamman ellipsE[u]=[/u]25x^2+4y^2=100 dan lingkaran L[u]=[/u]x^2+y^2+10x-4=0garis g=px+qy+r=0

Apa maksudnya dikasih "u" ?

a. Tentukan perpotongan kedua ellips
b. Andaikan g menyinggung ellips maupun lingkaran, tentukan persamaan g tersebut!

Elipnya berpusat (0,0) dengan sumbu mayor berimpit sumbu-Y dan panjangnya b=5 dan sumbu minor berimpit sumbu-X dengan panjang a=2 atau dengan kata lain
\frac{x^2}{2^2}+ \frac{y^2}{5^2}=1.

Lingkaran L \equiv x^2+y^2+10x-4=0 \Rightarrow (x+5)^2 +y^2 =9 \Rightarrow \frac{(x+5)^2}{3^2}+\frac{y^2}{3^2}=1
Jadi, lingkarannya dengan pusat (-5,0) berjari-jari 3.

Dengan membayangkan gambarnya, jelas kedua bangun tersebut bersekutu pada satu titik (bersinggungan) di titik (-2,0).
 
Yang kedua (b), bisa menggunakan turunan.
Elips ==> \frac{d}{dx}(25x^2+4y^2)=\frac{d}{dx}(100) \rightarrow 50xdx+8ydy=0 \rightarrow \frac{dy}{dx}=-\frac{25x}{4y}=-\frac{25x}{4\sqrt{\frac{100-25x^2}{4}}}
Lingkaran ==> dst diperoleh \frac{dy}{dx}=-\frac{2x+10}{2\sqrt{9-(x+5)^2}}

Turunan mengidentifikasikan gradien, jika garis menyinggung kedua bangun, berarti dapat dicari dengan menyamakan kedua turunan diatas yang akan diperoleh suatu persamaan kuadrat yang berarti ada dua penyelesaian atau dengan kata lain ada dua garis yang menyinggung sekaligus kedua bangun.
« Edit Terakhir: Juni 21, 2009, 01:59:33 AM oleh Mtk Kerajaan Mataram »

Offline KOEK

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: Garis singgung Ellips dan Lingkaran
« Jawab #2 pada: Juni 21, 2009, 08:52:51 AM »
@ mtk mataram
pa gak keliru tuk pers lingkarannya

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Garis singgung Ellips dan Lingkaran
« Jawab #3 pada: Juni 21, 2009, 11:06:02 AM »
@KOEK
Oo..iya, aku memang salah...Tapi kenapa tidak sekalian dibetulkan?....

Lingkaran L \equiv x^2+y^2+10x-4=0 \Rightarrow (x+5)^2 +y^2 =29 \Rightarrow \frac{(x+5)^2}{29}+\frac{y^2}{29}=1
Jadi, lingkarannya dengan pusat (-5,0) berjari-jari \sqrt{29}.

Elip ==> y^2=\frac{100-25x^2}{4}
Lingkaran ==> y^2=4-x^2-10x
dst..

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Garis singgung Ellips dan Lingkaran
« Jawab #4 pada: Juni 21, 2009, 01:33:52 PM »
waktu saya menulis soal saya belum tahu bagaimana cara menulis \equivjadi saya menulis =


IQ+2 untuk mtk dan +1 untuk KOEK
untuk mtk IQ +1nya besok

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
20 Jawaban
11158 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2009, 12:03:53 PM
oleh SULY ENTZU
Persamaan Garis Singgung

Dimulai oleh Fachni Rosyadi Matematika SMU

2 Jawaban
3047 Dilihat
Tulisan terakhir November 03, 2010, 06:56:14 PM
oleh nandaz
3 Jawaban
4330 Dilihat
Tulisan terakhir April 24, 2011, 09:02:18 PM
oleh sunsansameng
1 Jawaban
2085 Dilihat
Tulisan terakhir November 27, 2012, 11:24:45 AM
oleh trfrm
2 Jawaban
2138 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2013, 01:29:58 PM
oleh trfrm

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia