Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:18 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:17 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

Show 50 latest

Penulis Topik: Garis singgung Ellips dan Lingkaran  (Dibaca 8237 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Garis singgung Ellips dan Lingkaran
« pada: Juni 17, 2009, 10:42:47 AM »
Diketahui persamman ellipsE[u]=[/u]25x^2+4y^2=100 dan lingkaran L[u]=[/u]x^2+y^2+10x-4=0garis g=px+qy+r=0
a. Tentukan perpotongan kedua ellips
b. Andaikan g menyinggung ellips maupun lingkaran, tentukan persamaan g tersebut!


Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Garis singgung Ellips dan Lingkaran
« Jawab #1 pada: Juni 21, 2009, 01:56:53 AM »
Kok kayaknya pada aras-arasen di matematika ini yaa, soal seperti ini kok dilewatin...

Diketahui persamman ellipsE[u]=[/u]25x^2+4y^2=100 dan lingkaran L[u]=[/u]x^2+y^2+10x-4=0garis g=px+qy+r=0

Apa maksudnya dikasih "u" ?

a. Tentukan perpotongan kedua ellips
b. Andaikan g menyinggung ellips maupun lingkaran, tentukan persamaan g tersebut!

Elipnya berpusat (0,0) dengan sumbu mayor berimpit sumbu-Y dan panjangnya b=5 dan sumbu minor berimpit sumbu-X dengan panjang a=2 atau dengan kata lain
\frac{x^2}{2^2}+ \frac{y^2}{5^2}=1.

Lingkaran L \equiv x^2+y^2+10x-4=0 \Rightarrow (x+5)^2 +y^2 =9 \Rightarrow \frac{(x+5)^2}{3^2}+\frac{y^2}{3^2}=1
Jadi, lingkarannya dengan pusat (-5,0) berjari-jari 3.

Dengan membayangkan gambarnya, jelas kedua bangun tersebut bersekutu pada satu titik (bersinggungan) di titik (-2,0).
 
Yang kedua (b), bisa menggunakan turunan.
Elips ==> \frac{d}{dx}(25x^2+4y^2)=\frac{d}{dx}(100) \rightarrow 50xdx+8ydy=0 \rightarrow \frac{dy}{dx}=-\frac{25x}{4y}=-\frac{25x}{4\sqrt{\frac{100-25x^2}{4}}}
Lingkaran ==> dst diperoleh \frac{dy}{dx}=-\frac{2x+10}{2\sqrt{9-(x+5)^2}}

Turunan mengidentifikasikan gradien, jika garis menyinggung kedua bangun, berarti dapat dicari dengan menyamakan kedua turunan diatas yang akan diperoleh suatu persamaan kuadrat yang berarti ada dua penyelesaian atau dengan kata lain ada dua garis yang menyinggung sekaligus kedua bangun.
« Edit Terakhir: Juni 21, 2009, 01:59:33 AM oleh Mtk Kerajaan Mataram »

Offline KOEK

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: Garis singgung Ellips dan Lingkaran
« Jawab #2 pada: Juni 21, 2009, 08:52:51 AM »
@ mtk mataram
pa gak keliru tuk pers lingkarannya

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Garis singgung Ellips dan Lingkaran
« Jawab #3 pada: Juni 21, 2009, 11:06:02 AM »
@KOEK
Oo..iya, aku memang salah...Tapi kenapa tidak sekalian dibetulkan?....

Lingkaran L \equiv x^2+y^2+10x-4=0 \Rightarrow (x+5)^2 +y^2 =29 \Rightarrow \frac{(x+5)^2}{29}+\frac{y^2}{29}=1
Jadi, lingkarannya dengan pusat (-5,0) berjari-jari \sqrt{29}.

Elip ==> y^2=\frac{100-25x^2}{4}
Lingkaran ==> y^2=4-x^2-10x
dst..

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Garis singgung Ellips dan Lingkaran
« Jawab #4 pada: Juni 21, 2009, 01:33:52 PM »
waktu saya menulis soal saya belum tahu bagaimana cara menulis \equivjadi saya menulis =


IQ+2 untuk mtk dan +1 untuk KOEK
untuk mtk IQ +1nya besok

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
20 Jawaban
14723 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2009, 12:03:53 PM
oleh SULY ENTZU
Persamaan Garis Singgung

Dimulai oleh Fachni Rosyadi Matematika SMU

2 Jawaban
3404 Dilihat
Tulisan terakhir November 03, 2010, 06:56:14 PM
oleh nandaz
3 Jawaban
5178 Dilihat
Tulisan terakhir April 24, 2011, 09:02:18 PM
oleh sunsansameng
1 Jawaban
2579 Dilihat
Tulisan terakhir November 27, 2012, 11:24:45 AM
oleh trfrm
2 Jawaban
2704 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2013, 01:29:58 PM
oleh trfrm

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia